Kurs Dolar Bank Mega: Ketahui dan Keuntungan Memilikinya

Kurs Dolar Bank Mega

Menabung di bank tidak hanya dapat dilakukan dalam mata uang rupiah. Namun, bisa juga dilakukan dengan mata uang dolar Amerika Serikat. Sebelum memutuskannya, ada baiknya nih mengetahui kurs dolar Bank Mega sebelum kalian membuka tabungan berupa mata uang asing

Tabungan dalam valuta asing sudah banyak tersedia di berbagai bank, baik itu milik pemerintahan maupun swasta. Memiliki tabungan mata uang asing, terutama dolar Amerika Serikat akan memudahkan kamu bertransaksi dengan mata uang lainnya di dunia. 

Sebagai mata uang dunia, dolar AS digunakan sebagai acuan mata uang asing lainnya. Nilai rupiah saat ini pun tergantung pada nilai dolar AS. 

Keuntungan memiliki tabungan dolar

Oleh karena itu, memiliki tabungan dolar akan menguntungkan kamu. Apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan ketika memiliki tabungan berupa dolar? Berikut penjelasan yang bisa kamu simak.  

Lebih stabil 

Dibandingkan menabung dalam rupiah, mata uang dolar tentunya lebih stabil. Hal ini dikarenakan oleh daya beli dolar yang lebih stabil dibandingkan rupiah itu sendiri. Nilainya pun menjadi lebih stabil dan tidak akan mengalami penurunan terlalu jauh. 

Berbeda dengan nilai rupiah yang cenderung merosot dari hari ke hari. Kondisi rupiah yang melemah pun membuat tabungan dalam rupiah menjadi tidak begitu menguntungkan karena nilainya terus tergerus oleh inflasi. 

Oleh karena itu, menabung dalam dolar jauh lebih menguntungkan, terutama untuk jangka panjang. Tabungan dolar pun bisa dijadikan antisipasi atas skenario terburuk seperti krisis moneter beberapa waktu silam. Di mana mata uang dolar Amerika Serikat dapat dirupiahkan dan jumlahnya menjadi lebih besar dibandingkan pada biasanya. 

Sumber dana di luar negeri

Dolar AS (U$$) merupakan mata uang global yang menjadi acuan mata uang lainnya yang ada di dunia. Tentu saja ia mudah untuk digunakan di manapun kamu berada. 

Dolar dapat kamu gunakan untuk berbagai transaksi di berbagai kondisi apalagi tidak perlu repot untuk menukarkan uang terlebih dahulu. 

Namun, jika harus menukarkan uang lebih dulu, kamu pun tidak akan dirugikan. Nilai tukarnya yang jauh lebih tinggi dibandingkan rupiah membuat kamu tidak perlu mengeluarkan uang begitu banyak. Kamu pun menjadi lebih hemat karenanya. 

Memudahkan rencana bepergian 

Rencana bepergian ke luar negeri kamu dan keluarga akan lebih mudah jika memiliki tabungan dolar. Baik itu untuk berlibur, urusan pekerjaan, bahkan untuk ibadah seperti umroh dan haji sekalipun. 

Ini dikarenakan oleh mudahnya pelunasan rencana perjalanan kamu ke pihak travel tanpa perlu repot menghitung konversinya dari nilai rupiah. Kamu pun selalu bisa menukarkan dolar yang kamu miliki ke negara tujuan.

Lebih efektif dan efisien 

Mata uang ini berlaku dimanapun, memiliki tabungan dolar akan memudahkan banyak hal. Sebagai acuan mata uang lain di dunia, kebanyakan transaksi akan menggunakan dolar. Artinya, kamu tidak perlu menukarkannya dengan mata uang lainnya.

Jika pun kamu harus menukarkannya dengan mata uang asing lainnya, kamu hanya perlu melakukan satu kali penukaran, dari dolar ke mata uang terkait. Tidak perlu menukarnya dari rupiah kemudian ke dolar, baru ditukarkan lagi ke mata uang yang kamu butuhkan. 

Proses penukaran pun menjadi lebih mudah. Tentu saja biaya konversi yang dikeluarkan pun jauh lebih sedikit. Perbedaan nilai mata uangnya pun terlampau tipis sehingga kamu tidak akan mengalami kerugian. 

Pertimbangkan hal ini sebelum membuka tabungan dolar

Meskipun memiliki tabungan dolar menggiurkan karena menawarkan banyak keuntungan. Ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membuka tabungan dolar. 

Tujuan pembuatan tabungan dolar 

Tujuan yang jelas adalah hal yang penting. Sekalipun dalam memutuskan untuk membuat rekening tabungan dolar. 

Tujuan yang jelas akan memudahkan untuk menentukan jumlah tabungan. Selain itu, tabungan dolar memang kerap digunakan oleh orang-orang yang aktif beraktivitas ke luar negeri, baik untuk urusan bisnis, studi maupun liburan. 

Fluktuasinya yang cukup stabil akan menghindarkan tabung dari inflasi terjadi. 

Syarat dan ketentuan yang berlaku 

Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Hal ini dapat berkaitan dengan setoran minimal dan saldo mengendap. 

Juga, biaya administrasi tabungan dolar kamu, biaya kurs dan nilai tukarnya. Mengetahui hal tersebut akan membuat kamu siap untuk menanggung segala biaya selisih kurs yang ada. 

Selain itu, kamu pun perlu memperhatikan kurs jual saat ingin menyetorkan rupiah dan kurs beli saat ingin mencairkannya ke dalam mata uang rupiah. Syarat dan ketentuan tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk memilih bank yang sesuai dengan kebutuhanmu dalam menabung dolar. 

Tentukan bank pilihanmu 

Setelah mengetahui tujuan dan ketentuan yang berlaku di bank, kamu bisa menentukan bank mana dapat membantu memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui tabungan dolar. 

Menabung dolar dengan Mega Valas 

Setelah melakukan pertimbangan di atas, mungkin kamu bisa menaruh pilihan untuk mulai menabung dalam dolar AS di Bank Mega melalui Mega Valas.

Mega Valas merupakan program tabungan dari Bank Mega yang memungkinkan kamu untuk menabung dalam mata uang asing, termasuk dolar Amerika Serikat. Tabungan ini menawarkan beberapa manfaat dan kemudahan, apa saja? Simak penjelasan berikut.

Manfaat menabung di Mega Valas 

Beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan saat menabung dolar di Mega Valas adalah sebagai berikut: 

  • Nilai tukar yang kompetitif. 
  • Adanya fitur otomatis untuk memotong rekening nasabah pada tanggal tertentu dengan jumlah tertentu untuk kemudian ditransfer ke rekening lainnya. 
  • Adanya fitur yang memungkinkan saldo akhir harian terjaga pada nominal tertentu. Ketika saldo berada di atas nominal yang diinginkan, maka saldo akan dipindahkan. Sebaliknya saat kurang dari saldo yang diinginkan, maka akan menarik dana dari rekening lain. 

Syarat dan Ketentuan Mega Valas 

Adapun syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi untuk membuka rekening di Mega Valas adalah sebagai berikut: 

Untuk rekening perorangan dibutuhkan: 

  • Kartu identitas: KTP/KITAS
  • Lampiran: fotokopi NPWP, Akta Pendirian, Anggaran Dasar dan Akta Perubahan Perusahaan

Sementara, untuk rekening non perorangan dibutuhkan: 

  • NPWP 
  • Lampiran: fotokopi NPWP, Akta Pendirian, Anggaran Dasar dan Akta Perubahan Perusahaan 

Biaya-biaya dalam Mega Valas (dalam dolar AS)

Meski memberikan kemudahan dan kenyamanan, kamu pun akan diberlakukan biaya-biaya tertentu untuk Mega Valas yang kamu miliki. Di antaranya, yaitu: 

  • Setoran awal: US$ 100.00
  • Saldo minimum: US$ 100.00 
  • Biaya administrasi: US$ 1.00 per bulan 
  • Biaya penutupan rekening: US$ 5.00
  • Biaya di bawah saldo minimum per bulan: US$ 1.00
  • Biaya tutup rekening: US$ 10.00
  • Suku bunga: 0 – 0,50% 

Kurs dolar Bank Mega (per 31 Juli 2020)

Berikut adalah kurs dolar terbaru yang berlaku di Bank Mega. 

Mata Uang Kurs Jual Kurs Beli
US$ Rp14.360,00 Rp15.040,00
AUD Rp10.229,25 Rp10.865,67
SGD Rp10.381,82 Rp11.001,79
NZD Rp9.472,66 Rp10.096,44
HKD Rp1.877,08 Rp1.916,45

Demikian informasi mengenai keuntungan menabung dolar di Mega Valas. Untuk memilikinya, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran ke kantor cabang terdekat maupun secara online melalui situs resmi Bank Mega.