Ancam Rekor Zuckerberg, Ini 5 Sumber Kekayaan Kylie Jenner

Sumber kekayaan Kylie Jenner. (Instagram/@kyliejenner)

Model, selebgram, sekaligus bintang reality show Kylie Jenner bikin dunia bisnis tercengang. Oleh Forbes, namanya dimasukkan dalam deretan 30 wanita Amerika terkaya yang kekayaannya self-made alias murni karna hasil keringatnya sendiri dalam dunia usaha.

Jumlah hartanya gak tanggung-tanggung guys, US$ 900 juta yang kalau dirupiahkan itu sekitar Rp 12,9 triliun! Kylie memang masih nangkring di urutan 29. Namun, yang mengagumkan, ia adalah yang termuda di antara 30 nama di daftar tersebut. Dia baru bakal genap berumur 21 tahun di bulan Agustus mendatang.

Gak cuma itu yang menarik dari pencapaian Kylie. Kalau saja kekayaannya tembus US$ 1 miliar sebelum genap berumur 23 tahun, dia bakal ngalahin rekor Mark Zuckerberg. Bos Facebook itu pertama kali mencatatkan kekayaan US$ 1 miliar pada umur 23 tahun.

Meski menerima Dollar pertamanya dengan membintangi reality show Keeping Up with the Kardashians (KUWTK) bareng keluarganya, Kylie jadi kaya raya bukan dari aktivitasnya di dunia hiburan, melainkan terjun ke dunia bisnis. Nah, simak yuk sederet sumber uang yang membuat Kylie Jenner tajir melintir kayak sekarang.

1. Keeping Up with the Kardashians

Ini adalah reality show yang mengupas kehidupan dari keluarga Kardhasian dan tayang sejak tahun 2007. Nyaris semua ditampilkan gamblang, dari kehidupan sehari-hari di dalam keluarga mereka, gaya hidup glamor, serta intrik-intrik asmara yang dialami masing-masing anggotanya.

Oleh E!, jaringan tv kabel yang menayangkan program ini, masing-masing anggota keluarga Kardashian, termasuk Kylie tentunya, dibayar lebih dari US$ 10 juta. Nah, itu belum termasuk bayaran dari beberapa spin off (sempalan, atau tayangan terpisah dari serial KUWTK) yang nilai kontranya sekitar US$ 80 juta.

2. Kendall & Kylie Collection

Bareng sang kakak, Kendall Jenner, yang merupakan model dengan bayaran termahal di tahun 2017 versi majalah Forbes, ia mendirikan Kendall and Kylie, bisnis aksesoris para tahun 2013. Selain menjual barang dengan merek mereka sendiri, mereka juga menggandeng sejumlah brand untuk memperkaya varian produk mereka.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Brand-brand yang meng-endorse mereka antara lain produsen cat kuku OPI, yang membayar Kendall dan Kylie masing-masing US$ 100 ribu. Ada lagi produk hair extension bermerek Kylie Hair Kouture yang terwujud berkat kerjasama dengan Bellami Hair.

Tahun 2015, dua kakak beradik itu bikin lagi usaha baru yang mereka kasih nama Kylie + Kendall, bekerja sama dengan perusahaan ritel Inggris, TopShop

3. Kylie Cosmetics

Nah, juga di tahun 2015, kali ini gak sama Kendall, Kylie meluncurkan usaha barunya yang dia kasih nama Kylie Cosmetics. Nah, Kylie Cosmetics inilah sumber terbesar kekayaan Kylie.

Produk pertamanya, The Kylie Lip Kits, laris manis hanya dalam waktu singkat. Sepanjang tahun 2017, pemasukan Kylie Cosmetics mencapai US$ 330 juta. Dan, hingga saat ini, menurut kalkulasi Forbes, omzet perusahaan Kylie itu tembus US$ 630 juta. Keuntungan bersihnya sendiri mencapai Us$ 230 juta atau sekitar Rp 3,3 triliun.

Masih menurut Forbes, nilai perusahaan yang juga memproduksi eyeliner dan eyeshadow itu ditaksir mencapai US$ 800 juta atau setara Rp 11,5 triliun. Dan hebatnya nih, 100% kepemilikan perusahaan dipegang oleh Kylie.

4. The Kylie Shop

Kayak selebritis kebanyakan, Kylie Jenner juga ngejual merchandise, lewat bendera bisnisnya yang lain, Kylie Shop. Yang dijual pun beragam, mulai dari gantungan kunci, topi, sampai casing handphone.

Bedanya dengan Kylie Cosmetics, deretan merchandise ini dijual di akun Instagram @thekylieshop dan di situs kyliejennershop.com. Harganya berkisar antara US$ 8 (Rp 115 ribu) sampai US$ 120 (1,2 juta).

5. Endorser brand ternama di medsos

View this post on Instagram

#ad @quayaustralia NEW DROP 💧 #QUAYXKYLIE

A post shared by Kylie ✨ (@kyliejenner) on

Dengan 110 juta follower, Kylie tinggal duduk manis dan menerima tawaran endorsement yang membanjiri kotak direct message-nya. Coba aja lihat, di antara foto-foto selfie Kylie, selalu saja ada foto-foto bersponsor.

Mereka yang pasang endorsement di Kylie juga bermacam-macam target marketnya. Dari brand kacamata mahal Quay, sampai koleksi fashion dengan harga terjangkau dari Fashion Nova. Pemasukannya dari endorsement Instagram diperkirakan mencapai US$ 300 ribu atau setara Rp 4,3 miliar. Wah, sekali posting aja udah bisa beli mobil mewah berapa unit nih.

Melihat 5 sumber kekayaan Kylie Jenner di atas, terutama empat diantaranya yang berbau bisnis, alangkah baiknya kalau bisa jadi sumber inspirasi kamu buat memulai usaha. Gak harus usaha yang pakai modal gede. Bisnis kecil-kecilan asal bisa menghasilkan biaya tambahan di luar gaji, gak ada salahnya buat dilakuin mulai sekarang. Setuju gak?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →