Listrik Prabayar atau Pascabayar, Mana yang Lebih Bikin Untung?

listrik prabayar atau pascabayar

Saat ini hampir setiap rumah baru yang dipasarkan menggunakan listrik prabayar. Jenis listrik baru ini memang yang direkomendasikan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Berbeda dengan listrik pascabayar yang lebih dulu ada, listrik prabayar menggunakan skema mirip pulsa nomor ponsel. Kalau mau listrik nyala, isi dulu voucher listrik. Jadi, kita hanya bisa memakai listrik sesuai dengan isi pulsa setrum tersebut. Kalau isi pulsa Rp 100 ribu, ya batasnya hanya senilai itu.

Listrik Prabayar

Listrik prabayar merupakan tagihan listrik yang pembayarannya berada di awal, dengan sistem pulsa. Listrik prabayar juga biasa disebut dengan listrik pintar. Dimana pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri tanpa kebablasan. Alat meteran listrik pun tidak lagi berbentuk analog, melainkan digital yang dapat digunakan untuk memasukan kode pengisian token listrik.

Kelebihan listrik prabayar

Kelebihannya, sistem ini dibuat seperti ketika kamu membeli pulsa smartphone. Bisa dibeli di merchant atau e-commerce sekalipun dengan nominal mulai dari 100 ribu hingga Rp 1 jutaan. Kamu juga gak perlu khawatir akan biaya keterlambatan yang menghantui.

Selain itu kelebihan yang lain adalah kamu bisa mengontrol sendiri pemakaian listrik sehari-hari. Ini tentu bisa disesuaikan dan masuk dalam anggaran belanja per bulan karena sifatnya tetap. Sistemnya juga rahasia, 20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain.

Hal penting lainnya, kamu akan terhindar dari ancaman pencurian karena tak ada lagi petugas PLN datang ke rumah untuk mengecek meteran. Bisa saja ada penjahat yang menyamar jadi petugas PLN.

Kekurangan listrik prabayar

Meski mudah dan efisien, bukan berarti tanpa kekurangan ya. Kekurangan listrik prabayar, pertama kalau listrik habis di waktu yang tak terduga, kamu harus memiliki voucher cadangan. Bisa jadi habis saat tengah malam kan? Dimana kamu dan keluarga sedang tertelap. Tetapi tenang, ada alarm yang berbunyi jika listrik tinggal 10 kwh.

Sering bermasalah saat akan mengisi ataupun membeli, banyak kasus jaringan internet sedang down, maka Anda harus menunggu sementara listrik di rumah sudah mati. Bukan itu saja, meteran listrik prabayar lebih sensitif dan mudah rusak.

Listrik prabayar diklaim lebih ramah buat masyarakat. Soalnya, kita jadi lebih bisa mengatur pengeluaran per bulan. Namun muncul kabar selentingan, listrik prabayar itu lebih boros pemakaiannya ketimbang pascabayar. Benarkah begitu?

Menurut Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto, tarif satuan listrik prabayar atau pascabayar itu sama. Jadi, seharusnya nilai konsumsinya juga sama.

[Baca: Polisi Palsu, Pegawai KPK Palsu, Waspadai 10 Petugas Abal-abal Ini]

Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya pada akhir bulan sesuai dengan energi yang telah kamu gunakan selama satu bulan. Meteran listrik pascabayar masih menggunakan alat analog yang menunjukkan besarnya daya yang telah digunakan. Pembayaran listrik inipun dapat dilakukan melalui bank, loket pembayaran dengan biaya admin yang dibebankan sebagai biaya jasa pembayaran tagihan listrik.

Kelebihan listrik pascabayar

Tentu berbeda dari prabayar, listrik yang ada disini selalu tersedia sampai tenggat waktu pembayaran di akhir bulan. Kamu tidak perlu repot atau takut jika sewaktu-waktu padam karena kehabisan token.

Kelemahan listrik pascabayar

Perlu kamu ketahui, bahwa menggunakan listrik pascabayar membuatmu tidak bisa mengontrol pemakaian. Bisa saja melampaui batas anggaran yang sudah ditetapkan. Bila ada penunggakan listrik akan terdapat denda dan bahkan dipadamkan oleh PLN langsung lho. Selain itu kelemahan lainnya adalah melanggar privasi, karena petugas PLN kerap masuk ke pekarangan rumah.

 

listrik prabayar atau pascabayar

Praktis dan gampang dijangkau. Tinggal beli lewat ATM atau internet banking

 

 

Kebayang pastinya betapa bikin panik situasi kayak gini. Namun untungnya sekarang pulsa listrik prabayar lebih gampang dijangkau.

Beli pulsa listrik prabayar bisa di tempat-tempat berikut ini:

  • ATM Mandiri, BCA, BNI, Bukopin, OCBC NISP, dan BRI
  • Internet banking atau mobile banking bank di atas
  • Minimarket waralaba Indomaret dan Alfamart

Di beberapa tempat tertentu yang menjual pulsa ponsel juga bisa beli pulsa listrik. Jadi, semakin mudah untuk beli pulsa listrik.

Tetap Harus Hemat

Banyak kemudahan yang didapat dengan pulsa listrik prabayar yang juga disebut dengan token itu. Tapi, bukan berarti kita bisa bebas memakai listrik. Memang, kalau pulsa habis, tinggal isi. Gampang. Ya, seandainya tabungan juga kayak gitu. Kalau habis tinggal diisi.

Iya memang tinggal diisi sih. Tapi ngisinya itu yang jadi masalah, soalnya harus kerja dulu. Jadi, langkah penghematan tetap kudu diterapkan. Caranya antara lain:

  • Mematikan peralatan elektronik di ruangan yang gak dipakai, terutama lampu
  • Mencabut charger setelah selesai isi daya hape, soalnya listrik masih jalan meski hape sudah dicabut dari kabel charger
  • Nyalakan TV atau radio jika benar-benar mau menikmati siarannya, bukan iseng biar rumah terkesan ramai karena ada suara
  • Atur AC sesuai dengan kondisi ruangan. Makin rendah derajat suhu di AC, makin besar konsumsi listriknya
  • Lebih baik buka jendela ketimbang menyalakan lampu saat siang hari agar terang

[Baca: 5 Cara Menghemat Listrik Rumah yang Bukan Sekedar Tips Doang!]

Dari penjelasan soal listrik prabayar atau pascabayar ini, mahal-murahnya tarif listrik bergantung pada diri sendiri. Sebab tarif listrik yang ditetapkan sama.

 

listrik prabayar atau pascabayar

Kalau ada petugas yang ngecek meteran, pastikan dia gak abal-abal

Namun, kemudahan lebih banyak didapat lewat listrik prabayar. Jadi, PLN selaku perusahaan negara pelayan masyarakat memang punya alasan untuk lebih menggalakkan listrik prabayar.

Nah, sekarang kembali ke diri masing-masing. Mau pakai listrik pascabayar atau prabayar, terserah.  Pastinya, ketahui risiko dan manfaatnya. Dan jangan lupa untuk selalu hemat listrik.

[Baca: Cara Hitung Tagihan Listrik Biar Tarif Listrik Turun Ada Efeknya]

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →