KUR BNI 2020 Bisa Online, Ini Cara Pengajuan dan Cicilan

keunggulan kur bni

KUR BNI adalah fasilitas kredit untuk pelaku usaha mikro, usaha kecil, serta koperasi sebagai Kredit Modal Kerja atau kredit investasi dari PT Bank BNI. Sejak tahun 2007, KUR BNI telah memberikan solusi bagi pemilik usaha produktif yang kekurangan modal.

Selain KUR, BNI juga memasarkan asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu dapatkan di Lifepal, lho!

Ingin tahu lebih lanjut mengenai KUR BNI, yuk simak berikut ini.

Sekilas tentang program KUR

Indonesia  memiliki sekitar 117,68 juta tenaga kerja dan sebanyak 96,87 persen di antaranya bekerja pada sektor UMKM. Sumbangan UMKM pada Produk Domestik Bruto (PDB) saat ini pun cukup tinggi yakni mencapai 60,34 persen.

Sayangnya, modal menjadi masalah utama yang menghambat keberlangsungan usaha para pegiat UMKM ini.

Untuk itulah, pemerintah memberikan solusi terkait modal melalui program Kredit Usaha Rakyat atau KUR sebagai solusi pembiayaan modal bagi pemilik usaha produktif dan layak.

Sejak tahun 2007, KUR telah membantu berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha-usaha yang bergerak di bidang produktif seperti pertanian, perindustrian, perikanan dan kelautan, kehutanan hingga usaha jasa simpan pinjam.

Terbukti, sampai 30 September 2019 penyaluran KUR sudah mencapai Rp115,9 triliun dari target tahun 2019 sebesar Rp140 triliun dengan total debitur KUR sebanyak 4,1 juta debitur KUR.

Di tahun 2020 ini, ada beberapa perubahan yang menguntungkan para pelaku usaha yang hendak memanfaatkan KUR, antara lain:

  • Suku bunga diturunkan dari 7 persen menjadi 6 persen efektif per tahun berlaku mulai 1 Januari 2020.
  • Total plafon KUR ditingkatkan dari 140 Triliun menjadi 190 Triliun pada tahun 2020, dan akan ditingkatkan bertahap sampai dengan Rp325 Triliun pada tahun 2024.
  • Peningkatan plafon KUR Mikro dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta per debitur.
  • Perubahan juga terjadi pada total akumulasi plafon KUR Mikro untuk sektor perdagangan yang semula sebesar Rp100 juta berubah menjadi Rp200 juta.

KUR BNI dan keunggulannya

Seperti perbankan lainnya, Bank BNI memiliki beragam produk pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan. Dan KUR, diperuntukkan bagi UMKM yang memiliki usaha produktif.

Suku bunga pada jenis KUR memiliki nilai yang lebih rendah daripada pinjaman BNI lain seperti instan, fleksi, multiguna atau kredit tanpa agunan (KTA), yaitu hanya 6 persen.

Penyaluran KUR BNI tahun 2020, yang hingga 31 Juli 2020 telah mencapai Rp 9,76 triliun dan menyentuh 257.616 penerima di seluruh Indonesia.

Beberapa inovasi yang menjadi keunggulan KUR BNI lakukan dalam mendorong penyaluran KUR antara lain:

  • BNI ditetapkan sebagai Penyalur KUR Terbaik 1 Tahun 2019 dari pemerintah.
  • Melakukan penyaluran berbasis klaster binaan unggulan lokal.
  • Melakukan sinergi BUMN dan startup untuk memberikan pembinaan.
  • Melakukan kerjasama linkage dengan mengedepankan akses pembiayaan yang mudah dan pendampingan untuk meningkatkan hasil usaha.
  • Pengajuan mudah bisa via online dengan e-form BNI.
  • Bebas biaya provisi dan biaya layanan.
  • Ada pendampingan bagi nasabah KUR melalui program one village one product.

Sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional, Bank BNI mendukung nasabah KUR melalui BNI kluster One Village One Product (OVOP). Pola OVOP sendiri yaitu setiap desa didorong agar menemukan dan mengembangkan produk unggulan yang mempunyai ciri khas, yang berbeda dengan karakteristik produk dari desa lain.

Nantinya, pihak BNI akan memberikan pendampingan bagi masyarakat desa dalam penentuan produk unggulan, fasilitasi produksi menggunakan bantuan permodalan, hingga perluasan akses pasar, baik melalui online marketing maupun pasar ekspor dengan bantuan kantor cabang luar negeri BNI. Menarik, bukan?

Program KUR BNI

Saat ini, ada beberapa jenis-jenis KUR yang telah disediakan oleh bank BNI, yaitu:

  • KUR Mikro
  • KUR Ritel
  • KUR TKI
  • KUR Khusus

Untuk perbedaan masing-masing produk KUR BNI, antara lain:

1. KUR Mikro

Jenis KUR Mikro ini diberikan kepada nasabah yang akan digunakan sebagai pembiayaan pengembangan usaha dengan plafon pinjaman hingga Rp25 juta. Jangka waktu yang diberikan kepada nasabah kredit KUR yaitu selama 4 tahun.

Kamu tidak perlu memberikan jaminan lain karena jaminan KUR Mikro ini hanya berupa usaha yang sedang dijalankan.

2. KUR Ritel

Mirip dengan KUR Mikro, karena sama-sama memberikan tambahan modal kepada para pengusaha tetapi dengan limit pinjaman yang lebih tinggi yaitu Rp25 juta hingga Rp500 juta.

Kemudian untuk jangka waktu pengembalian kredit selama 4 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi. Pinjaman KUR Ritel ini haruslah dilengkapi dengan jaminan dan jaminan tersebut sesuai ketentuan bank BNI.

3. KUR TKI

KUR TKI yang dikhususkan bagi calon nasabah yang akan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebagai modal awal di negara penempatan atau bekal bagi keluarga yang ditinggalkan di Tanah Air. Jumlah pinjaman KUR TKI sama seperti KUR Mikro, yaitu Rp25 juta dengan tenor jangka waktu paling lama 3 tahun atau sesuai kontrak kerja.

Namun tidak semua TKI di seluruh negara dapat memanfaatkan pelayanan KUR TKI, bank BNI hanya menyediakan beberapa negara saja meliputi Singapore, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Japan, Korea, hingga malaysia.

4. KUR Khusus (KUR Tani)

Program ini diluncurkan untuk meningkatkan kapasitas usaha masyarakat tani, seperti pedagang pupuk maupun ekosistem pendukung pertanian lainnya. Tenor pelunasan KUR Tani adalah 5 bulan atau sebanding dengan satu musim tanam.

Harapannya adalah setelah menuai hasil panen, petani bisa mengembalikan pinjaman modal usaha yang mereka ajarkan.

Jumlah pinjaman KUR Tani dikategorikan sesuai jenis tanaman dan luas lahan, contohnya adalah sebagai berikut.

  • Luas masing-masing lahan maksimal 2 ha dengan suku bunga 7 persen per tahun atau 0,03 persen per 5 bulan. Informasi terkini menyatakan suku bunga sudah turun menjadi 6 persen per tahun.
  • Pinjaman modal usaha untuk tani tanaman jagung adalah sebesar Rp15 juta.
  • Pinjaman modal usaha untuk tani tanaman padi adalah sebesar Rp22 juta.

5. KUR Super Mikro BNI 

KUR Super Mikro BNI merupakan bantuan yang ditujukan untuk pekerja terkena PHK dan ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif. Produk KUR Super Mikro baru diberikan tahun 2020.

Pekerja terkena PHK dan ibu rumah tangga yang menjalankan usaha berpeluang mendapatkan kredit lunak KUR super mikro dengan ketentuan pertama mereka masuk kategori usaha mikro.

Adapun ketentuan dari KUR Super Mikro BNI 2020 sebagai berikut.

  • Suku bunga KUR super mikro ditetapkan sebesar nol persen sampai dengan 31 Desember 2020 dan enam persen setelah 31 Desember 2020.
  • Jumlah kredit maksimum Rp10 juta.
  • Dalam skema KUR super mikro, yang menjadi agunan pokok ialah usaha atau proyek yang dibiayai KUR, dan tidak diperlukan agunan tambahan.
  • Lama usaha calon penerima KUR super mikro tidak dibatasi minimal enam bulan. Artinya lama usaha dapat kurang dari enam bulan dengan syarat mengikuti program pendampingan (formal atau informal); atau tergabung dalam suatu kelompok usaha; atau memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.
  • Bagi pegawai PHK tidak diwajibkan memiliki usaha minimal tiga bulan dengan pelatihan tiga bulan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman KUR. Namun dapat kurang dari tiga bulan atau usaha baru.
  • Belum pernah menerima KUR.

Syarat pengajuan KUR BNI

Kalau kamu ingin melakukan pengajuan KUR BNI, kamu harus memenuhi persyaratan umum dan melengkapi dokumen. Apa saja syarat pengajuan KUR BNI?

Syarat umum KUR BNI

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia calon nasabah minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Nasabah telah menjalankan bidang usahanya dengan waktu minimal 6 bulan.
  • Pastikan bahwa calon nasabah tidak sedang memiliki memiliki atau mendapatkan kredit dari bank lain.

Syarat administrasi atau dokumen KUR BNI untuk Perorangan

  • Fotokopi E-KTP dan Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Surat Nikah bagi yang sudah menikah.
  • Fotokopi Surat Ijin Usaha atau Keterangan Usaha Dari Kelurahan.
  • Fotokopi dokumen jaminan untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.
  • NPWP untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.

Syarat administrasi atau dokumen KUR BNI untuk Badan Usaha

  • Fotokopi E-KTP dan Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Surat Ijin Usaha atau Keterangan Usaha yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya.
  • Fotokopi dokumen jaminan untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.
  • NPWP untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.

Selain itu, Bank BNI juga membebankan biaya administrasi KUR BNI maksimal Rp150 ribu kepada nasabah.

Lalu bagi nasabah yang menunggak cicilan, akan dikenakan denda sebesar 5 persen per tahun dari saldo yang tertunggak.

Cara melakukan pengajuan KUR BNI 2020

Saat ini kamu dapat mengajukan KUR BNI dengan dua cara yaitu online melalui e-form BNI dan offline dengan datang langsung ke kantor cabang,

Untuk mengetahui cara pengajuan KUR BNI 2020, berikut ini langkah-langkahnya.

KUR BNI Online 2020

  1. Kunjungi situs eform.bni.co.id.
  2. Kamu akan diminta memilih “Apakah Sudah Menjadi Nasabah BNI”, pilih “Sudah” jika telah memiliki nomor rekening BNI, dan “Belum” jika tidak mempunyai rekening BNI.
  3. Kemudian kamu diminta membaca syarat dan ketentuan KUR BNI 2020, pastikan membacanya dengan seksama lalu centang tanda persetujuan persyaratan umum di paling bawah.
  4. Pilih “Lanjutkan”.
  5. Lengkapi setiap kolom isian untuk data diri dan data usaha kamu .
  6. Jika sudah selesai melengkapi informasi data diri, maka tunggu informasi yang nantinya akan dikirimkan dari pihak BNI.
  7. Pihak BNI untuk datang dan melakukan survey KUR BNI di lokasi usaha dan melakukan proses wawancara seputar usaha.
  8. Proses persetujuan kredit membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 7 hari kerja untuk memproses persetujuan kredit kamu.
  9. Jika pada akhirnya pengajuan KUR BNI disetujui, Bank akan menghubungi kamu untuk melakukan tanda tangan perjanjian kredit. Siapkan materai 6000 sebanyak 6 lembar, ya!
  10. Pastikan juga rekening tabungan BNI untuk proses pencairan dana KUR BNI yang mantap. Untuk itu, bagi nasabah yang belum mempunyai buku tabungan maka diminta untuk membuka rekening bank BNI terlebih dahulu.

KUR BNI Offline 2020

  1. Datang ke kantor cabang BNI dengan membawa persyaratan administrasi pengajuan KUR BNI.
  2. Ambil nomor antrian pada bagian customer service dan tunggu giliran kamu dipanggil.
  3. Petugas Bank BNI akan meminta kamu untuk melengkapi formulir pengajuan Kredit Usaha Rakyat BNI.
  4. Jika kamu mengajukan KUR dengan agunan, petugas juga akan meminta agunan tersebut saat itu.
  5. Pihak BNI untuk datang dan melakukan survey lokasi usaha dan melakukan proses wawancara seputar usaha.
  6. Proses persetujuan kredit membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 7 hari kerja untuk memproses persetujuan kredit kamu.
  7. Jika pada akhirnya pengajuan KUR BNI disetujui, Bank akan menghubungi kamu untuk melakukan tanda tangan perjanjian kredit. Siapkan materai 6000 sebanyak 6 lembar, ya!
  8. Pastikan juga rekening tabungan BNI untuk proses pencairan dana KUR BNI yang mantap. Untuk itu, bagi nasabah yang belum mempunyai buku tabungan maka diminta untuk membuka rekening bank BNI terlebih dahulu.

Tabel KUR BNI 2020

Untuk mengetahui tabel angsuran dan simulasi KUR BNI 2020, kamu bisa mengunjungi kantor cabang atau meminta kepada perwakilan agen KUR BNI di wilayah kamu.

Namun, sebagai gambaran berikut ini Lifepal hadirkan tabel KUR BNI 2020.

Plafon

Cicilan dan Suku Bunga Pinjaman KUR BNI 2020
12

(0,273%)

24

(0,265%)

36

(0,264%)

48

(0,265%)

60

(0,267%)

Rp5 juta

Rp430.332   Rp221.603   Rp152.089 Rp117.425

Rp10 juta

Rp860.664  Rp443.206  Rp304.219 

Rp234.850

Rp20 juta

Rp1.721.329  Rp886.412 Rp608.439  Rp469.701

Rp100 juta

Rp8.606.643  Rp4432.061 Rp3.042.194  Rp2.348.503 

Rp1.933.280

Rp200 juta

Rp17.213.286  Rp8.864.122  Rp6.084.387  Rp4.697.006  Rp3.866.560
Rp300 juta Rp25.819.929   Rp 13.296.183  Rp9.126.581  Rp7.045.509 

Rp5.799.840

Rp400 juta

Rp34.326.572  Rp17.728.244  Rp12.168.775  Rp9.394.012  Rp7.733.121
Rp500 juta Rp43.033.215  Rp22.160.305  Rp15.210.969  Rp11.742.515 

Rp9.666.401

Hitung cicilan KUR dengan kalkulator bunga efektif Lifepal

Sebagai referensi tambahan buat kamu yang ingin tahu berapa bujet untuk cicilan bulanan KUR nanti, kamu bisa melakukan perhitungan dengan kalkulator bunga efektif berikut.

Hasil di atas adalah jumlah kisaran ya karena dalam hal ini Bank BNI tentu memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya administrasi dan biaya-biaya lainnya. Kamu bisa menghubungi call center BNI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

[Update KUR BNI] Stimulus kepada nasabah terdampak Covid19

Sejak bulan Maret 2020, pemerintah memberikan keringanan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasabah KUR yang terdampak virus corona.

Bank BNI sendiri telah merestrukturisasi kredit usaha rakyat (KUR) kepada 200 ribu debitur KUR yang terdampak wabah COVID-19 dengan fasilitas kredit hingga Rp20 triliun.

Terdapat beberapa skema restrukturisasi kredit atau pembiayaan yang dapat dilakukan sebagaimana diatur Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11 Tahun 2020 dan Permenko 8 Tahun 2020 dalam penilaian kualitas aset, antara lain

  • Perpanjangan jangka waktu kredit.
  • Perpanjangan masa tenggang.
  • Keringanan tarif bunga pinjaman dan/atau provisi.
  • Penurunan suku bunga.

Jika kamu termasuk ke dalam nasabah KUR BNI yang terdampak Covid19, kamu bisa langsung menghubungi Bank BNI untuk meminta keringanan tersebut.

Adapun nantinya dalam penerapan ataupun skema restrukturisasinya tersebut, Bank BNI akan melakukan analisis terhadap profil, kapasitas, dan ketepatan membayar debiturnya, juga verifikasi bahwa debitur memang terdampak COVID-19 atau memiliki track record yang baik.

Tips agar pengajuan KUR BNI disetujui

Mengingat peminat KUR sangat tinggi setiap tahunnya, apalagi ditambah keringanan-keringanan yang diberikan pemerintah di tahun ini, maka tidak semua persetujuan akan disetujui.

Nah, kalau kamu ingin pengajuan KUR BNI kamu disetujui, syarat yang pertama tentu melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, ada beberapa tips agar pengajuan KUR BNI disetujui, antara lain:

  • Pastikan jenis usaha produktif dan milik pribadi.
  • Memiliki track record perbankan baik dan bebas dari kredit bank lain.
  • Memiliki Surat Izin Usaha (SIU).
  • Sediakan jaminan jika memilih KUR Ritel.
  • Ada aktivitas usaha.

Pinjaman KUR di bank lain

Selain Bank BRI, kamu juga bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat di bank pemerintah lainnya, yaitu:

KUR BTN

KUR BTN memberikan fasilitas kredit hingga Rp500 juta. Proses verifikasi serta pencairan KUR di Bank BTN terhitung cepat. Ada tiga produk KUR BTN, antara lain:

  • KUR Mikro BTN. Limit maksimal Rp50 juta dengan tenor maksimal 3 tahun untuk KMK dan maksimal 5 tahun untuk kredit investasi.
  • KUR Kecil BTN. Limit maksimal Rp500 juta. Tenor KMK maksimal 4 tahun dan kredit investasi maksimal 5 tahun.
  • KUR Linkage BTN. Untuk lembaga linkage maksimal plafon Rp2 miliar dan untuk end user sesuai jenis KUR yang diberikan kepadanya.

KUR Mandiri

Pengajuan KUR Mandiri terbilang mudah karena dapat dilakukan di unit dan Cabang Mikro terdekat. Jaringan kantor penyalur KUR Bank Mandiri terhitung banyak yaitu 2.796 jaringan, yang terdiri atas 1.074 Kantor Cabang Mikro dan 1.722 Unit Mikro yang tersebar di 34 provinsi. Adapun produk KUR Mandiri yaitu:

  • KUR Mikro dan Kecil Mandiri. Limit kredit minimal Rp2 juta maksimal Rp50 juta per debitur. Untuk jangka waktu pinjaman, untuk Kredit Modal Kerja maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi 5 tahun. Kemudian limit KUR Kecil minimal Rp51 juta dan maksimal Rp200 juta dengan tenor 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja, dan 5 tahun untuk Kredit Investasi.
  • KUR Ritel Mandiri. Limit kredit di atas Rp25 juta sampai dengan maksimal Rp200 juta per debitur, dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.
  • KUR Penempatan TKI Mandiri. Limit kredit maksimal hingga Rp25 juta per debitur. Tenor disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.
  • KUR Khusus Mandiri. Limit kredit di atas Rp25 juta-Rp500 juta. Diberikan ke kelompok usaha dalam bentuk kluster dan bekerja sama dengan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan, serta perikanan.

KUR BRI

Bank BRI menjadi satu dari 45 penyalur KUR 2020 dengan target penyaluran dana terbesar. Hingga akhir Mei 2020 penyaluran KUR BRI senilai R 47,4 triliun kepada lebih dari 1,7 juta pelaku UMKM.

  • KUR Mikro BRI. KUR Mikro BRI adalah kredit modal kerja atau kredit investasi dengan plafon sampai dengan Rp50 juta per debitur dengan tenor maksimal 3 tahun untuk modal kerja, dan 5 tahun untuk kredit investasi.
  • KUR Ritel BRI. Kredit yang diberikan kepada debitur yang punya usaha produktif dan layak dengan plafon hingga Rp500 juta per debitur. Tenor KUR Ritel maksimal 4 tahun sebagai kredit modal kerja, dan 5 tahun sebagai kredit investasi.
  • KUR TKI BRI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafon sampai dengan Rp25 juta dengan tujuan Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Punya pertanyaan lain seputar kredit dan keuangan?  Yuk tanyakan langsung ke ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

FAQ seputar KUR BNI

KUR BNI merupakan fasilitas kredit dari Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk kredit modal kerja.
Sama seperti suku bunga KUR di bank lain sebagaimana arahan pemerintah, suku bunga KUR BNI tergolong rendah hanya 6% per tahun.
Plafon maksimal untuk pinjaman KUR mencapai Rp500 juta.
Debitor diberikan tenor 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi.
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hanya dikhususkan untuk pinjaman dengan kredit di atas Rp50 juta.
Dana pinjaman KUR BNI bisa cair dalam waktu 7-14 hari kerja.
Calon nasabah bisa menyertakan bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, atau BPKB motor dan mobil sebagai jaminan pinjaman.
Bisa, calon nasabah hanya perlu mengisi e-form KUR BNI.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →