KTA CIMB Niaga: Tabel Cicilan dan Syarat Pengajuan

Bank CIMB Niaga

KTA CIMB Niaga merupakan salah satu produk pinjaman bank yang dihadirkan oleh bank CIMB Niaga. Pinjaman ini diberikan kepada nasabah tanpa perlu menjaminkan agunan atau jaminan.

Bagi kita yang sedang mencari pinjaman tanpa agunan alias aset tertentu, maka KTA (kredit tanpa agunan) bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Sebab, pinjaman seperti KTA berada di bawah ranah bank yang bunganya terbilang cukup ringan jika dibandingkan pinjaman online.

Selain itu, proses KTA yang terbilang lebih cepat dibandingkan pinjaman bank lain yang menggunakan agunan tentu dapat menjadi pertimbangan. Nah, kali ini kita coba pelajari KTA dari CIMB Niaga.

Pilihan Produk KTA CIMB Niaga

Perempuan mengajarkan

Secara singkat, KTA CIMB Niaga ini hadir dengan dua pilihan kredit, yaitu konvensional dan berbasis syariah. Kemudian, plafon atau limit cicilannya pun mencapai Rp300 juta dengan tenor sampai lima tahun. Mari perhatikan detail masing-masing produk KTA tersebut.

1. CIMB Niaga Xtra Dana

CIMB Niaga Xtra Dana adalah produk pinjaman tanpa agunan yang bisa kita gunakan untuk keperluan seperti pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, atau bahkan liburan. Adapun beberapa ketentuan terkait KTA CIMB Niaga Xtra Dana ini, antara lain:

  • Proses satu hari.
  • Tenor atau jangka waktu pembayaran hingga lima tahun.
  • Plafon atau jumlah pinjaman mencapai Rp300 juta. Namun pada penerapannya akan disesuaikan lagi dengan kemampuan pembayaran cicilan kita, ya.

2. CIMB Niaga X-Tra Dana iB 

Beberapa syarat dan prinsip pinjaman yang disediakan oleh CIMB Niaga X-Tra Dana iB terbilang hampir sama, hanya saja proses pinjaman menggunakan prinsip syariah. Yaitu apabila tujuan peminjaman adalah untuk membeli barang atau liburan tertentu, maka harus menggunakan mitra CIMB Niaga X-Tra Dana iB.

Sementara itu, beberapa ketentuan terkait KTA syariah dari CIMB Niaga yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

  • Proses satu hari.
  • Tenor atau jangka waktu pembayaran hingga empat tahun. Lebih pendek daripada KTA konvensional CIMB Niaga.
  • Plafon atau jumlah pembiayaan yang diberikan maksimal Rp200 juta.

Tabel Bunga dan Cicilan/Angsuran KTA CIMB Niaga

Agar pertimbangan kita lebih matang saat memilih KTA CIMB Niaga atau tidak, sebaiknya perhatikan detail bunga dan tabel cicilannya terlebih dahulu.

1. Detail bunga dan biaya KTA CIMB Niaga

Selain memperhatikan detail suku bunga yang diterapkan tiap bulan oleh bank CIMB Niaga, kita perlu mengetahui biaya lain-lain juga. Yaitu, biaya administrasi/provisi dan biaya asuransi yang dikenakan satu kali saja saat pinjaman sudah disetujui.

Calon debitur Bunga flat/bulan Biaya bank (administrasi dan asuransi)
Payroll CIMB Niaga 1,35% 4%
Nasabah tabungan CIMB Niaga 1,29% 4%
Nasabah kartu kredit CIMB Niaga 0,79%-1,69% 4%
Nasabah kartu kredit bank lain 0,79%-1,79% 4%

Sementara itu, ada pula beberapa biaya lain yang mesti kita perhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari dengan pihak bank.

  • Biaya keterlambatan pembayaran cicilan sebesar Rp150 ribu.
  • Biaya pelunasan dipercepat alias kalau mau melunasi lebih cepat, maka dikenakan biaya 7 persen dari sisa pokok pinjaman kita.
  • Biaya dan bunga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

2. Tabel cicilan/angsuran KTA CIMB Niaga

Agar bisa memprediksi besaran cicilan atau angsuran per bulan apabila aplikasi pinjaman kita disetujui, ada baiknya untuk memperhatikan estimasinya di tabel berikut ini.

Jumlah pinjaman 12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan
Rp3.000.000 Rp297.700 Rp172.700 Rp131.033 Rp110.200
Rp10.000.000 Rp992.333 Rp575.667 Rp436.778 Rp367.333
Rp20.000.000 Rp1.984.667 Rp1.151.333 Rp873.556 Rp734.667
Rp50.000.000 Rp4.961.667 Rp2.878.333 Rp2.183.889 Rp1.836.667
Rp100.000.000 Rp9.923.333 Rp5.756.667 Rp4.367.778 Rp3.673.333
Rp200.000.000 Rp19.846.667 Rp11.513.333 Rp8.735.556 Rp7.346.667

Syarat dan Proses Pengajuan Pinjaman

Bisnis online

Baik pengajuan KTA CIMB Niaga X-Tra Dana maupun X-Tra Dana iB, keduanya memiliki syarat dan proses yang cukup mirip, kok. Oleh karena itu, penjelasannya bisa dirangkum menjadi satu pada poin-poin berikut.

Adapun syarat calon debitur produk KTA yang masuk kriteria CIMB Niaga, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia dan harus tinggal di Indonesia.
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun dalam jangka waktu pinjaman berjalan.
  • Memiliki penghasilan tetap dan melampirkan dokumen sesuai dengan profesinya. Di tabel berikut akan dijelaskan dokumen yang perlu dilampirkan sesuai profesi kita.
Dokumen Karyawan Nasabah Kartu Kredit Bank Lain Nasabah CIMB Niaga
Aplikasi pengajuan KTA CIMB Niaga
Fotokopi KTP
Fotokopi kartu kredit
Slip gaji terbaru
Fotokopi NPWP

Sedikit catatan, khusus untuk debitur KTA CIMB Niaga X-tra Dana iB, debitur harus melampirkan surat pemesanan jasa atau barang dari mitra yang bekerja sama dengan bank CIMB Niaga.

Kelebihan dan Kekurangan KTA CIMB Niaga

Melihat berbagai penjelasan mengenai KTA CIMB Niaga di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa poin berikut. Khususnya mengenai pertimbangan antara kelebihan dan kekurangannya.

Keunggulan yang diberikan oleh KTA CIMB Niaga cukup jelas. Dari segi proses pengajuan, CIMB Niaga memberikan jaminan proses yang cukup cepat, yaitu hanya satu hari saja. Meski memang perlu diperhatikan juga bahwa masih ada proses verifikasi hingga pencairan dana yang biasanya memakan waktu beberapa hari atau minggu, ya.

Selain itu, KTA CIMB Niaga juga terbilang cukup unggul dalam hal pemberian tenor yang mencapai empat sampai lima tahun. Perlu diperhatikan bahwa cukup jarang produk KTA yang memberikan tenor pinjaman sebegitu lama. Tidak hanya itu saja, biaya keterlambatan pembayaran yang diberlakukan pun cukup masuk akal, yaitu hanya Rp150 ribu saja. Tidak begitu berat, bukan?

Kekurangan produk KTA dari CIMB Niaga ini adalah suku bunganya yang terbilang lebih tinggi dibandingkan KTA dari beberapa bank lain. Malah bank lain ada yang berani memberikan suku bunga bulanan di bawah 1 persen, lho!

Kemudahan Pengajuan KTA bagi Nasabah CIMB Niaga

Menerapkan risiko manajemen

Dilansir dari berita Kompas, CIMB Niaga sedang berfokus pada penyediaan KTA bagi nasabah payroll bank CIMB Niaga. Hal tersebut tentu menjadi berita baik bagi kita yang gajinya ditransfer oleh perusahaan ke bank CIMB Niaga. 

Sebab apabila kita merupakan nasabah payroll CIMB Niaga, maka akan diprioritaskan oleh bank tersebut saat melakukan proses pengajuan pinjaman. 

Mantap, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →