Dear Pencari Kerja, Nyebar CV di Akhir Desember Ternyata Sangat Baik Lho!

lamar kerja

Lamar kerja adalah tahapan yang harus dilakukan oleh semua pencari kerja. Tapi sayangnya, banyak yang belum tahu nih kapan sih bulan-bulan yang tepat dan hoki untuk melamar pekerjaan.

Pasalnya mencari kerja sama seperti memilih tanggal pernikahan, ada tanggal bagus dan ada tanggal buruk. Kalau nikah sih, indikator bagus atau tidaknya bisa dilihat dari cuaca, tapi kalau kerjaan, dilihat dari kondisi perusahaan.

Masing-masing perusahaan tentu memiliki masa sibuk atau masa lengangnya. Kalau kamu melamar pas lagi sibuk-sibuknya, mungkin proses lamaran gak bakal diproses cepat.

Langsung aja yuk kita bahas bulan apa aja yang bagus untuk lamar kerja dikutip dari Career Sidekick, dan bagaimana dengan akhir tahun? 

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

Januari dan Februari adalah waktu yang paling tepat untuk mencari pekerjaan dan lamar kerja

Lamar kerja
Januari dan Februari adalah waktu yang paling tepat untuk mencari pekerjaan dan lamar kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Waktu yang terbaik untuk lamar kerja adalah Januari dan Februari. Perusahaan-perusahaan besar biasanya telah mendapatkan anggaran baru untuk perekrutan karyawan baru. 

Perekrutan ini didasari dari proses evaluasi yang telah mereka lakukan di akhir tahun. Dari hasil evaluasi itu mereka mendapatkan masukan baru mengenai posisi apa yang perlu ditambah, divisi mana yang membutuhkan sumber daya baru, dan lain-lain. 

Baca juga: Di 2020 Populasi Anak Muda Indonesia Paling Tinggi, Apa Dampaknya ke Ekonomi?

Maret, April, dan Mei juga masih jadi waktu yang baik untuk lamar kerjaan 

lamar kerja
Maret, April, dan Mei juga masih jadi waktu yang baik untuk melamar kerjaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tidak semua posisi yang dibutuhkan biasanya terisi di periode Januari dan Februari. Oleh sebabnya, banyak perusahaan yang kembali membuka lowongan di bulan Maret, April, dan Mei. 

Proses perekrutan di bulan-bulan ini biasanya juga cenderung berlangsung dengan cepat. Tujuannya agar tidak terganggu dengan liburan-liburan nasional, seperti lebaran misalnya. 

Baca juga: Kemampuan yang Dibutuhkan Saat Mencari Lowongan Kerja di Industri 4.0

Meski ritme perusahaan mulai menurun, menebar CV di akhir Desember ternyata sangat baik 

lamar kerja
Meski ritme perusahaan mulai menurun, menebar CV di akhir Desember ternyata sangat baik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di bulan Desember biasanya ritme kerja setiap perusahaan bakalan menurun. Penyebabnya jelas karena hawa-hawa liburan Natal dan tahun baru. 

Besar kemungkinan, divisi HR tidak akan memproses perekrutan di bulan-bulan ini. Tapi, mereka bakal tetap menyebar lowongan-lowongan yang dibutuhkan untuk tahun depannya. 

Di bulan Januarinya, lamaran kamu bakal dilihat lebih dulu dibandingkan mereka yang baru melamar. Jadi ada baiknya nih kamu sigap dalam mengirimkan surat lamaran. Apalagi kalau kamu memiliki pengalaman dan skills yang bagus dan dicantumkan di CV mu, hal tersebut bakal menarik perhatian tim HR nih. 

Itulah bulan-bulan yang tepat untuk lamar kerja. Soal waktunya, usahakan mengirim CV pada hari di saat lowongan itu dipublikasikan. Kemudian, usahakan mengirim lamaran di pagi hari atau di siang hari setelah jam makan siang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →