Wajib Dicoba! 5 Kue Lebaran Unik dan Lezat Ini Berasal dari Timur Tengah

Nastar-salah-satu-jenis-kue-lebaran-yang-ada-di-Indonesia-Shutterstock.

Tradisi menyiapkan kue lebaran di rumah udah menjadi pemandangan yang umum bagi sebagian umat muslim di Indonesia. Tetapi gimana kalau di negara lainnya ya khususnya di Timur Tengah? Yuk kita lihat cemilan apa aja yang mereka sajikan!

Di Tanah Air terdapat berbagai macam kue kering yang pasti banyak dijual di pasaran menjelang lebaran seperti nastar, putri salju, kastengel dan lidah kucing.

Selain untuk ditaruh di meja tamu atau meja makan, jajanan ini juga sering dijadikan hadiah buat diberikan kepada sanak saudara di kampung halaman.

Namun kalau kita bepergian ke luar negeri kira-kira masih ada gak ya kue kering sejenis atau gak yang rasanya lezat gitu, ya?

Jawabannya ialah ada, terutama di negara Timur Tengah yang sebagian warganya juga menganut agama Islam seperti di Indonesia.

Yuk kita lihat berbagai jenis kue lebaran unik dan lezat dari 5 negara Timur Tengah berikut ini:

Baca juga: Lebaran di Jakarta Aja? Ini 5 Spot Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi

1. Qurabiya – Iran

Kue Lebaran
Kue Qurabiya dari Iran

Mengutip dari Reservasi, kue lebaran yang bisa kamu cicipi atau buat sendiri bernama Qurabiya yang asalnya dari negara Iran. Sekilas bentuknya seperti cookies yang sering kita lihat di mini market.

Dari sisi rasa kue ini cenderung manis dan renyah ketika pertama digigit. Beberapa bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat qurabiya adalah tepung kacang almond, gula, telur, margarin, vanilla dan pistachio.

2. Maamoul – Arab Saudi

Kue Lebaran
Kue Maamoul

Kue lebaran kedua ada dari negara Arab Saudi yakni Maamoul. Warnanya cokelat mirip seperti roti yang telah dipanggang dan bentuknya ada beberapa pilihan mulai dari bulat seperti bola, pipih dan setengah lingkaran.

Gak cuma saat Idul Fitri, kue ini juga bisa disajikan menjelang natal dan paskah. Lebih nikmat lagi kalau dimakan dengan secangkir kopi hangat khas Arab Saudi.

Baca juga: Penting! 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

3. Kaak – Lebanon

Kue Lebaran
Kue Kaak dari Lebanon

Selanjutnya ada Kaak yang menjadi kue lebaran asal negara Lebanon. Walaupun ada bulatan kosong di tengahnya tetapi kita masih bisa membedakkan dengan mudah kaak dengan donat.

Kue ini biasa disajikan ketika berbuka puasa. Beberapa bahan yang wajib ada dalam kaak antara lain adalah tepung terigu, gula, garam, air hangat dan biji wijen yang bisa diganti dengan biji serupa lainnya.

4. Kahk – Mesir

Kue Lebaran
Kue Kahk

Di urutan keempat ada kue lebaran kahk yang berasal dari negeri piramida yakni Mesir. Namanya mirip dengan kue kering asal Lebanon tapi kalau udah ngeliat bentuknya sangat berbeda.

Bentuknya kecil jadi bisa masuk ke mulut dalam satu kali suapan. Di atasnya ditaburkan gula halus layaknya kue putri salju. Kalau soal rasa juga gak kalah enak lho!

Baca juga: Agar Nyetir Mudik Lebaran Gak Ngantuk, Batasi 7 Makanan Ini Saat Sahur

5. Kleicha – Irak

Kue Lebaran
Kue Kleicha

Terakhir ada kue lebaran kleicha yang berasal dari Irak. Bentuknya sangat mirip dengan roti gulung tapi ada beberapa bahan yang membedakannya.

Untuk membuat sebuah kleicha kamu paling gak membutuhkan bahan dasar seperti kapulaga, air bunga mawar, kacang walnut, telur dan tentunya tepung terigu.

Nah itulah 5 kue lebaran yang berasal dari berbagai negara di Timur Tengah.  Kebiasaan menyajikan kue-kue tersebut bahkan gak cuma pas momen Idul Fitri aja, bahkan sampai perayaan agama lain seperti natal dan paskah. Keren yah, guys! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →