KUR BCA Bisa Online, Ini Cara Pengajuan dan Cicilan

kur bca

KUR BCA adalah salah satu kredit usaha rakyat yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

KUR adalah program gagasan pemerintah dengan menggandeng bank-bank di Indonesia, salah satunya KUR BCA, untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah agar berkembang dan terus tumbuh. Sehingga perekonomian Tanah Air akan meningkat.

KUR juga bisa diajukan oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) yang hendak berangkat ke luar negeri. Bagi TKI, KUR akan menanggung biaya keberangkatan mereka di awal untuk kemudian bisa dilunasi sesuai kesepakatan yang mengacu pada kontrak kerja.

Total lebih dari 30 bank di Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah untuk menyediakan layanan ini. Salah satu bank penyalur kredit yang terpercaya dan baik kredibilitasnya adalah Bank BCA lewat produknya, KUR BCA.

BCA memiliki banyak produk pinjaman yang bisa kamu pilih dan sesuaikan untuk membantu usahamu. Nah, KUR BCA menjadi salah satu produk yang paling banyak peminatnya. Para pengusaha UMKM biasanya memilih kredit usaha satu ini ketika akan memperluas bisnisnya atau ketika membutuhkan suntikan modal.

Kamu yang saat ini juga menggeluti bidang UMKM tak ada salahnya mengajukan kredit modal KUR dari BCA agar bisnismu berjalan lancar.

Program KUR BCA

Program KUR dari Bank BCA memberikan kredit pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi yang layak dan produktif. Terutama, jika usaha-usaha ini belum memenuhi persyaratan untuk mengajukan modal kerja atau kredit investasi dari bank.

Sejak September 2016, Bank BCA telah menyalurkan KUR BCA kepada banyak UMKM dan koperasi di Indonesia. Melalui KUR BCA, Bank BCA membantu mendistribusikan dana dari pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha yang dijalankan.

Pola pembiayaannya pun bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung (linkage). Apapun pola pembiayaan yang kamu pilih, keduanya sama-sama dijamin oleh Lembaga Penjamin Kredit. Sehingga kamu sebagai pelaku usaha tak perlu khawatir mengenai hal ini.

Keunggulan program KUR BCA

Sebelum memutuskan mengajukan KUR di bank, ada banyak hal yang perlu kamu cermati. Nah, keunggulan program kredit usaha rakyat dari Bank BCA ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan kamu juga. Dibandingkan dengan bank-bank swasta lainnya, KUR BCA memiliki keunggulan seperti berikut ini:

Produk KUR BCA

Pada umumnya, bank menyediakan KUR khusus untuk pengusaha UMKM dan produk kredit lainnya untuk usaha yang lebih besar. Tapi, berbeda halnya dengan produk KUR BCA. Bisa dibilang, Bank BCA menyediakan produk KUR terlengkap dengan memiliki dua produk KUR yang ditawarkan, yaitu KUR BCA dan KUR BCA Plus.

Dari segi nominal, kredit yang diberikan KUR BCA Plus lebih besar dari KUR BCA. Jenis usaha UMKM yang diizinkan mengajukan KUR pun lebih beragam. Selain pengusaha UMKM yang bergerak di bidang produksi barang dan jasa saja, Bank BCA juga fokus pada penyaluran dana KUR ke UMKM yang bergerak pada bidang wisata.

Dana KUR BCA 2020 paling besar

Di antara bank swasta yang terdaftar di Indonesia, KUR BCA menduduki peringkat satu pendanaan KUR terbesar pada tahun 2020. Pun sebagai bank swasta terbesar di Tanah Air, performa Bank BCA dalam penyaluran pembiayaan memang tak perlu diragukan lagi.

Meski bukan bank plat merah, BCA mampu memberikan KUR yang tak kalah besar dengan bank milik pemerintah lainnya. KUR BCA menawarkan kredit pendanaan mulai dari Rp5 juta-Rp100 juta per pelaku UMKM. Bahkan, ada pula KUR BCA Plus yang menawarkan pinjaman sebesar Rp50-Rp500 juta kepada para pengusaha produktif terutama di bidang ritel.

Jaringan bank luas

Sudah bukan rahasia jika jaringan Bank BCA sangat luar mencakup seluruh nusantara. Demi bisa berperan aktif mendukung program pemerintah meningkatkan perekonomian lewat UMKM Bank BCA sampai menggandeng Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Tujuannya, agar tak hanya pelaku UMKM di kota besar saja yang bisa mendapatkan kemudahan bantuan modal kredit usaha dari BCA. Usaha mikro di pedesaan pun bisa punya kesempatan yang sama.

Bahkan, melalui kerja sama ini, Bank BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerja sama sebesar Rp20 miliar. Wow, besar banget ya!

Pengajuan mudah dan pembayaran cicilannya

Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum mengajukan KUR di bank adalah kemudahan yang ditawarkan. KUR BCA memiliki pengajuan dan cara pembayaran cicilan yang mudah.

Sebagai contoh, bila biasanya bank yang menentukan tenor serta bunga dalam kredit pembiayaan, KUR BCA memberikan keleluasaan bagi kamu menentukan sendiri tenor cicilan yang dikehendaki. Sehingga kamu bisa menyesuaikan tenor dengan kondisi usaha dan kemampuanmu untuk membayar cicilan, mulai dari 12 sampai 48 bulan.

Bunga yang diberikan KUR BCA pun tergolong standar, sehingga tidak akan memberatkan kamu karena nilai suku bunga yang tidak pasti. Tentunya jika kamu mengajukan kredit usaha Bank BCA yang telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Kredit, maka kreditmu pun akan lebih aman daripada berhutang kepada lembaga tidak resmi atau bahkan rentenir.

Tapi, tentu ada syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa mendapatkan kemudahan ini. Untuk bisa mengajukan kredit usaha rakyat BCA, kamu setidaknya harus aktif dan bidang usaha yang kamu geluti sudah berjalan minimal enam bulan. Kamu juga harus bisa memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan KUR BCA.

Syarat pengajuan KUR BCA

Setelah mengetahui program KUR BCA dan keunggulannya, kini kamu mungkin menanyakan bagaimana caranya agar kamu bisa mendapatkan kredit usaha rakyat BCA supaya bisnismu bisa jadi lebih besar?

Sebelum mengetahuinya, kamu juga wajib tahu mengenai syarat-syarat yang diperlukan untuk bisa mengajukan kredit usaha rakyat BCA. Untuk bisa mengajukan dana KUR BCA senilai Rp5 juta-Rp100 juta, berikut ini syarat- syarat yang harus kamu penuhi:

  • Pengusaha merupakan WNI dan memiliki KTP dan KK
  • Usia minimal pengusaha saat mengajukan ialah 21 tahun dan maksimal pelunasan 60 tahun
  • Memiliki usaha yang aktif minimal enam bulan.
  • Memiliki surat izin usaha.
  • Memiliki proposal atau laporan keuangan usaha.
  • Memiliki NPWP apabila mengajukan pinjaman di atas Rp50.000.000
  • Tidak sedang menerima kredit yang sama dari Bank lain
  • Riwayat kredit lancar dari Bank Indonesia.
  • Tidak di-blacklist Bank Indonesia.

Beda lagi jika kamu ingin mengajukan KUR BCA plus dengan nilai pinjaman yang diajukan, yaitu Rp50 juta-Rp500 juta, ini syarat yang wajib kamu penuhi.

  • Pemohon merupakan individu atau bisa juga pemilik usaha berbadan hukum yang sah
  • Pengusaha berusia minimal 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun
  • Pengusaha produktif khususnya dalam usaha ritel yang mendapatkan KUR yang sesuai dengan ketentuan dari pemerintah
  • Usaha minimal sudah berjalan 6 bulan secara kontinyu
  • Fotocopy KTP/SIM
  • Fotocopy Kartu keluarga
  • Fotocopy buku rekening tabungan
  • Menyertakan dokumen asli aset berharga sebagai agunannya seperti sertifikat rumah, tanah, kebun atau BPKB
  • Mengisi formulir pengajuan KUR BCA Plus yang telah disediakan.

Apakah kamu sudah memiliki semua dokumen dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan? Pada dasarnya syarat untuk mendapatkan pinjaman satu ini memang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan wajib dipatuhi oleh pemohon. Jadi, pastikan jangan sampai ada syarat yang kurang jika kamu benar-benar ingin mengajukan kredit usaha rakyat BCA, ya!

Bagaimana cara pengajuan KUR BCA 2020?

Sudah mengetahui dengan jelas mengenai program kredit usaha rakyat BCA dan syarat-syarat yang diperlukan untuk mengajukannya, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara pengajuan KUR BCA 2020?

Tentu saja sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit usaha rakyat BCA, kamu harus sudah menentukan dengan yakin kredit usaha rakyat BCA manakah yang akan kamu pilih. Jika sudah, ada dua cara pengajuan KUR BCA 2020 yang bisa kamu pilih seperti berikut ini.

Pengajuan KUR BCA 2020 melalui kantor cabang

Pengajuan KUR BCA 2020 bisa kamu lakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Isi formulir permohonan kredit

Aplikasi kredit atau formulir permohonan kredit yang memuat beberapa data mulai identitas diri, contact person, identitas dan jenis usaha identitas bank, hingga identitas saudara dekat ini wajib kamu isi. Cermatlah dalam mengisi data dan pastikan semua data yang kamu tuliskan benar-benar sesuai dengan fakta.

Biasanya saat mengisi formulir ini pula lah kamu akan diminta untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Pastikan dokumen-dokumen seperti izin usaha, KK, atau e-KTP dan lainnya masih berlaku dan sah.

2. Tunggu proses verifikasi dan persetujuan

Usai mengisi formulir pengajuan, data kamu akan melewati proses verifikasi dalam beberapa hari. Bank perlu waktu mengecek validitas dari usaha dan data yang kamu cantumkan.

Sabarlah menunggu hingga batas waktu yang telah ditetapkan. Namun, jika proses verifikasi berjalan terlalu lama dan telah melewati batas waktu, kamu boleh saja melakukan pengecekan atas pengajuanmu apakah diterima atau ditolak.

3. Akad kredit

Jika ternyata pengajuanmu diterima, kamu akan diberitahu pihak bank untuk selanjutnya melakukan akad kredit. Kamu akan diminta membaca peraturan yang harus kamu patuhi selama kredit berjalan dan kemudian menandatangani sejumlah berkas yang merupakan akad kredit tersebut.

Selanjutnya, pencairan dana kredit usaha rakyat BCA pun bisa langsung dilakukan sesuai ketentuan. KUR pun selanjutnya bisa kamu gunakan sesuai tujuanmu.

Tabel angsuran KUR BCA 2020

Tabel angsuran kredit usaha BCA akan memudahkan kamu melihat simulasi akan seperti apa besaran cicilan yang harus dibayarkan dengan tenor yang kamu pilih. Adapun pilihan tenor yang disediakan dalam tabel angsuran KUR BCA 2020 mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan.

Pilihlah cicilan yang tidak memberatkan usahamu sehingga perkembangan bisnis usaha yang kamu jalani bisa sesuai dengan rencana. Berikut tabel angsuran KUR BCA 2020.

 

Jumlah Kredit

Cicilan Bulanan / Tenor
12 bulan 18 bulan 24 bulan 30 bulan 34 bulan
Rp5.000.000 Rp466.667 Rp329.287 Rp259.883 Rp220.167 Rp192.389
Rp6.000.000 Rp560.000 Rp395.133 Rp311.800 Rp264.200 Rp230.867
Rp7.000.000 Rp653.333 Rp460.989 Rp363.767 Rp308.233 Rp269.344
Rp8.000.000 Rp746.667 Rp526.844 Rp415.773 Rp352.267 Rp307.822
Rp9.000.000 Rp840.000 Rp592.700 Rp467.700 Rp396.300 Rp346.300
Rp10.000.000 Rp933.333 Rp658.556 Rp519.667 Rp440.333 Rp384.778
Rp20.000.000 Rp186.667 Rp1.317.111 Rp1.039.333 Rp880.667 Rp769.556
Rp30.000.000 Rp2.800.000 Rp1.975.667 Rp1.559.000 Rp1.321.000 Rp1.154.333
Rp40.000.000 Rp3.733.333 Rp2.634.222 Rp2.078.667 Rp1.761.333 Rp1.539.111
Rp50.000.000 Rp4.666.667 Rp3.292.778 Rp2.598.333 Rp2.201.667 Rp1.923.889
Rp60.000.000 Rp5.600.000 Rp3.951.333 Rp3.118.000 Rp2.642.000 Rp2.308.667
Rp70.000.000 Rp6.533.333 Rp4.609.889 Rp3.637.667 Rp3.082.333 Rp2.693.444
Rp80.000.000 Rp7.466.667 Rp5.268.444 Rp4.157.333 Rp3.522.667 Rp3.078.222
Rp90.000.000 Rp8.400.000 Rp5.927.000 Rp4.677.000 Rp3.963.000 Rp3.463.000
Rp100.000.000 Rp9.333.333 Rp6.585.556 Rp5.196.667 Rp4.403.333 Rp3.847.778

Masih bingung hanya melihat tabel angsuran KUR BCA 2020? Kamu juga bisa coba menghitung simulasi cicilan bulanan kredit usaha rakyat BCA yang tepat menggunakan kalkulator bunga efektif dari Lifepal, lho!

Hitung cicilan bulanan KUR BCA dengan kalkulator bunga efektif Lifepal

Untuk mengetahui berapa total angsuran bulanan untuk pinjaman KUR BCA yang diajukan, kamu bisa menggunakan kalkulator bunga efektif Lifepal.

Kita bisa langsung mencoba kalkulasikan perencanaan KUR BCA yang kamu ajukan dengan kalkulator bunga efektif berikut ini.

Hasil yang diperoleh masih bersifat kisaran. Pasalnya, ada biaya administrasi dan ketentuan tarif lain dari Bank BCA.

Kamu bisa mengonsultasikan melalui call center Bank BCA atau untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap bisa menghubungi 1500888.

Update KUR BCA 2020

Banyaknya UMKM yang turut berkontribusi pada perekonomian Indonesia membuat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mulai tahun 2020, yang memutuskan untuk mengubah kebijakan KUR menjadi lebih pro rakyat. Ini juga dilakukan seiring dengan akan ditetapkannya RUU Cipta Lapangan Kerja.

Ada beberapa perubahan dalam aturan pemerintah mengenai KUR yang juga akan berimbas pada update KUR BCA 2020. Salah satunya, mengenai perubahan suku bunga yang awalnya 7% turun menjadi 6%. Sesuai keterangan Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto penurunan suku bunga ini mulai berlaku secara efektif sejak 1 Januari 2020.

Sebagaimana diputuskan Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM, harapannya ini akan dapat mendorong percepatan pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Selain itu, adanya pandemi Covid-19 yang banyak menghantam pelaku dan bisnis UMKM membuat pemerintah memberikan keringanan cicilan termasuk KUR bagi pelaku UMKM. Keringanan tersebut berupa penundaan angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan subsidi bunga kredit. Ini tentunya juga akan berpengaruh pada update KUR BCA 2020.

Cara pengajuan keringanan cicilan KUR bagi nasabah terdampak Covid-19

Banyak bisnis yang dijalani pelaku UMKM terdampak akibat pandemi Covid-19. Nah, kalau kamu termasuk salah satu di antaranya, kamu bisa mengajukan keringanan cicilan KUR BCA 2020.

Kamu bisa mengajukan penundaan cicilan apabila mengalami penurunan omzet:

  • Sampai dengan 30%, maka kamu bisa mengajukan penurunan suku bunga dan perpanjangan jangka waktu kredit.
  • lebih dari 30% sampai 50%, maka akan mendapat penundaan pembayaran bunga dan angsuran pokok selama 6 bulan.
  • 50% sampai 75%, kamu diperbolehkan melakukan penundaan pembayaran bunga selama 6 bulan dan penundaan angsuran pokok selama 12 bulan.
  • lebih dari 75%, maka kamu diperbolehkan menunda pembayaran bunga dan pokok selama 12 bulan.

Sementara itu, kamu yang termasuk nasabah KUR juga bisa mendapatkan subsidi bunga untuk 3 bulan pertama (sebesar 6%), lalu 3 bulan kedua (sebesar 3%).

Untuk mengajukan keringanan KUR BCA karena terdampak Covid-19, kamu bisa menghubungi Bank BCA melalui website BCA atau Call Center BCA 1500888 untuk mendapatkan infomasi lebih lanjut.

Tips agar pengajuan KUR BCA disetujui

Langkah selanjutnya yang penting diketahui agar pengajuan kredit usaha rakyat BCA kamu disetujui dan lolos verifikasi, simak tips berikut:

1. Usaha milik pribadi

Dalam persyaratan jelas disebutkan bahwa pemohon kredit haruslah merupakan pemilik yang sah dari usaha yang telah berjalan setidaknya selama enam bulan. Karena itu, usahakan kamu yang memang pemilik UMKM mengurus sendiri pengajuan kredit usaha di bank satu ini. Ikuti seluruh aturan yang telah ditetapkan dan pastikan kamu bisa hadir kalau memang diminta untuk datang ke kantor.

2. Bebas dari kredit bank lain

Ini menjadi poin penting yang jadi salah satu pertibangan Bank mau memberikan KUR kepada kamu. Ibaratnya, kamu tentu tidak mau dong memberikan pinjaman pada seseorang yang hutang sebelumnya pada orang lain saja belum lunas?

Jika kamu memang masih terlibat kredit dengan bank lain, ada baiknya selesaikan dulu kredit tersebut. Baru kemudian kamu bisa mengajukan kredit usaha rakyat BCA. Track record kamu dalam menyelesaikan kredit di bank-bank lain juga akan jadi pertimbangan apakah kredit usahamu disetujui atau tidak, lho!

3. Memiliki Surat Izin Usaha (SIU)

Surat izin usaha (SIU) merupakan dokumen penting yang bisa membuktikan kalau usahamu memang benar ada dan tidak fiktif. Melalui surat tersebut juga bisa diketahui apakah usahamu sudah berjalan produktif paling tidak selama enam bulan atau belum.

Surat ini juga berguna sebagai jaminan kalau usahamu memang terdaftar dan diakui keberadaannya. Pasalnya, jika kamu gagal melunasi kredit usaha rakyat BCA, akan ada konsekuensi usaha yang kamu jalani inilah yang akan jadi jaminannya.

4. Sediakan jaminan jika memilih KUR Ritel

Beda lagi jika kamu memiliki usaha ritel dan mengajukan KUR BCA Plus. Kamu diminta untuk menyediakan jaminan berupa asset berharga sebagai agunannya. Sebab, KUR ritel memiliki nominal kredit yang lebih besar dari UMKM sehingga komitmen yang dibutuhkan untuk melunasi kredit pun harus lebih besar.

Jaminan yang bisa kamu sediakan untuk bisa mendapatkan kredit usaha rakyat BCA bagi usaha ritel antara lain surat kepemilikan rumah, akta tanah, atau bisa juga BPKB kendaraan bermotor.

5. Ada aktivitas usaha

Keberadaan usahamu tidak hanya perlu dibuktikan melalui surat-surat saja. Agar pihak bank BCA yakin usahamu memang layak mendapatkan kredit usaha rakyat BCA, maka kamu juga harus menunjukkan adanya aktivitas usaha.

Buktikan kalau memang usahamu ini masih berjalan dan profuktif serta memiliki perencanaan bisnis yang matang agar bisa berkembang. Dengan begitu, pihak bank tak akan meragukan keaktifan usahamu untuk menerima kredit usaha BCA yang memang akan digunakan sesuai peruntukannya.

Lindungi aset usahamu dengan asuransi properti

Setelah mengetahui caranya mendapat kredit usaha rakyat dari Bank BCA, kamu juga harus melindungi keuanganmu dengan asuransi. Terutama bagi kamu yang memiliki ruko atau aset properti usaha lainnya, sebaiknya lindungi dengan asuransi properti.

Seperti diketahui, asuransi properti akan memberikan jaminan ganti rugi bila harus memperbaiki kerusakan fisik pada propertimu akan ditanggung perusahaan asuransi.

Misalnya, kerusakan akibat kebakaran atau kerugian dari pihak ketiga, dan bahkan jika kamu kehilangan aset perusahaan akibat pencurian.

Kalau kamu mau tahu manfaat lainnya dari asuransi properti dan berapa preminya, coba konsultasikan saja secara gratis di Lifepal!

Nah itu dia, semua info yang kamu butuhkan terkait KUR BCA. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Halo BCA di nomor 1500888, email via [email protected], atau whatsapp di 08111500998.

Kamu juga bisa mention Halo BCA di Twitter @HaloBCA atau baca artikel lainnya tentang KUR BCA, dan kredit modal usaha lainnya di Lifepal. Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →