Lamar Kerja Tapi Belum Tahu Standar Gaji di Perusahaan? Ini Cara Mengetahuinya!

Mata uang rupiah

Perkara pindah kerja atau mencari pekerjaan baru bukanlah pekerjaan yang mudah, selain membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, mencari pekerjaan juga harus bersaing dengan banyak orang, hingga akhirnya terpilih oleh perusahaan dan penentuan standar gaji.

Akan tetapi, dalam hal proses rekrutmen karyawan, ada proses dimana perusahaan dan calon karyawan ini melakukan negosiasi gaji. Biasanya perusahaan akan menanyakan berapa permintaan calon karyawan terhadap perusahaan. Jika perusahaan memutuskan untuk memilih calon karyawan tersebut, maka perusahaan akan mengeluarkan penawaran  yang disebut offering untuk disepakati kedua belah pihak.

Namun demikian, tak mudah bagi calon karyawan untuk menentukan angka yang tepat untuk diajukan kepada perusahaan, karyawan akan mengalami kebingungan apakah jumlah yang diharapkan terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.

Padahal, informasi standar gaji dalam sebuah perusahaan menjadi salah satu dasar yang perlu dimiliki atau  diketahui oleh calon tenaga kerja. Sebab dengan mengetahui standar gaji pada perusahaan, maka calon pegawai bisa menjawab atau memberikan kisaran saat ditanya oleh perusahaan mengenai ekspektasi gaji.

Gak cuma itu, calon pegawai juga bisa memberikan penawaran dengan alasan yang kuat, misalnya mempertimbangkan jarak ke kantor, tunjangan, hingga bonus sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Akan tetapi, sebetulnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh calon pegawai untuk mengetahui berapa  besaran gaji dalam sebuah perusahaan yang dituju atau yang berminat.

1. Cari Tahu Upah Minimum

Melongok uang dalam dompet (Shutterstock).
Melongok uang dalam dompet (Shutterstock).

Cara paling utama sebelum mengeluarkan besaran ekspektasi gaji, yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu berapa besaran upah minimum provinsi yang berlaku di lokasi tempat bekerja, cara ini bisa dilakukan dengan mencari dalam berita, atau bahkan situs instansi pemerintahaan. Biasanya besaran upah minimum akan disebar kepada publik sekitar bulan November tahun sebelumnya.

Jika perusahaan di Jakarta, maka sebaiknya cek besaran upah minimum untuk Jakarta, dengan begini maka tidak akan mengalami kebingungan saat penawaran gaji, dan jika sudah memiliki pengalam kerja maka bisa  ditambahkan jumlah besaran ekspektasi gaji yang diinginkan, sebab dengan pengalaman kerja yang ada, biasanya perusahaan akan menaikan tawaran gaji kepada calon pegawai.

2. Cek Situs Informasi Gaji

Mengecek situs gaji (Shutterstock).
Mengecek situs gaji (Shutterstock).

Ditengah era keterbukaan informasi publik seperti saat ini, bukan hal yang sulit lagi buat menemukan informasi kisaran gaji pada sebuah perusahaan, sebab saat ini sudah banyak para pegawai yang memberikan informasi besaran gaji kedalam situs informasi gaji, meskipun secara anonim.

Biasanya, situs informasi gaji akan memberikan informasi gaji berdasarkan nama perusahaan, posisi jabatan, kategori industri, hingga domisili perusahaan. Gak cuma soal gaji aja, ada beberapa situs penyedia informasi gaji yang memberikan informasi berupa review budaya kerja, sistem jenjang karir, hingga bocoran tunjangan bonus kepada karyawan.

Nah, informasi dari situs-situs gaji inilah yang dapat memberikan masukan bagi calon pegawai yang mengalami kebingungan saat melakukan penawaran gaji kepada perusahaan, dengan mengetahui pasaran nominal gaji, maka calon pegawai dapat menentukan nilai yang tepat bagi dirinya maupun perusahaan.

3. Tanya Kerabat

Dua orang wanita tengah berbincang (Shutterstock).
Dua orang wanita tengah berbincang (Shutterstock).

Cara lain untuk mengetahui pasaran gaji sebuah perusahaan adalah dengan menanyakan kepada teman atau kerabat dekat, jika sudah punya teman atau kerabat yang sudah bekerja di perusahaan yang dilamar, maka akan semakin mudah untuk menanyakan hal ini, bisa sambil ngopi atau makan bareng dan sharing soal pekerjaan, budaya perusahan, hingga soal standar gaji.

Akan tetapi, gak semua orang akan mau dan bersedia memberikan informasi soal besaran gaji, sebab ada sebagian orang yang menganggap soal nominal gaji adalah informasi yang pribadi dan tidak bisa diberikan kepada orang lain kecuali keluarga.

4. Gunakan Sosial Media

Sosial Media (Shutterstock).
Sosial Media (Shutterstock).

Selain itu, untuk mencari pasaran gaji pada perusahaan tertentu, bisa juga dengan cara menggunakan sosial media, caranya bisa bergabung dengan berbagai forum-forum pegawai atau perusahaan tertentu yang memiliki akun sosial media yang membahas informasi seputar dunia kerja.

Dalam forum-forum online seputar karir dan pekerjaan, biasanya ada saja yang membuat ulasan atau thread yang membahas soal gaji dalam sebuah perusahaan, apalagi jika perusahaan yang memiliki nama besar, dan jumlah karyawan yang cukup banyak pasti terdapat forum para pegawai dan calon pegawainya untuk berkomunikasi dan  sharing soal pekerjaan.

Intinya, jangan malas mencari informasi seputar gaji jika ingin melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan ya,  cari tahu dan mulai pelajari sejarah maupun informasi mengenai perusahaan tersebut, jangan sampai cuma asal melamar pekerjaan ya, taunya perusahaan fiktif atau penipuan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →