Cara Mendapat EFIN Pajak buat Daftar DJP Online dan Lapor SPT

Gunakan EFIN buat lapor SPT Online

Electronic Filing Identification Number atau EFIN pajak adalah nomor identitas bagi Wajib Pajak yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk melakukan transaksi elektronik.

Dengan kata lain, EFIN pajak menjadi identitas Wajib Pajak (WP) dalam urusan perpajakan, termasuk bayar pajak ataupun lapor SPT online. Ketentuan penggunaan nomor identitas WP ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2018.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak itu sendiri mengatur tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online. Nah, setiap Wajib Pajak yang baru pertama kali melapor SPT online ataupun bayar pajak online harus punya EFIN. Bagaimana caranya?

EFIN pajak dibutuhkan buat registrasi akun DJP Online

e-fin

Baik melapor SPT atau efiling pajak maupun membayar pajak, keduanya bisa dilakukan Wajib Pajak secara online asalkan memiliki akun di aplikasi DJP Online.

Namun, Wajib Pajak gak bisa mendaftar begitu aja di aplikasi DJP Online. Syarat utama pendaftaran akun DJP Online adalah memiliki Electronic Filing Identification Number atau e-FIN pajak.

Buat diketahui, DJP Online merupakan layanan elektronik yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak yang dapat digunakan WP buat melakukan transaksi elektronik terkait urusan perpajakan.

Layanan DJP Online disediakan Direktorat Jenderal Pajak dalam wujud laman website ataupun aplikasi yang terpasang di smartphone. Itu berarti WP dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun.

Cara mendapat EFIN dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

E-FIN diberikan Direktorat Jenderal Pajak dan Wajib Pajak bisa mendapatkannya dengan mengajukan permintaan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Berikut ini caranya.

Cara mendapat EFIN buat Wajib Pajak Orang Pribadi

Di bawah ini syarat dan cara mendapat e-FIN pajak bagi WP Orang Pribadi.

Syarat-syarat buat WP Orang Pribadi

  • KTP
  • Paspor dan KITAS/KITAP khusus WNA 
  • NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT)
  • Email aktif

Cara memperoleh EFIN pajak di KPP

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, kunjungi Kantor Pajak dengan membawa dokumen-dokumen yang diminta. Di sana WP nanti diminta mengisi Formulir Permohonan EFIN.

WP juga sebelumnya bisa mengisi terlebih dahulu Formulir Permohonan EFIN yang di-download dari pajak.go.id.

Cara mendapat EFIN buat Wajib Pajak Badan

Di bawah ini syarat dan cara mendapat e-FIN pajak bagi WP Badan.

Syarat-syarat buat WP Badan

Buat WP Badan Pusat

  • Fotokopi Surat Penunjukan.
  • KTP Wakil WP WNI asli dan fotokopinya.
  • Paspor WNA asli dan fotokopinya.
  • NPWP Badan asli dan fotokopi.
  • NPWP Wakil Wajib Pajak asli dan fotokopinya.
  • Email aktif.

Buat WP Badan Cabang

  • Surat Pengangkatan asli dan fotokopinya.
  • Surat Penunjukan asli dan fotokopinya.
  • KTP WNI Pimpinan Kantor Cabang asli dan fotokopinya.
  • Paspor WNA Pimpinan Kantor Cabang asli dan fotokopinya.
  • NPWP Badan asli dan fotokopinya.
  • NPWP Wakil Wajib Pajak asli dan fotokopinya.
  • Email aktif.
  • Surat kuasa dan KTP kuasa kalau diurus selain oleh pengurus.

Buat Kuasa khusus Wajib Pajak

  • Surat Penunjukan asli dan fotokopinya.
  • KTP asli Kuasa Wajib Pajak WNI dan fotokopinya.
  • Paspor buat Wajib Pajak WNA dan fotokopinya.
  • NPWP Badan asli dan fotokopinya.
  • NPWP kuasa Wajib Pajak asli dan fotokopinya.
  • Email aktif.

Cara memperoleh EFIN pajak di KPP

Sama seperti permohonanan khusus WP Orang Pribadi, WP Badan bisa terlebih dahulu mengisi Formulir Permohonan EFIN. Kemudian membawa formulir tersebut beserta syarat-syarat dokumen yang diminta.

Cara mendapat EFIN secara online

Wajib Pajak (WP) juga bisa mendapat e-FIN pajak secara online dengan mengajukan permintaan ke email pajak resmi milik Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Namun, WP sebelumnya harus mempersiapkan syarat-syarat sebagaimana yang dijelaskan di atas, baik syarat buat WP Orang Pribadi maupun WP Badan.

Inilah tahap-tahap mendapat nomor e-FIN lewat email KPP.

  • Ajukan permohonan aktivasi EFIN ke email resmi Kantor Pelayanan Pajak.
  • Satu email khusus buat satu permintaan aktivasi EFIN.
  • Kirim swafoto dengan WP memegang KTP dan NPWP miliknya.
  • Petugas akan mengecek data yang diterimanya dari WP.
  • Kalau dinyatakan lengkap dan sesuai, petugas mengirim nomor e-FIN dalam format PDF ke email WP.
  • Cek daftar email resmi KPP di laman Kantor Pajak di Indonesia.

Contoh formulir EFIN pajak

WP dapat memperoleh Formulir Permohonan EFIN dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dilampirkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2019.

Formulir Permohonan EFIN

Bagaimana kalau lupa nomor EFIN pajak?

Electronic Filing Identification Number atau e-FIN pajak berguna saat WP melakukan aktivasi akun DJP Online agar mendapatkan Username dan Password.

Seandainya, WP lupa nomor e-FIN dan kebetulan lembaran kertas atau email yang diterima hilang, bagaimana cara mendapatkannya kembali? Berikut ini cara mendapatkannya.

  • Sampaikan permintaan Lupa e-FIN ke email pajak resmi milik KPP.
  • Sama seperti ketentuan pertama kali minta nomor identifikasi ini, satu email WP buat satu permohonan Lupa EFIN.
  • Permohonan oleh WP lewat email dilengkapi Proof of Record Ownership (PORO). PORO adalah proses konfirmasi data wajib pajak buat memastikan kalau yang melakukan permohonan lewat email merupakan WP/pengurus badan.
  • Kirim swafoto/selfie yang mana WP memegang KTP dan kartu NPWP.
  • Petugas bakal mengecek kesesuaian data yang diberikan WP atau mencocokkannya dengan database DJP.
  • Kalau semua data sesuai, petugas akan segera memproses pembuatan dan mengirim e-FIN dalam format PDF ke email WP.

Itu tadi informasi pentingnya memiliki e-FIN dan cara mendapatkannya. Jadi, gak ada lagi cerita ribetnya bayar pajak ataupun lapor SPT ya. Sebab semuanya kini bisa dilakukan secara online.