Lelang Mobil Murah Online dan Bagaimana Cara Mengikutinya

lelang mobil

Lelang mobil adalah salah satu cara mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, mobil yang dijual melalui sistem ini biasanya merupakan mobil bekas pakai berupa mobil pribadi, mobil aset perusahaan, sampai mobil sitaan.

Sayangnya, masih belum banyak konsumen langsung yang tertarik membeli dari pasar lelang mobil. Kebanyakan peminat mobil lelang adalah pedagang.

Tertarik untuk mencari kendaraan lewat lelang mobil? Jika ingin membeli mobil, pastikan juga kamu memproteksi keuangan dengan asuransi mobil terbaik, ya! Supaya kalau rusak gak bikin dompet jebol!

Yuk simak ulasan tentang lelang mobil berikut ini!

Apa itu lelang mobil dan bagaimana cara ikut lelang mobil online?

Lelang mobil adalah proses menjual mobil dengan cara menawarkan mobil tersebut ke sekumpulan peminat. Nah, para peminat akan berlomba-lomba menawarkan harga tertinggi. Penawar terakhir dengan harga tertinggi lah yang bisa mendapatkan mobil tersebut.

Sekarang, mudah untuk ikutan lelang mobil berkat adanya kemajuan teknologi. Kamu bisa ikut lelang secara online melalui situs seperti Ibid atau JBA Indonesia. Untuk mengikuti lelang mobil online, berikut langkah yang perlu kamu lakukan.

  • Buka website lelang, lalu pilih kendaraan dan catat jadwal lelang.
  • Daftar atau registrasi di situs tersebut.
  • Beli Nomor Peserta Lelang (NPL) seharga Rp5 juta (sebagai DP), bisa dibayar lewat Virtual Account atau kartu kredit.
  • Piluh jadwal lelang yang sedang berlangung, tenggat waktu tersedia.
  • Ikuti proses lelang mobil. Nah, kamu bisa langsung menawar online sesuai keingingan..
  • Kalau kamu memenangkan lelang, pelunasan sisa pembayaran maksimal 5 hari setelah llang. Kalau kalah, DP akan dikembalikan 100 persen maksimal 3 hari ekrja.
  • Peserta bisa mengambil kendaraan dan dokumen setelah membayar.

Syarat menjual kendaraan di lelang mobil

Untuk menjual kendaraan kamu melalui lelang mobil, berikut persyaratan dokumen yang perlu dipersiapkan:

Syarat dokumen peserta lelang mobil sitaan leasing

  • Bukti kepemilikan (BPKB, STNK, Invoice Mesin) (fotokopi)
  • Akta Perjanjian Kredit (fotokopi)
  • Akta Pengakuan Hutang debitur notariil (fotokopi)
  • Sertifikat Fiducia (fotokopi)
  • Somasi atau Surat Peringatan ke debitur (pertama sampai terakhir) (fotokopi)
  • KTP debitur, KTP Direksi Bank yang menandatangani MOU dengan BLH. (fotokopi)
  • Surat Kuasa Melelang dari Direksi Bank kepada Balai Lelang Harmoni.
  • Perincian Hutang terakhir berikut seluruh kewajiban debitur.
  • Keterangan dari Bank bahwa objek jaminan yang akan dilelang “Bebas dari sengketa”
  • Permohonan tanggal lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).
  • Surat pemberitahuan lelang ke debitur.
  • Surat Penunjukan Pejabat Penjual dari Bank.
  • Foto dua lembar.

Syarat dokumen peserta lelang mobil aset BUMN

  • Surat Keputusan Persetujuan Penghapusan Barang dari Menteri yang bersangkutan/Dewan Komisaris;
  • Surat Keputusan Penghapusan dari Direksi;
  • Surat Keputusan tentang Panitia Lelang; dan 
  • bukti kepemilikan/hak.

Daftar situs lelang mobil

Berikut ini adalah beberapa situs lelang mobil tepercaya yang bisa kamu jadikan pilihan:

Ibid

Ibid menyelenggarakan lelang mobil secara online melalui situsnya atau kamu juga bisa mendownload aplikasi IBID di Play Store. Platform ini dikelola oleh Astra dan melelang berbagai jenis mobil.

Fitur yang bisa kamu dapatkan jika ikut lelang mobil di situs ini adalah:

  • Cari kendaraan
  • Cek jadwal lelang
  • Auto BID atau menawar harga otomatis
  • Menitipkan barang supaya dilelang, hanya perlu daftar di situsnya.

Jadwal lelang yang tersedia di IBID adalah sebanyak 50 kali per bulan. Kamu bisa mengecek jadwal lelang di situs maupun aplikasi IBID.

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah situs lelang mobil yang dikelola oleh JBA BidWin Auction. Platform yang bisa diakses dengan aplikasi smartphone ini adalah aslah satu yang paling terkenal.

Selain mobil, JBA Indonesia juga menyediakan lelang motor untuk segala jenis dan tahun. Untuk fitur yang ditawarkan platform ini di antaranya:

  • Daftar lelang mobil
  • Daftar lelang motor
  • Hasil harga lelang
  • Jadwal lelang

Menariknya, situs ini menawarkan poin reward yang bisa ditukar dengan hadiah. JBA banyak melelang kendaraan di event nasional.

Lelang Indonesia

Lelang Indonesia adalah situs lelang yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Umumnya, barang yang dilelang di sini adalah hasil sitaan oleh kasus korupsi pejabat negara.

Gak hanya mobil dan motor, situs ini juga melelang barang lain seperti rumah, gudang, toko, hotel, dan lainnya.

Mandiri Lelang

Mandiri Lelang dikelola oleh Bank Mandiri. Untuk mengaksesnya, kamu bisa membuka situs resminya atau mendownload aplikasi Mandiri Lelang di smartphone. Selain mobil dan motor, situs ini juga melelang sawah, rumah, tanah, gedung, ruko, sampai pabrik kosong.

Info Lelang BRI

Info Lelang BRI adalah platform milik Bank BRI, yaitu di situs infolelang.bri.co.id/. Situs ini menyediakan lelang berbagai barang, mulai dari mobil, vila, pabrik, bangunan rumah, sampai tanah.

Fitur yang tersedia dan bisa kamu temukan di Info Lelang BRI di antaranya fitur Cari Aset untuk menemukan barang lelang di daerah kamu. Setelah itu, ada fitur Filter yang memungkinkan kamu mencari barang berdasarkan tipe tertentu yang kamu inginkan.

Dalam situs ini, tersedia nomor pemilik aset sehingga kamu bisa bernegosiasi untuk mendapatkan harga terbaik.

Youb.id

Platform ini menyediakan lelang buat barang yang lebih beragam daripada mobil dan aset rumah saja. Di sini, kamu juga bisa menemukan barang-barang perabotan, alat elektronik, sepatu, dan lain-lain. Kamu bisa mengikuti lelang secara online tanpa harus datang langsung ke tempat pelelangan.

Punya pertanyaan seputar keuangan? Silakan tanyakan langsung ke ahli berpengalaman melalui fitur Tanya Lifepal!

Cara urus surat mobil lelang

Ada dua kasus untuk mengurus surat mobil lelang, yaitu jika surat mobil lengkap atau surat mobil tidak lengkap. 

Untuk kasus pertama, penyelenggara lelang biasanya sudah mengurus validitas surat-surat tersebut. Pemenang lelang hanya perlu mendaftarkan kendaraan lelang ke Korlantas dengan mengajukan risalah lelang dan nanti akan diurus. Pemenang lelang kemudian bisa melakukan pemeriksaan fisik untuk dibawa ke Polda untuk mengurus BPKB dan STNK.

Hasil pemeriksaan fisik, risalah lelang, dan tanda bukti pembayaran dibawa oleh pemenang ke Polda. Setelah itu, dokumen bisa dibawa ke Samsat untuk buat STNK baru. 

Sementara itu, untuk kasus surat mobil tidak lengkap, seperti STNK atau BPKB gak ada, kamu bisa membawa risalah lelang ke kantor polisi. Cara mengurus selanjutnya sama saja engan kasus surat mobil tidak lengkap.

Untung rugi beli mobil lelang bekas

Jarang ada orang yang mau membeli mobil melalui proses pelelangan sehingga kamu berpotensi untuk mendapatkan harga di bawah pasaran. 

Namun sayangnya, informasi yang tersedia mengenai mobil yang kamu beli lewat lelang mobil cenderung kurang lengkap. Atau paling tidak, tidak selengkap di showroom mobil.

Selain itu, kondisi mobil lewat pelelangan juga apa adanya, berbeda dengan mobil bekas di showroom yang sudah direparasi terlebih dulu. Oleh sebab itu, setiap mobil yang dilelang akan ada gradenya, yaitu grade A paling bagus sampai grade C yang paling kurang.

Tips membeli mobil lelang

Sebelum memutuskan untuk mengikuti lelang mobil, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

Atur waktu saat membeli

Umumnya banyak orang yang membeli mobil menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk pulang kampung. Namun, dua tiga bulan setelahnya banyak yang pembayarannya tersendat. Pada saat seperti itu, banyak mobil yang dilelang.

Jeli saat memilih

Pastikan kamu membaca deskripsi mobil secara jelas, mulai dari tahun keluaran, kondisi kendaraan, sampai minusnya. Jika ada informasi yang belum disebutkan, tanyakan ke penyelenggara lelang mobil.

Bandingkan dengan harga mobil di pasaran

Nah sebelum mengikuti lelang, cek dulu ya berapa harga mobil yang kamu minati di pasaran. Jadikan nominal tersebut sebagai patokan saat lelang berlangsung. Jangan sampai nantinya kamu malah mengajukan harga di atas harga pasaran.

Perhatikan penawar lainnya dan tahan nafsu

Jangan bernafsu untuk terus melelang karena biasanya dalam proses pelelangan ada oknum yang mempermainkan harga sehingga jadi tinggi.

Ketahui adanya biaya tambahan

Jika kamu mengikuti lelang, umumnya penyedia lelang bakal memberikan biaya dalam penjualan mobil, yaitu sekitar 15-35 persen.

Jika menang, bawa mobil ke bengkel dulu

Apabila kamu memenangkan lelang, segera bawa mobil tersebut ke bengkel untuk diperiksa. Meskipun sepintas terlihat masih bagus, kita tetap tidak tahu jika ada kerusakan pada bagian mesin mobil.

Pentingnya membeli asuransi mobil

Apabila kamu tertarik membeli kendaraan lewat lelang mobil ataupun cara lainnya, jangan lupa membeli asuransi mobil untuk memproteksinya ya! Dengan asuransi mobil, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp300 ribu untuk perbaikan apapun. Kamu juga bakal dapat uang ganti rugi apabila mobil kamu hilang dicuri.

Ada dua jenis proteksi asuransi mobil, yaitu produk asuransi all risk dan asuransi TLO. Perbedaannya ada pada luas pertanggungan. Asuransi all risk menanggung semua jenis risiko mulai dari lecet sampai kehilangan mobil. Sementara itu, asuransi TLO hanya menanggung kerusakan parah dan kehilangan mobil saja.

Namun, untuk mendapatkan produk ini, kamu harus membayar premi tahunan. Yuk gunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut untuk menghitung!

Pertanyaan seputar lelang mobil

Apa itu mobil lelang?

Mobil lelang adalah mobil yang diperjualbelikan dengan cara ditawar oleh beberapa peminat. Peminat dengan harga tertinggi bisa membeli mobil tersebut.

Biaya yang dikeluarkan setelah menang mobil lelang?

Beberapa biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mobil lelang di antaranya penerbitan BPKB kendaraan roda empat sebesar Rp375 ribu, penerbitan STNK roda empat Rp200 ribu, pengesahan STNK Rp50 ribu, penerbitan STCK Rp50 ribu, dan penerbitan TNKB Rp100 ribu.  Untuk konsumen luar daerah ada biaya mutasi sebesar Rp250 ribu.

Mobil termahal di dunia yang dijual lelang?

Mobil termahal didunia adalah Mobil Ferarri keluaran 1962 yang dilelang dan terjual Rp701 miliar (USD48,4 juta).

Bagaimana caranya mengikuti lelang online?

Untuk mengikuti lelang mobil online, kamu bisa mengunjungi situs-situs penyedia lelang, sepert JBA Indonesia, IBID, Lelang Indonesia, Mandiri Lelang, sampai Info Lelang BRI.

Bagaimana tips agar tidak tertipu saat lelang?

Supaya tidak tertipu saat lelang, usahakan kamu melakukan riset terlebih dahulu terkait harga barang yang akan kamu beli. Pastikan juga situs lelang yang kamu kunjungi memiliki review yang baik.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →