Lunasi Utang Rp 87 Miliar Tunai, Ini Aset Samadikun Hartono

uang cash Rp 87 Miliar (pikiranrakyat.com)

Samadikun Hartono baru aja bayar kewajiban utang akibat tindakan korupsinya ke BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia). Yang unik dan bikin heboh adalah Samadikun menyetor uang tersebut secara tunai menggunakan troli.

Bayangin aja, uang cash seratus ribu dengan jumlah Rp 87 miliar. Ditaksir uang tersebut bila dijejerkan ke atas bisa mencapai tinggi Monas!

Sebagai informasi kenapa Samadikun Hartono harus bayar utang segitu banyak ke negara adalah karena tindakan korupsi. Sebenarnya vonis sebagai tersangka udah lama dia sandang, yaitu sejak tahun 2003, namun Samadikun malah melarikan diri.

Samadikun sempat buron selama 13 tahun dan baru tertangkap pada tanggal 22 April 2016 di Tiongkok.

Kiprah sebagai Komisaris Utama PT Bank Modern jadi godaan yang menyebabkannya lakukan tindakan korupsi di masa itu. Alkisah, bank tersebut mengalami kebangkrutan dan dibantu oleh BLBI sebesar Rp 2,5 triliun. Namun nominal yang terbukti dikorupsi adalah Rp 169 miliar.

Samadikun Hartono
Tertangkap setelah buron 13 tahun namun diperlakukan layaknya orang penting. Miris sih. (detik)

Dana sebesar Rp 87 miliar yang disetorkan pada Jumat 18 Mei 2018 kemarin adalah cicilan terakhir yang harus dia bayarkan.

Sebelumnya, sekitar tahun 2016, pembayaran pertama yang disetorkan adalah Rp 41 miliar. Kemudian, berlanjut Rp 20 miliar yang dibayarkan dua kali di tahun 2017. Lalu, Samadikun membayar Rp 1 miliar di awal tahun ini.

Kalau dipikir-pikir, itu negara masih rugi lho.

Pasalnya utang tersebut sebenarnya udah lama banget, yaitu tahun 2003. Masa angka tersebut gak berubah, padahal inflasi udah naik berapa kali sejak tahun itu.

Misalnya, Samadikun menyimpan uang tersebut dalam mata uang dolar. Bayangin dong berapa keuntungannya?

Di tahun 2003, harga dolar masih Rp 8.500. Total hampir US$ 20 juta. Nah, kalikan bila uang tersebut dicairkan di tahun 2018 ini dengan harga dolar Rp 14 ribu, maka didapat angka Rp 282 miliar.

Itu artinya Samadikun dapat untung Rp 113 miliar cuma dengan “menyekolahkan” uang tersebut jadi dolar.

Gimana kalau Samadikun membeli properti dengan uang tersebut? Contoh, dia beli rumah di daerah Menteng atau Sudirman yang terkenal mahal. Harga properti naik di atas 10 persen, bahkan ada yang 20 persen setiap tahun. Kasarnya, Samadikun bisa dapat dua kali lipat keuntungan dari harga awal.

Utang tersebut akhirnya lunas. Namun, rasa-rasanya rentang waktu pembayaran gak sebanding banget dengan kerugian yang dialami negara. Plus, bayarnya dicicil pula.

Dana tersebut sebenarnya gak sebanding dengan bisnis dan harta yang dimiliki oleh Samadikun Hartono.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pria kelahiran tahun 1948 ini ditengarai punya beberapa aset bernilai fantastis dan juga deretan bisnis. Penasaran seberapa banyak harta dan bisnis yang dia miliki?

1. Salah satu pemilik Modern Group

Meskipun Bank Modern dinyatakan pailit, namun Modern Group gak cuma punya bank tersebut aja.

Lini bisnisnya sangat luas, mulai dari PT Modern Photo Film yang menyalurkan merek Fujifilm yang kemudian diubah jadi retail 7-Eleven dan PT Modernland Realty Tbk yang bergerak di bisnis properti.

Dua di antara nama yang disebutkan tadi juga tutup, namun seenggaknya pasti udah kasih keuntungan buat Samadikun Hartono.

Kini di jajaran komisaris Modern Group diisi oleh saudara-saudara Samadikun, yaitu Luntungan Honoris, Sungkono Honoris, dan Siwi Honoris.

Keturunan langsung dari Samadikun, James Hartono, banting setir ke bidang kendaraan niaga dengan mendirikan perusahaan PT Foton Mobilindo.

2. Diisukan punya perusahaan film di Tiongkok dan Vietnam

Dikutip dari Detik, pria yang tertangkap saat nonton F1 di Tiongkok pada tahun 2016 tersebut diketahui punya pabrik film di Tiongkok dan Vietnam.

Bahkan, selama pelariannya, Samadikun sempat tinggal di Beverly Hills Singapura. Harga sewa di apartemen itu berkisar sekitar 11 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp 115 juta per bulan.

3. Punya aset rumah senilai Rp 200 miliar

utang
Penampakan salah satu rumah Samadikun di Menteng (detik)

Salah satu rumah yang berhasil didata sebagai milik Samadikun adalah rumah mewah yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Rumah tersebut ditaksir bernilai Rp 200 miliar yang kini ditempati oleh anak Samadikun, Riko Hartono bersama istrinya.

Tentu aja bukan cuma satu rumah ini aja yang dimiliki Samadikun. Beberapa aset properti lain yang dimiliki olehnya, antara lain beberapa bidang tanah di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kemungkinan ada beberapa aset lainnya yang gak terekspos.

Sebenarnya luar biasa banget perjalanan bisnis dan harta kekayaan yang dikumpulkan oleh Samadikun. Meski sempat jatuh bangun, nyatanya asetnya lebih dari total utang yang dia miliki akibat korupsi.

Meski waktu gak bisa diulang, seharusnya Samadikun gak menilap uang dari BLBI di tahun 2000-an silam.

Pun, ganjaran yang dia terima sebenarnya gak gitu sebanding dengan kerugian yang udah ditimbulkan. Seperti yang udah dihitung-hitung, justru Samadikun malah untung dari uang yang dia tilap tersebut.

Dari kasus ini, kita berharap aja semoga di masa yang akan datang para koruptor bakal dapat ganjaran yang lebih setimpal lagi ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →