Laundry 1 Kilo Berapa Baju yang Dicuci VS Cuci Sendiri

laundry 1 kilo berapa baju

Laundry kiloan sampai saat ini masih laris manis di berbagai daerah karena dengan harganya relatif murah, kamu bisa mencuci banyak pakaian. Lantas, memangnya untuk laundry 1 kilo berapa baju yang bisa dicuci?

Pertanyaan itu pasti muncul saat ingin memasukkan pakaian di laundry kiloan. Biaya atau harga laundry kiloan yang dipatok setiap penyedia jasa bisa berbeda-beda antara satu dengan lainnya. 

Secara umum, laundry kiloan menawarkan beberapa pilihan layanan, mulai dari cuci kering setrika atau cuci kering (tanpa setrika). Biasanya, biaya layanan laundry cuci kering setrika lebih mahal dibandingkan cuci kering saja.

Buat kamu yang penasaran ingin mengetahui untuk laundry 1 kilo berapa baju yang dicuci, mari simak pemaparan berikut.

Untuk laundry 1 kilo berapa baju yang bisa dicuci?

Meski banyak yang membuka usaha ini, tetap saja kios laundry kiloan dipenuhi pakaian para konsumen. Pasalnya, kebutuhan terhadap jasa laundry cukup besar lantaran mobilitas yang tinggi membuat beberapa orang tidak sempat untuk mencuci baju sendiri. 

Pelanggan tetap jasa laundry ini biasanya berasal dari kalangan anak kos yang tinggal di daerah sekitar kampus dan tidak memiliki mesin cuci sendiri, hingga kalangan rumah tangga di kawasan industri, perkotaan atau daerah yang mobilitas penduduknya tinggi

Jasa laundry pun beragam, biasanya dihitung satuan atau kiloan, tergantung jenis layanan yang dikehendaki. Harga yang dipatok pun nantinya akan disesuaikan dengan jenis barang yang mau dicuci.

Lantas, berapa banyak baju yang dicuci untuk laundry 1 kilo? Ternyata, bisa untuk 8-12 potong pakaian (asumsi kemeja) orang dewasa. Sementara itu, untuk pakaian anak-anak bisa lebih dari itu, diasumsikan 18-20 potong pakaian.

Dengan kisaran harga Rp6.000-Rp8.000, kamu bisa mencuci pakaian di laundry kiloan. Dan dengan perhitungan laundry 1 kilo berapa baju yang bisa dicuci, kamu juga bisa menghitung nominal yang harus dikeluarkan.

Jasa laundry

Jasa laundry memang banyak tersedia di berbagai daerah dan jadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan beberapa tahun belakangan. 

Tapi, bagi sebagian orang mencuci baju sendiri masih jadi pilihan favorit. Jadi, lebih hemat mana sih, laundry atau cuci sendiri? Kapan waktu yang tepat menggunakan jasa laundry?

Gak ada yang salah bila lebih memilih menggunakan jasa laundry atau mencuci sendiri kok. Ada saat-saat di mana jasa laundry sangat tepat untuk digunakan, seperti:

  • Sibuk bekerja dan gak punya asisten rumah tangga
  • Sedang dalam kondisi fisik yang gak fit atau sakit
  • Pulang dari liburan selama beberapa hari dan lelah
  • Mesin cuci di rumah sedang gak berfungsi atau rusak
  • Mesin pompa air di rumah rusak.

Jasa laundry atau cuci sendiri?

Kalau lagi sakit atau sibuk, kamu bisa memakai jasa laundry. Selain membantu saat sedang tidak bisa mencuci dan lebih hemat waktu, juga bisa membantu perekonomian rakyat.

Contoh kasus, sebuah rumah dengan 4 orang anggota keluarga yang selalu sibuk bekerja dan beraktivitas di luar rumah.

Berikut ini simulasi perhitungan biaya yang dikeluarkan antara jasa laundry dengan mencuci sendiri:

Jasa laundry

Tarif cuci baju 1kg = Rp6.000

Penggunaan jasa laundry = Satu kali seminggu

Berat pakaian = 11kg – 17kg = Rp66 ribu – Rp102 ribu

Jadi dalam satu bulan keluarga ini menghabiskan uang sebesar Rp264 ribu – Rp408 ribu untuk jasa laundry.

Mencuci pakaian sendiri

Detergen anti noda = Rp35 ribu (1,8kg)

Pengharum pakaian = Rp10 ribu (900ml)

Pelembut pakaian untuk setrika = Rp6000 (250ml)

Untuk satu keluarga dengan 4 anggota kurang lebih membutuhkan:

Detergen = Rp35 ribu x 4 = Rp140 ribu

Pengharum pakaian = Rp10 ribu x 2 = Rp20 ribu

Pelembut pakaian = Rp6000 x 4 = Rp24 ribu

Total pengeluaran = Rp184 ribu per bulan.

Simulasi di atas hanya estimasi besaran biaya yang memberi gambaran berapa yang harus kamu keluarkan setiap bulannya ya. Jadi bisa saja lebih kecil atau besar.

Kelebihan dan kekurangan jasa laundry dan mencuci sendiri

Menggunakan jasa laundry dan mencuci sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk kita ketahui kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Kelebihan jasa laundry

1. Hemat energi dan waktu

Memilih jasa laundry, berarti kamu gak perlu repot dan memeras keringat lagi. Tinggal terima beres saja. 

2. Hemat air dan listrik

Selain hemat energi, menggunakan jasa laundry juga menghemat penggunaan air dan listrik di rumah loh.

3. Lebih praktis

Sekarang banyak jasa laundry yang menyediakan layanan ambil. Kamu cukup siapkan pakaian-pakaian yang akan dicuci, telepon dan duduk manis menunggu mereka datang.

Kekurangan jasa laundry

  • Biaya yang dikeluarkan lebih besar.
  • Gak bisa melihat proses pencucian laundry.
  • Hasil pakaian yang dilaundry bisa rusak, luntur atau hilang.
  • Waktu pakaian yang selesai dilaundry bisa lebih lama.

Kelebihan mencuci sendiri

  1. Hemat biaya
  2. Proses pencucian termonitor karena dilakukan sendiri. 
  3. Meminimalisir kerusakan dan kehilangan pakaian.

Kekurangan mencuci sendiri

  • Butuh waktu dan tenaga
  • Menambah beban tagihan mesin pompa air, mesin cuci dan setrika. 

Setelah mengetahui perbedaan antara jasa laundry dan mencuci sendiri serta laundry 1 kilo berapa baju yang dicuci, yuk ketahui lebih dalam tentang bisnis laundry kiloan.

Asal mula bisnis laundry kiloan

Bisnis laundry kiloan diperkirakan mulai muncul di Kota Yogyakarta, di tahun 2005. Diawali dengan konsep laundry rumahan yang menampung cucian dari para mahasiswa karena perhitungan perpotong cukup mahal, lalu muncul gagasan dengan menggunakan sistem perhitungan kiloan. Laundry 1 kilo bisa untuk 10-12 potong baju, sehingga tentunya sangat menguntungkan bagi konsumen. 

Mulanya banyak  orang bertanya‐tanya apa itu cuci kiloan? Namun, setelah konsumen mengetahui laundry kiloan lebih hemat, kini laundry kiloan mulai diterima oleh para mahasiswa di Jogja. 

Untuk konsumen maupun pemilik laundry kiloan merasa saling diuntungkan, Bagi konsumen biaya mencuci  sangat ringan sesuai kantong mahasiswa, yang merupakan pangsa pasar terbesar untuk laundry  kiloan di Jogja. 

Pengusaha laundry pun sama merasa diuntungkan, karena dengan harga yang  terjangkau  dapat  menarik  konsumen  yang  begitu  banyak.  Melihat  peluang  bisnis  yang  bagus tersebut lalu kemudian konsep laundry kiloan muncul di kota‐kota lain, pangsa pasar untuk laundry kiloan pun sangat luas mulai dari mahasiswa, rumah tangga, rumah sakit, rumah makan, bahkan perhotelan.

Latar belakang terciptanya usaha laundry kiloan

Tentunya sebelum usaha laundry kiloan kini menjamur di berbagai daerah, ada latar belakang yang mendasari terciptanya bisnis rumahan ini. Di antaranya:

  1. Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci.
  2. Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu  rumah  tangga,  yang  tidak  memiliki  waktu  untuk  mencuci  pakaian  mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.
  3. Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor,  bahkan  di musim  hujan,  dengan  mencuci  manual  pasti  akan  sulit menjadi kering. Karena itu, banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke jasa laundry.
  4. Tren mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Meski begitu, persaingan di bidang bisnis laundry ini semakin ketat. Sebab, keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ini melebih 100% rata-rata lantaran bisnis ini kategori bidang jasa. Untuk itu diperlukan konsistensi dalam pelayanan terhadap konsumen.

Apa saja jenis pakaian yang bisa dicuci di laundry kiloan

Produk terbanyak untuk bisnis laundry kiloan adalah pakaian yang dipakai sehari-hari, seperti kemeja, kaos, pakaian dalam, dan sejenisnya. Baju harian, bedcover, gorden, dan vitrage merupakan jenis layanan cuci yang banyak digunakan konsumen. 

Namun, karena laundry kiloan skala kecil jarang menerima order produk yang memerlukan perlakuan khusus seperti gaun, pakaian berbahan sutera, jas, serta produk lain yang harus menggunakan teknologi dry cleaning.

Biaya atau harga laundry kiloan yang dipatok setiap penyedia jasa bisa berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Secara umum, laundry kiloan menawarkan beberapa pilihan layanan, mulai dari cuci kering setrika atau cuci kering (tanpa setrika). 

Biasanya, biaya layanan laundry cuci kering setrika lebih mahal dibandingkan cuci kering saja. Meski begitu, tidak masalah menggunakan jasa laundry atau mencuci pakaian sendiri, sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi kamu masing-masing.

Jangan memaksakan mencuci baju sendiri ketika lagi sakit, dan jangan juga gaya-gayaan laundry baju terus padahal kantong pas-pasan.

Hitung dengan kalkulator Lifepal

Nah, kalau sudah tahu plus minusnya memakai jasa laundry berikut laundry 1 kilo berapa baju yang dicusi untuk estimasi biaya yang dikeluarkan, jangan lupa menyisihkan uang untuk simpanan masa depan. 

Buat mengetahui berapa banyak uang yang harus disisihkan, kamu bisa memakai kalkulator tabungan bulanan berikut.

Lengkapi diri dengan perlindungan terbaik

Setelah mengetahui berapa rupiah yang harus digelontorkan untuk cuci baju di laundry dan cuci baju sendiri, baiknya kamu juga mengamankan keuanganmu dengan proteksi dari asuransi kesehatan

Tujuan dari proteksi asuransi adalah memastikan kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membayar tagihan yang sifatnya dadakan. Misalnya, beban pembayaran tagihan rumah sakit karena kamu terserang penyakit keras.

Dengan asuransi kesehatan, kamu dapat membantu mengalihkan biaya perawatan dan biaya pengobatan saat terkena penyakit. Premi asuransinya pun gak mahal, karena kamu bisa tentukan sendiri sesuai kebutuhanmu.

Tertarik memiliki asuransi kesehatan, tetapi masih belum tahu cara mendaftar? Kamu bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis dari Lifepal.

Tips lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Agar bisa mencuci pakaian dengan jasa laundry, dan melengkapi diri dengan perlindungan terbaik, maka kamu bisa menjalani pekerjaan sampingan.

Salah satunya adalah menjadi agen asuransi di Mitra Lifepal. Di sini, kamu bisa meraih pendapatan tambahan per bulan sampai jutaan rupiah! 

Jika kamu punya pertanyaan lain tentang bagaimana cara menghemat atau mengatur keuangan, tanyakan langsung ke pakar rekanan Lifepal di bidang bisnis dan keuangan lewat Tanya Lifepal

Rekan ahli kami sudah sukses mendirikan berbagai bisnis dan bisa membantumu memilih jalur pendapatan terbaik!

Pertanyaan seputar laundry 1 kilo berapa baju

Laundry 1 kilo bisa berapa baju dicuci?

Laundry 1 kilo bisa untuk 8-12 potong pakaian (asumsi kemeja) orang dewasa. Sementara itu, untuk pakaian anak-anak bisa lebih dari itu, diasumsikan 18-20 potong pakaian.

Berapa harga laundry kiloan untuk 1 kg?

Kamu bisa mencuci pakaian di laundry kiloan dengan kisaran harga Rp6.000-Rp8.000.

Kondisi seperti apa yang tepat untuk mencuci di laundry?

Ada saat-saat di mana jasa laundry sangat tepat untuk digunakan:

  • Sibuk bekerja dan gak punya asisten rumah tangga
  • Sedang dalam kondisi fisik yang gak fit atau sakit
  • Pulang dari liburan selama beberapa hari dan lelah
  • Mesin cuci di rumah sedang gak berfungsi atau rusak
  • Mesin pompa air di rumah rusak.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →