Inspirasi Rumah Gaya Skandinavia ala Artis, Pasti Pengin Niru Deh!

Buat kamu yang lagi cari inspirasi rumah mungil tapi elegan, desain rumah skandinavia bisa jadi solusinya.

Eh, apa tuh gaya rumah skandinavia?

Sesuai namanya, gaya skandinavia terinspirasi dari desain rumah di negara Skandinavia, yaitu Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia.  Secara umum, rumah ala skandinavia menggunakan interior serupa dengan rumah minimalis. Dengan warna dominan putih membuat rumah tampak bersih dan luas.

Eits, tapi jangan sampai tertukar yah, meski desain rumah skandinavia dapat dipadukan dengan desain minimalis, namun keduanya tetap berbeda lho.

rumah skandinavia
(Image: IdnTimes)

Pada dasarnya, desain skandinavia menggunakan material yang dapat digunakan di daerah bercuaca dingin. Sebab itu, umumnya material yang digunakan berbahan organik seperti karpet rami, kursi kayu, dan kulit. Berbeda dengan desain minimalis yang pilihan materialnya lebih bervariasi.

Selain itu, meski sama-sama sederhana desain skandinavia banyak terinspirasi dari alam. Sementara desain minimalis cenderung bergaya futuristik dan memberi kesan modern. Nah, yang paling penting rumah skandinavia juga dapat menggunakan material-material daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Gak cuma soal tampilan, rumah skandinavia juga mengedepankan kenyamanan.  Gaya ini pas banget diaplikasikan pada rumah berukuran kecil. Tanpa banyak ornamen dengan dominasi warna-warna monokrom. Jadi lebih hemat di kantong juga.

Para artis Indonesia juga udah banyak lho yang mengadaptasi gaya skandinavia pada rumah mereka. Mau tahu seperti apa penampakan rumahnya? Berikut di antaranya.

Melody Prima

Sejak berkeluarga, Pesinetron Melody Prima udah jarang wara-wiri di layar kaca. Meski begitu, ia sempat bermain di puluhan FTV, belasan sinetron, dan sebuah film.

https://www.instagram.com/p/Bmc7bjLgWS_/?taken-by=melodyprima

Nah, coba tengok rumahnya yang bergaya skandinavia ini. Ruangan keluarga didominasi warna putih dengan sedikit kombinasi kuning lembut pada bagian sofa. Sementara pada bagian kamar, tampak lebih hangat dengan penggunaan kayu sebagai material furniturnya, serta penambahan tanaman hias.

(Image: grid)
rumah skandinavia
(Image: grid)

Gading Marten dan Gisella Anastasia

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Pasangan selebriti Gisella Anastasia dan Gading Marten juga menerapkan konsep rumah skandinavia ini pada hunian baru mereka. Rumah jadi tampak begitu nyaman dengan banyaknya unsur kayu dan tanaman di dalamnya.

Pada bagian luar rumah terdapat kolam renang serta taman vertikal. Bagian ini hanya terpisahkan oleh pintu kaca yang tinggi sehingga sirkulasi udara serta cahaya dari luar bisa mudah masuk.

Ringgo dan Sabai

rumah skandinavia
(Image: brillio)

Pasangan artis ini memadukan desain interior ala skandinavia pada bagian kamar dan gaya industrial pada bagian dapur rumah. Jadi, kalau main-main ke rumah mereka kamu akan merasakan nuansa yang benar-benar berbeda pada dua bagian rumah tersebut.

Gaya skandinavia tampak juga pada kamar sang buah hati, Bjorka. Dengan dominasi warna putih, ruang kamar jadi tampak semakin luas. Saking luasnya, bahkan sering jadi tempat favorit berkumpul bersama.

Nah, buat kamu yang tertarik juga menggunakan gaya ini pada hunianmu. Berikut 4 tips desain interior bergaya rumah Skandinavia yang bisa jadi panduan saat merenovasi atau membangun rumah nanti.

1. Gunakan material kayu pada furnitur dan lantai

Gaya scandi atau nordic ini mengutamakan penggunaan material alam seperti kayu. Kamu bisa menjadikan unsur kayu sebagai material yang mendominasi ruangan atau kombinasi dengan material lain. Misalnya, memilih sofa berkaki kayu.

2. Gunakan warna putih dan abu-abu muda

Penerapan warna putih pada lantai atau dinding dapat membuat ruangan semakin luas, terang, dan clean. Selain itu, kamu bisa memadukan warna putih dengan warna-warna monokrom seperti abu-abu pada bagian furniturnya.

3. Hanya gunakan furnitur yang fungsional

Sebelas dua belas dengan gaya minimalis, desain skandinavia cenderung sederhana. Oleh sebab itu, desain ini juga hanya menggunakan furnitur yang esensial. Nah, biar gak tampak terlalu plain, pilih furnitur yang sekaligus dapat digunakan untuk memperindah ruangan. Misalnya, meja kabinet dengan desain geometris yang unik.

4. Beri sentuhan alam

Seperti yang disebutkan di atas, gaya skandinavia sangat dekat dengan alam. Tambahkan tanaman hias pada berbagai spot di dalam rumah sehingga suasana pun jadi makin segar.

Gimana, tertarik gak punya rumah bergaya skandinavia? Selamat mencoba yah!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →