Harga Kitchen Set Lengkap dengan Cara Menghitungnya

harga kitchen set

Dulu, dapur itu ruangan yang selalu dianaktirikan. Ditempatkan di bagian belakang dan dianggap sebagai ruangan yang kotor.

Kini, justru dapur sudah naik kelas karena jadi ruang penting yang mendapat perhatian. Kadang kala, dapur menyatu dengan ruang makan sehingga menjadi ruang utama di rumah berapa harga kitchen set saat ini?

Perubahan fungsi ini yang membuat penghuni rumah ingin punya dapur yang rapi, nyaman, sekaligus fungsional. Cara gampangnya dengan membuat kitchen set.

Tentu saja tak asal bikin karena mesti sesuaikan dengan isi kantong, kebutuhan, sekaligus luas ruangan.

Cek 4 hal ini yang akan menentukan harga kitchen set

Lebih rinci, sedikitnya ada empat patokan yang mesti diperhitungkan sebelum menentukan harga kitchen set. Patokan itu adalah:

1. Desain

Desain di sini terkait sama selera seseorang. Hanya belakangan ini lagi diidolakan adalah desain kitchen minimalis. Desain ini tak hanya menonjolkan kesan modern dan ruang dapur terasa luas tapi juga fungsional.

Tapi sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya sesuaikan desain dan harga kitchen set dengan tema tampilan rumah. Jangan sampai desain rumah sudah bergaya artdeco, tapi dapurnya minimalis.

2. Material bahan dasar

Banyak ragam material bahan dasar yang bisa dipilih berdasarkan biaya kitchen set yang kamu mau keluarkan nanti. Lagi-lagi pemilihan ini juga soal selera.

Sedikitnya ada lima jenis material yang akan menentukan harga kitchen set, yakni:

Solid wood

biaya pembuatan kitchen set

Material ini merupakan material dari kayu balokan hasil pembelahan batang pohon. Jadi bentuknya masih gelondongan atau batangan. Material ini sangat kuat, tahan air, tahan rayap, tapi harganya sangat mahal dan biaya pengolahannya juga tak murah.

Silakan saja tanya berapa harga kayu jati satu meter perseginya? Pasti sudah jutaan rupiah.

Kayu lapis (plywood)

biaya pembuatan kitchen set

Mungkin istilah yang paling familiar material ini adalah triplek atau multipleks. Ini adalah kayu lapis yang dibentuk dari lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi.

Ukurannya pun beragam mulai dari ketebalan 3 milimeter sampai 18 milimeter. Makin tebal maka makin bagus kekuatannya.

Jenis ini paling banyak dipilih sebagai material kitchen set karena dinilai cukup kuat untuk dipasangi sekrup dan mudah dibentuk. Meski begitu permukaannya yang polos dan tanpa serat membuatnya harus dilapisi lagi agar terlihat lebih indah.

Harganya sendiri tergantung dari ketebalan. Tapi rata-rata mulai dari Rp30 ribu sampai Rp100 ribu per lembar.

Block board

biaya pembuatan kitchen set

Ini adalah material potongan kayu kecil-kecil yang dipadatkan sehingga menyerupai papan. Prosesnya hampir mirip dengan tripleks tapi ditambahi pelapis benner di permukaannya. Kekuatannya tak seperti plywood karena terbuat dari kayu lunak dan harganya lebih murah.

Meski begitu, material ini cocok untuk kitchen set yang biasanya dijadikan sebagai daun pintu atau pun laci karena ringan dan tampilannya rapi.

Kayu MDF (medium density fibreboard)

biaya pembuatan kitchen set

Material ini terbuat dari serbuk kayu halus yang dipadatkan dengan bahan kimia resin dalam suhu yang tinggi. Bentuknya berupa papan atau lembaran yang siap dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Ada juga tipe HDF  (High Density Fibreboard) yang lebih kuat dan padat dari MDF.

Particle board

biaya pembuatan kitchen set

Adalah material yang berasal dari campuran serbuk kayu, potongan kayu, atau pun serpihan kayu yang kemudian dipadatkan. Proses pembentukannya hampir mirip kayu MDF.

Kelemahan paling utama material ini adalah air. Sekali basah terkena air maka akan mudah rusak. Di samping itu material ini mudah melengkung bila kena beban berat. Kisaran harganya Rp200 ribu per lembar.

Lantaran materialnya beragam, maka penggunaannya bisa dikombinasikan. Cuma dipastikan dulu area mana yang menggunakan kayu solid, mana yang triplek, dan mana yang MDF.

Jangan sampai bagian stuktur menggunakan particle board yang terbilang ringkih.

3. Jenis finishing

Ini adalah jurus mempercantik kitchen set sekaligus memperkuat bahan dasar dari kerusakan. Umumnya, bahan finishing ini ada beragam jenis seperti melamic, duco, deco sheet, dan HPL.

Pemilihannya jelas tergantung selera dan isi dompet pula karena harga atau biaya akhir untuk kitchen set kamu nanti akan berbeda.

Pastinya finishing melamic lebih mahal dari duco. Melamic digunakan jika menghendaki motif atau urat kayu, sedangkan duco untuk mendapatkan warna-warna yang solid.

Melamic digunakan sebagai bahan finishing jika kita menghendaki motif atau urat kayu dari material masih bisa terlihat dengan warna-warna yang kita sukai. Sedangkan duco digunakan jika kita menghendaki warna-warna yang solid atau block.

4. Luas kitchen set

Hitunglah luas ruang dapur yang akan ditempatkan kitchen set. Bentuk ruang sangat berpengaruh terhadap desain. Misalnya apakah ruang dapur berbentuk huruf L, U atau lain sebagainya.

Hitung harga bikin kitchen set dengan desain sendiri

Setelah empat patokan itu sudah ditentukan barulah mengkalkulasikan harga per meter lari. Eh, yang dimaksud harga per meter lari itu apa ya?

Jawabannya, meter lari ialah satuan panjang total bidang terluar kitchen setnya lalu di kurangi lebar kedalamannya.

biaya pembuatan kitchen set

Yang dihitung harga per meter lagi sebuah desain kitchen set hanya harga lemari cabinet dengan material yang dipilih plus pemasangan.

Jadi itu belum termasuk peralatan memasak macam kompor, cookerhood, microwave, kulkas, dan lain sebagainya.

Langsung deh ke studi kasus. Misalnya hendak bikin desain yang berbentuk L dengan ukuran 3X3 meter. Detail harga kitchen set sebagai berikut.

  • Asumsi material triplek kabinet atas Rp1,4 juta/meter lari
  • Asumsi kabinet triplek kabinet bawah Rp1,5 juta/meter lari
  • Top granit Rp950 ribu/meter lari.

Rinciannya sebagai berikut.

  • Kabinet atas = (3 m + 3 m) x  Rp1.400.000,00 = Rp7.980.000,00
  • Kabinet bawah = (3 m + 3 m) x Rp1.500.000 = Rp8.100.000,00
  • Pakai top table Granit = (3 m + 3 m)  x Rp950.000 = Rp5.130.000,
  • Total harga kitchen set = Rp21.210.000,00

Harga segitu sudah termasuk finishing dengan melamic, pemasangan handle dan engsel di daun pintu dan laci, pemasangan atau instalasi di tempat. Biasanya yang bagus akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu.

Kira-kira seperti itu mengkalkulasi budget untuk pembuatan harga kitchen set di rumah kesayangan. Sekarang ini banyak kok jasa desain interior yang menawarkan pembuatan dan menentukan harga kitchen set.

Saat menata dapur, memiliki kitchen set yang sesuai dengan desain dan kebutuhan tentu sangat penting. Meski banyak kitchen set yang diproduksi oleh pabrikan, namun banyak juga kitchen set yang dibuat custom khusus untuk dapurmu saja.

Khususnya jika kamu memiliki dapur kecil yang minimalis, keberadaan kitchen set mampu membuat dapur berfungsi maksimal.

4 hal yang perlu diperhatikan saat memilih kitchen set

Memilih desain tidak bisa sembarangan karena ini akan menentukan biaya membuat kitchen set nanti. Memilih desain kitchen set harus disesuaikan dengan bentuk ruangan dapur kamu.

Hal ini harus didasarkan seberapa luasnya dapur kamu dan ukuran perangkat kitchen set agar pengaturannya dapat lebih proporsional dan fungsional. Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memilih kitchen set.

1. Ukuran dapur

Sesuaikan desain kitchen set milikmu dengan luasnya dapur kamu. Hal ini akan menentukan seberapa ukuran dan jumlah perangkat kitchen set yang akan digunakan dan dipasang pada dapur kamu. 

2. Fungsionalitas dalam memasak

Perhitungan dalam desain kitchen set juga harus didasarkan untuk mendukung fungsionalitas kamu dalam memasak.

Dalam hal ini, desain kitchen set harus diatur agar memudahkan kamu dalam melakukan beragam aktivitas di dapur, khususnya dalam memasak.

3. Bentuk dapur

Desain dan biaya kitchen set juga akan tergantung kepada bagaimana bentuk dapurmu. Bentuk dapur tentu ditentukan oleh bentuk rumah kamu.

Menyesuaikan desain kitchen set dengan bentuk dapur akan menentukan desain secara umum dari beragam perangkat kitchen set kamu, termasuk penempatannya.

4. Tema desain dapur

Pemilihan desain kitchen set juga harus disesuaikan dengan tema desain dapur kamu secara keseluruhan agar terlihat selaras dan serasi.

Banyak tema yang bisa disesuaikan, termasuk dengan tema desain rumah kamu, seperti gaya minimalis, gaya classic atau modern.

Dengan mengetahui jenis-jenis desain kitchen set yang biasa digunakan, maka kamu bisa menentukan desain mana yang paling cocok untuk diterapkan saat menata dapur kamu.

Hal ini merupakan salah satu cara menata dapur kecil yang bisa memaksimalkan fungsi dapurmu meski memiliki space terbatas.

Dengan beberapa hal di atas, kamu akan lebih memahami desain-desain dan bahan-bahan yang bisa kamu tentukan untuk desain kitchen set impian yang diinginkan.

Hitung bujet untuk biaya kitchen set yang kamu perlukan

Tentu kamu sudah memiliki perkiraan bujet dan harga kitchen set yang menjadi incaran.

Untuk mempermudah perhitungan bujetmu, hitung berapa lama kamu harus menabung untuk meraih target dengan kalkulator menabung bulanan dari Lifepal

Kalau sudah punya rumah impian, jangan lupa untuk proteksikan dengan asuransi rumah. Ini penting banget, jadi jika terjadi risiko misal seperti banjir atau kebakaran, biaya kerugiannya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Jika kamu kamu punya kendala dalam menyusun perencanaan keuangan pribadi atau rumah tangga, tanyakan saja di Lifepal dan dapatkan solusinya.

FAQ seputar harga kitchen set

Beberapa detail berikut perlu diperhatikan sebagai harga kisaran membuat kitchen set dengan desain sendiri berbentuk L dengan ukuran 3X3 meter.

  • Asumsi material triplek kabinet atas Rp1,4 juta/meter lari.
  • Asumsi kabinet triplek kabinet bawah Rp1,5 juta/meter lari.
  • Top granit Rp950 ribu/meter lari.

Rinciannya sebagai berikut.

  • Kabinet atas = (3 m + 3 m) x Rp1,4 juta = Rp7,98 juta.
  • Kabinet bawah = (3 m + 3 m) x Rp1,5 = Rp8,1 juta.
  • Pakai top table Granit = (3 m + 3 m) x Rp950 ribu = Rp5,13 juta.
  • Total harga kitchen set = Rp21,21 juta.
Ada 4 faktor utama yang kamu perlu perhatikan secara umum, yaitu:

  • Desain
  • Material bahan dasar
  • Jenis finishing
  • Luas kitchen set
Pemilihan kitchen set yang ideal wajib disesuaikan dengan keadaan ruangan dapur kamu. Perhatikan 4 hal berikut.

  • Ukuran dapur
  • Fungsionalitas dalam memasak
  • Bentuk dapur
  • Tema desain dapur
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →