Ini Dia Solusi Mengatasi Lupa EFIN Kita

Kita sebagai manusia memang tempatnya lupa walaupun kadang kita sudah berusaha mengingat sesuatu dengan sungguh-sungguh. Hal yang paling kecil misalnya kata sandi atau nomor bayar sesuatu.

Memang menyebalkan, apalagi saat kita hendak menggunakannya, karena lupa jadi tidak bisa. Maka dari itu, sekecil apa pun hal tersebut, kita harus mengingatnya. Jika dihadapkan dengan kondisi di atas, maka sangat perlu bagi kita mencatat kata sandi, PIN, bahkan nomor HP dan hal-hal terkait yang kaitannya dengan angka atau kode penting agar tidak lupa.

Wajib Pajak (WP) mungkin pernah dihadapkan pada kondisi di atas, lupa kode Electronic Filling Identification Number (EFIN), padahal pajak sudah waktunya dibayar. Karena lupa EFIN, pembayarannya pun molor. Eitsss, jangan khawatir, kita bisa mendapatkan kodenya kembali jika lupa saat mau bayar pajak! Mau tahu caranya?

Lakukan Hal Ini Jika Lupa EFIN Pajak

Pria memberi solusi

EFIN adalah nomor identifikasi elektronik WP yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Nomor itu bisa kita pakai untuk melaporkan pembayaran pajak daring melalui aplikasi resmi buatan DJP.

Selain itu, kode ini merupakan bentuk otentikasi keamanan transaksi perpajakan yang kita lakukan. Jika sudah mendapatkan kode EFIN, aktivasinya harus dilakukan dengan segera. Jika melebihi 30 hari tidak diaktivasi, kita wajib mengajukan pembuatan EFIN kembali.

Pembuatan EFIN dilakukan sekali saja saat kita akan melakukan e-Filling pajak. Namun, jika lupa kode yang didapat dan belum sempat didaftarkan selama lebih dari 30 hari, kita bisa menghubungi layanan-layanan informasi berikut.

1. Mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang dekat dengan tempat tinggal kita bisa dijadikan pilihan. Tidak harus ke KPP tempat kita mendaftar, ya! Jika sudah sampai di tempat, kita bisa lekas ambil nomor antrean khusus layanan EFIN.

Jalur untuk layanan ini berbeda dengan antrean untuk pembayaran dan lapor pajak. Berkas yang perlu disiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk selanjutnya mengisi formulir yang disediakan. Tenang saja, proses pembuatan EFIN terbilang cepat jika antrean tidak menumpuk.

2. Memanfaatkan Fitur Chat Pajak

Jika tidak mau berlelah-lelahan mengunjungi KPP, kita bisa kunjungi laman pajak.go.id, dan pilih logo Chat Pajak yang muncul di kanan bawah laman. Klik logo itu dan ketiklah pesan atau masalah yang ingin segera diatasi, yaitu lupa EFIN e-Filling Pajak.

Selanjutnya admin akan membimbing kita kepada langkah-langkah mendapatkan kembali kode EFIN. Untuk memudahkan proses, KTP dan NPWP harus sudah ada di tangan, ya.

3. Mention dan DM @kring_pajak

Layanan daring lainnya yang bisa kita manfaatkan adalah dengan mention dan kirim pesan ke akun twitter @kring_pajak. Pastikan hal yang kita sebutkan adalah terkait masalah kode EFIN. Pihak dari @kring_pajak akan menghubungi kita melalui direct message. Tugas kita selanjutnya adalah mengikuti instruksi dari isi pesan yang tertera. Kode EFIN pun bisa didapatkan kembali.

4. Menghubungi Kring Pajak

Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 1500200 khusus untuk Wajib Pajak Orang Pribadi. Kita akan diminta data diri dan NPWP. Jika data sudah cocok, maka petugas akan memberikan kode EFIN yang kita minta.

Sekadar informasi, layanan-layanan di atas tidak hanya bisa dipakai untuk mendapatkan kembali kode EFIN, namun juga hal lain seperti kendala verifikasi dan pengiriman kode melalui surel. Waktu operasional pelayanan di atas adalah setiap hari kerja (Senin-Jumat) dari pukul 08.00-16.00.

Berkas Pendukung untuk Mendapatkan EFIN Kembali

Dokumen di bawah ini wajib kita siapkan sebagai syarat pengembalian kode EFIN kita.

  • NPWP.
  • Nama lengkap sesuai KTP.
  • Alamat yang terdaftar pada saat registrasi EFIN.
  • Alamat surel dan nomor HP yang dipakai saat mendaftar EFIN.
  • Tahun pajak Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak terakhir.

Itulah berkas-berkas penting yang kita perlu siapkan saat menghubungi petugas khususnya melalui Kring Pajak. Jika data yang ada sudah sesuai dengan sistem yang sudah terekam oleh DJP, maka kita akan menerima pemberitahuan dan informasi dari [email protected] dalam bentuk PDF.

Wajib Pajak Harus Memahami Fungsi EFIN

Pria kontak

Setelah mengetahui informasi layanan dan berkas yang perlu disiapkan, sebenarnya apa fungsi EFIN bagi wajib pajak, ya?

  • EFIN adalah akses menuju sistem pajak daring untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan tanpa perlu berlama-lama antre di KPP.
  • EFIN menjamin kerahasiaan data yang sudah wajib pajak setorkan ke dalam sistem pajak daring.
  • EFIN sangat membantu WP untuk melaporkan pajak secara daring. Sebagaimana data pribadi sudah dimasukkan, maka di tahun-tahun pelaporan berikutnya, wajib pajak tidak perlu lagi mengulang pengisian dan pendaftaran e-Filling.
  • EFIN membantu kita saat lupa kata sandi e-Filling. Kita hanya perlu masuk ke laman https://djponline.pajak.go.id/resetpass, selanjutnya masukkan NPWP, kode EFIN, dan kode pengaman. Kita akan mendapatkan surel pemberitahuan daftar e-Filling DJP Daring dan diberikan opsi mereset kata sandi.

Pembuatan kembali kode EFIN sangat mudah, bukan? Kita tidak perlu ribet mengurusnya. Jadi, tidak alasan untuk terlambat bayar pajak hanya karena lupa kode EFIN. Namun jika lupa, segera pulihkan dengan melakukan cara-cara di atas. Pesan dari Lifepal, jangan terlambat membayar pajak, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →