Tips Sukses Kuliah Kelas Karyawan Tanpa Stres

Tips Kuliah Kelas Karyawan Jadi Lancar

Sebagaimana persaingan di dunia kerja semakin ketat, maka lumrah saja bagi seorang pegawai perusahaan dituntut untuk memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Solusinya adalah kuliah kelas karyawan. Mereka yang menjadi peserta didik di sana tidak mengenal usia, tenaga, dan waktu. Umumnya, mereka rela mengorbankan waktu istirahat di malam hari atau di akhir pekan untuk belajar lagi demi meningkatkan keterampilan dan karier di perusahaan. 

Cara Memilih Kuliah Kelas Karyawan 

Cara Memilih Kuliah Kelas Karyawan

Metode belajar ini sedikit-banyak berbeda dengan waktu kuliah konvensional bagi mahasiswa purnawaktu. Terutama, perihal jam kuliah, fokus jurusan, serta pertimbangan finansial. Mari kita telaah satu-persatu.

Memilih waktu kuliah 

Jika kalian ingin ikut kuliah kelas karyawan, maka pemilihan waktu kuliah harus tepat agar tidak berbenturan dengan rutinitas jam kerja di kantor setiap hari.

Sebagai contoh, bila kalian bekerja sebagai karyawan setiap hari Senin-Jumat dari pukul 08.00-16.00 WIB, maka jam kuliah kelas karyawan yang cocok dengan kalian adalah pukul 17.00-21.00 WIB. Kalian juga bisa mengambil kuliah pada hari Sabtu dan Minggu.

Memilih jurusan yang sesuai

Memang memilih jurusan di tempat kuliah terkadang cukup sulit bagi karyawan kantoran. Apalagi jika kalian bekerja di tempat yang tidak cocok dengan jurusan kuliah yang diambil. 

Untuk itu, kalian harus mengambil jurusan yang sesuai dengan posisi karier yang sedang dilakoni di perusahaan. Namun demikian, itu semua kembali pada diri kalian masing-masing. 

Tapi, apabila kalian dituntut memiliki kualifikasi tertentu oleh atasan, maka kalian harus siap menimba ilmu yang baru. Jangan pernah berkata ilmu itu tidak berguna karena nyatanya tidak ada ilmu yang hampa. Semua memiliki sisi positif untuk masa depan kalian.

3. Perhatikan biaya kuliah 

Kalian juga harus memerhatikan biaya kuliah karena ini sangat penting. Pada saat pendapatan kalian tak besar, pilihlah kampus yang sesuai dengan anggaran.

Banyak kasus, karyawan tak bisa lulus kuliah karena faktor biaya. Sebab, selain menghidupi dirinya, karyawan juga harus menyisihkan pendapatannya untuk membayar kuliah. Maka dari itu, biaya kuliah harus diperhatikan sebaik mungkin.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Kuliah Kelas Karyawan

Hal yang Harus Diperhatikan saat Kelas Karyawan

Mereka yang ikut kuliah kelas karyawan dipastikan butuh perlakuan khusus dari kampus maupun universitas. Seperti menyesuaikan antara waktu bekerja dengan waktu hadir di kuliah.

Oleh karenanya, banyak universitas yang menawarkan kelas karyawan dengan tingkat fleksibilitas yang baik. Tujuannya, agar karyawan bisa berkuliah sambil bekerja.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalian saat menjalankan kelas karyawan, sebagai berikut:

1. Waktu kuliah bisa menyesuaikan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat kelas karyawan adalah waktu kuliah yang bisa disesuaikan sesuai keinginan. Biasanya kelas karyawan dilangsungkan pada malam hari sehingga jam bekerja tidak akan bentrok dengan jam kuliah. 

2. Materi kuliah harus sesuai kebutuhan dunia kerja

Karyawan biasanya membutuhkan pengetahuan dan keilmuan yang sejalan dengan dunia kerja. Maka dari itu, ada beberapa kampus yang menggelar kelas karyawan dengan materi yang dibutuhkan seorang karyawan di dunia kerja. 

3. Waktu studi kelas karyawan lebih singkat

Banyak kampus yang menawarkan kelas karyawan dengan masa studi yang lebih singkat agar mereka tidak berlama-lama di bangku pendidikan. Diharapkan setelah lulus, mereka bisa fokus kembali di dunia kerja masing-masing.

Meski begitu, kelas karyawan yang waktunya cukup singkat hanya berlaku bagi karyawan yang sebelumnya sudah memiliki ijazah Diploma I, Diploma II maupun Diploma III.

Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah Kelas Karyawan

Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah Kelas Karyawan

Pada dasarnya, peserta didik kuliah kelas karyawan harus berkomitmen da berdisiplin dalam memenuhi kewajiban berkuliah. Dia juga harus menyadari beban di pundaknya, yaitu pengeluaran tambahan dan harus lulus kuliah demi karier.

Untuk itu, kita harus cermat dalam menyikapinya seperti yang ada pada tips-tips bagaimana caranya bekerja sambil kuliah berikut ini.

1. Pastikan perusahaan mengetahui kalian sedang kuliah

Kalian harus berkomunikasi secara langsung ke atasan maupun bagian HRD perusahaan. Setelah berkomunikasi, biasanya perusahaan akan mendukung kalian sepenuh mungkin dan bisa saja mereka akan turut membantu dalam hal pembiayaan kuliah.

Ketika mereka membiayai kuliah, pastinya mereka memiliki keinginan, seperti penambahan kontrak kerja kepada kalian maupun sejenisnya. Namun semua itu merupakan hal yang wajar, karena ada keadaan saling menguntungkan di antara kalian dengan perusahaan.

2. Jaga kualitas sewaktu kerja dan sewaktu kuliah kelas karyawan

Memang berat untuk kuliah sambil bekerja, tetapi jika itu pilihan kalian, maka kualitas kerja dan kuliah harus dijaga dengan baik. Kalian harus memastikan porsi keduanya seimbang, jangan sampai ada yang berat sebelah.

Pada saat ada yang berat sebelah, maka salah satunya akan ada yang terabaikan. Akhirnya bukannya bermanfaat, tetapi malah menjadi bumerang buat kalian. 

3. Jaga kesehatan

Pandai-pandailah dalam mengatur waktu yang proporsional di antara kuliah dan kerja untuk menjaga kesehatan. Tidak cuma dari sisi ketahanan fisik, tetapi kondisi pikiran pun akan berdampak kepada kesehatan.

Jangan sampai stres berlebihan akibat pekerjaan menumpuk di kantor dan jangan pula kelelahan akibat tambahan jam kuliah di akhir pekan. 

Untuk itu, kalian perlu menjaga asupan makanan bernutrisi. Makanan yang sehat dan bernutrisi tidak perlu mahal apalagi harus beli. Kita selalu bisa membuat resep makanan yang mudah dibuat sendiri dan sehat.

Selain itu, cobalah mengonsumsi suplemen untuk menjaga ketahanan tubuh jika dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk beristirahat secukupnya agar terhindar dari stres akibat kepenatan di aktivitas sehari-hari.

Keputusan kalian untuk ikut kuliah kelas karyawan tentu perlu dipertimbangkan baik-baik. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat sehingga kalian bisa mendapatkan manfaat peningkatan pendidikan dan karier yang cemerlang. Semoga berhasil!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →