Tak Ada Nomor Rekening di Kartu ATM, Gunakan Cara Cek Ini

Tak ada nomor rekening di kartu ATM

Nomor kartu ATM bukanlah nomor rekening di kartu ATM sebagaimana yang disangkakan banyak orang. Salah satu perbedaan dari nomor-nomor ini terletak pada fungsinya.

Nomor rekening berfungsi sebagai alat pembayaran, menabung, transfer, dan menerima transfer. 

Sementara nomor kartu ATM yang tertera pada kartu berfungsi sebagai nomor identifikasi bank penerbit dan pemilik sah atas kartu tersebut serta nomor yang diperlukan buat transaksi online.

Lalu, bagaimana jika kita lupa nomor rekening? Pasalnya, gak ada nomor rekening di kartu ATM.

Gak usah panik, ya! Ada berbagai cara buat mengecek nomor rekening kamu. Salah satunya tentu melihat buku tabungan.

Berikut ini Lifepal bakal mengulas secara lengkap cara mengecek nomor rekening di kartu ATM kamu. Meski nomor rekening itu gak tercetak di kartu, ada lima cara untuk mengetahuinya.

Simak ulasan caranya hingga perbedaan nomor rekening dan nomor ATM berikut ini.

Cek nomor rekening di buku tabungan

Saat ada teman yang ingin transfer dan kamu lupa nomor rekening milikmu, bisa bikin kamu jadi keki sendiri, bukan? 

Buat kami yang belum tahu, fungsi buku tabungan juga mencantumkan catatan saldo (debit dan kredit) hingga nomor rekening. Untuk nomor rekening sendiri, biasanya terletak di balik cover buku tabungan

Namun, gak sedikit orang yang menyimpan buku tabungan di rumah karena takut hilang. Gak perlu khawatir, karena masih ada cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor rekening seperti di bawah ini.

Cek nomor rekening di ATM

Mesin ATM gak cuma berfungsi sebagai alat untuk tarik dan setor tunai. Lewat mesin ATM, kamu juga bisa melakukan berbagai transaksi dari transfer hingga mengecek nomor rekening.

Terdapat dua cara untuk mengetahui nomor rekening di kartu ATM lewat mesin ATM. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cek nomor rekening di ATM dengan cara tarik tunai

Cara cek nomor rekening di ATM adalah dengan melakukan tarik tunai di mesin ATM. Berikut prosedur mengetahui nomor rekening dengan tarik tunai:

  • Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
  • Lakukan tarik tunai sejumlah uang yang dibutuhkan.
  • Setelah itu akan keluar kertas bukti transaksi. Pada struk kita bisa melihat jumlah tarik tunai, sisa saldo, dan nomor rekening yang dimiliki.

Cek nomor rekening di ATM dengan cara beli pulsa

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
  • Masukkan PIN ATM.
  • Pilih menu Bayar/Beli.
  • Pilih Voucher HP/Paket Data.
  • Masukkan Nomor Handphone.
  • Pilih Benar.
  • Pilih nominal pulsa atau paket data.
  • Nanti ditampilkan Konfirmasi Pembelian.
  • Di Konfirmasi Pembelian, tertera nomor rekening tabungan milikmu.

Cek nomor rekening di internet banking atau mobile banking

Di era digital, kini banyak orang yang sudah menggunakan layanan bank, yaitu internet dan mobile banking karena dinilai sangat memudahkan dan membantu.

Jadi, kamu udah gak perlu repot kan tuh jalan ke ATM saat ingin melakukan transfer atau membayar berbagai tagihan.

Selain itu, kamu hanya perlu smartphone dan internet untuk bisa mengakses layanan internet dan juga mobile banking.

Buat kamu yang lupa nomor rekening, kamu bisa mengetahuinya lewat internet dan mobile banking. 

Cek nomor rekening di internet banking dan mobile banking

  • Login internet banking
  • Pilih menu informasi rekening di halaman utama.

Cek nomor rekening lewat call center

Namun, bagaiman buat yang gak punya internet banking ataupun mobile banking dan mager buat jalan ke ATM karena jaraknya lumayan jauh?

Gak perlu khawatir, kamu bisa kok mengetahui nomor rekening kamu dengan cara menghubungi pihak call center bank tempat kamu menyimpan uang.

Misalnya, Bank BCA, kamu bisa langsung menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Namun, sebelumnya pihak call center akan menanyakan terlebih dahulu informasi tentang nasabah untuk mencegah dari penipuan atau pembobolan rekening.

Setelah data sesuai, pihak call center akan memberikan nomor rekening sesuai yang kamu minta.

Berikut ini beberapa nomor call center sejumlah bank di Indonesia:

  • Mandiri Call: 14000
  • Halo BCA: 1500888
  • BNI Call: 1500046
  • Call BRI: 14017/1500017
  • BTN Contact Center: 1500 286
  • Bank OCBC NISP: 1500-999
  • CitiPhone: 69999
  • Bank CIMB Niaga: 14041
  • Maybank: 69811
  • Bank Permata: 1500111
  • Bank Mega: 60010 /1500010
  • Hello Danamon: 67777/1-500-090
  • SalaMuamalat: 1500016
  • BTPN Call: 1500300

Cek nomor rekening di kantor bank terdekat

Jika beberapa cara di atas tidak bisa dilakukan, maka ada cara lain yang agak sedikit merepotkan. Kamu harus mendatangi bank terdekat tempatmu menyimpan uang.

Bisa saja buku tabungan hilang dan ponsel kamu rusak atau hilang. Kamu tinggal menanyakan langsung ke pihak customer service

Jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar proses validasi data berjalan dengan lancar dan cepat. 

Perbedaan nomor rekening dan nomor kartu ATM

Seperti yang dibahas sebelumnya, nomor rekening di kartu ATM berbeda dari nomor kartu ATM atau debit. Nomor rekening di kartu ATM kamu tentunya gak tercetak seperti nomor kartu debit.

Nah, biar kita makin jelas, simak yuk beberapa poin yang menjadi perbedaan antara nomor rekening di kartu ATM dan nomor kartu debit.

  1. Dalam fungsinya, nomor rekening di kartu ATM berguna untuk menyetor angsuran hingga menerima transfer. Sedangkan nomor kartu ATM gak bisa digunakan untuk fungsi tersebut.
  2. Nomor rekening di kartu ATM tercantum dalam buku tabungan.Sementara, nomor kartu ATM hanya tercetak pada kartu debit tersebut.
  3. Secara umum, pemilik nomor rekening atau tabungan di bank pasti memiliki nomor ATM dan nomor rekening di kartu ATM. Sebaliknya, pemilik nomor ATM belum tentu memiliki nomor rekening karena bisa saja orang tersebut hanya menemukan kartu ATM.
  4. Nomor rekening di kartu ATM bisa digunakan sebagai alat pembayaran, setor tabungan atau uang, transfer, dan menerima transfer. Sebaliknya, nomor di kartu debit hanya identifikasi bank penerbit dan pemilik sah atas kartu tersebut.

Karena fungsi dan kegunaan nomor rekening lebih kompleks, menjadi salah satu alasan bank tidak mencetak nomor rekening di kartu ATM. Hanya nomor kartu yang tertera pada kartu ATM tersebut.

Cara cek nomor rekening di kartu ATM BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI adalah salah satu bank BUMN terbesar dalam jumlah nasabah. Bahkan, BRI memiliki banyak unit bisnis yang menjadi anak perusahaan.

Sebut saja BRI Syariah hingga perusahaan asuransi BRI Life. Saking besarnya, BRI Life bahkan menawarkan berbagai produk asuransi termasuk unit link atau asuransi jiwa terkait investasi.

Nah, kamu yang menjadi nasabah BRI bisa juga lho mencari tahu nomor rekening di kartu ATM BRI kamu. Mau tau? Yuk, simak penjelasannya!

1. Tabungan

Cara pertama ini membuat kamu gak perlu ke mana-mana. Cek nomor rekening di kartu ATM BRI kamu bisa dilakukan lewat buku tabungan.

Kamu cuma perlu buka buku tabungan dan langsung aja lihat di bagian belakang cover buku tabunganmu. Di situ bakal tertera nomor rekeningnya.

Selain nomor rekening, kamu juga bakal menemukan informasi penting lain seperti:

  • Kantor BRI atau kantor cabang tempat kamu buka rekening.
  • Nomor rekening BRI
  • Nama pemilik rekening sesuai KTP
  • Alamat pemilik rekening
  • Tanggal buka tabungan atau rekening
  • Nomor seri.

2. Cek nomor rekening melalui ATM

Jika kamu mau pakai cara kedua ini, maka butuh sedikit effort ya! Kamu harus bawa kartu ATM kamu ke ATM BRI terdekat untuk mengetahui nomor rekening di kartu ATM BRI-mu.

Sama seperti cara cek nomor rekening di ATM yang diulas sebelumnya, ada dua cara buat mengetahui nomor rekening. Pertama dengan cek saldo, kedua adalah tarik tunai. Gampang, gak?

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kartu ATM kamu
  • Masukan kartu ke mesin ATM BRI
  • Masukan PIN
  • Pilih menu cek saldo dan nomor rekening BRI kamu pun akan muncul di layar mesin ATM.

3. Cek melalui E-Banking

Kalo ini cara gampang. Modalnya punya smartphone dan udah daftar e-banking entah itu mobile banking, internet banking, atau sekadar SMS banking BRI.

Jika kamu mengecek nomor rekening lewat fitur ini, maka kamu hanya perlu masuk ke menu m-banking. Lalu masukan username dan password.

Pilih aja cek saldo atau Akun yang bakal memunculkan nomor rekening. Cukup mudah, bukan?

Gampang kan buat mengetahui nomor rekening?

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar tabungan, anggaran, investasi, hingga asuransi bagi pemilik tabungan, jangan ragu untuk menanyakannya langsung ke ahlinya melalui Tanya Lifepal.

Tanya jawab

Nomor rekening di kartu ATM tentunya tidak tercantum di kartu tersebut. Nomor rekening adalah nomor yang dimiliki nasabah bank untuk memudahkan bertransaksi perbankan.

Nomor ini bisa kamu temukan di buku tabungan. Kamu juga bisa mengeceknya melalui mesin ATM, internet banking atau mobile banking, call center, hingga mendatangi kantor bank.

Nomor di kartu ATM adalah nomor kartu debit yang terdiri atas 16 digit angka. Nomor yang tertera di bagian depan kartu debit ini adalah salah satu bagian penting dari kartu ATM.

Kamu gak harus menghapalkannya karena nomor ini hanya identifikasi atas bank penerbit dan pemilik sah kartu tersebut.

Nomor rekening BRI terletak di halaman awal buku tabungan. Selain nomor rekening di kartu ATM BRI, buku tabungan juga memuat berbagai informasi penting lain termasuk nama pemilik sah.

Berbagai bank di Tanah Air memiliki beragam jumlah digit nomor rekening. Contohnya, BCA yang menggunakan 10 digit angka. Sementara bank yang menggunakan 11 digit angka untuk nomor rekeningnya adalah BTPN.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →