Tips Kuliah Online yang Cocok untuk Pekerja

Buka Kursus Online

Misi utama kuliah online adalah menjadikan waktu dan rutinitas bersekolah menjadi fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu bekerja. Target nomor satu adalah karyawan kantoran yang sulit meluangkan waktu untuk datang ke kampus.

Walaupun kalian telah memutuskan untuk mendaftar di kuliah online, tetapi tetap tidak boleh sembarangan menjalaninya. Jika sampai salah langkah, akhirnya kalian sendiri yang rugi biaya dan waktu.

Tips dalam Menjalani Kuliah Online

Tips Menjalani Kuliah Online

Ada beberapa cara yang bisa diikuti selama menimba ilmu di kuliah online. Poin-poin berikut akan membantu menjelaskannya secara mendetail.

1. Pilih program studi sesuai latar belakang pendidikan

Ketika memilih program studi, maka kalian harus memperhatikan latar belakang pendidikan sebelumnya. Dengan begitu, maka kalian akan bisa memilih program studi kuliah online yang tepat.

Pastinya, kalian tidak akan belajar dari nol jika program studi sesuai dengan latar belakang. Sehingga bisa lulus kuliah online sesuai target yang kalian telah canangkan. Selain itu, kalian juga akan lebih cepat menentukan karier dan pekerjaan setelah lulus menjalankan kuliah online

2. Pahami minat program studi

Pada saat bingung memilih program studi atau jurusan kuliah online, maka penting bagi kalian untuk mempertimbangkan minat pribadi kembali. Jika tidak, maka bisa memberatkan diri sendiri saat menjalani perkuliahan.

3. Menetapkan tujuan dari kuliah online

Kalian harus punya tujuan yang jelas dalam menjalani kuliah online. Apakah kalian ingin memperoleh gelar Sarjana, Magister, atau Doktor untuk mendukung terwujudnya promosi jabatan atau meningkatkan keterampilan dalam bekerja demi bisa bersaing lebih baik dengan karyawan yang lain.

4. Cari tahu perguruan tinggi yang menyediakan kuliah online

Memang banyak universitas atau institusi di dalam maupun luar negeri yang menyediakan jasa kuliah online. Sebagai bahan referensi, sebagian kalian mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya sebelum menentukan pilihan universitas.

Biasanya kalian harus mengecek program akreditasi universitas atau institusi yang dipilih. Agar kalian bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan dari tiap perguruan tinggi.

5. Cek biaya perkuliahan online di tiap referensi

Sebagaimana program studi di tiap universitas akan berbeda dengan program studi yang lainnya, maka sepatutnya kalian mengetahui kisaran biaya pada tiap kampus. Informasi ini akan bermanfaat untuk menyusun perbandingan harga.

Jika sudah tahu harga dan fasilitas yang terbaik, kalian mulai bisa menyusun anggaran pendidikan dengan tepat dan memilih sesuai dengan kemampuan keuangan. Namun di lain sisi, jangan serta-merta menjatuhkan pilihan karena murah karena kalian harus melihat kualitasnya juga. 

Tambahkan juga faktor-faktor lain ke dalam perkiraan pengeluaran kalian, seperti biaya materi, biaya ujian, biaya buku, dan sebagainya. Pastikan bahwa total biaya kuliah yang kalian sudah simpulkan turut termasuk biaya-biaya ini.

6. Siapkan semua persyaratan

Saat ingin mendaftar kuliah online, kalian harus memenuhi semua persyaratan pendaftaran, yaitu: 

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Memberikan pas foto terbaru.
  • Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP).
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Curriculum vitae (CV).
  • Fotokopi ijazah.
  • Transkrip nilai.

7. Pahami materi kuliah online

Sama halnya dengan kuliah kovensional, kalian harus memahami semua materi yang diberikan. Apalagi kalian mungkin jarang bertemu dosen atau teman kuliah untuk berkonsultasi soal pelajaran.

Pemberian materi pada umumnya dilakukan secara online melalui komputer/laptop atau sesekali berbentuk rekaman audio. Namun biasanya, pada pertemuan awal semester dan saat ujian terakhir, peserta didik diwajibkan datang ke kelas.

Jika berbeda kota atau pulau, memang pertemuan itu menjadi masalah. Maka dari itu, tanyakan kepada guru online kalian, apakah pertemuan itu bisa dilakukan chatting atau internet. Jika bisa maka akan membantu proses belajar kalian.

8. Pahami silabus dan jadwal kuliah

Selalu andalkan silabus dan jadwal kuliah online kalian untuk mempermudah kuliah online. Sewajarnya, jangan menganggap enteng kuliah online karena yang menentukan cepat atau tidak lulusnya adalah diri sendiri. Jadi perhatikan jadwal kuliah online kalian sebaik mungkin, jangan sampai ada mata kuliah yang terlewat agar tidak mengulang semester kembali.

9. Kenali pengajar kuliah online

Kalian harus mengenal sosok pengajar atau dosen di kuliah online. Karena cara mengajar di kelas konvensional dengan online tentu berbeda. Jadi cari tahu pengalaman dosen kalian, apakah dia berpengalaman dalam menyampaikan materi kuliah online secara matang.

Jika sudah banyak pengalaman, maka jangan dikhawatirkan. Sebab, menjadi dosen kuliah online harus memiliki tips dan trik khusus agar kalian yang diajarkan mudah paham dan mengerti. Pada saat tidak mengerti, maka kalian akan memikul kerugian yang besar.

6 Universitas atau Institusi Penyedia Kuliah Online

6 Universitas atau Institusi Penyedia Kuliah Online

Sudah banyak program kelas karyawan yang dibuka oleh universitas. Dan kini sudah banyak pula program kuliah online yang dibuka oleh universitas. Berikut 6 universitas yang menawarkan kuliah online.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) sudah menyelenggarakan kuliah online sejak 2002. Kuliah online di UI meliputi pendidikan jarak jauh (PJJ). Sistem PJJ menggunakan teknologi informasi, dan komunikasi (TIK) sebagai penunjang proses pembelajaran. 

Mahasiswa kuliah online di UI hanya mengambil satu atau beberapa mata kuliah online. Jadi tidak semua mata kuliah dipraktikkan secara online. Setelah menyelesaikan beberapa mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan transkrip nilai dari hasil pembelajaran tersebut.

2. Universitas Gajah Mada 

Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan salah satu kampus favorit dan terbaik di Indonesia. Kalian bisa mengikuti program kuliah online di UGM lewat program eLearning System for Academic Community (eLISA). Program itu makin berkembang karena banyak peminat dari mahasiswa maupun dosen.

3. Institut Teknologi Bandung 

Institut Teknologi Bandung (ITB) telah memberikan ruang bagi mahasiswa yang ingin kuliah online. Kuliah online di ITB meliputi kegiatan pembelajaran, kuis online, wadah repositori, dan interaksi belajar sinkronus maupun asinkronus.

4. Insitut Teknologi Sepuluh November 

Institut Teknologi Sepuluh November atau yang dikenal ITS memiliki program kuliah online dengan program mereka meliputi Sareable & Reausable eLearning (Share ITS). Program kuliah ini dibangun lewat Hibah TIK Inherent di 2006.

5. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana merupakan salah satu tempat perguruan tinggi swasta yang terbaik dalam memberikan kuliah online bagi mahasiswa. Pemberian kuliah online memiliki tujuan agar bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen. 

Dengan kuliah online, mahasiswa juga bisa belajar tanpa batas waktu dan tempat sehingga bisa lebih fokus dan bisa menggali ilmu lebih banyak.

6. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara merupakan tempat kuliah swasta terbaik yang turut menyediakan program kuliah online. Program kuliah online di Binus bernama Binus Online Learning (BOL). 

BOL ini menawarkan program kuliah online dari jarak jauh. Kalian jangan terlalu khawatir dengan status kelulusan saat menyelesaikan kuliah online karena BOL telah terakreditasi dengan status kampus online terbaik.

Demikian artikel ringkas terkait kuliah online. Harapan setelah membaca, kalian yang sedang menjalani kuliah online bisa menyelesaikannya hingga akhir dan lulus. Bagi yang baru mau memulai, maka kalian bisa mengikuti beberapa cara atau tips yang telah ditulis.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →