Liburan Hemat ala Penganut Frugal Living, Ini 7 Trik yang Jarang Terpikirkan

Hidup minimalis atau frugal living gak selalu bikin kamu gak bisa liburan, kok. Namun, kamu perlu bikin prioritas buat lakukan liburan hemat bila pengin meniru gaya hidup mereka. Yang penting judulnya adalah liburan, gitu bukan?

Daripada hamburkan uang buat di hotel mewah, bukankah lebih baik menginap di hotel murah yang penting tidur nyaman? Ini karena prinsip seorang penganut frugal living adalah prioritaskan kebutuhan bukan keinginan.

Nah, tertarik buat coba terapkan prinsip penganut frugal living pada liburan kamu kali ini? Saran-saran berikut dijamin bakal bikin liburan kamu hemat banget.

[Baca: 7 Tips Buat yang Mau Liburan Hemat Tapi Tetap Berkesan]

1. Bawa makanan sendiri ke bandara dan destinasi liburan

liburan hemat
Bawa makanan sendiri (beritagar)

Bawa makanan sendiri emang terdengar cukup repot. Namun, cara ini bakal menghemat dana liburan kamu.

Gak mesti sediakan makanan buat sarapan, makan siang dan makan malam. Toh liburan pastilah makin asyik kalau kamu coba makanan khas di sana, kan?

Buat mengakali biaya makan saat liburan, kamu bisa bawa makanan yang gak gampang basi buat salah satu jadwal makan. Contoh, ikan teri sambal, daging kering atau abon. Cara ini bakal makin efektif bila kamu ke luar negeri.

Misalkan, kamu liburan selama 5 hari dan kamu bawa ikan teri kacang sambal kering buat sarapan dan makan malam. Kamu cukup beli nasi putih sebagai teman lauk tersebut.

Ikan teri (beli dari rumah), Rp 35 ribu per 250 gram

Kacang tanah, Rp 5500 per 250 gram

Cabai, Rp 6 ribu per 100 gram

Bumbu lainnya, Rp 5 ribu

Total Rp 51.500

Buat 5 hari, kamu bisa menyantap ikan teri kacang sambal kering dengan nasi. Beli nasi sekitar Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu. Total per hari kamu keluarkan uang cuma sekitar Rp 8.150 aja buat makan.

Cara ini juga bakal hemat banget bila kamu lakukan di bandara. Harga makanan di bandara rata-rata Rp 50 ribuan.

2. Liburan berdasarkan jadwal paling murah

Jika biasanya orang-orang liburan mengikuti tanggal merah maka kali ini kamu bisa pilih waktu sepi.

Pada tanggal merah, objek wisata dan maskapai pesawat punya permintaan tinggi. Jadi, mau gak mau kamu harus cuti buat dapat tiket dan akomodasi paling murah.

[Baca: 6 Cara Pesan Tiket Pesawat Murah Tanpa Membuat Dompetmu Crash Landing]

3. Pilih destinasi yang jarang dikunjungi atau terkenal murah

liburan di laos
Liburan di negeri Laos yang masih murah (travelingyuk)

Destinasi wisata seperti misalnya, Bali atau Singapura sangat terkenal. Popularitas suatu negara biasanya menentukan biaya transportasi dan akomodasi di sana.

Selain yang jarang dikunjungi, kamu pilih aja negara-negara yang nilai tukar mata uangnya lebih rendah daripada rupiah. Contoh, mata uang 1 Dong Vietnam yang bisa kamu dapatkan dengan Rp 0,6 aja.

4. Atur itinerary sedetail mungkin biar gak shock

Pengaturan jadwal perjalanan serta belanja di sana bakal bikin biaya perjalanan kamu terprediksi. Dengan gitu, kamu pun bisa atur dana yang bakal dibawa.

Biasanya biaya di suatu destinasi wisata bisa membengkak kalau kamu mengikuti kemauan aja. Jadi, dengan punya catatan terlebih dahulu, kamu punya semacam ‘pegangan’ yang harus dipatuhi.

5. Riset transportasi termurah di tujuan wisata

liburan hemat - transjogja
Gak ada salahnya buat naik kendaraan umum (tribunnews)

Dengan kamu punya itinerary yang jelas, kamu bisa tentukan transportasi ke berbagai tujuan kamu.

Pilihlah transportasi publik seperti angkutan umum, kereta api dan sebagainya. Jika lokasi wisata masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki maka pilih jalan kaki aja.

Sekarang buat dapat rute perjalanan makin mudah karena ada aplikasi Google Maps. Jadi, manfaatkan ya.

6. Cari akomodasi paling murah namun nyaman

Pop! Hotel cuma sekitar Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan aja (Pegipegi)
Pop! Hotel cuma sekitar Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan aja (Pegipegi)

Cari hotel murah demi liburan hemat bukan berarti kamu mengenyampingkan kenyamanan. Akan tetapi, kamu tahu prioritas antara kebutuhan buat tidur aja atau fasilitas lainnya.

Biar liburan kamu makin hemat, hotel bersih dan nyaman udah cukup. Fasilitas seperti kolam renang, gym dan sebagainya tentu gak dibutuhkan saat liburan. Jadi, lewatkan hotel-hotel dengan fasilitas tersebut.

Contoh, menginap di Pop Hotel yang gak ada fasilitas kolam renang bisa kamu bayar dengan Rp 200 ribuan aja per malam. Sementara itu, Harris Hotel yang masih satu manajemen dengan Pop Hotel dibanderol sekitar Rp 600 ribuan.

Hotel tersebut berada di bawah satu manajemen dan sama-sama bersih sebenarnya. Yang membedakan adalah fasilitasnya aja. Jadi udah tahu kan, lebih baik pilih mana?

[Baca: Booking Hotel Online Pasti Murah, Tapi Begini Nih Caranya Biar Lebih Hemat Lagi]

7. Kunjungi obyek wisata murah atau gratis

liburan murah - kampung warna warni
Kampung Warna-warni Malang (tribunnews)

Kembali ke prinsip pengantur frugal living, yang mementingkan kebutuhan bukan keinginan. Nah, prinsip ini bisa kamu terapkan saat memilih obyek-obyek wisata yang bisa diakses gratis atau murah.

Sebagai informasi aja, kebanyakan obyek wisata ikon suatu tempat sebenarnya sangat murah dan bahkan gratis. Selain obyek wisata yang dibangun oleh manusia, kamu bisa pilih wisata alam.

Contoh, buat menikmati Pantai Parangtritis, kamu gak perlu bayar apa-apa. Menuju ke destinasi tersebut, kamu bisa gunakan transportasi publik.

Obyek wisata tersebut jauh lebih murah dibandingkan mengunjungi kafe-kafe lucu yang sedang hits di suatu kota.

Terdengar cukup berat? Sebenarnya gak, kok. Liburan hemat adalah menetapkan prioritas mana yang benar-benar kamu butuhkan.

Nah, saat ini yang kamu butuhkan adalah refreshing, jadi gak perlu banget kan harus ke tempat hits atau terlihat mewah? Sehabis liburan, kamu masih bisa tetap tenang karena ternyata liburan hemat ini gak habiskan banyak dana.