Limit Tarik Tunai BCA, Mandiri, BRI, BNI, hingga CIMB Niaga

Limit tarik tunai BCA

Buat kamu nasabah bank BCA yang pengin melakukan penarikan tunai, kamu perlu tahu nih berapa besaran limit tarik tunai BCA atau limit penarikan ATM BCA. Soalnya kamu gak bisa menarik dana tabungan di mesin ATM dalam jumlah yang besar.

Adanya penetapan besaran limit tarik tunai BCA ini gak lepas dari aturan Bank Indonesia (BI) mengenai Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (AMPK). Aturan ini mulai berlaku sejak 13 April 2009.

Karena surat edaran tersebut berasal dari BI, pemberlakuan besaran limit tarik tunai juga berlaku di banyak bank, mulai dari Bank Mandiri, BRI, hingga bank-bank lainnya.

Jadi, kamu yang menjadi nasabah bank-bank tersebut perlu cari tahu nih limit tarik tunai Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya.

Demi memudahkanmu, Lifepal udah bikin nih daftar limit tarik tunai BCA, Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya. Dicek yuk!

Besaran limit tarik tunai BCA, Mandiri, BRI, dan bank lainnya

Menurut aturan yang tercantum di Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI), limit tarik tunai ATM dibedakan menurut teknologi kartunya.

  • Buat kartu teknologi chip, limit tarik tunai di ATM sebesar Rp 15 juta.
  • Buat kartu teknologi magnetic stripe, limit tarik tarik tunai di ATM sebesar Rp 10 juta.

Walaupun aturannya begitu, ada beberapa bank yang menetapkan besaran yang berbeda buat limit tarik tunai ATM. Lebih jelasnya nih kamu bisa cek daftar limit tarik tunai BCA, Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya berikut ini.

Limit tarik tunai BCA

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Blue Rp7 juta
Gold Rp10 juta
Platinum Rp10 juta
Tapres Rp10 juta

Limit tarik tunai Mandiri

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Silver Rp10 juta
Gold Rp10 juta
Platinum Rp10 juta

Limit tarik tunai BRI

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Classic Rp5 juta
Gold Rp10 juta

Limit tarik tunai BNI

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Silver Rp 5 juta
Gold Rp 10 juta
Platinum Rp 10 juta

Limit tarik tunai BTN

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Silver Rp 5 juta
Gold Rp 10 juta
Platinum Rp 15 juta
Juara Rp 5 juta
E-Batara Pos Rp 5 juta

Limit tarik tunai CIMB Niaga

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Reguler Rp 10 juta
Preferred Rp 10 juta
Private Rp 10 juta

Limit tarik tunai Bank BJB

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Silver Rp 5 juta
Classic Rp 7,5 juta
Gold Rp 10 juta

Limit tarik tunai Bank Bukopin

Jenis kartu Besaran limit tarik tunai ATM
Reguler Rp 10 juta
Bisnis Rp 12,5 juta
Prioritas Rp 15 juta

[Baca: Dapat Ganti Rugi Penuh atas Kerusakan Mobil dengan Memiliki Proteksi Kendaraan, Hemat hingga 25 Persen]

Tarik tunai menggunakan kartu kredit dan hal yang perlu diperhatikan

Sama halnya dengan kartu ATM atau debit yang bisa tarik tunai, kartu kredit pun bisa dengan mudah menarik tunai dengan cepat. Hanya saja bedanya, dana yang kamu ambil harus sesuai limit kartu kreditmu. 

Mudahnya, dengan tarik tunai memakai kartu kredit sama dengan dapat pinjaman dari bank dalam waktu cepat dan tidak melalui prosedur panjang seperti meminjam langsung ke bank.

Tapi yang perlu kamu ingat, setiap transaksi yang kamu lakukan memakai kartu kredit, semuanya dihitung sebagai utang.

Meski terlihat mudah karena mampu memberikan dana besar dalam waktu cepat tanpa proses berbelit, tetap kamu harus hati-hati saat hendak menarik tunai memakai kartu kredit.

Bentuk pinjaman dengan tarik tunai tersebut tidak gratis begitu saja diberikan bank. Ada biaya lain dan bunga yang dikenai dari setiap transaksi tarik tunaimu. Sama seperti jenis kredit lainnya dari bank.

Namun, jika kamu kepepet butuh dana besar dalam waktu cepat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memiliki tarik tunai dari kartu kredit. Apa saja? Nih, Lifepal membaginya untuk kamu.

1. Bunga dan biaya

Ya, namanya juga pinjaman dari bank, tidak ada yang gratis. Ada bunga yang harus kamu bayar untuk fasilitas dana yang kamu pakai. Ditambah dengan biaya tarik tunai yang dikenakan. 

Per 1 Mei lalu, di kondisi pandemic Covid 19, Bank Indonesia memberi angin segar bagi pengguna kartu kredit dengan menurunkan bunga kartu kredit menjadi 2% per bulan dari sebelumnya 2,5% – 3%.

Atau 24% per tahun (mengacu dari kebijakan BI saat kondisi pandemi). Selain bunga, kamu juga akan dikenai biaya tarik tunai sebesar 4% – 6% dari nominal yang kamu tarik.

Misalnya kamu tarik tunai dari kartu kredit senilai Rp2 juta, maka kamu akan dikenai tagihan Rp2,080 juta. Atau terkena biaya sebesar Rp80 ribu.

Nah, kalau tagihan tersebut tidak kamu bayar full atau 100% sebelum jatuh tempo, bank akan mengenakan bunga sebesar 2% per bulannya. 

2. Limit tarik tunai

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah limit tarik tunai. Biasanya untuk tarik tunai dibatasi maksimum 70% nilai tunai yang tertulis. Misalnya limit tarik tunai kamu Rp20 juta, maka batas maksimum untuk kamu dapat tarik tunai adalah Rp14 juta.

Pembatasan ini ada baiknya bagi nasabah. Karena bisa membatasi kamu tarik tunai dalam jumlah besar. Dengan bunga yang besar dan juga biaya tambahan lain, jika kamu tidak pandai mengatur keuangan, malah bisa jadi beban finansial kamu nantinya. 

3. Kemampuan membayar

Soal lainnya adalah kamu harus memperhitungkan kemampuan kamu dalam membayar tagihan kartu kredit. Apakah kamu memiliki sumber dana untuk melunasi tagihan tersebut? Coba dihitung-hitung lagi berapa kisaran nilai yang harus kamu bayar. 

Dana tarik tunai yang kamu ambil ditambah dengan bunga bulanan, biaya tarik tunai, bahkan ada bank yang juga mengenakan biaya tarik tunai.

Ilustrasi gampangnya seperti ini. Kamu berkeinginan untuk tarik tunai dari kartu kreditmu sebesar Rp5 juta dengan biaya penarikan 4% dan bunga transaksi tarik tunai (kita hitung di saat pandemi) 2% per bulan. Jadi total biaya yang harus bayarkan di bulan selanjutnya adalah Rp5,2 juta ditambah bunga 2%. 

4. Bayar tagihan 100%

Mengacu dari ilustrasi di atas, kalau kamu membayar tagihan 100% maka kamu hanya cukup membayar Rp5,2 juta saja. Tapi kalau kamu membayar dengan minimum payment, yaitu 10% saja, maka yang perlu kamu bayar hanya Rp520 ribu. Total utang dari transaksi tunaimu menjadi Rp4,680 juta.

Eits, tapi jangan senang dulu, karena saat tagihan baru datang, sisa utang tarik tunai kamu sudah dikenai bunga 2% per bulan atau Rp93.600. Jadi total tagihan baru dari tarik tunai kamu sebelumnya menjadi Rp4,77 juta. Nah, tambah banyak kan tagihanmu?

Untuk meminimalkan penambahan bunga dan beban tagihan setiap bulannya, sebaiknya kamu langsung bayar 100% atau full payment sehingga tagihanmu tidak menggunung. 

[Baca: RSUD Penuh Pasien Corona, Gunakan Proteksi Kesehatan sebagai Alternatif BPJS Kesehatan ke Rumah Sakit Swasta]

Pertanyaan-pertanyaan seputar limit tarik tunai BCA, Mandiri, BRI, dan bank lainnya

Di bawah ini pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mengenai limit tarik tunai BCA, Mandiri, BRI, dan bank lainnya.

Tiap-tiap bank punya aturan berbeda tentang batasan maksimal pengambilan uang di ATM. Sebagai gambaran, berikut ini limit penarikan uang di ATM.

  • Limit tarik tunai BCA di ATM: Rp7 juta (kartu silver), Rp10 juta (kartu gold), Rp10 juta (kartu platinum), Rp10 juta (kartu tapres).
  • Limit tarik tunai BRI di ATM: Rp5 juta (kartu classic), Rp10 juta (kartu gold).
  • Limit tarik tunai BNI di ATM: Rp5 juta (kartu silver), Rp10 juta (kartu gold), Rp10 juta (kartu platinum).
  • Limit tarik tunai Mandiri di ATM: Rp 10 juta (kartu silver), Rp10 juta (kartu gold), Rp10 juta (kartu platinum).

Tidak. Bank BCA memberlakukan ketentuan saldo minimum sesuai dengan jenis rekening. Untuk mengambil semua uang di rekening, nasabah harus menutup akun rekeningnya dan membayar biaya yang dikenakan.

Tentu saja bisa. Pengambilan uang di ATM sebesar Rp10 juta berlaku bagi nasabah yang memiliki jenis kartu ATM tertentu. Contohnya, nasabah pemilik kartu BCA Gold berhak menarik uang di ATM hingga Rp10 juta.

  • Limit tarik tunai BRI di ATM buat kartu classic: Rp 5 juta.
  • Limit tarik tunai BRI di ATM buat kartu gold: Rp10 juta.

Itu tadi informasi seputar tarik tunai BCA, Mandiri, BRI, dan bank-bank lainyya di ATM. Masih punya pertanyaan seputar layanan perbankan? Ajukan pertanyaan tersebut di Tanya Lifepal. Para rekan ahli kami siap membantu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →