6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Libur Akhir Tahun untuk Meningkatkan Karier

Libur akhir tahun

Libur akhir tahun

Libur akhir tahun sebentar lagi tiba. Para karyawan sudah siap ambil ancang-ancang menghabiskan jatah cuti yang tersisa demi mendapatkan libur panjang. 

Saat memasuki bulan Desember, biasanya semangat bekerja bakal meningkat, tapi produktivitas kantor bakalan menurun. Semangat karena semakin mendekati liburan, namun produktivitas menurun karena banyak karyawan yang libur. 

Cuti merupakan hak asasi seluruh karyawan. Mereka berhak untuk mendapatkan liburan panjang demi mengembalikkan keseimbangan hidup antara kerja, dan kehidupan pribadi. 

Karena sudah selama setahun pikiran dan tenaga dicurahkan untuk bekerja hingga penat. Dan, akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk melepas rasa penat tersebut.

Cara menghabiskan masa liburan pun beragam, ada yang pergi berlibur, ada yang di rumah saja, atau ada yang malah memilih di kantor mengerjakan tugas seperti biasa. 

Meski begitu, untuk orang-orang yang ingin sukses tidak akan hanya memikirkan libur akhir tahun hanya untuk bersenang-senang saja, melainkan mengembangkan karier profesionalnya. 

Bagaimana caranya? Berikut, ulasannya seperti dikutip dari Forbes

1. Tidak menunda pekerjaan 

libur akhir tahun
Tidak menunda pekerjaan

Libur akhir tahun yang panjang bukan malah dijadikan alasan untuk menunda-nunda pekerjaan. Orang sukses justru menyelesaikan segala sesuatunya untuk tugas-tugas yang semestinya dikerjakan usai liburan. 

Terlebih, jangan menunda-nunda proyek penting hanya karena cuti. Masa iya klien harus nunggu kamu liburan? Yang ada nanti dia malah kecewa, dan gak percaya lagi sama perusahaanmu. 

Baca juga: Biar Karier Makin Moncer, Ini 7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

2. Membuat daftar tujuan di tahun berikutnya 

libur akhir tahun
Membuat daftar tujuan di tahun berikutnya

Akhir tahun merupakan momen pas untuk berkontemplasi. Membayangkan apa yang telah dilakukan tahun ini, dan apa yang bisa dilakukan di tahun berikutnya. 

Selama liburan akhir tahun, kamu bisa mulai mencicil kira-kira apa yang mau dicapai di tahun berikutnya. Target tersebut bisa digunakan sebagai acuan kamu bertindak ke depannya. 

Misalnya, menargetkan naik jabatan di tahun depan. Jika benar-benar berambisi, kamu bakal memperbaiki kinerja di tahun berikutnya. 

3. Mencari pekerjaan lain 

libur akhir tahun
Mencari pekerjaan lain

Orang-orang yang berorientasi ke karier akan memanfaatkan waktu liburan akhir tahun untuk mengirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan. 

Tapi, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah mulai jenuh dengan kantor lama, atau merasa ingin mendapatkan tantangan baru di dalam karier. 

Melamar ke pekerjaan yang posisinya lebih tinggi dari yang sekarang merupakan pilihan tepat. 

4. Update resume 

libur akhir tahun
Update resume

Update resume atau CV bisa kamu lakukan di masa-masa libur akhir tahun. Kamu bisa melakukannya dengan update informasi-informasi terbaru tentang dunia profesionalmu di laman LinkedIn

5. Mengumpulkan prestasi yang telah diraih selama setahun untuk negosiasi kenaikan gaji

libur akhir tahun
Mengumpulkan prestasi yang telah diraih selama setahun untuk negosiasi kenaikan gaji

Selama satu tahun, perusahaan pasti bakal me-review performa karyawannya. Performa tersebut bisa dilihat dari kinerja, prestasi, kehadiran, sampai kesalahan-kesalahan yang kamu buat. 

Dari penilaian tersebut, perusahaan akan mengambil tindakan lebih lanjut, seperti menaikkan gaji, menaikkan jabatan, atau justru memecatmu. 

Nah, saat libur akhir tahun, kamu bisa mengumpulkan deretan-deretan prestasi yang telah kamu raih selama satu tahun penuh. Tujuannya untuk membela penilaian atasan terhadapmu dan juga senjata untuk negosiasi gaji.

6. Membaca buku 

libur akhir tahun
Membaca buku

Selama liburan, jangan lupa memberi nutrisi ke otak dengan ilmu-ilmu baru. Caranya adalah, membaca buku-buku bacaan, khususnya yang berkaitan dengan bidang pekerjaanmu. 

Itulah enam hal yang bisa dilakukan karyawan di libur akhir tahun untuk meningkatkan karier profesionalnya. 

Memanfaatkan momen liburan itu gak cuma untuk bersenang-senang saja, melainkan untuk mengembangkan diri! Setuju? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis