Lapas Sukamiskin Bandung Mewah? 8 Penjara Ini Lebih “Wah”

lapas sukamiskin bandung

Lapas Sukamiskin Bandung emang spesial. Gimana gak spesial, di tempat banyak koruptor dipenjara ini banyak fasilitas mewah: sebut aja seperti AC, kulkas, dispenser, televisi, saung elite, kamar mandi dengan jet shower, dan lainnya.

Selain Sukamiskin, mungkin kamu juga sering dengar Rutan Pondok Bambu khusus perempuan yang ada di Jakarta Timur. Penjara mewah itu juga cukup sering lho terekspos di media asing.

Tapi jangan salah, fasilitas di Lapas Sukamiskin Bandung maupun Rutan Pondok Bambu itu masih belum seberapa. Di beberapa negara dunia ini masih ada delapan penjara yang jauh lebih mewah dan berbeda daripada lapas di Indonesia.

Dan yang paling penting, penjara-penjara di dunia ini emang didesain seperti itu. Jadi gak seperti Sukamiskin yang disulap sama para koruptor dengan menyuap pengeola penjara.

Penasaran dengan penjara-penjara yang dimaksud? Ini dia!

1. Penjara Bastoy, Norwegia

lapas sukamiskin bandung
Bastoy (Tribunnews)

Penjara yang satu ini terletak di kota bernama Oslofjord. Cuma 100 narapidana yang menempati fasilitas ini. Asal kamu tahu, penjara ini mirip banget sama resor yang sering disewa buat liburan.

Jadi, penjaranya itu ada di dalam cottage dengan pengawasan yang minim banget. Para napi juga bisa menikmati fasilitas seperti lapangan tenis, tempat pemancingan, berjemur, hingga lapangan buat menunggang kuda.

Ini penjara atau tempat liburan ya? Lokasinya aja ada di pulau.

2. HMP Addiewell, Skotlandia

lapas sukamiskin bandung
HMP Addiewell (Buggtimes)

Penjara ini sejatinya adalah “lembaga pemasyarakatan” yang sebenar-benarnya. Di negaranya, HMP Addiewell kerap disebut penjara buat belajar. Di sini, 700 narapidana benar-benar dibimbing buat kembali jadi masyarakat yang baik.

Oleh karena itu, pihak penjara memastikan bahwa mereka bisa menikmati fasilitas berupa ruang komputer, perpustakaan, dan gym. Di sini juga ada kios elektronik, dan para narapidana bisa memesan makanan dan membayarnya dengan e-money. Pasang Playstation di kamar juga boleh kok.

Kabarnya, ketika lapas ini dibuka pada 2008, HMP Addiewell dinyatakan jauh lebih berteknologi ketimbang apartemen-apartemen terbaru. Kalau dilihat dari kamarnya sih, kamar narapidananya emang mirip dengan hotel-hotel bujet. Cat dindingnya warna putih, kasur biru, dan ada aksen kuning di pintu kamar mandi. Lucu juga ya.

3. Otago Corrections Facility, Selandia Baru

lapas sukamiskin bandung
Otago Corrections Facility (Naylor Love)

Penjara ketiga yang tentunya lebih keren daripada Lapas Sukamiskin Bandung ada di Selandia Baru. Di sini, proses keamanan emang jauh lebih ketat, tapi selnya nyaman seperti apartemen.

Keuntungan narapidana yang dipenjara di sini adalah bisa mengikuti kursus-kursus keterampilan. Sebut aja seperti kursus konstruksi perkayuan, permesinan, memasak, bertani, hingga beternak.

Oh ya, di sini juga ada gym-nya lho. Interior penjaranya juga warna-warni.

4. Justice Center Leoben, Austria

lapas sukamiskin bandung
Justizzentrum Leoben (Atlasobscura)

Penjara yang satu ini juga kerap disebut sebagai penjara bintang lima. Penjara ini emang ditujukan oleh para terdakwa yang gak terlibat dalam kasus pembunuhan, atau kekerasan lainnya, tapi buat koruptor dan pencuci uang ilegal.

Di penjara ini, narapidana bakal dimanjakan dengan sel pribadi yang ada kamar mandinya, dapur, dan televisi. Justice Center Leoben malah terlihat seperti perpustakaan!

Penjara ini emang dibangun dengan menjunjung tinggi konsep Hak Asasi Manusia. Selain kamar yang nyaman, di sini narapidana juga bisa main basket dan menikmati sarana hiburan outdoor lainnya.

5. Aranjuez Prison, Spanyol

lapas sukamiskin bandung
Aranjunez (Hitberry)

Kalau yang ini mungkin jauh lebih keren dan unik dibanding Lapas Sukamiskin Bandung, serta penjara-penjara mewah lainnya. Mengapa demikian?

Konsep penjara di Negeri Mariachi ini cukup inovatif. Mereka punya fasilitas dimana narapidana tetap bisa mengasuh anaknya yang masih kecil walau berada di bui.

Penjara ini bakal menyediakan perabotan khusus anak. Desain penjara ini bahkan dibuat seperti kamar anak yang lucu-lucu. Jadi lebih mirip playgroup ketimbang penjara.

6. Sollentuna Prison, Swedia

lapas sukamiskin bandung
Sollentuna Prison (Buggtimes)

Penjara di Swedia ini juga memfasilitasi narapidana dengan tempat tidur nyaman serta kamar mandi dalam. Narapidana juga bisa masak sendiri di dalam sel yang jauh lebih nyaman ketimbang apartemen studio di Jakarta.

Sel-sel narapidana di penjara ini juga ada sofa panjangnya. Jadi kalau nonton televisi dan ketiduran gak bakal pegal-pegal.

7. Halden Prison, Norwegia

lapas sukamiskin bandung
Halden Prison (The Story Institute)

Kita mampir ke Norwegia lagi nih, tapi di penjara yang berbeda. Halden Prison sepertinya juga jauh lebih nyaman ketimbang Lapas Sukamiskin Bandung karena suasana adem banget.

Penjara ini sering disebut sebagai penjara paling manusiawi di dunia.

Penjara ini dikelilingi hutan yang asri, dan seluruh sel yang ditempati narapidana adalah sel pribadi. Pastinya selnya nyaman, bisa buat main game, nonton televisi, dan lainnya.

Uniknya lagi, di sini ada studio rekaman. So, para narapidana yang punya grup musik bisa latihan atau malah bikin demo rekaman di sini.

8. Onomichi, Jepang

lapas sukamiskin bandung
Onomichi (Gajinass)

Mengingat populasi di Jepang emang didominasi oleh warga manula, maka Negeri Sakura juga punya penjara khusus manula. Penjara itu bernama Onomichi.

Mungkin penjara ini udah mirip seperti panti jompo kali ya. Di sini para narapidana bakal diberikan makanan-makanan bergizi yang lunak dan mudah dicerna.

Narapidana juga bakal diberikan pelatihan menjahit dan pelatihan lain. Pokoknya aktivitas mereka gak bakalan banyak menguras keringat deh.

Itulah delapan penjara di negara lain yang gak kalah nyaman dengan Lapas Sukamiskin Bandung atau Rutan Pondok Bambu.

Kira-kira tertarik masuk ke penjara yang mana? Lhoo.. kok…

Negara-negara seperti Swedia atau Norwegia emang punya konsep sama soal lembaga pemasyarakatan. Mereka menganggap narapidana ya harus direhabilitasi, bukan dibuat susah. Makanya gak heran kalau penjaranya dibuat nyaman.

Tapi ya namanya penjara tetap aja penjara. Biar kata enak ditempati seperti Lapas Sukamiskin Bandung, tapi kita sendiri tetap aja berstatus napi yang bersalah di hadapan hukum.