15 Kunci Sukses dalam Hidup agar Karier Cemerlang

Kunci sukses

Bagitu banyak nih tips maupun langkah-langkah agar menjadi kunci sukses bagi kamu yang tengah meniti karier. Saat ini ada kunci sukses yang klasik dan mudah banget kamu terapkan dalam diri. 

Memiliki jenjang karier yang sukses dan memiliki jabatan prestis di salah satu perusahaan emang udah banyak jadi dambaan orang. 

Di era serba digital dan maju, persaingan di dunia kerja emang gak bisa dianggap enteng. Mulai dari kompetisi dengan yang muda, kamu juga mesti memiliki keahlian lain demi menunjang kariermu. 

Apalagi buat kamu yang muda dan milenial, pasti banyak banget nih mimpi-mimpi yang tengah dikejar. Misalnya, pengin menjabat salah satu posisi yang prestise. Oleh karena itu, yang namanya kerja keras gak bakal membohongi hasil kamu. 

Jika kamu bekerja keras, yang namanya hasil mulai dari gaji naik atau mampu membeli rumah di usia muda bakal mengikutinya. 

Berikut ini kunci-kunci sukses buat kamu yang saat ini tengah meniti karier.

  1. Disiplin dan punya motivasi kerja
  2. Punya ide dan berani berpendapat
  3. Bisa bekerja sama
  4. Suka tantangan
  5. Punya tujuan jelas
  6. Belajar dari kesalahan
  7. Selalu berusaha melakukan hal baik
  8. Bersyukur
  9. Percaya diri
  10. Bangun relasi seluas-luasnya
  11. Bergaul dengan lingkungan atau rekan yang membangun
  12. Terapkan gaya hidup sehat
  13. Tentukan batas waktu
  14. Berorientasi pada masa depan
  15. Senang berkontribusi

1. Disiplin dan punya motivasi kerja

Ketika kamu masuk ke dunia kerja mau gak mau mesti mengikuti yang namanya ritme pekerjaan. Nah, maka dari itu kamu mesti memiliki motivasi yang tinggi dan rasa disiplin mesti ditanamkan dalam diri mu. 

Ketika kamu emang orang yang disiplin dan memiliki motivasi kerja tinggi, dijamin deh jenjang karier mu di perusahaan bakal naik.

Atasan kamu pasti bakal melihat nih gimana cara kamu bekerja, mulai tepat waktu menyelesaikan deadline hingga ketelitian. 

2. Punya ide dan berani berpendapat

Nah, ketika kamu tengah meniti karier salah satu kunci suksesnya adalah berani mengungkapkan pendapat dan memiliki ide.

Ketika kamu memiliki ide-ide yang cemerlang dan bisa diterima satu tim bisa menjadi nilai plus nih buat diri mu. 

Jadi sebisa mungkin keluarkan ide yang ada dipikiran kamu. Siapa tahu pendapat atau ide kamu bisa memajukann perusahaan. 

3. Bisa bekerja sama 

Ketika berbicara soal karier bukan berarti kamu memikirkan dirimu sendiri. Bisa bekerjasama dengan satu tim merupakan salah satu cara agar kamu bisa sukses nih di masa depan. 

Jadi usahakan kamu mampu bekerja sendiri dan bekerjasama dengan tim. Karena gak selamanya kamu bekerja di satu divisi sendirian pasti ada tim lain yang membantu pekerjaan. 

4. Suka tantangan

Nah, saat meniti karier pasti ada aja nih yang namanya tantangan. Gak selamanya kamu meniti karier mulus begitu aja, yang namanya tantangan pasti ada banget. 

Maka dari itu kamu mesti berani menghadapi tantangan dan berani. Jadi ketika bekerja itu mesti memiliki ritme yang dinamis sehingga ketika menghadapi tantangan bakal siap banget. 

5. Punya tujuan jelas

Kunci sukses selanjutnya adalah kita harus memiliki prioritas saat sedang berusaha. Prioritas itulah yang akan membuat kita tekun dan sungguh-sungguh untuk mengerjakan sesuatu.

Bahkan, ketika kita mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan, tujuan atau prioritas akan membawa kita kembali pada jalan yang benar. 

Setiap tujuan atau ide yang terpikirkan sebaiknya ditulis dalam sebuah catatan. Gunanya sebagai pengingat dari rencana-rencana yang hendak kita raih.

Selain itu, kita juga akan lebih konsisten dalam melakukan setiap pekerjaan atau usaha. 

6. Belajar dari kesalahan

Dalam perjalanan hidup, tidak selalu yang kita lakukan dan putuskan itu benar. Kita terkadang membuat kesalahan yang membawa konsekuensi.

Saat sadar dan tahu melakukan kesalahan hal pertama yang harus kita lakukan adalah berusaha untuk memperbaiki diri atas kesalahan.

Dibalik itu semua, terus belajar dan tekun atas usaha yang kita lakukan pasti semua akan membawa kita pada jalan menuju kesuksesan.  

7. Selalu berusaha melakukan hal baik

Setiap memulai hari baru, sangat penting bagi kita untuk memotivasi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dari kemarin. Hal positif ini akan membantu kita membangun diri menjadi pribadi yang lebih optimis dan berpikir positif. 

Kita tidak akan mudah menyalahkan orang lain saat mungkin mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan. Harapannya, lingkungan kerja kita pun melihat kita sebagai contoh atau teladan.

Ini tentu bagus untuk peningkatan karier kita di masa depan atau keberlangsungan usaha kita. 

8. Bersyukur

Terkadang kita membandingkan kesuksesan orang lain dengan diri sendiri. Bahkan, muncul rasa iri atau kecewa akan diri sendiri.

Bila itu terjadi pada kamu, setoplah pikiran itu dari sekarang dan mulailah bersyukur setiap hari.

Bersyukur akan membantu kamu lebih menikmati hidup setiap harinya. Bahkan, mendekatkan kamu pada Tuhan yang selama ini telah memberikan kebaikan dalam hidup kamu.

Jadi, jangan lupa bersyukur setiap hari meski dalam kondisi sulit atau justru sedang bahagia. 

9. Percaya diri

Mendengarkan nasihat atau masukan dari orang lain memang diperbolehkan, tetapi tidak menjadi keharusan untuk dilakukan. 

Yakin atas kemampuan diri sendiri juga membantu kamu untuk nantinya bisa berada di posisi teratas atau mencapai puncak kesuksesan. 

10. Bangun relasi seluas-luasnya

Pasti kamu sering mendengar kata-kata ini, “Seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak”. Cobalah untuk menerapkan itu dalam perjalanan karier kita untuk mencapai kesuksesan.

Memiliki banyak teman akan sangat berguna nantinya untuk perjalanan karier atau usaha kita. Bisa saja kita membutuhkan bantuan teman tersebut di masa mendatang. 

Untuk bisa menerapkan ini, tentu kita harus berjiwa besar dan mudah memaafkan bila kawan atau relasi melakukan kesalahan. Jangan menyimpan dendam dan berusahalah untuk menjadi pribadi yang baik. 

11. Bergaul dengan lingkungan atau rekan yang membangun

Meski memiliki banyak teman, kamu harus bisa menyeleksi mana teman dan lingkungan yang bisa membangun kamu ke arah yang positif.

Lingkungan dan rekan yang positif tentu banyak manfaatnya untuk membantu kamu meraih kesuksesan. 

Beruntung apabila lingkungan dan rekan kamu justru menjadi ladang atau kepanjangan tangan kamu meraih karier yang bagus dan mencapai kesuksesan usaha.

Jadi, pintarlah untuk bergaul dan cepat membaca kondisi mana lingkungan atau rekan yang harus diprioritaskan.  

12. Terapkan gaya hidup sehat

Kesehatan adalah hal penting dalam hidup. Sebab bila tidak sehat, kita terhambat untuk beraktivitas. Karena itu, kita butuh tubuh dan jiwa yang sehat untuk meraih kesuksesan.

Tubuh dan jiwa yang sehat sangat menunjang rencana dan tujuan kita.

Kita harus menyelaraskan rencana dan tujuan hidup dengan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Makan teratur dan bergizi, berolahraga, menjauhi rokok, dan alkohol serta rutin memeriksakan kesehatan tubuh. 

13. Tentukan batas waktu

Di tengah keasyikan mengejar gol atau prioritas kita, jangan lupa tetapkan deadline atau batas waktu kapan kita harus menyelesaikannya.

Ini penting untuk kita bisa evaluasi kegagalan atau kesalahan dan melakukan pembaharuan rencana kita. 

Ingat, waktu adalah uang dan waktu tidak bisa mengembalikan kita pada hal-hal lampau. Jadi, jangan sia-siakan dan biarkan berlalu tanpa jelas progres tujuan dan gol kita. 

14. Berorientasi pada masa depan

Untuk bisa memenangkan kompetisi di masa mendatang, kita harus bisa memprediksi tentang masa depan. Sebab persaingan sudah pasti makin ketat, SDM selalu datang lebih unggul.

Dengan memikirkan masa depan, kita tidak akan kalah atau minimal mampu bersaing dengan hal-hal baru. 

Untuk bisa berpikir tentang masa depan, kita harus banyak bergaul dengan orang dan banyak membaca. Pengetahuan yang luas akan membantu kita mengenal situasi saat ini dan situasi masa depan.

Ditambah dengan analisis yang akan melengkapi kita untuk mampu membuat keputusan. 

15. Senang berkontribusi

Tanpa disadari, kita lebih sering menuntut sesuatu dibandingkan memberikan sesuatu kepada sesama, keluarga, atau negara.

Padahal, memberi atau berkontribusi itu membuktikan bahwa diri kita itu mampu bermanfaat bagi banyak orang. Tentu akan lebih menyenangkan saat kehadiran kita bermanfaat bagi banyak orang ketimbang sekadar hanya menuntut sesuatu. 

Kamu pasti pernah mendengar, “Semakin banyak memberi, semakin ia banyak menerima.” Hal tersebut tidak salah karena akan mendorong kamu untuk berkontribusi pada hal baik sebesar-besarnya.

Itu dia 15 kunci sukses buat kamu yang tengah meniti karier. Ingat, kesuksesan bisa kamu raih jika kamu sangat menghargai waktu dan sebuah proses!