Berapa Biaya Hidup di Jakarta vs Kuala Lumpur? Ini Perbandingannya

Hidup di Malaysia

Banyak yang bilang, biaya hidup di Jakarta itu mahal. Meski gaji UMR naik tiap tahun, besarannya cuma bisa mencukupi kebutuhan pokok. Kenapa? Pasalnya, banyak alasan yang bikin biaya hidup jadi mahal. Salah satunya, karena inflasi.

Dikutip dari data Bank Indonesia (BI), tiap bulannya inflasi berubah-ubah. Namun, perubahan inflasi itu gak bikin angkanya melonjak tinggi kayak inflasi di Venezuela. Setidaknya kenaikan harga di pasar belum membuat banyak orang langsung jatuh miskin.

Karena merasakan beratnya hidup di kota besar, ada aja yang membandingkan biaya hidup di Jakarta dengan di kota lain. Contohnya, membandingkannya dengan biaya hidup di Kuala Lumpur.

Kabarnya sih tinggal di Malaysia enak karena harga BBM di sana lebih murah daripada di Tanah Air. Seperti yang diulas CNBC Indonesia, harga BBM di Malaysia paling murah se-Asia Tenggara. Nomor satu dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

BBM di Malaysia per liternya dijual US$ 0,53 atau Rp 7.853. Bandingkan dengan harga BBM di Indonesia yang per liternya dijual kurang lebih Rp 9.000-an.

Fakta tersebut yang membuat ada orang mengungkapkan biaya hidup di Negeri Jiran lebih murah dibandingkan biaya hidup di Jakarta. Daripada cuma bertanya-tanya, gimana kalau kita mencari tahu dalam ulasan berikut yang dikutip dari Numbeo.

1. Belanja kebutuhan bulanan

Belanja bulanan
Belanja bulanan

Mahal atau murahnya biaya hidup di Jakarta dilihat dari harga-harga barang kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok. Lalu, berapa ya harga-harga kebutuhan ini di Kuala Lumpur?

Kita ambil contoh aja harga beras. Di Kuala Lumpur beras putih per kilogram dijual dengan harga 4,76 ringgit Malaysia atau Rp 16 ribuan. Dibandingkan di Jakarta, harga tersebut jelas lebih mahal. Di Jakarta harganya Rp 13 ribuan per kilogram.

Namun, kalau belanja telur di Kuala Lumpur jelas lebih murah. Pasalnya, harga 12 telur di sana sekitar 5,30 ringgit Malaysia atau Rp 18 ribuan.

Sementara harga daging sapi di sana sekitar 30,69 ringgit Malaysia atau Rp 106 ribuan per kilogram. Secara keseluruhan, harga kebutuhan pokok di Kuala Lumpur 11:12 lah dengan di Jakarta.

2. Tarif sewa tempat tinggal

Sewa tempat tinggal
Sewa tempat tinggal

Pengin tinggal di sana, kamu perlu tahu juga tarif sewa tempat tinggal di Kuala Lumpur. Pasalnya, salah satu komponen biaya hidup di Jakarta ini rata-rata terbilang mahal.

Andaikan kamu sewa apartemen satu kamar di Kuala Lumpur, per bulannya kamu harus siapkan uang 2.260 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 7,8 jutaan. Itu tarif buat di pusat kota, sedangkan di Jakarta per bulannya rata-rata Rp 5 jutaan.

Beda lagi kalau kamu memilih apartemen satu kamar yang berlokasi di pinggiran kota. Tarif sewa per bulannya sekitar 1.373 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 4,7 jutaan. Sedikit lebih murah dan menguntungkan kalau kamu kerjanya di pinggiran kota.

3. Ongkos transportasi

Ongkos transportasi
Ongkos transportasi

Komponen yang satu ini cukup memengaruhi biaya hidup di Jakarta. Pasalnya, ongkos transportasi itu bisa kadang-kadang jadi penyebab mengapa pemasukanmu terkuras banyak.

Seperti yang udah dijelaskan di atas, harga BBM di Malaysia itu emang murah. Namun, murah juga gak ya ongkos transportasi di Kuala Lumpur?

Rupanya, kondisi itu disebabkan harga tiket transportasi sekali jalan di sana mencapai 3 ringgit Malaysia atau Rp 10 ribuan. Beda dengan di Jakarta, sekali jalan naik Transjakarta cuma bayar Rp 3.500.

Kalau naik taksi di Kuala Lumpur, kamu mesti bayar per kilometernya 1,50 ringgit Malaysia atau Rp 5.212. Sedikit berbeda dengan di Jakarta yang tarif per kilometernya Rp 4.000.

4. Belanja pakaian

Belanja pakaian di Malaysia
Belanja pakaian di Malaysia

Belanja kebutuhan yang satu ini harganya beda-beda tipis antara Jakarta dan Kuala Lumpur. Untuk perbandingan, satu celana jins di Kuala Lumpur dijual 239 ringgit Malaysia atau Rp 830 ribu.

Sementara di Jakarta, rata-rata dijual dengan harga Rp 600 ribuan. Secara keseluruhan, belanja pakaian di Kuala Lumpur beda-beda tipis dengan di Jakarta.

5. Makanan

Makanan di Malaysia
Makanan di Malaysia

Harga yang harus dibayar kalau makan di luar juga beda-beda tipis dengan di Jakarta. Asal tahu aja nih. Biaya makan menjadi komponen biaya hidup di Jakarta yang cukup menguras kantong.

Namun, dibandingkan dengan Kuala Lumpur, tentu aja biaya makan di Jakarta lebih murah. Di Kuala Lumpur makan di restoran murah mesti mengeluarkan uang sekitar 10 ringgit Malaysia atau Rp 34 ribuan.

Satu botol air mineral 330 mililiter dijual dengan harga 1,38 ringgit Malaysia atau Rp 4.778. Di Jakarta harga jualnya sekitar Rp 3.500.

Ternyata secara keseluruhan biaya hidup di Kuala Lumpur itu beda-beda tipis ya mahalnya dengan biaya hidup di Jakarta. Dan yang gak kalah mengejutkan adalah besaran gaji di Kuala Lumpur.

Katakanlah rata-rata gaji di Jakarta sekitar Rp 5 jutaan per bulan. Di Kuala Lumpur rata-rata besaran gajinya mencapai 4.248 ringgit Malaysia atau Rp 14 juta lho per bulan. Mengetahui ini sih siapa aja bakal kepincut kerja di sana. Kamu juga gak?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →