Wajib Tahu! Ini 4 Logam Mulia yang Cocok Jadi Pilihan Investasi

Logam mulia jenis platina. (Shutterstock)

Kalau bicara investasi logam mulia, kebanyakan orang tahunya investasi dalam bentuk emas aja. Padahal gak itu doang lho pilihannya.

Ada beberapa logam lain yang juga cocok jadi investasi, meski gak bisa dibohongi kalau emang emas yang paling menjanjikan.

Ya gak heran sih kalau emas paling populer, wong penggunaannya udah dari zaman dulu. Malahan sebelum ada uang kertas, emaslah yang dipakai sebagai alat transaksi.

Jadi, apa aja logam mulia yang layak diinvestasikan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Emas Bukan Investasi yang Menguntungkan Kalau 6 Hal Ini Diabaikan

1. Perak

Perak
Perak

Logam yang satu ini bisa banget jadi pilihan investasi kamu. Dulunya perak malah disandingkan sama emas sebagai uang alias alat transaksi. Hingga kini pun masih ada negara-negara yang menggunakan perak sebagai bahan dasar mata uangnya.

Dibanding emas, harga perak cenderung lebih stabil. Seperti yang ditampilkan di Silverprice, harga emas emang menurun sejak kenaikannya tahun 2011. Tapi justru saat seperti inilah waktu yang paling pas buat berburu perak.

Harga perak saat ini berada di kisaran Rp 6,9 jutaan per kilogram. Itu berarti per gramnya sekitar Rp 6.936.

Baca juga: Udah Tahu Cara Investasi Emas yang Benar? Ikuti 6 Langkah Ini

2. Paladium

Paladium.
Paladium.

Selama ini orang-orang tahunya paladium itu adalah bahan bikin cincin pernikahan atau pertunangan, terutama buat laki-laki. Sedikit aja yang tahu kalau logam ini ternyata cocok juga buat investasi.

Asal tahu aja nih, sama seperti emas, paladium itu gak mudah dirusak korosi dan oksidasi. Paladium juga jadi bahan campuran buat menghasilkan emas putih. Campuran emas dan paladium lebih mudah dibentuk menjadi perhiasan aneka bentuk.

Bicara harga, paladium pernah turun cukup dalam tahun 2016. Saat itu harganya sekitar US$ 16 atau Rp 237.688 per gram. Sementara saat ini, seperti yang diinformasikan Bullion by Post harganya sekitar US$ 24 atau Rp 356.532.

Dengan kata lain, secara keseluruhan, harga paladium cenderung naik.

Baca juga: Mau Beli Emas? Jangan Lupa Cek Harga Terbarunya di Sini Per Hari Ini

3. Platina

Platina
Platina

Sama seperti paladium, logam mulia yang ini juga digunakan sebagai perhiasan. Cuma bedanya dengan paladium dan lainnya ialah platina punya warna yang lebih berkilau. Jadi, tanpa dilapisi apa pun, platina udah mengkilap dengan sendirinya.

Soal harga, platina sempat menjadi primadona dari tahun 2002 hingga 2008. Harganya yang tahun 2002 sekitar US$ 13 per gram melonjak naik hingga menyentuh angka US$ 70 tahun 2008. Sayangnya, berkilaunya harga platina gak berlangsung lama.

Harganya kemudian terjun bebas ke angka US$ 26. Walaupun gitu, platina sempat menunjukkan kenaikan harga lagi. Kini harganya berada di angka US$ 25.

Bisa disimpulkan tahun ini harga platina cenderung naik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

4. Logam mulia emas

Emas
Emas

Kalau logam yang ini sih gak usah diragukan lagi. Emas ya logam mulia yang paling dicari. Gak heran kalau harganya lebih mahal dibanding yang lain.

Menurut situs Logam Mulia, harga emas saat ini berada di posisi Rp 651 ribu.

Prospek investasi emas terbilang cerah karena harganya cenderung naik, apalagi waktu permintaannya lagi tinggi gara-gara melemahnya Rupiah seperti saat ini.

Itulah empat logam mulia yang bisa kamu jadikan instrumen investasi. Jadi, mana yang bakal kamu pilih?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →