Langganan Pesawat? 3 Kartu Kredit Maskapai Penerbangan Ini Khusus Dibuat untuk Kamu

Belakangan ini kartu kredit maskapai penerbangan lagi digandrungi. Meski secara mekanismenya tak ada beda dengan kartu kredit pada umumnya, tapi ada iming-iming poin atau istilahnya mileage.

 

Nah, poin inilah yang bisa ditukar dengan tiket pesawat, hotel, makan di restoran tertentu, sampai liburan gratis. [Baca: Fasilitas Kartu Kredit yang Bisa Dimanfaatkan]

 

Adanya kartu kredit maskapai penerbangan ini mengubah pandangan yang mengidentikkan traveling atau liburan itu mahal dan butuh modal gede. Cukup banyak traveler yang memanfaatkan kartu kredit ini biar duit yang dihabiskan untuk kegiatan travellingnya bisa maksimal.

 

Pilihan kartu kredit yang menawarkan miliage memang banyak. Untungnya terdapat tiga maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit berbeda untuk memberi nilai yang lebih maksimal saat travelling.

 

Berikut ini beberapa keunggulan tiga kartu kredit maskapai penerbangan dibanding yang lain.

Citibank Garuda Indonesia

Kartu kredit ini cocok bagi yang terbiasa terbang dengan Garuda Indonesia. Dengan gesekkan kartu kredit ini untuk tiap kelipatan transaksi Rp 17.500 bakal dapat 2 Garuda Miles. Bahkan, bila transaksinya dilakukan di Garuda Indonesia Ticketing Office, dapat 3 Garuda Miles!

Kartu Kredit Citibank Garuda
 

Pemegang kartu kredit ini berhak atas:

– ekstra bagasi 20 kg dan prioritas penanganan

– akses airport lounge di airport domestik dan internasional untuk dua orang,

– mendapatkan prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket,

– mendapatkan prioritas boarding bersama teman seperjalanan,

– 2500 Garuda Miles otomatis ditambahkan dengan cuma-cuma setelah 250 Garuda Miles pertama

 

[Baca: Solusi Jitu Saat Counter Tiket Ditiadakan di Airport]

 

Citibank juga memberikan layanan asuransi dengan premi hanya 0,69% dari nilai tagihan. Asuransi ini bermanfaat sebagai pengalih risiko atas tagihan yang tertunggak jika pemegang kartu mengalami cacat permanen, didiagnosa terkena penyakit kritis maupun kematian. Tapi sifatnya sukarela kok.

 

Kartu kredit ini juga dilengkapi dengan CitiAlert Service di mana manfaatnya adalah melindungi penyalahgunaan kartu kredit dengan transaksi sampai Rp 5 juta. Misalnya kalau kartu kredit kita disalahgunakan orang lain dan dibuat untuk transaksi, maka si pemegang kartu bisa terhindar dari kerugian.

 

Oh ya, tiap pemegang kartu kredit ini dibebani biaya annual fee Rp 600 ribu. Sedangkan annual fee kartu tambahannya Rp 400 ribu.

BCA Singapore Airlines

Ada dua jenis BCA Singapore Airline yang bisa dipilih, yakni kartu Visa Signature dan PPS Club Visa Infinite. Bertransaksi dengan dua kartu kredit ini bakal diganjar Kris Flyer. Kris Flyer adalah istilah mileage untuk maskapai Singapore Airlines.

 

BCA Singapore Airlines
BCA Singapore Airlines

 

Satu (1) Kris Flyer miles langsung didapat untuk setiap transaksi Rp 5.500 kapan saja, dimana saja, baik dalam dan luar negeri jika gunakan PPS Club Visa Infinate. Lalu ada ganjaran 12.500 KrisFlyer jika transaksinya mencapai Rp 5 juta dalam kurun 2 bulan sejak kartu diterbitkan.

Selain itu, pemegang PPS Club Visa Infinite juga berhak jadi member Saphire bila transaksinya sukses tembus Rp 20 juta dalam 2 bulan pertama. Saphire adalah program eksklusif yang menawarkan pelayanan spesial di airport, tempat parkir khusus, jalur khusus di area keberangkatan, kemudahan check in, dan sebagainya.

 

Sedangkan Visa Signature baru dapat 1 Kris Flyer jika transaksinya tiap kelipatan Rp 8.000 di luar negeri dan Rp 10.500 di dalam negeri. Tapi bagi mereka yang baru mengajukan, maka bertransaksi dengan Visa Signature senilai Rp 3 juta dalam kurun dua bulan sejak diaktifkan maka mendapatkan 10 ribu Kris Flyer.

 

Ketika Kris Flyer mencapai nominal tertentu maka dapat ditukarkan dengan tiket pesawat Singapore Air. Misalnya kalau mau terbang pulang pergi Jakarta-Singapura maka butuh 12.750 Kris Flyer.

 

Tambahan lagi ada fasilitas cicilan nol persen selama maksimal 6 bulan untuk pembelian tiket pesawat Singapore Airlines maupun Silk Air tanpa syarat apapun. Selain itu, pemegang kartu ini bisa menikmat Fantastic Offers yang menjadi bagian dari BCA sebagai pihak penerbit.

CIMB Niaga AirAsia BigCard

Kartu kredit ini adalah hasil kerjasama antara CIMB Niaga dan AirAsia Indonesia plus Think BIG Digital. Lantaran menyasar pecinta travelling (frequent travellers) di Indonesia, tak heran jika fiturnya memanjakan para pelancong.

 

CIMB Niaga AirAsia
CIMB Niaga AirAsia

 

Kartu kredit berlogo Visa itu menyodorkan kesempatan berlibur gratis dan tiket gratis AirAsia. Bahkan  bertransaksi lewat gesekkan kartu kredit ini berhak atas satu (1) BIG Points, tiap kelipatan Rp. 6000. Dan jika bertransaksi di website AirAsia, mendapat tiga (3) BIG Points, tiap kelipatan Rp. 6000.

BIG Points adalah program reward Air Asia yang dapat ditukar dengan pilihan produk AirAsia seperti tiket maupun produk ancillaries (makanan, minuman, dan bagasi). Jika kartu diaktifkan dalam kurun waktu 14 hari kerja sejak diterima, otomatis akan mendapatkan 500 BIG Points

Di samping itu, fitur tambahan CIMB Niaga AirAsia BigCard tak bedanya dengan kartu kredit pada umumnya. Sebut saja fasilitas penarikan uang tunai, cicilan 0% selama 3 bulan, pembayaran rutin bulanan, internet banking maupun mobile banking.

 

Satu hal yang menarik, pemegang CIMB Niaga AirAsia BigCard dibebaskan dari kewajiban annual fee yang besarannya Rp 350 ribu, pada tahun pertama. Tahun-tahun selanjutnya juga bisa gratis iuran tahunan, jika dalam setahun nilai transaksinya di atas Rp 24 juta.

 

Ada pula keuntungannya jika gesekkan kartu yang jenisnya CIMB Niaga AirAsia BigCard Platinum Card. Dengan jenis kartu ini, pembelian tiket pesawat secara otomatis dilindungi oleh Travel Accident Insurace dan Travel Inconvenience Insurance tanpa biaya tambahan.

Memilih Kartu Kredit Maskapai Penerbangan yang Paling Tepat

Dari ketiga pilihan itu, paling gampang untuk memilih yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan favorit kita.  [Baca: Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebiasaan Diri Sendiri]

 

Rajin-rajin deh cek katalog kalau mau dapat tiket gratisan
Rajin-rajin deh cek katalog kalau mau dapat tiket gratisan

 

Meski begitu, ada beberapa faktor yang tetap perlu diperhatikan dalam memilih:

 

1.Cek suku bunga – cari yang suku bunganya terendah.

2. Limit pengeluaran – pilihlah kartu kredit yang besaran limit-nya sesuai dengan pendapatan

3. Annual fee – jika bisa gratis, kenapa enggak?

4. Frekuensi promo – misalnya saja promo diskon tiket pesawat, akomodasi, dan lain sebagainya.

[Baca: Ketahui Prinsip Memilih Kartu Kredit dengan Bijak]

 

Nah, itu tadi sekilas tentang kartu kredit co-branding maskapai penerbangan. Kartu jenis ini menjadi strategi yang ampuh mendapatkan tiket murah dan mudah dengan memanfaatkan fitur mileage. Jika bisa mengumpulkan mileage dengan nilai tertentu maka bisa ditukarkan dengan tiket pesawat dalam negeri maupun luar negeri.


Jadi sudah terbukti kan kalau mau jadi pelancong tak perlu jadi kaya dulu! Hanya yang pasti, pilihan tetap di tangan Anda karena selera, kebutuhan, dan kemampuan tiap orang berbeda-beda.

Image credit:

  • https://garudamiles.com/assets/GFFweb20140124-GA-Citibank.jpg
  • http://img.singaporeair.com/images/emails/id/bca2012/edmcard.gif
  • http://www.katalogharga.com/wp-content/uploads/2014/04/citibank_garuda_08042014.jpg