Mau Tahu Harga Logam Mulia Terkini? Cek di Sini!

Harga Logam Mulia Terkini

Logam mulia adalah logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Umumnya, jenis-jenis logam ini memiliki harga yang tinggi, karena sifatnya yang langka dan tahan korosi. Untuk lebih lengkapnya, simak pengertian dan jenis-jenis logam mulia berikut ini.

Apa Itu Logam Mulia?

Apa Itu Logam Mulia

Logam adalah salah satu unsur kimia yang ada di alam dan tidak dapat diperbarui. Salah satu jenis logam yang cukup populer adalah logam mulia.

Logam mulia adalah logam yang tahan terhadap korosi dan oksidasi serta cukup langka, sehingga banyak diburu oleh manusia.

Logam mulia banyak digunakan sebagai perhiasan atau dijadikan mata uang karena harganya yang tinggi. Selain itu, logam mulia juga bisa digunakan sebagai material antikarat, seperti penggunaan lapisan perak pada PCB (printed circuit board) dalam rangkaian elektronik dan sebagai katalis yang dapat mempercepat laju sebuah reaksi kimia.

Jenis-jenis Logam Mulia

Jenis-jenis Logam Mulia

Logam mulia pun memiliki banyak jenis, mulai dari emas, perak, platinum, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, simak jenis-jenis logam mulia yang paling populer berikut ini.

1. Emas

Emas adalah salah satu logam mulia yang cukup populer. Tidak heran, kalau harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis logam lainnya.

Prospek investasi emas juga terbilang cerah karena harganya cenderung terus naik, apalagi saat permintaannya sedang tinggi.

Banyak orang yang tergila-gila dengan jenis perhiasan yang terbuat dari emas. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kepemilikan harta emas tidak terlepas dari nilainya yang berpengaruh cukup besar terhadap mata uang di berbagai negara.

2. Perak

Logam mulia yang satu ini juga bisa menjadi pilihan investasi kita. Dibandingkan emas, harga perak cenderung lebih stabil. Selain itu, perak juga sering dimanfaatkan sebagai material pembuat perhiasan bernilai tinggi seperti halnya emas.

Namun, tidak berhenti pada pengolahan sebagai perhiasan seperti cincin dan yang lainnya, perak memiliki lebih banyak manfaat sebagaimana biasa digunakan juga untuk membuat bingkai cermin, katalis untuk reaksi kimia, mata uang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Platinum

Logam mulia yang satu ini juga banyak digunakan sebagai perhiasan. Bedanya, platinum memiliki warna yang lebih berkilau. Jadi, tanpa dilapisi apa pun, platinum sudah mengkilap dengan sendirinya.

Sekilas, platinum memiliki tampilan yang mirip dengan perak, namun warnanya sedikit lebih cerah dan berkilau. Sama seperti emas dan perak, platinum juga memiliki sifat tahan terhadap korosi sehingga sering dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari perhiasan, peralatan kedokteran, senjata, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Paladium

Logam mulia yang memiliki harga cukup mahal adalah paladium. Selama ini, paladium sering digunakan sebagai material pembuat cincin pernikahan atau pertunangan, terutama untuk laki-laki. Padahal, sama seperti emas, paladium juga tidak mudah dirusak oleh korosi dan oksidasi sehingga cocok untuk dijadikan investasi.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Selain itu, paladium juga sering dimanfaatkan sebagai material campuran untuk menghasilkan emas putih. Campuran emas dan paladium lebih mudah dibentuk menjadi perhiasan aneka bentuk. Paladium juga memiliki sifat yang sangat padat sehingga tidak mudah rusak jika terkena benturan.

Selain sering digunakan untuk material pembuat perhiasan, paladium juga sering dimanfaatkan dalam bidang otomotif, yaitu sebagai katalis untuk mengontrol gas buang emisi. Selain itu, paladium juga sering dimanfaatkan dalam dunia kedokteran, pengobatan, dan juga elektronik.

Harga Logam Mulia

Harga Logam Mulia

Berapa harga logam mulia hari ini? Kamu bisa mengeceknya di sini, atau simak tabel berikut ini.

Harga Logam Mulia Emas Antam Hari Ini dalam Rupiah 

Berikut ini adalah harga logam mulia emas Antam hari ini dalam satuan Rupiah.

Logam Mulia Antam Harga Jual Harga Buyback
0.5 Gr (CertiEye) 432.000 354.000
1 Gr (CertiEye) 784.000 708.000
2 Gr (CertiEye) 1.488.000 1.416.000
3 Gr (CertiEye) 2.220.000 2.124.000
5 Gr (CertiEye) 3.665.000 3.540.000
10 Gr (CertiEye) 7.260.000 7.080.000
25 Gr (CertiEye) 18.065.000 17.700.000
50 Gr (CertiEye) 35.850.000 35.150.000
100 Gr (CertiEye) 71.400.000 70.800.000

*Harga di-update pada hari Jumat, 27 September 2019, Pukul 11.00.

Nah, itulah jenis-jenis dan harga logam mulia emas Antam hari ini. Tertarik untuk membeli emas mulia? Dapatkan informasi lainnya seputar investasi hanya di Lifepal, ya.

Satu lagi, jangan sampai keasyikan berinvestasi emas terus-terusan. Ingat juga untuk memproteksi diri kita dan keluarga dengan asuransi. Kita bisa lihat di Lifepal untuk mengetahui apa saja produk asuransi yang bisa cocok dengan kebutuhan kita. Yuk, cek sekarang!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →