Liburan ke Luar Negeri, Lebih Baik Pakai Kartu Kredit Atau Bawa Uang Tunai?

Liburan ke Luar Negeri, Lebih Baik Pakai Kartu Kredit Atau Bawa Uang Tunai?

Banyak persiapan yang perlu dilakukan sebelum kamu pergi liburan ke luar negeri. Selain passpor, visa, dan tiket pesawat, hal lain yang gak kalah penting adalah uang. Kalau kamu bingung apakah membawa uang tunai atau kartu kredit, jawabannya adalah bagaimana kebutuhanmu?

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak memang sangat berbahaya, karena tidak ada yang bisa menjamin keamanan negara yang akan dituju. Sudah banyak kejadian turis dirampok ketika berada di negara A/B.

Ada juga diantara mereka yang mengalami pencurian di tempat tinggal selama pelesiran. Hal seperti ini yang perlu kamu waspadai ketika pelesiran ke luar negeri, apalagi kalau pergi seorang diri. Pastikan negara yang kamu tuju aman, hotel tempat menginap juga tidak pernah mendapat ulasan yang buruk.

Tetapi membawa uang tunai dalam perjalanan singkat atau berdurasi pendek tidak masalah. Asalkan kamu pelesiran hanya di satu negara, tidak sambung menyambung ke negara tetangga.

Jika merencanakan liburan yang cukup panjang serta pindah-pindah negara, hanya mengandalkan uang tunai tentu kamu akan kerepotan. Pasalnya mata uang masing-masing negara berbeda-beda. Coba deh bayangkan berapa banyak amplop yang akan kamu siapkan untuk mata uang asing tersebut. Kalau sudah begini, kartu kredit menjadi solusi perjalanan kamu.

Nah, ingin penggunaan kartu kredit saat sedang liburan berjalan lancar, aman, nyaman dan terkendali, berikut trik yang perlu kamu pahami.

1. Pilih kartu kredit terbaik

denda
Hati-hati juga pakai kartu kredit ya, jangan nunggak! (Wikimedia Commons)

Saat ini banyak pilihan kartu kredit yang menawarkan promo liburan atau bahkan khusus untuk itu. Setiap bank juga menawarkan nilai tukar yang berbeda-beda untuk transaksi menggunakan kartu kredit dalam mata uang asing di luar negeri. Biaya transaksi yang dikenakan atas nilai tukar tersebut juga berbeda-beda. Untuk itu, kamu harus memilih kartu kredit yang menawarkan nilai tukar terbaik.

2. Laporkan ke bank terkait

Bank (Ilustrasi).

Sebelum bepergian ke luar negeri, ada baiknya kamu memberi tahu bank penerbit kartu kredit akan rencana liburanmu tersebut. Pihak bank mengetahui bahwa kamu akan menggunakan kartu kredit selama berada di luar negeri. Kalau tidak melapor, bank akan menganggap transaksi yang kamu lakukan itu bukan dilakukan olehmu.

3. Manfaatkan promo

kartu kredit

Itu tadi yang dikatakan di awal, bahwa sebelum memiliki kartu kredit, ada baiknya cari yang sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu suka pelesiran, saat ini banyak kartu kredit yang memang dirancang untuk liburan.

Kenapa? karena banyak promo yang ditawarkan dari kartu tersebut selama kamu berada di luar negeri. Biasanya beberapa bank penerbit kartu kredit menyediakan promo berupa diskon belanja atau bonus poin dari transaksi. Manfaatkan promo sebaik-baiknya agar lebih untung.

4. Naikkan limit

Kartu kredit (gobankingrates)
Kartu kredit (gobankingrates)

Beberapa bulan sebelum bepergian, ada baiknya kamu memastikan lagi limit kartu kredit yang akan dibawa cukup atau perlu ditambah. Beberapa bank penerbit saat ini sudah semakin memudahkan pengguna kartu untuk menaikkan limit mereka.

Tapi untuk jaga-jaga, ada baiknya kamu hubungi bank terkait jauh hari sebelum hari H tiba ya, agar persiapan liburanmu semakin maksimal.

Meski kamu akan membawa kartu kredit saat pelesiran ke luar negeri, pastikan jangan boros ya. Jangan sampai kamu shock melihat tagihan pas sampai tanah air.

Ada baiknya, dana pelesiran kamu tersebut memang sudah disiapkan jauh hari. Dan ketika harus membayar tagihan, bisa kamu ambil dari uang tabungan jalan-jalan itu. Jauh-jauh deh dari kata bokek setelah senang-senang.

Satu lagi, jangan terlalu banyak membawa oleh-oleh, selain merepotkan, jangan-jangan kamu malah tambah bagasi di pesawat, nahloh! jadi ada pengeluaran tambahan kan? Be a smart traveller guys!

Liburan ke Luar Negeri, Lebih Baik Pakai Kartu Kredit Atau Bawa Uang Tunai?
Liburan ke Luar Negeri, Lebih Baik Pakai Kartu Kredit Atau Bawa Uang Tunai?

Selamat berlibur ya! (Editor: Winda Destiana Putri).