Kurang Tidur Itu Sebenarnya Bikin Boros Lho, Ini 5 Faktanya

Kurang tidur sering diidentikkan berbahaya pada kesehatan tubuh. Akan tetapi, ternyata bukan sampai di situ aja. Kurang tidur bisa bikin kamu lebih boros secara finansial.

Sebagai informasi aja, orang dewasa di usia produktif butuh waktu tidur sekitar 7 sampai 9 jam sehari. Jadi, kalau waktu tidur kamu sampai kurang dari angka tersebut maka kamu patut waspada.

Biar semakin waspada, DuitPintar udah merangkumkan bahaya finansial bila kamu sering begadang. Jadi, bukan cuma sebabkan gangguan kesehatan tubuh tetapi juga gangguan kesehatan dompet.

[Baca: Orang yang Jarang Tidur Pasti Cepat Sukses? Gak Juga Tuh]

Yuk, simak daftar berikut.

1. Kurang tidur bikin suka ngemil

Kurang Tidur
Niatnya sih gak makan, eh tapi malah jajan (Merdeka)

Coba deh perhatikan kebiasaan kamu saat begadang. Kamu kemungkinan besar bakal tergoda buat ngemil, kan?

Saat begadang, metabolisme tubuh melambat dan meningkatkan hormon ghrelin. Hormon gherlin adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan. Gak heran saat begadang, kamu cenderung lapar.

Efeknya? Gak cuma bikin berat badan naik tetapi pengeluaran kamu pun meningkat. Yang bikin lebih miris adalah saat begadang kamu bakal cenderung pilih makanan manis atau junk-food.

Bayangkan, jika kamu sering kurang tidur dan pesan makanan McD. Setidaknya kamu perlu merogoh kocek minimal Rp 50 ribuan buat kentang goreng dan burger.

Padahal kalau kamu tidur lebih awal, kamu udah merasa cukup dengan makan malam yang udah kamu nikmati sebelumnya.

[Baca: Gak Cuma Bikin Bokek, Ngemil Saat Gak Lapar Juga Bahaya Buat Kesehatan Lho]

2. Berat badan bertambah

begadang bikin berat badan bertambah
Berat badan pun bertambah (Metrotvnews)

Begadang gak cuma bikin kamu bertambah selera makan, berat badan pun tentu ikut bertambah.

Kalau berat badan udah bertambah maka biasanya bentuk tubuh pun mulai gak karuan. Baju-baju kamu mulai sempit dan akhirnya harus cari ukuran baru.

Bentuk badan yang udah gak seperti dulu menuntut kamu buat beli pakaian baru deh. Duh, pengeluaran dong!

Sehabis gajian yang ada dalam pikirkan kamu adalah beli pakaian baru. Minimal Rp 100 ribu harus kamu gelontorkan buat beli satu pakaian. Masalahnya satu pakaian aja gak cukup.

3. Ngantuk saat berkendara

kurang tidur ngantuk
Siangnya jadi ngantuk deh (Kompas)

Buat kamu yang setiap hari harus berkendara, kurang tidur bakal bikin kamu kurang fokus buat berkendara. Tentu ini bakal bahaya banget buat diri kamu.

Misalnya terjadi kecelakaan akibat kamu ngantuk, sebenarnya bukan nyawa aja yang terancam. Kamu pun harus merogoh dana darurat buat perbaikan kendaraan ataupun pengobatan kamu.

Emang sih asuransi kendaraan yang kamu miliki bisa aja menanggung biaya kerusakan yang terjadi. Tapi, pasti ada biaya-biaya kecil yang harus kamu tanggung. Termasuk biaya buat perawatan diri kamu sendiri.

[Baca: Buat yang Punya Kendaraan Harus Tahu, Asuransi Kesehatan All Risk Gak Berlaku untuk Semua Risiko]

4. Tubuh jadi malas dan kemampuan berpikir berkurang

produktivitas kerja menurun
Produktivitas kerja ikut menurun. Gaji gak jadi naik (alodokter)

Kedua bahaya ini sejalan satu sama lain. Bila kemampuan berpikir berkurang maka tubuh pun ikut jadi malas-malasan.

Akibatnya? Produktivitas kamu jadi menurun. Yang harusnya kamu bisa selesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal, kamu malah memilih buat begadang buat menyelesaikannya. Lingkaran setan ini bakal terus-menerus mengikat kamu buat kurang tidur.

Produktivitas yang menurun ini bakal berpengaruh terhadap karir kamu. Jangan sampai deh karena sering kurang tidur bikin kamu gak dapat kenaikan jabatan atau gaji. Cuma karena kamu gak bisa selesaikan pekerjaan dengan baik.

5. Terancam mengidap penyakit berat

bahaya begadang
Begadang bahaya buat kesehatan sekaligus keuangan (klikdokter)

Yang paling berbahaya adalah saat kamu kekurangan waktu tidur malam, kamu bisa aja terancam mengidap penyakit berat.

Kurang waktu tidur bisa meningkatkan hormon stres pada tubuh. Hormon stres ini kemungkinan besar bakal merusak pembuluh darah yang berakibat pada tekanan darah tinggi. Penyakit jantung adalah salah satu bahaya bila udah terkena tekanan darah tinggi.

Mengidap penyakit berat seperti penyakit jantung bukan lagi menguras dompet tetapi tabungan. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang pengobatannya termahal di Indonesia.

[Baca: 4 Penyakit dengan Pengobatan Termahal di Indonesia Ini Bisa Menguras Uangmu!]

Pepatah  “lebih baik mencegah daripada mengobati” emang tepat. Mencegah buat gak terkena penyakit nyatanya jauh lebih murah daripada harus mengobati.

Jadi mulai sekarang, kamu belajar deh buat atur waktu biar gak kekurangan waktu tidur. Fakta-fakta di atas membuktikan kalau kurang tidur bikin kamu boros.

Kamu bisa dapat manfaat dobel dengan tidur cukup, yaitu dompet dan tubuh sehat. Asyik banget, kan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →