Bukan Tandingan, Ini Lho Logam Mulia yang Mahalnya Melebihi Harga Emas

Belakangan ini gak sedikit orang yang membesar-besarkan betapa berharganya emas. Emang sih harga 1 gram logam mulia yang satu ini cukup mahal. Namun, bukan berarti emas menjadi satu-satunya logam mulia yang paling berharga di dunia.

Asal tahu aja nih, ada logam mulia yang diketahui punya harga yang lebih mahal dari harga emas. Logam mulia sendiri emang punya banyak jenis. Diketahui ada 10 jenis yang ada di dunia dan beberapa di antaranya aktif diperdagangkan.

Lalu, jenis logam mulia mana yang punya harga melebihi harga emas? Cari tahu yuk jawabannya dalam ulasan berikut ini.

1. Rhodium

Logam Mulia
Rhodium (Shutterstock).

Salah satu logam mulia yang harganya lebih mahal dari emas adalah rhodium. Saking mahalnya nih, harga logam ini disebut-sebut tiga kalinya harga emas.

Faktanya emang demikian. Harga rhodium per troy ons sekitar US$ 3.500 atau Rp 50 jutaan per tanggal 17 Juni 2019. Sementara harga emas per troy ons sekitar US$ 1.365,40 atau sekitar Rp 19,5 jutaan.

Keberadaannya yang langka menjadi faktor kenapa harga logam yang satu ini sangat mahal. Ada tiga negara yang menjadi sumber rhodium, yaitu Afrika Selatan, Rusia, dana Kanada.

Rhodium memiliki sejumlah keunggulan. Mulai dari titik leleh yang tinggi hingga daya tahannya yang gak rentan terhadap korosi. Makanya logam berkilauan ini dipergunakan buat cermin, lampu sorot, dan perhiasan.

Walaupun harganya terbilang mahal, rhodium gak dianjurkan sebagai pilihan investasi. Sebab kegunaannya cuma sebagai produk sampingan. Terus memperdagangkan rhodium gak semudah memperdagangkan emas.

2. Iridium

Logam Mulia
Iridium (Shutterstock).

Begitu juga dengan iridium. Logam mulia ini selain punya harga yang mahal juga memiliki beberapa keunggulan yang sama dengan rhodium. Iridium merupakan logam terpadat yang tahan terhadap korosi dan punya titik leleh yang tinggi.

Iridium per troy ons dijual pada harga US$ 1.480 atau sekitar Rp 21,18 jutaan per tanggal 17 Juni 2019. Dengan nilai yang segitu tingginya, jelas aja harga iridium lebih mahal dari emas.

Keberadaan logam ini juga terbilang langka. Sejauh ini, iridium cuma ditemukan di wilayah Afrika Selatan.

Karena titik lelehnya yang tinggi, produsen busi biasanya menggunakan iridium sebagai bahan pembuatan busi. Iridium juga dimanfaatkan dalam produksi cawan lebur atau wadah buat melelehkan.

3. Palladium

Logam Mulia
Palladium (Shutterstock).

Logam mulia berikutnya yang harganya melampaui emas adalah palladium. Logam ini per troy ons diketahui dijual dengan harga US$ 1.440,10 atau sekitar Rp 20,62 jutaan per tanggal 17 Juni 2019.

Sama seperti rhodium dan iridium, keberadaan palladium cukup langka di dunia. Ada empat negara yang menjadi sumber penghasil logam ini, yaitu Rusia, Kanada, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan.

Keunggulan yang dimiliki logam ini juga sama dengan rhodium dan iridium, yaitu punya titik leleh yang tertinggi dan tahan terhadap korosi. Palladium sendiri sejauh ini digunakan buat catalytic converter di mobil, perhiasan, pelapis elektroda, hingga alat-alat kedokteran.

Walaupun ada yang lebih mahal, emas tetap menjadi logam mulia pilihan buat berinvestasi

Hingga saat ini emas tetap menjadi pilihan investasi bagi banyak orang. Pasalnya, logam mulia yang satu ini lebih populer namanya ketimbang logam-logam yang diterangkan di atas. Maklum aja emas dulunya digunakan sebagai alat tukar sebelum dicetaknya uang kertas.

Malah emas juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan perhiasan. Mulai dari cincin, kalung, hingga gelang. Gak heran kalau nama emas lebih beken dari nama rhodium misalnya.

Terus suplai emas juga terbilang stabil. Gak seperti rhodium yang langka keberadaannya. Ditambah lagi emas lebih mudah diperdagangkan dan selalu ada aja yang pengin membelinya.

Itu tadi informasi seputar logam mulia yang harganya lebih mahal dari harga emas. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).