Kenapa Lebih Baik Pilih Kuliah Psikologi? Ini Alasannya

lulusan kuliah jurusan psikologi

Kuliah psikologi secara khusus mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia pada umumnya.

Jurusan ini cocok buat kamu yang ingin mempelajari alur pemikiran, pola perilaku, serta tindakan yang diperbuat manusia.

Harapannya, seorang psikolog mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks sekaligus memberikan saran profesional sebagai solusinya. 

Cabang-cabang di dalam kuliah ilmu psikologi

Pada dasarnya tidak ada pembagian jurusan di kuliah fakultas psikologi. Di dalam fakultas psikologi dikenal dengan program peminatan ke dalam pilihan lima cabang umum, yaitu:

1. Psikologi Umum dan Eksperimental

Cabang kuliah ini menjadi pusat keilmuan psikologi mendasar. Fokusnya adalah membuat atau memperbarui perangkat tes psikologi dan menyusun metodologi penelitian.

Pada cabang kuliah ini akan terbentuk kompetensi dasar yang selayaknya dimiliki seseorang dengan latar belakang pendidikan psikologi.

2. Psikologi Klinis

Fokus pembelajaran ilmu psikologi di cabang ini menitikberatkan pada analisis perilaku individu secara mendalam, yaitu mencakup kasus teringan hingga terberat.

Dalam penerapannya, kamu akan membuat analisis mengenai gangguan kepribadian seseorang dari mulai sebatas yang bersifat ketidakpercayaan pada diri sendiri hingga pada skala yang lebih berat seperti gangguan bipolar, penyakit kepribadian seperti antisosial, dan lain-lain.

3. Psikologi Perkembangan

Kamu akan belajar untuk membuat penelitian terkait perkembangan mental manusia yang dimulai dari usia bayi hingga lansia.

Penelitian yang akan dikaji secara ilmiah ini menyangkut perkembangan watak anak-anak menuju remaja dan termasuk krisis kepribadian dewasa hingga manula.

Tidak cuma itu, kamu akan menganalisis bagaimana metode yang efektif terkait cara mendidik anak.

4. Psikologi Industri dan Organisasi

Sesuai namanya, kamu dipersiapkan untuk mengemban tugas merancang kondisi psikologis kepegawaian di dunia industri dan perusahaan yang dapat mendukung produktivitas kerja yang lebih baik dan produktif.

Lulusan dari cabang kuliah psikologi ini cocok untuk menempati posisi HRD atau pekerjaan yang menuntut interaksi sesama rekan kerja, menawarkan solusi dari masalah individu dan kelompok kerja, dan menyusun sistem kerja perekrutan pegawai baru yang tepat.

5. Psikologi Pendidikan

Kamu akan mempelajari esensi dari penerapan dari tiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat PAUD hingga sekolah tinggi sekaligus membuat kajian yang menawarkan solusi atas permasalahan motivasi dan semangat belajar peserta didik.

Di cabang kuliah psikologi ini juga, kamu bisa menyusun perencanaan sistem kerja bagi kelompok karyawan perusahaan.

6. Psikologi Sosial

Cabang kuliah psikologi yang ini khusus mempelajari interaksi individu atau kelompok dengan lingkungannya. Tidak hanya itu, psikologi sosial turut menganalisis interaksi mental seseorang dengan orang atau kelompok lain.

Kamu akan mempelajari bagaimana karakter alami seseorang bisa menjadikannya pemimpin, bagaimana kehadiran satu orang bisa membangkitkan semangat sebuah kelompok, atau bagaimana sebuah kelompok bisa menyatu dan/atau terpecah.

Keahlian apa yang didapatkan dari kuliah psikologi?

Kuliah di jurusan psikologi memberimu keahlian unik yang menjadikan dirinya mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru dan kemampuan alami untuk menilai masalah dan memecahkannya.

Untuk detailnya, ada beberapa poin utama yang kamu bisa dapatkan.

1. Kemahiran dalam melakukan analisis atas suatu masalah

Di sepanjang masa-masa kuliah, mahasiswa psikologi sering diminta membuat analisis kepribadian seorang responden acak, tokoh masyarakat, tokoh terkenal di masa lampau dan sekarang, bahkan meneliti kelebihan dan kelemahan diri sendiri secara lengkap.

Jadi tidak heran, kamu nanti akan dilatih untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Alhasil, kamu bisa mempersembahkan solusi dengan cepat dan tepat.

2. Kemahiran membuat data kuantitatif dan kualitatif

Singkatnya, data kuantitatif adalah kesimpulan dari kumpulan data yang termuat dalam angka atau hal-hal tertentu sebagai pembatas.

Misalnya, membuat kuesioner mengenai selera film bagi pria berusia 15-20 tahun atau makanan kesukaan wanita yang sedang hamil 6-9 bulan.

Kemampuan analisismu akan terasah juga dalam menyusun data yang lebih kompleks. Analisis kompleks ini disebut dengan data kualitatif dan data semacam ini tidak bisa diukur dengan angka.

Kamu bertugas mencari data yang didukung oleh faktor kisaran, karakteristik, sifat, atau kebiasaan tertentu.

Serumit yang terdengar, kamu ditargetkan menjadi orang yang mahir mengumpulkan data-data semacam itu.

3. Kemahiran membuat program standard kerja organisasi

Kamu menjadi bisa untuk membuat sebuah sistem kerja dalam bentuk modul perusahaan. Dengan begitu kamu berperan dalam pengembangan organisasi atau perusahaan pada sisi tertentu.

Hal ini diterapkan melalui pengetahuan dan kemampuan yang telah kamu dapatkan selama kuliah di jurusan psikologi.

Pada akhirnya, kemahiran inilah yang menjadi keunggulan yang unik dari para lulusan psikologi.

Pekerjaan yang cocok buat lulusan kuliah psikologi

Begitu kompleksnya ilmu psikologi menjadikan para lulusannya sebagai calon tenaga kerja yang mahir di bidang analisis interaksi sosial dan pengembangan individu/kelompok.

Ada beberapa pekerjaan yang cocok digeluti oleh para lulusan ini, yaitu:

  • Pegawai HRD
  • Staf penyuluhan di organisasi rehabilitasi medis.
  • Membuka praktik konseling psikolog mandiri atau di bawah instansi rumah sakit.
  • Pengelola biro psikologi yang menawarkan jasa psikotes, konseling, atau training LDKS untuk murid sekolah atau pegawai perusahaan.
  • Tenaga pengajar di sekolah sebagai guru bimbingan konseling.
  • Mengelola jasa penilai performa pegawai (asesor).
  • Berkarier sebagai dosen, misalnya setelah lulus S2 memutuskan untuk mengajar di perkuliahan jurusan psikologi.
Kalau kamu punya pertanyaan terkait pengelolaan dana kuliah atau butuh tips-tips meraih karier yang cocok dengan skillmu, jangan ragu untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal.

Biaya kuliah jurusan psikologi

Setelah paham dengan cabang-cabang ilmu psikologi dan pekerjaan yang cocok buat para lulusannya, sekarang kita tiba di perihal biaya kuliah jurusan psikologi.

Sama saja dengan jurusan kuliah yang lainnya, biaya kuliah jurusan psikologi bukanlah perkara yang murah. Jadi kamu perlu menyiapkan anggaran pendidikan sejak dini.

Nah beruntung ada asuransi pendidikan yang akan memberikan jaminan pengelolaan dana kuliah agar kita tidak perlu putus sekolah nanti.

Kalau dana pendidikan sudah terjamin, kita pun bisa lebih leluasa memilih kampus psikologi yang menawarkan kualitas pendidikan yang terbaik.

Dari sekian banyaknya kampus psikologi di Indonesia, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) telah membuat daftar perguruan tinggi yang memiliki jurusan ilmu psikologi dengan akreditas A.

Apa saja universitas jurusan psikologi terbaik versi BAN PT dan kisaran biaya kuliah pada masing-masing kampus, mari kita cari tahu.

1. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Sebagai salah satu universitas negeri terkemuka yang ada di Kota Bandung, UNPAD kerap menjadi kampus pilihan utama bagi para peminat ilmu psikologi.

Terlihat dengan banyaknya peminat psikologi pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018, yaitu sebesar 4.602 peserta.

Bagi kamu yang berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ketika SMA tidak perlu khawatir untuk mengambil tes Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) saat ingin kuliah psikologi sebab psikologi UNPAD termasuk rumpun ilmu sains dan teknologi atau SAINTEK yang berfokus pada psikologi klinis dan psikiatris.

Berikut ini biaya kuliah jurusan Ilmu Psikologi UNPAD.

  • UKT (Uang Kuliah Tunggal) Golongan 1: Rp0 sampai Rp500 ribu
  • UKT Golongan 2: Rp1 juta
  • UKT Golongan 3: Rp2,5 juta
  • UKT Golongan 4: Rp5 juta
  • UKT Golongan 5: Rp7,5 juta

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Sebagai salah satu jurusan yang menyandang akreditasi A, fakultas psikologi UNDIP dapat dijadikan pertimbangan utama untuk kelanjutan studimu.

Sampai tahun 2018, tercatat sekitar 1.951 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berkeinginan kuliah psikologi di UNDIP. 

Berikut ini biaya kuliah jurusan Ilmu Psikologi UNDIP.

  • UKT (Uang Kuliah Tunggal) Golongan 1: Rp0 sampai Rp500 ribu
  • UKT Golongan 2: Rp1 juta
  • UKT Golongan 3: Rp2,5 juta
  • UKT Golongan 4: Rp3,5 juta
  • UKT Golongan 5: Rp4,5 juta
  • UKT Golongan 6: Rp5,5 juta
  • UKT Golongan 7: Rp6,5 juta

3. Universitas Indonesia (UI)

Psikologi UI merupakan fakultas psikologi pertama di Indonesia yang telah menjadi acuan pengembangan fakultas psikologi lainnya di Indonesia. Program studi fakultas psikologi UI terbagi menjadi reguler dan paralel. 

Jalur masuk reguler dapat melalui ujian SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan, jalur paralel dapat melalui ujian SIMAK-UI dan PPKB.

Biaya kuliah pendidikan S1 reguler di UI, termasuk jurusan psikologi, dibayarkan sesuai kemampuan penanggung dengan skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp5 juta.

Sedangkan untuk biaya pendidikan S1 paralel ditentukan sebesar Rp8,5 juta.

4. Universitas Persada Indonesia YAI 

Universitas Persada Indonesia YAI atau yang biasa dikenal dengan UPI-YAI merupakan universitas yang terletak di bilangan Jakarta Pusat. Salah satu jurusan unggulan di kampus ini adalah psikologi dan telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Apabila kamu berminat untuk berkuliah di UPI-YAI, berikut adalah kisaran biaya kuliah jurusan psikologi S1 di UPI-YAI.

  • Uang pangkal: Rp11 juta
  • Biaya paket per semester: Rp11,8 juta

5. Universitas Gunadarma

Selain UPI-YAI, perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya yang dapat kamu jadikan pilihan untuk kuliah psikologi adalah universitas Gunadarma.

Jurusan Psikologi di Universitas Gunadarma telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT sampai dengan tahun 2023 dan akan terus berlanjut. 

Kisaran biaya kuliah jurusan psikologi di Universitas Gunadarma sebagai berikut.

  • Uang Santunan Pendidikan (USP) Grade AA: Rp8 juta; Grade A: Ro10,5 juta; Grade B: Rp13 juta
  • Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP): Rp1,75 juta
  • BIaya SKS: Rp250 ribu per SKS

6. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta unggulan di Jakarta, BINUS memiliki berbagai jurusan favorit, salah satunya adalah psikologi yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Salah satu keunggulan kuliah psikologi di BINUS adalah adanya program enrichment satu semester hingga satu tahun di luar kampus sehingga mahasiswa bisa merasakan dunia kerja secara langsung.

Total biaya kuliah jurusan psikologi di BINUS selama delapan semester sebagai berikut.

  • Uang kuliah (BP3, SKS, lab, dan peralatan): Rp123 juta
  • Uang sumbangan: Rp27 juta

7. Universitas Airlangga (UNAIR)

Sebagai salah satu PTN terbaik Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, Universitas Airlangga memiliki fakultas psikologi yang nyatanya sangat diminati.

Ini terlihat dari tingginya peminat psikologi UNAIR pada SNMPTN 2018, yaitu sebanyak 1.856 peserta.

Beberapa manfaat yang ditawarkan dengan kuliah psikologi di UNAIR adalah adanya program double degree, yaitu program mengenyam pendidikan di dua negara dengan dua gelar. 

Program double degree ini mewajibkan kamu berkuliah di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga selama dua tahun pertama dan dua tahun berikutnya di School of Psychology and Counselling Faculty of Health, QUT Australia. 

Biaya kuliah jurusan psikologi di Fakultas Psikologi UNAIR sebagai berikut.

  • UKT (Uang Kuliah Tunggal) Golongan 1: Rp0 sampai Rp500 ribu
  • UKT Golongan 2: Rp1 juta
  • UKT Golongan 3: Rp3,5 juta
  • UKT Golongan 4: Rp6 juta
  • UKT Golongan 5: Rp10 juta

8. Universitas Surabaya (UBAYA)

UBAYA merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Kali Rungut, Surabaya.

Pada awalnya UBAYA merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966 dan berganti nama menjadi Universitas Surabaya pada tahun 1968.

UBAYA memiliki tujuh fakultas dan salah satunya adalah Fakultas Psikologi yang terakreditasi A oleh BAN-PT.

Biaya kuliah jurusan psikologi di UBAYA jenjang sarjana sebagai berikut.

  • Total biaya pendidikan: Rp17,325 juta
  • Angsuran lima kali: Rp3,465 juta
  • Pembayaran tunai: Rp16,5 juta

9. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah

Fakultas Psikologi di UIN Syarif Hidayatullah turut terakreditasi A atau berstatus sangat baik. Fakultas ini dibuka pertama kali pada tahun akademik 1995-1996 dan ditempatkan di Fakultas Tarbiyah.

Selain itu, jurusan yang ada di Fakultas Psikologi UIN tercatat memiliki mahasiswa aktif ketiga terbanyak, yakni 834 mahasiswa.

Untuk biaya kuliah jurusan psikologi di kampus UIN pun menggunakan sistem UKT, dengan rincian sebagai berikut.

  • UKT (Uang Kuliah Tunggal) Golongan 1: Rp400 ribu
  • UKT Golongan 2: Rp3 juta
  • UKT Golongan 3: Rp3,450 juta
  • UKT Golongan 4: Rp3,970 juta
  • UKT Golongan 5: Rp4,570 juta
  • Bidik Misi: Rp2,4 juta

10. Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya

Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan fakultas psikologi universitas lainnya, yaitu dengan adanya berbagai cabang peminatan, seperti psikologi klinis, industri atau organisasi, pendidikan, sampai sosial dan komunitas.

Biaya kuliah jurusan psikologi UNIKA Atma Jaya memang tergolong cukup mahal dengan total sekitar Rp180 juta. Berikut adalah perinciannya.

  • Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP): Rp26 juta
  • Biaya Kuliah Pokok (BKP): Rp6,9 juta
  • Biaya SKS: Rp12 juta (untuk 19 SKS)
  • Biaya per semester: Rp19,690 juta
  • Pengenalan kampus: Rp1,250 juta

Kesalahpahaman publik terhadap para lulusan psikologi

Ada banyak kesalahpahaman yang melingkupi spesialisasi seorang psikolog, misalnya seperti ini.

Salah #1: Psikolog disamakan dengan psikiater

Yang benar, psikolog dan psikiater adalah dua spesialisasi yang berbeda.

Lulusan S1 jurusan psikologi disebut dengan sarjana psikologi dengan gelar S.Psi. Sebutan psikolog melekat setelah lulus kuliah lanjutan S2 untuk mengejar gelar magister psikologi dengan gelar kelulusan M.Psi (sains) atau M.Psi Psikolog (profesi).

Sedangkan untuk menjadi psikiater, jalur pendidikan kuliah yang diambil adalah S1 Kedokteran yang diikuti dengan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dalam ilmu kedokteran jiwa.

Nanti selain dapat gelar dokter, seorang psikiater juga memiliki gelar Sp.KJ atau kependekan dari Spesialis Kesehatan Jiwa.

Salah #2: Jurusan psikologi belajar cara membaca atau memengaruhi pikiran

Yang benar, jurusan psikologi tidak belajar ilmu hipnosis atau mempertajam kemampuan memengaruhi pikiran orang lain seperti yang dipercaya selama ini.

Termasuk juga tidak mempelajari kebatinan orang lain seperti menebak kepribadian dan memilah mana orang yang jujur atau bohong.

Salah #3: Seorang psikolog bisa menyembuhkan sakit jiwa

Yang benar justru sebaliknya. Bukan pekerjaan seorang psikolog untuk menyembuhkan pasien dengan penyakit jiwa.

Penanganan penyakit jiwa lebih bersifat medis dengan tindakan terapi dan pemberian obat-obatan yang hanya bisa dilakukan oleh dokter atau seseorang yang sudah menempuh pendidikan ilmu kedokteran.

Sedangkan ilmu psikologi sendiri diartikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Manfaatkan asuransi tabungan untuk menjamin anggaran pendidikan di masa depan

Mewujudkan mimpi kuliah psikologi memang baik, namun sesuaikan juga dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Pilihlah kampus dengan jurusan psikologi terakreditas A dan kemudian sesuaikan dengan bujetmu. 

Sebagai tips pengelolaan keuangan, jika kamu adalah orang tua dan sedang merencanakan pendidikan anak, coba pertimbangkan menjadi nasabah asuransi dwiguna demi mendapatkan manfaat berlipat ganda.

Asuransi dwiguna memberimu proteksi asuransi jiwa sekaligus manfaat tabungan yang bisa diberikan kepada anak sebagai ahli waris. Dana ini nantinya bisa digunakan untuk membiayai kuliah anak di masa depan.

Mau dapat rekomendasi perlindungan dari asuransi lainnya? Langsung aja cek di Lifepal sekarang juga yuk!

FAQ seputar kuliah jurusan psikologi

Apa yang dipelajari dalam kuliah psikologi?

Kuliah psikologi secara khusus mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia pada umumnya. Jurusan ini cocok buat kamu yang ingin mempelajari alur pemikiran, pola perilaku, serta tindakan yang diperbuat manusia.

Harapannya, seorang psikolog mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks sekaligus memberikan saran profesional sebagai solusinya.

Apa saja cabang-cabang ilmu psikologi?

  • Psikologi Umum dan Eksperimental
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial

Lulusan kuliah psikologi dapat kemahiran apa saja?

  • Kemahiran dalam melakukan analisis atas suatu masalah.
  • Kemahiran membuat data kuantitatif dan kualitatif.
  • Kemahiran membuat program standard kerja organisasi.

Apa saja kampus psikologi Akreditasi A pilihan BAN PT?

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi memilih 10 universitas berikut sebagai kampus psikologi terbaik 2019, yaitu:

  • Universitas Padjajaran (UNPAD)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Persada Indonesia YAI
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Surabaya (UBAYA)
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
  • Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya

Apakah sama antara psikolog dan psikiater?

Psikolog dan psikiater adalah dua profesi dengan kapabilitas yang berbeda.

Lulusan S1 jurusan psikologi disebut dengan sarjana psikologi dengan gelar S.Psi. Sebutan psikolog melekat setelah lulus kuliah lanjutan S2 untuk mengejar gelar magister psikologi dengan gelar kelulusan M.Psi (sains) atau M.Psi Psikolog (profesi).

Sedangkan untuk menjadi psikiater, jalur pendidikan kuliah yang diambil adalah S1 Kedokteran yang diikuti dengan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dalam ilmu kedokteran jiwa.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →