5 Tips Sukses Menjadi Penyanyi Dangdut Ala Lilis Karlina

Tempo/ Gunawans

Perhelatan Asian Games 2018 membuat musik dangdut kembali menggema. Ditambah lagi kemunculan penyanyi-penyanyi muda berbakat seperti Via Vallen, Ayu Ting Ting, Nella Kharisma hingga Zaskia Gotik.

Tak lagi dinikmati oleh kaum pinggiran, dangdut kini juga telah merasuk ke kalangan anak muda dan generasi millenial. Lilis Karlina selaku penyanyi dangdut papan atas Indonesia melihat hal ini sebagai suatu hal yang positif.

“Dengan adanya regenerasi, musik dangdut akan selalu dicintai. Merekalah (para penyayi muda) generasi penerus pendekar dangdut,” ungkap Lilis kepada MoneySmart.id.

Sebagai penyanyi senior, Lilis berpesan agar setiap orang yang ingin terjun di dunia musik harus percaya diri. Tidak perlu berkecil hati jika belum memiliki suara yang bagus asalkan mau berlatih dengan baik kamu pasti bisa.

Untuk menjadi penyanyi yang sukses, Lilis memberikan beberapa tipsnya untuk bisa kamu terapkan:

1. Berlatih

Latihan rutin adalah syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang penyanyi dangdut. Tanpa adanya latihan, kamu tidak akan bisa menjadi penyanyi yang baik. Menurut Lilis, suara adalah modal utama seorang penyanyi, maka dari itu latihan menjadi mutlak. Apapun bisa dilakukan selama kamu mau berlatih.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

Sebagai penyanyi, kamu juga dituntut untuk memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Jika salah satunya terganggu, kamu tidak akan bisa menyanyi dengan baik, apalagi meraih kesuksesan. Ditambah lagi, sebagai penyanyi kamu juga diharuskan memiliki stamina yang prima, dan pikiran yang sehat.

3. Karya yang Baik

Selain suara, penyanyi dangdut juga harus memiliki karya yang baik. Jika penyanyi memiliki karya yang baik, maka dimasyarakat juga akan diterima dengan baik. Untuk itu, kamu juga harus memiliki kecerdasan dan kreativitas yang baik. 

4. Penampilan yang Baik

Seorang penyanyi dangdut harus memiliki penampilan yang baik. Pakaian, kecantikan dan aksi panggung merupakan modal utama bagi seorang penghibur. Selain tentunya harus memiliki sikap dan perilaku yang baik. 

5. Berdoa

Berdoa jangan putus asa. Setiap saat harus berdoa dalam memulai sesuatu. Bagi Lilis, berdoa membuat diri kamu lebih hebat. Jika kamu berdoa setiap punya keinginan, maka kamu semakin dekat menggapai keinginan tersebut.

Ia yakin industri musik tidak akan pernah mati. Sehingga siapapun yang ingin berkarir di musik dangdut selalu ada kesempatan. Meskipun, Lilis tidak menyangkal bahwa industri musik secara umum kini tidak seperti dulu lagi.

“Sekarang jualannya dimana kita nggak tahu. Semoga dunia musik seperti semula lagi, karena pemutararan video klip sekarang sudah tidak ada,” tutup Lilis.

 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →