Liburan di Australia Hemat Bujet, Kunjungi 4 Museum Gratis Ini Yuk!

Deretan museum gratis yang bisa dikunjungi kalau liburan ke Australia. (Shutterstock)

Deretan museum gratis yang bisa dikunjungi kalau liburan ke Australia. (Shutterstock)

Berniat liburan ke Australia? Jangan belanja melulu selama di sana, yang ada bujetmu cekak. Apalagi, harga makanan di kafe atau resto-resto kecil juga cukup mahal kalau dibandingkan sama Indonesia lho.

Buat yang mau travelling dengan bujet terbatas, mungkin kamu agak bingung sama negara yang satu ini. Tapi tenang, bukan berarti kamu sama sekali gak bisa senang-senang saat liburan ke sana lho ya.

Kamu justru bisa memilih destinasi lain, sebut saja seperti pantai atau museum. Jangan salah, museum-museum bukan cuma keren tapi gratis untuk akses masuknya. So, lumayan tentunya buat nambah wawasan sekaligus mempercantik feed Instagram kamu.

Penasaran dengan museum-museum gratis yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Australia? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Mau Liburan ke Korea Utara? Kamu Cukup Keluarkan Duit Rp 25 Jutaan Lho

1. Australian Centre for the Moving Image (ACMI)

Kunjungi ACMI saat liburan ke Australia. (Shutterstock)
Kunjungi ACMI saat liburan ke Australia. (Shutterstock)

Museum yang satu ini letaknya ada di Fed Square, Melbourne, dan buka setiap jam 10 pagi. Apa yang bisa kamu lihat di ACMI?

Tempat ini adalah museum perfilman, videogame, dan teknologi di Negeri Kangguru. Kabarnya, ACMI juga merupakan museum terfavorit kedua di Australia yang selalu ramai pengunjung.

Di museum ini, kamu bisa melihat pameran-pameran atau screening film lho.

Lucunya, selain bisa melihat sejarah film di sana, kamu juga bisa melihat sejarah game. Kamu bakal ditunjukkan bagaimana evolusi sebuah game di konsol dari pertama kali diciptakan hingga saat ini, dari yang gambarnya masih kartun sederhana hingga sudah 3D. Keren!

Baca juga: Gak Perlu Keluar Uang, Ini 6 Rekomendasi Spot Wisata Gratis di Tokyo

2. National Gallery Victoria

Liburan ke Australia, belum lengkap kalau belum ke National Gallery of Victoria. (Shutterstock)
Liburan ke Australia, belum lengkap kalau belum ke National Gallery of Victoria. (Shutterstock)

NGV juga menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat kamu liburan ke Australia nanti. Lokasinya ada di St Kilda, Melbourne.

Museum yang didirikan pada tahun 1861 ini adalah museum seni terbesar sekaligus tertua. Selain itu, ini adalah museum yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Bisa dibilang, karya seni yang dipampang di sini cukup beragam. Ada yang khas Asia, Eropa, hingga yang khas Australia (Aborigin).

Pastinya, kamu bisa melihat lukisan karya Jan Van Eyck, Nicolas Poussin, dan Anthony Van Dyck di sana. Lukisan-lukisan itu merupakan karya abad pertengahan yang nilai sejarahnya sangat tinggi! Kapan lagi bisa melihat lukisan itu secara langsung.

Baca juga: Segini Prediksi Biaya Liburan ke Vatikan Tanpa Akomodasi

3. Art Gallery of NSW

Datang ke Art Gallery NSW waktu liburan ke Australia. (Shutterstock)
Datang ke Art Gallery NSW waktu liburan ke Australia. (Shutterstock)

Art Gallery of New South Wales adalah museum yang sudah dibangun sejak 1871 silam. Mereka menyimpan segudang koleksi seni modern dan kontemporer yang keren abis.

Ketika kamu liburan ke Australia dan ingin menyaksikan koleksi seni abad ke-19, maka Art Gallery NSW tentu bisa jadi jawabannya. Museum ini juga memiliki ruangan khusus yang sengaja dibuat untuk menghimpun koleksi seni karya seniman Asia dan Aborigin.

Selain berfungsi sebagai museum, Art Gallery NSW juga menjadi tempat yang seru buat menikmati musik, mendengarkan seminar, dan nonton film.

Tertarik mengunjungi tempat ini?

4. Museum of Contemporary Art

Liburan ke Australia, jangan ketinggalan ke Museum of Contemporary Art. (Shutterstock)
Liburan ke Australia, jangan ketinggalan ke Museum of Contemporary Art. (Shutterstock)

Khusus buat para penggemar karya seni kontemporer, tempat ini tentu jadi destinasi terasyik ketika liburan ke Australia. MCA merupakan tempat yang menghimpun karya seni terkini bagi para seniman-seniman Negeri Kangguru.

Berlokasi di Sydney, konon kabarnya museum ini menyimpan empat ribu karya seni yang sudah mereka kumpulkan sejak 1989 silam. Beberapa di antaranya adalah lukisan, fotografi, patung, dan benda-benda lain.

Gak cuma seni modern, mereka juga menyimpan karya seni khas Aborigin lho.

Itulah empat museum yang bisa kamu datangi secara gratis pas kamu liburan ke Australia. Tentu saja, destinasi gratis kedua setelah museum adalah pantai.

Pada intinya, liburan gak mesti cuma belanja dan kulineran kok. Mendatangi tempat-tempat yang menyimpan karya seni juga gak kalah mengasyikkan. Mau coba? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis