Pahami KTA Tanpa Kartu Kredit dan Suku Bunganya yang Tinggi

tips investasi saham

Kebutuhan bulanan kadang-kadang tidak bisa terpenuhi dari penghasilan pokok. Itulah sebabnya masih banyak yang mengandalkan pinjaman tunai.

Dengan hadirnya berbagai produk keuangan sepertinya makin memudahkan masyarakat yang membutuhkan dana tambahan. Salah satunya adalah kredit tanpa agunan (KTA) atau KTA tanpa kartu kredit.

KTA tanpa kartu kredit bukan hanya menjadi produk yang dikeluarkan oleh instansi perbankan, tetapi juga ditawarkan oleh berbagai perusahaan fintech dan lembaga pembiayaan dengan bunga dan tenor tersendiri.

Dalam hal ini, debitur tidak perlu memiliki kartu kredit sebagai persyaratan pengajuan pinjaman. Dengan begitu prosesnya pun jadi semakin mudah, simpel, dan praktis bagi debitur sendiri.

Syarat Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit

kta tanpa kartu kredit

Pinjaman KTA tanpa kartu kredit memang relatif lebih mudah disetujui dibandingkan dengan pinjaman di bank atau lembaga konvensional. Namun, bukan berarti tidak ada ketentuan yang mengikat sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan secara umum yang ditetapkan oleh beberapa lembaga pemberi pinjaman sejenis ini.

  1. WNI dengan usia minimal 18 tahun hingga 60 tahun.
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah tertentu, terutama di area Jabodetabek.
  4. Memiliki bukti tempat tinggal yang jelas.
  5. Menyertakan nomor kontak keluarga tidak serumah.
  6. Menyertakan nomor telepon dan surel yang valid.
  7. Tidak memerlukan histori keuangan, seperti mutasi rekening ataupun rekening koran.
  8. Beberapa perusahaan tetap melakukan BI checking.

Proses pengajuan KTA tanpa kartu kredit biasanya berkisar antara 3-10 hari kerja tergantung masing-masing kebijakan perusahaan.

Suku Bunga KTA Tanpa Kartu Kredit

kta tanpa kartu kredit

Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, suku bunga KTA tanpa kartu kredit jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga bank konvensional pada umumnya. Hal tersebut dinilai sebagai pengalihan risiko pinjaman yang dalam hal ini tanpa menyertakan jaminan atau agunan.

Menelaah dari kondisi tersebut, berikut adalah tabel perbandingan dari beberapa perusahaan beserta dengan bunga dan tenornya.

Indodana Kredivo Tunaiku 

Bank Amar

Jenius 

Flexy Cash

Plafon Pinjaman Rp10 juta Rp30 juta Rp20 juta Rp50 juta
Bunga Bulanan 8% 2,95% 4,92% 1,75-2,25%
Tenor Pinjaman 2-12 bulan 3-6 bulan 6-20 bulan 1-36 bulan

Simulasi Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

 

kta tanpa kartu kredit

Meskipun mirip dengan pinjaman online, KTA tanpa kartu kredit umumnya memberikan informasi tenor cicilan per bulan sesuai dengan jumlah pinjaman yang diambil. Dengan begitu, debitur sudah bisa memahami berapa besar dana cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan.

Berikut ini adalah simulasi pinjaman dari salah satu perusahaan.

Simulasi Pinjaman KTA
Jumlah Pinjaman Rp10 juta
Bunga Per Bulan 4%
Tenor Pinjaman 12 bulan
Cicilan Per Bulan Rp1.233.334,-

Prosedur Pengajuan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

kta tanpa kartu kredit

Setiap perusahaan memiliki standar dan prosedur yang berbeda-beda. KTA yang diajukan melalui bank tetap harus manual. Tetapi ada juga yang sudah menawarkan pengajuan secara online dan instan seperti penawaran yang dilakukan oleh beberapa fintech.

Secara sederhana, berikut ini adalah langkah-langkah mengajukan pinjaman tanpa kartu kredit dengan mudah.

  1. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
  2. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  3. Proses pendaftaran secara offline maupun online.
  4. Proses validasi data oleh perusahaan pemberi pinjaman.
  5. Proses verifikasi data, seperti mengecek nomor telepon keluarga terdekat tidak serumah.
  6. Pemberitahuan persetujuan.
  7. Pencairan dana melalui rekening debitur.

Kelebihan dan Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit

paypal indonesia transaksi luar negeri

Salah satu kelebihannya adalah proses pengajuan yang lebih mudah karena tanpa harus menyerahkan jaminan atau agunan.

Beberapa pinjaman konvensional pada umumnya mensyaratkan penyertaan agunan yang bisa berupa surat tanah, perhiasan, maupun gadai BPKB kendaraan.

Akan tetapi, bunga yang ditawarkan pinjaman KTA lebih besar dibandingkan dengan bunga produk pinjaman dengan agunan. Oleh karena itu, Anda perlu lebih selektif dalam memilih perusahaan maupun bank yang memiliki produk ini.

Salah satu cara sederhana adalah dengan membandingkan kelebihan satu sama lain. Setelah itu, sesuaikan kemampuan finansial pribadi dengan besarnya jumlah pinjaman yang akan diajukan.

Saat ini hampir seluruh bank konvensional menawarkan KTA. Namun, pilihan menjadi semakin beragam dengan hadirnya beberapa fintech terkemuka di Indonesia dengan proses pendaftaran dan pengajuan secara instan dan online.

Hebatnya lagi, proses persetujuan yang dijanjikan oleh beberapa fintech bahkan lebih cepat hingga hitungan hari atau bahkan beberapa jam saja. Hal ini memungkinkan karena sudah menggunakan teknologi profiling calon debitur yang layak mendapatkan pinjaman atau sebaliknya.

Oleh karena itu, penuhi persyaratan dengan lengkap agar proses pengajuan KTA tanpa kartu kredit bisa tembus dengan mudah.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →