Pengertian dan Jenis Lembaga Pembiayaan untuk Modal Usaha

lembaga pembiayaan

Lembaga pembiayaan adalah badan usaha yang bisnisnya memberikan sejumlah dana ke konsumen, baik dalam bentuk modal usaha ataupun penyediaan barang yang diperlukan untuk usaha. 

Selanjutnya konsumen akan melakukan pengembalian dengan sistem angsuran sesuai perjanjian dan ketentuan yang berlaku.

Saat ini, kebutuhan akan modal bagi para pelaku bisnis membuat hadirnya lembaga pembiayaan kian penting. Adanya modal akan mempengaruhi keberlangsungan sebuah usaha.

Oleh sebab itu, buat kamu para pelaku usaha, penting untuk mengetahui segala hal tentang lembaga pembiayaan. Nah, apa saja lembaga keuangan yang ada di Indonesia? Disimak yuk ulasannya!

Apa itu lembaga pembiayaan?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, lembaga pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal.

Sementara sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 9 tahun 2009, pengertian lembaga pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal. 

Peran instansi in itidak kalah penting dengan lembaga keuangan karena dapat menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan suntikan dana yang juga potensial dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. 

Tidak hanya itu, mereka memegang peranan penting dalam bidang pembangunan juga, seperti menampung aspirasi dan minat masyarakat. 

Lembaga pembiayaan juga ikut serta dalam pembangunan di mana para pelaku usaha dan masyarakat umum mengharapkan lembaga ini bisa mengatasi masalah yang vital yaitu masalah keuangan dan permodalan.

Sementara bicara manfaat lembaga pembiayaan, ada dua fungsi lembaga pembiayaan, di antaranya:

  • Mensejahterakan masyarakat dengan memberikan fasilitas pemberian dana kepada pelaku usaha dengan imbal hasil yang sebisa mungkin tetap menguntungkan pelaku usaha.
  • Membantu proyek-proyek infrastruktur yang sedang atau akan dikerjakan. Salah satu produk pembiayaan yang digunakan untuk proyek ini adalah sukuk.

Jenis-jenis lembaga pembiayaan

Lembaga pembiayaan terbagi dalam empat jenis, yaitu:

Perusahaan pembiayaan

Jenis yang pertama yaitu perusahaan pembiayaan. Secara sederhana perusahaan pembiayaan dapat diartikan sebagai badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan sewa guna usaha (leasing), anjak piutang, pembiayaan konsumen, serta usaha kartu kredit.

Perusahaan modal ventura

Perusahaan modal ventura yaitu badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu. 

Bentuk perusahaan modal ventura bermacam-macam, bisa dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, hingga pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Perusahaan pembiayaan infrastruktur

Selanjutnya perusahaan pembiayaan infrastruktur. Sebagaimana namanya, perusahaan pembiayan ini merupakan badan usaha yang didirikan khusus untuk melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana pada proyek infrastruktur.​

Lembaga pembiayaan syariah 

Terakhir adalah lembaga pembiayaan syariah. Peran dari instansi semacam ini memberikan pembiayaan menggunakan prinsip-prinsip syariah dan tidak menggunakan bunga. 

Sistem yang umum digunakan oleh lembaga pembiayaan syariah adalah sistem dengan akad murabahah yaitu nasabah sebagai pemilik usaha membutuhkan biaya untuk pembelian sebuah alat dalam rangka meningkatkan produktivitas usahanya. 

Nantinya, perusahaan atau lembaga akan membelikan barang tersebut dan menjualnya kepada nasabah dengan ditambah margin. Nasabah dapat membayar barang tersebut dengan cara mencicil dan sifatnya flat (tidak ada penambahan apapun dalam periode cicilan).

Contoh lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia

Setelah mengetahui jenisnya, kamu juga perlu tahu contoh perusahaan atau lembaga pembiayaan di Indonesia. 

1. Leasing 

Leasing memberikan manfaat dan sekaligus solusi keuangan bagi masyarakat umum. 

Leasing atau sewa guna usaha adalah salah satu jenis lembaga sewa guna yang diberikan dalam bentuk barang modal. Lembaga ini menerapkan aturan jika hak milik atas suatu barang nantinya akan berada di bawah kekuasaan suatu lembaga. 

Dalam praktiknya transaksi keuangan perusahaan leasing dibagi dalam beberapa bentuk:

  • Direct Finance Lease, di dalam transaksi ini pihak leasing membeli barang modal atas permintaan nasabah sekaligus menyewakan barang tersebut. Nasabah dapat menentukan sendiri spesifikasi barang yang diinginkan termasuk harga dan suppliernya. 
  • Sales and Lease Back, nasabah akan menjual barang modal kepada leasing untuk dilakukan kontrak sewa guna usaha. Metode ini biasanya dimanfaatkan guna menambah modal kerja lease. Biaya keluaran guna memperoleh barang yang dibutuhkan oleh lessee berikut bunganya.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan sewa guna usaha atau leasing yang terdaftar di OJK, diantaranya Adira Finance, BCA Finance, BFI Finance, FIF, WOM, Otto Summit, Aditama Finance. 

Kemudian untuk perusahaan leasing syariah di Indonesia diantaranya adalah: Al Ijarah Indonesia Finance, Amanah Finance, dan Citra Tirta Mulia.

2. Pembiayaan konsumen

Jenis yang selanjutnya adalah pembiayaan konsumen. Jenis ini termasuk ke dalam bentuk usaha kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang dan jasa bagi konsumen. Sistem pembayarannya dilakukan dengan mengangsur selama jangka waktu tertentu.

Adapun yang termasuk ke dalam pembiayaan konsumen mulai dari kendaraan bermotor, kepemilikan properti seperti rumah, barang elektronik dan lain-lain.

Contoh perusahaan yang berfokus pada pembiayaan konsumen dengan penyediaan barang-barang elektronik maupun kebutuhan rumah tangga yang dibayar secara kredit dan angsuran adalah PT Adira Quantum Multifinance.

3. Penerbitan kartu kredit 

Jenis lembaga pembiayaan ini tidak hanya mengeluarkan produk pembiayaan saja. Pasalnya, sekarang kartu kredit juga bisa dikeluarkan oleh perusahaan pembiayaan. Jenis kartu yang dikeluarkan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. 

Setidaknya ada sekitar 20 bank penerbit kartu kredit di Indonesia, seperti BCA yang telah mengeluarkan sekitar 17 jenis kartu kredit dan Bank Mandiri, yang telah menerbitkan 15 jenis kartu kredit.

Masing-masing jenis dibedakan berdasarkan limit, jaringan kartu (Visa atau Mastercard), dan fungsi yang dapat disesuaikan dengan penggunanya mulai dari kelas pemula hingga profesional.

4. Anjak Piutang 

Jenis lembaga pembiayaan selanjutnya adalah anjak piutang. Anjak piutang adalah sebuah kegiatan yang jenis pembiayaannya dilakukan dalam bentuk pembelian piutang. Jenis piutang ini termasuk ke dalam piutang dalam jangka pendek atas sebuah perusahaan. 

Salah satu keuntungan menggunakan jenis ini adalah kebebasan untuk menggunakan jaminan atau pun tanpa menggunakan jaminan. 

Berikut ini contoh perusahaan anjak piutang di Indonesia:

  • Aditama Finance, merupakan sebuah perusahaan pembiayaan yang hadir menawarkan produknya berupa solusi anjak piutang dan sewa guna usaha atau finance lease.
  • SG Finance, perusahaan ini awalnya hanya melayani pembiayaan atau modal dana pada alat berat dan truk untuk dana di sector perkebunan, infrastruktur, dan di sector pertambangan. Saat ini SG Finance berkembang menjadi perusahaan anjak piutang dan consumer finance.
  • PT IFS Capital Indonesia, memberikan penyediaan jasa di bidang leasing untuk berbagai usaha kecil dan menengah di Indonesia, dan juga di bidang anjak piutang. IFSI kini telah menyediakan jasa bagi para importir dan eksportir di Indonesia.
  • PT Tifa Finance, perusahaan ini berfokus dan bergerak pada bidang sewa guna usaha, anjak piutang, dan pembiayaan konsumen.

5. Pembiayaan infrastruktur

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 100 Tahun 2009 tentang perusahaan pembiayaan infrastruktur, Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur adalah badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana pada proyek infrastruktur.

Perusahaan pembiayaan infrastruktur yang ada di Indonesia salah satunya adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) yang telah didirikan sejak 26 Februari 2009.. Perusahaan Persero ini merupakan perusahaan BUMN dengan kepemilikan saham 100 persen milik Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia.  

6. Modal ventura

Modal ventura lebih terfokus pada penyertaan modal pada suatu perusahaan dengan menggunakan jangka waktu yang disepakati bersama.  

Adapun contoh perusahaan ventura yang masih aktif di Indonesia, yaitu:

  • CyberAgent Venture, merupakan perusahaan modal ventura yang berasal dari Jepang. CyberAgent Venture bersama dengan east ventures berkontribusi terhadap tokopedia.
  • 500 Startups, perusahaan 500 Startups sudah berkembang di Indonesia sejak tahun 2013 dan menjadi salah satu investor di Bukalapak. 500 Startups didirikan oleh orang-orang ternama seperti para staff facebook, paypal, dan google.
  • East Ventures, perusahaan ini merupakan perusahaan modal ventura pertama di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2010.
  • IMJ merupakan salah satu perusahaan modal ventura yang memberikan bantuan modal kepada para startup. Selain itu, IMJ  juga memberikan bantuan di bidang jasa akses internet, relasi pengembangan bisnis, dan pengembangan produk.
  • Fenox Venture Capital, perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan modal ventura yang cukup terkenal di kalangannya. Calon partner mereka akan terhubung langsung dengan perusahaan yang ada di Jepang dan di Silicon Valley, hal ini akan sangat membantu pertumbuhan dari perusahaan partner dan akan menentukan perbedaan perusahaan kecil, menengah, dan besar.

Kelebihan dan risiko lembaga pembiayaan

Mendapatkan modal melalui lembaga pembiayaan tentu memiliki keuntungan dan risiko yang harus dihadapi. Berikut ini beberapa kelebihannya.

  • Cara pembayaran dapat dicicil sehingga pemilik usaha tidak perlu khawatir dengan harga barang yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
  • Biasanya, persyaratan yang diperlukan relatif sederhana seperti identitas diri atau slip gaji.
  • Besaran bunga yang akan dilimpahkan kepada nasabah dari pembiayaan kredit sangat kompetitif karena tetap mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate).
  • Setiap perusahaan pembiayaan menyediakan pilihan jangka waktu pelunasan yang keputusannya diserahkan kepada nasabah sebagai pengaju kredit.Biasanya jangka waktu tersebut antara lain 12, 24, 36, 48 atau 60 bulan.

Sedangkan kekurangan dan risiko lembaga pembiayaan antara lain:

  • Perusahaan pembiayaan akan memberikan denda kepada nasabah yang tidak membayar angsuran tepat waktu. Biasanya denda bersifat harian dan akan terus diakumulasikan sampai kamu membayar angsuran berikut dendanya.
  • Risiko mendapatkan status kredit macet jika tidak membayar angsuran.
  • Risiko penyitaan, biasanya jika sudah lewat dua bulan dari jatuh tempo.
  • Risiko penalti jika melakukan pelunasan lebih awal.  

Perbedaan lembaga pembiayaan dan lembaga keuangan

Selain lembaga pembiayaan, di Indonesia juga dikenal lembaga keuangan. Sering kali kita tertukar antara lembaga keuangan dan lembaga pembiayaan. Padahal dua lembaga ini mengurusi dua hal yang berbeda. 

Perbedaan yang pertama yaitu lembaga keuangan memiliki kegiatan untuk menghimpun dana sekaligus melakukan pembiayaan, sedangkan lembaga pembiayaan hanya berfokus pada kegiatan penyediaan dana (pembiayaan) atau penyediaan barang modal.

Lembaga pembiayaan juga tidak bisa secara langsung menghimpun dana dari masyarakat. Tetapi lembaga keuangan dapat secara langsung menghimpun dana dari masyarakat baik dalam bentuk Giro,Tabungan, Deposito berjangka.

Jika lembaga keuangan mensyaratkan adanya jaminan, lembaga pembiayaan tidak menekankan aspek jaminan dan tidak bisa menciptakan uang giral.

Perizinan, pembinaan, pengawasan lembaga pembiayaan dilakukan oleh departemen keuangan. Tetapi lembaga keuangan seutuhnya berada di bawah pengawasan Bank Indonesia. 

Itulah informasi mengenai lembaga pembiayaan. Kesimpulannya, lembaga penyedia dana pinjaman ini memiliki fungsi dan peranan yang amat penting demi menunjang perekonomian Indonesia. 

Dengan adanya modal yang diberikan untuk penunjang usaha, tentu akan menentukan keberlangsungan sebuah bisnis sekaligus dapat menyerap tenaga kerja yang jumlahnya semakin meningkat tiap tahunnya. 

Mau ajukan pinjaman atau pembiayaan, lindungi diri dulu dengan asuransi jiwa

Umumnya pinjaman yang diberikan lembaga pembiayaan sudah dilengkapi dengan perlindungan asuransi, namun sebagian lainnya tidak. Untuk itulah kamu membutuhkan perlindungan asuransi jiwa kredit.

Dengan adanya manfaat asuransi jiwa kredit, kamu bisa terhindar dari gagal bayar andai kamu mengalami musibah kehilangan pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan asuransi yang akan menanggung sebagian atau seluruh sisa pembayaran cicilanmu.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar lembaga pembiayaan atau hal lain seputar bisnis, jangan ragu untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal, ya!

FAQ seputar lembaga pembiayaan

Apa saja macam-macam lembaga pembiayaan?

Lembaga pembiayaan terbagi dalam 4 jenis tergantung dari jenis pembiayaannya, yaitu:

  • Perusahaan Pembiaya: badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan Sewa Guna Usaha (leasing), Anjak Piutang, Pembiayaan Konsumen, serta usaha Kartu Kredit.
  • Perusahaan Modal Ventura: badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu.  
  • Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur: badan usaha yang didirikan khusus untuk melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana pada proyek infrastruktur.​
  • Lembaga pembiayaan syariah: memberikan pembiayaan menggunakan prinsip-prinsip syariah dan tidak menggunakan bunga.

Apa pengertian lembaga pembiayaan?

Lembaga pembiayaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan memberikan sejumlah dana ke konsumen, baik dalam bentuk modal usaha ataupun penyediaan barang yang diperlukan untuk usaha. Nantinya konsumen melakukan pengembalian dengan sistem angsuran sesuai perjanjian dan ketentuan yang ada.

Apa peran penting pembiayaan bagi masyarakat?

Bagi masyarakat, lembaga pembiayaan dapat mensejahterakan masyarakat karena lembaga pembiayaan akan memberikan fasilitas pemberian dana kepada pelaku usaha dengan imbal hasil yang sebisa mungkin tetap menguntungkan pelaku usaha.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →