Leasing Mobil: Pengertian, Cara Kerja, dan Simulasinya

aset beli mobil

Selain melalui bank, ada jalur pembiayaan lain yang kamu bisa manfaatkan untuk membeli kendaraan roda empat, yaitu leasing mobil.

Leasing mobil adalah perusahaan yang memberikan pembiayaan secara kredit kepada orang atau perusahaan untuk mengurus pembelian mobil baru ataupun mobil bekas.

Umumnya, pihak leasing akan otomatis memberikan asuransi mobil terbaik yang penting untuk mengantisipasi risiko kerusakan mobil.

Dalam hal pengajuan kredit, leasing mobil dianggap lebih mudah dibandingkan dengan bank.

Pengertian leasing mobil dan cara kerja perusahaan leasing mobil

Leasing adalah perusahaan yang menyewakan atau mendanai seseorang yang mau membeli mobil baru atau bekas dengan menawarkan jasa pembiayaan.

Seseorang atau nasabah bisa langsung mendapatkan mobil atau barang yang diinginkan, namun diwajibkan untuk melunasinya secara mencicil dalam periode yang telah disepakati. Dalam bahasa yang lebih familier, leasing akrab disebut dengan kredit kendaraan.

Umumnya, pihak leasing diberikan kepada seseorang dengan mekanisme pembayaran selama 12 bulan hingga 36 bulan lamanya.

Pada penerapannya, perusahaan leasing (kreditur) akan memberikan jaminan pembiayaan kepada penerima kredit (debitur) yang memenuhi persyaratan. Persyaratan tersebut menjadi dasar diberikannya kredit.

Setelah debitur mendapatkan persetujuan dari perusahaan leasing mobil, debitur bisa membawa pulang mobil yang diinginkannya. Proses pembelian akan dilakukan oleh pihak leasing dengan diler mobil baru atau penjual mobil bekas.

Perusahaan leasing mobil tetap sama-sama mengikuti dan patuh terhadap aturan perundang-undangan yang dalam hal ini diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seperti ketentuan uang muka minimal 20-30 persen menjadi aturan yang sama diterapkan oleh leasing maupun bank saat memberikan kredit.

Setelah proses pembelian selesai, debitur akan membayar angsuran kepada perusahaan leasing beserta bunga yang sudah disepakati di awal. Leasing akan memberikan skema angsuran sesuai dengan tenor atau periode pembayaran sebagai pilihan untuk debitur.

Dengan kata lain jika kamu ingin mendapatkan kendaraan secara lebih praktis, maka layanan pembiayaan dari leasing mobil adalah jawabannya.

Pada umumnya, uang muka yang ditentukan sudah termasuk beberapa hal, yaitu:

  • Pembayaran pokok utang.
  • Bunga.
  • Biaya administrasi.
  • Premi asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan diberikan untuk mobil baru maupun mobil bekas yang usianya masih bisa ditanggung perusahaan asuransi.

Leasing Mobil: Pengertian, Cara Kerja, dan Simulasinya
Leasing Mobil: Pengertian, Cara Kerja, dan Simulasinya

Pada saat debitur tidak bisa membayar cicilan yang sudah ditetapkan, maka mobil yang dibeli bisa dijadikan sebagai jaminan.

Dengan kata lain, jika terjadi kredit macet atau gagal membayar angsuran, mobil debitur akan disita oleh perusahaan leasing sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Syarat kredit mobil melalui perusahaan leasing

Besaran kredit dari perusahaan leasing akan ditentukan berdasarkan besaran uang muka dan jumlah serta tenor angsuran per bulan yang diinginkan.

Semakin besar uang muka, maka semakin kecil angsurannya. Sebaliknya, semakin kecil uang muka, maka semakin besar angsurannya. Selain itu, tenor kredit yang dipilih debitur untuk pelunasan pinjaman akan menentukan besaran cicilan per bulan juga.

Pengajuan kredit melalui leasing lebih mudah

Persyaratan kredit mobil melalui perusahaan leasing pada umumnya tidak berbeda dengan bank. Namun, prosesnya bisa lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan mengajukan kredit mobil melalui bank.

Terdapat perbedaan bunga cicilan antara leasing pada umumnya dan bank, Tetapi, bunga tersebut tidak terpaut jauh. Bunga leasing mobil rata-rata antara 6-7 persen per tahun. Sementara itu, bunga kredit mobil bisa saja di bawah enam persen pertahun, tergantung tenor. 

Bank menerapkan bunga tinggi jika periode masa cicilannya lebih panjang. Sementara perusahaan leasing memberikan bunga flat per tahun sesuai dengan tenor yang dipilih.

Syarat pengajuan kredit melalui leasing mobil

Berikut ini adalah persyaratan umum mengajukan kredit mobil melalui perusahaan leasing.

  1. Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah.
  2. KTP orang tua jika pemohon masih lajang dan tinggal di rumah orang tua.
  3. KTP pribadi dan KTP suami/istri jika pemohon sudah menikah.
  4. Kartu Keluarga atau Surat Nikah.
  5. Bukti kepemilikan rumah atau bukti tempat tinggal (Tagihan Telepon/Rekening Listrik/PAM/PBB/AJB).
  6. Bukti atau keterangan usaha (Wiraswasta/Profesional).
  7. Akta pendirian perusahaan dan pengesahannya (pemohon a/n perusahaan).
  8. Bukti Tanda Daftar perusahaan dan Surat Ijin Usaha dan Perdagangan (pemohon a/n perusahaan).
  9. Bukti penghasilan berupa slip gaji tiga bulan terakhir.
  10. Bukti mutasi rekening tiga bulan terakhir.
  11. Fotokopi NPWP.
  12. Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun.

Tabel simulasi kredit mobil

Berikut ini adalah tabel simulasi kredit mobil melalui salah satu perusahaan leasing dengan harga mobil Rp150 juta. Dengan uang muka sebesar 30 persen atau sebesar Rp45 juta.

12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan 60 Bulan
Uang Muka Rp45 juta Rp45 juta Rp45 juta Rp45 juta Rp45 juta
Angsuran Rp10.233.173 Rp5.547.422 Rp4.000.236 Rp3.237.536 Rp2.788.459

Total biaya pembayaran di muka biasanya sudah termasuk biaya administrasi dan juga biaya asuransi kendaraan. Perhitungan tersebut hanyalah simulasi dan bisa saja berbeda antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari tagihan dari bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Untung dan rugi kredit mobil melalui leasing

Bagi sebagian dari kita, kendaraan adalah fasilitas yang dapat sangat menunjang penghasilan. Misalnya, mobil pribadi untuk berangkat ke tempat kerja atau mungkin untuk menunjang usaha.

Fasilitas kredit mobil dari leasing dalam hal ini dinilai sebagai cara untuk bisa mendapatkan kendaraan lebih mudah dan cepat dibandingkan harus menabung yang mana bisa membutuhkan bertahun-tahun.

Nah tentu selain ada beberapa keuntungan lainnya yang kamu perlu ketahui, ternyata ada juga sisi kerugian jika mengajukan kredit mobil melalui perusahaan leasing.  Kita simak satu demi satu berikut ini.

Keuntungan mengajukan kredit melalui leasing

  • Menyediakan skema cicilan yang lebih panjang atau lebih lama.
  • Proses lebih mudah dan cepat.
  • Jaringan luas karena langsung bekerja sama dengan diler mobil.

Kerugian mengajukan kredit melalui leasing

  • Perusahaan leasing biasanya memberikan bunga lebih tinggi dibandingkan dengan bank.
  • Dengan bunga tinggi, kamu harus menanggung beban angsuran yang tinggi.
  • Denda keterlambatan lebih besar dibandingkan dengan denda bank.
  • Penyitaan kendaraan jika jatuh tempo selama dua bulan berturut-turut.
  • Penalti jika melunasi sebelum masa cicilan berakhir.

Tips memanfaatkan leasing mobil

Agar gak salah langkah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah 4 tipsnya:

  • Pilih mobil yang banyak digunakan agar ketika lunas nanti dan mau dijual harganya masih tinggi.
  • Pilih leasing yang udah dikenal banyak pihak dan terpercaya.
  • Pilih leasing yang  bikin kamu nyaman selama proses transaksi berlangsung.
  • Bayar kredit sesuai waktunya.

Terlepas dari kemudahan pembiayaan yang ditawarkan melalui leasing, kamu tetap harus mempertimbangkan segala sisi. Misalnya, persyaratan uang muka minimal, suku bunga, asuransi, dan fasilitas lain yang ditawarkan oleh pihak leasing.

Sebagai pilihan, kamu bisa mengajukan kredit mobil terlebih dahulu melalui bank jika menginginkan kredit dengan bunga yang lebih rendah untuk meringankan beban finansial.

Dalam hal ini, leasing mobil bisa kamu jadikan alternatif apabila tidak mendapatkan persetujuan kredit mobil dari bank.

Pastikan juga keuangan kamu terlindung dari risiko kecelakaan mobil dengan memiliki asuransi mobil. Supaya tahu butuh jenis asuransi yang mana, yuk ikutan kuis berikut.

Kalau kamu sudah temukan produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan, lalu berapa premi yang harus dibayar? Cari tahu di sini.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk pinjaman tunai dan usaha lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar manfaat leasing mobil

Apa yang dimaksud dengan leasing?

Leasing adalah perusahaan finansial yang menyewakan atau mendanai seseorang yang mau membeli mobil baru atau bekas dengan menawarkan jasa pembiayaan. Hasilnya, seseorang atau nasabah bisa langsung mendapatkan mobil atau barang yang diinginkan, namun diwajibkan untuk melunasinya secara mencicil dalam periode yang telah disepakati.

Apakah wajib untuk memiliki asuransi mobil?

Perlindungan finansial dari asuransi mobil bukanlah kewajiban, namun manfaat yang ditawarkan sangatlah penting untuk menjamin kamu dari risiko biaya perawatan dan perbaikan yang terlalu mahal. Dengan adanya proteksi dari asuransi mobil, kamu tidak perlu cemas lagi dengan tagihan yang membebanimu karena asuransi yang akan menanggungnya.