Limit Kartu Kredit Bisa Naik Kalau Kamu Memenuhi 6 Syarat Ini

Udah punya kartu kredit tapi belum bisa beli barang yang diinginkan. Kok bisa? Ya, karena limit kartu kreditnya pas-pasan alias gak cukup.

Limit kartu kredit pas-pasan emang kadang suka bikin kesel apalagi kalau selisih sedikit. Sebenarnya bisa aja memaksakan tetap transaksi dengan kartu kredit di atas limitnya atau over limit.

Tapi itu juga gak gratis lho karena ada biaya yang akan dibebankan ke kamu dan itu tergantung dengan kebijakan pihak penerbit kartu kreditnya.

Nah, salah satu pengukur kesaktian kartu kredit itu ada di limitnya. Kalau limitnya kecil, hal itu bikin kamu jadi gak bisa leluasa melakukan transaksi.

Contohnya ada tawaran kredit motor dengan cicilan 0 persen seharga Rp14 juta pakai kartu kredit. Nah, kalau limitnya di bawah itu, kamu cuma bisa manyun doang dong. Jadi wajar aja kalau banyak orang yang ingin menaikkan limit kartu kreditnya. 

Namun, sebelum menaikkan limit kartu kredit, ada baiknya mempersiapkan keuangan jangka panjang dengan membeli produk asuransi jiwa di Lifepal. Sebab jika terjadi musibah, utang kartu kredit dapat kita bayar dengan uang pertanggungan asuransi.

Jadi, berikut cara menaikkan limit kartu kredit yang bisa kamu coba.

Syarat untuk bisa menaikkan limit kartu kredit BCA

logo bank bca

Sebelum kamu menghubungi pihak penerbit kartu kredit untuk menaikkan limit kartu kredit, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pasalnya, bank gak akan sembarang menentukan limit kartu kredit.

1. Pendapatan

Untuk menaikkan limit kartu kredit yang pertama akan dilihat dari bank adalah pendapatan. Bank biasanya akan memberikan limit kartu kredit tiga kali dari pendapatan bulanan.

Misalnya saja pendapatan Rp6 juta maka kamu bisa diberikan limit kartu kredit hingga Rp18 juta. Tapi perlu ingat, BI sudah menerapkan kebijakan maksimum plafon kartu kredit.

2. Domisili

Kok domisili memengaruhi kenaikan limit kartu kredit? Ya, jika kamu tinggal di suatu tempat dalam jangka lama kemungkinan mendapatkan limit kartu kredit juga akan lebih besar.

Kenapa? Pasalnya bank gak mau mengambil risiko jika ada tunggakan pembayaran dan bingung mencarinya.

Beda sama nasabah yang sering pindah-pindah domisili mungkin limit kartu kreditnya sedikit lebih kecil.

3. Jumlah kredit yang dimohon nasabah

Untuk menaikkan limit kartu kredit, bank juga akan menilai berapa jumlah permohonan kenaikan limit yang diinginkan nasabah.

Bank umumnya akan mengukur apakah permohonan itu layak atau gak dan dilihat juga sejauh mana limit kartu kredit itu akan membebani keuangan bulanan nasabah atau sebaliknya.

4. Total utang

Gak cuma pendapatan aja, untuk menaikkan limit kartu kredit bank juga akan melihat total utangmu. Jika kamu gak punya utang, kemungkinan limit yang akan diberikan akan besar.

Tapi kalau kamu punya utang, bank biasanya juga akan mempertimbangkan untuk menaikkan limit kartu kreditmu. Sebut aja apakah ada pinjaman di bank seperti KPR, KTA, dan maupun kredit multiguna.

5. Jumlah pengajuan pembuatan kartu kredit

Perlu kamu ketahui kalau pengajuan pembuatan kartu kredit juga bisa mempengaruhi besaran limit kartu kredit. Maksudnya, semakin banyak pengajuan permohonan pembuatan kartu kredit maka kemungkinan besar limitnya lebih kecil.

Akan tetapi perlu diingat, kalau BI sudah membatasi kepemilikan kartu kredit berdasarkan pendapatannya. Mereka yang pendapatannya antara Rp3-10 juta maksimum hanya punya dua kartu kredit.

6. Status kepemilikan rumah

Saat kamu mengisi aplikasi pengajuan kartu kredit. Pasti ada pertanyaan, ‘status kepemilikan rumah saat ini’. Pasalnya, status kepemilikan rumah penting banget bagi bank. Bank tentunya lebih memprioritaskan nasabah pemilik rumah dibanding yang masih ngontrak atau ngekos.

Pastikan kartu kreditmu dalam keadaan sehat dan aktif

Nah, kalau kamu adalah pemilik kartu kredit bank BCA, salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, berikut beberapa syarat untuk kamu dapat mengajukan kenaikan limit.

  • Kartu tidak sedang terblokir karena telat bayar.
  • Kartu tidak sedang over limit, yaitu kamu menggunakan kartu tersebut melebihi batas maksimal yang diberikan.
  • Kamu sudah memiliki BCA kartu kredit minimal tiga bulan.

Gimana cara menaikkan limit kartu kredit BCA dan melakukan registrasi?

Jika kamu sudah memenuhi syarat tersebut, ini beberapa langkah sebagai cara menaikkan limit kartu kredit BCA sebagai pedomanmu. 

Hubungi HaloBCA Langsung hubungi layanan konsumen bank BCA di sambungan HaloBCA melalui 1500888. Langkah ini jadi cara paling mudah karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja.
BCA Mobile Aplikasi BCA Mobile bisa diunduh di Android PlayStore atau Apple AppStore. Setelah mengunduh, pastikan untuk meregistrasi aplikasi ini ya.

Cara melakukan registrasi BCA mobile termasuk gampang-gampang susah nih. Susahnya karena kamu harus meluangkan waktu ke ATM BCA untuk lakukan registrasi. Gimana caranya?

  1. Masukkan kartu ATM BCA-mu, masukkan PIN, pilih menu “Penarikan Tunai/Transaksi Lainnya”
  2. Pilih menu “Daftar e-banking/autodebet”, lalu pilih “Mobile Banking”
  3. Nanti akan tampil klausula mobile banking BCA, pilih YA, lalu input nomor handphone mobile banking yang ingin didaftarkan. Setelah itu pilih “Benar”
  4. Kemudian tampil konfirmasi untuk memastikan nomor handphone yang ingin didaftar, tekan YA
  5. Input PIN mobile banking BCA (6 digit angka) input PIN sekali lagi untuk konfirmasi
  6. Di layar ATM akan muncul registrasi mobile banking BCA dan keluar struk bukti transaksi registrasi

Kenapa harus susah-susah registrasi nomor handphone sih? Ya, karena kalau belum daftar maka kamu gak akan bisa mengakses m-BCA di BCA mobile-mu. Nah setelah kamu bisa mengakses m-BCA, cara selanjutnya adalah menghubungkan kartu kredit BCA-mu dengan BCA mobile. Begini caranya :

  1. Pilih m-BCA di aplikasi BCA mobile, masukan kode akses, dan pilih fitur m-Admin
  2. Pililh menu Koneksi Kartu Kredit, dan klik Daftar
  3. Masukan nomor kartu kredit, klik send. Nah, sekarang kartu kreditmu sudah berhasil terkoneksi dengan BCA mobile

Melalui website resminya, bank BCA menjelaskan panduan naik limit kartu kredit lewat BCA mobile dengan jelas. Nih, langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA, masukkan kode akses, dan pilih fitur m-Admin
  2. Pilih menu Request Limit Kartu Kredit
  3. Set limit baru yang kamu inginkan dengan klik tanda “+”, lalu klik send

Sistem BCA akan melakukan penilaian terhadap permohonan-mu. Kalau diterima, kamu akan menerima konfirmasi melalui SMS beberapa hari kemudian.

Tips agar pengajuan naik limit berpeluang lebih tinggi diterima

limit kartu kredit
Jumlah pengajuan pembuatan kartu kredit (dnaindia)

Selain faktor-faktor yang akan dijadikan pertimbangan untuk meloloskan permintaan naik limitmu, pihak bank BCA pun melihat rekam jejak transaksi kamu selama ini. Rekam jejak ini meliputi hal-hal berikut.

1. Selalu bayar tagihan tepat waktu

Agar mempermudah permohonan kenaikkan limit kamu disetujui, sebaiknya kamu teratur dalam membayar tagihan kartu kredit. Jika reputasi kamu bagus, pasti bank langsung percaya dan setuju dengan permohonanmu.

2. Gunakan limit semaksimal mungkin

Manfaatkan batas kreditmu semaksimal mungkin. Gunakanlah kartu kreditmu minimal 60% dari limit. Karena jika pemakaianmu hanya berkisar 50%, bisa menjadi pertanyaan bank, kenapa kamu ingin mengajukan kenaikan limit.

3. Kartu kredit sudah digunakan selama 1 tahun

Biasanya bank akan punya cukup data jika kartu kredit sudah digunakan selama satu tahun. Dengan begitu transaksi yang tercatat bisa terlihat apakah limit kamu pantas untuk ditambah.

4. Pancing dengan kartu kredit lain

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan bilang pada bank yang mengeluarkan kartu kreditmu bahwa kredit di bank kompetitor punya pagu kredit lebih besar. Selain itu, jangan lupa lampirkan bukti yang aktual mengenai hal ini andai pihak bank menanyakannya.

Jika bank ingin kamu tetap jadi nasabahnya, biasanya cara ini bisa jadi pertimbangan bank mengabulkan permohonan kenaikan limit kredit.

5. Buat kartu kredit baru

Nah, jika cara-cara sebelumnya tidak mempan juga, buat kartu kredit baru. Biasanya bank bank baru akan menawarkan nilai kredit yang lebih tinggi dari kartu kamu sebelumnya.

Membandingkan jenis-jenis kartu kredit BCA

jenis kartu kredit

Berikut ini jenis dan limit minimum kartu kredit BCA yang bisa dijadikan referensi tambahan.

Jenis BCA Kartu Kredit Limit Minimum Kartu Kredit BCA (Rp) Biaya Over Limit
BCA Card Platinum Rp20.000.000 Gratis
BCA Everyday Card Rp3.000.000 Rp40.000
BCA MasterCard Platinum Rp20.000.000   Gratis
BCA Indomaret Card Rp3.000.000 Rp40.000
BCA Matahari Card Rp3.000.000 Rp40.000
BCA Visa Platinum Rp20.000.000 Gratis
BCA SmartCash Rp10.000.000 – Rp100.000.000 Rp40.000
BCA Visa Corporate Rp5.000.000 Rp40.000
BCA Card Regular Rp3.000.000 – Rp4.000.000 Rp40.000
BCA Card Gold Rp3.000.000 Rp40.000
BCA Visa Regular Rp3.000.000 Rp40.000
BCA Visa Batman/Gold Rp3.000.000 Rp40.000
BCA MasterCard Regular Rp3.000.000 Rp40.000
BCA MasterCard Gold Rp3.000.000 Rp40.000
BCA Singapore Airlines PPS Visa Infinite Rp49.000.000 Gratis
BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature Rp20.000.000 Gratis

Perlu diketahui, jangan berkecil hati kalau bank tidak menerima kenaikan limitmu sebagaimana pihak BI mengingatkan, pemilik kartu kredit perlu memahami bahwa limit kartu kredit akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tiap nasabah dalam melunasinya.

Jadi jika permintaan kenaikan dan faktor pertimbangan tidak saling melengkapi, wajar jika pengajuan kenaikan limit akan ditolak.

Dan penting diingat, kalau kartu kredit itu hanya alat bantu transaksi dan bukan uang tambahan. Jadi kamu perlu bijak juga menggunakannya. Jangan sampai membuatmu jadi terlilit utang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →