20 Makanan Buka Puasa ala Timur Tengah Ini Dijamin Menggoyang Lidah

makanan buka puasa

Di bulan Ramadan ini, kadang masih banyak orang bingung mau membuat atau membeli makanan buka puasa apa. Maklum, terkadang orang yang berpuasa suka merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Tentunya makanan yang kita lahap harus ada porsi untuk sayuran, lauk-pauk, juga nasi sebagai sumber karbohidrat. Kalau semuanya sudah ada, rasanya lengkap banget deh buka puasanya.

Kalau bosan, kalian bisa mencoba menu-menu baru, gak ada salahnya menjajal menu makanan dari negeri orang, seperti Timur Tengah.

Masakan Timur Tengah yang kaya rempah-rempah sangat cocok untuk disantap sebagai menu makanan buka puasa. Kalau gitu biar kamu gak bingung, berikut rekomendasinya:

Makanan ala Timur Tengah

Makanan ala Timur Tengah sangat kaya akan bumbu-bumbunya. Rempah-rempah lokal yang mereka campurkan ke dalam sajian bahkan sudah bisa dirasakan hanya dengan menciumnya.

Porsi yang pas juga memungkinkan banget untuk dijadikan santapan berbuka puasa.

1. Kari kambing

makanan buka puasa
Kari kambing makanan buka puasa (Shutterstock)

Sudah jelas sekali kalau menu satu ini asalnya dari Timur Tengah. Makanan berkuah yang memadukan kuah kari dengan bumbu rempah-rempah yang kuat, serta daging kambing empuk nan lezat.

Cocok banget untuk kamu jadikan makanan buka puasa. Biar kenyang, disantapnya sama nasi ya!

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

2. Nasi biryani

makanan buka puasa
Nasi biryani makanan buka puasa (Shutterstock)

Nasi biryani sudah seperti menu wajib di India, termasuk warga muslim India. Ketika Ramadan tiba, mereka menyuguhkan nasi biryani sebagai makanan buka puasa.

Hidangan ini merupakan olahan beras khas India, yang berbentuk panjang-panjang, kemudian dimasak dengan bumbu rempah-rempah, daging kambing empuk, dan susu kambing. Secara rasa sih mungkin gak terlalu beda jauh sama nasi kebuli.

3. Nasi kebuli

makanan buka puasa
Nasi kebuli makanan buka puasa (Shutterstock)

Nasi kebuli cara memasaknya hapir sama dengan biryani. Yaitu dengan mencampur nasi, bumbu rempah-rempah, dan daging kambing yang sangat empuk. Rasa rempah-rempahnya akan terasa lebih kuat ketimbang biryani.

Perbedaan antara keduanya adalah, nasi kebuli menggunakan beras yang sama layaknya seperti di Indonesia, tapi kalau nasi biryani menggunakan beras panjang. Selain itu, nasi kebuli juga terlihat lebih kuning pekat.

4. Nasi mandi

makanan buka puasa
Nasi mandi makanan buka puasa (Shutterstock)

Sama dengan nasi biryani, nasi mandi juga menggunakan beras basmati, yaitu beras berasal dari India yang bentuknya panjang-panjang.

Mandi secara tampilan dan rasa gak jauh beda sama kebuli dan biryani, lauknya pun juga sama, yaitu dengan daging kambing atau kerbau.

Yang khas dari masakan ini tentu teknik memasaknya yang ditanam langsung di tanah. Saat masakan jadi, bau rempah-rempah akan menyeruak dan menggugah selera makan. Dijamin, cocok banget untuk dijadikan makanan buka puasa.

5. Nasi kabsah

makanan buka puasa
Nasi kabsah makanan buka puasa (Shutterstock)

Kalau ini mungkin akan lebih mirip dengan nasi goreng di Indonesia. Karena dari tampilannya warnanya sedikit kecokelatan seperti dicampur kecap.

Padahal, nasi ini dibuat dengan bumbu-bumbu sederhana seperti tomat, cabai, dan tentunya rempah-rempah Timur Tengah yang menambah nafsu makan.

Untuk nasi kabsah, lauknya tidak dimasak berbarengan dengan nasi, tapi lauk seperti kambing atau ayam direbus terlebih dahulu, baru dihidangkan di atas nasi.

6. Gulai kambing

makanan buka puasa
Gulai kambing makanan buka puasa (Shutterstock)

Gulai kambing memang gak cuma ada di Indonesia, tapi ini juga jadi makanan khas Arab Saudi. Mungkin kalau ditelisik, gulai kambing yang ada di sini merupakan hasil dari persebaran budaya Arab.

Tampilannya pun sama, yaitu dengan irisan daging kambing yang dimasak berbarengan kuah santan dengan rempah-rempah yang kuat. Pas banget nih buat makanan buka puasa, disantap pakai nasi!

7. Kofta

makanan buka puasa
Kofta makanan buka puasa (Shutterstock)

Makanan yang satu ini bentuknya familiar dengan masyarakat Indonesia. Karena berbentuk bulat-bulat seperti bakso.

Bahan dasar untuk membuatnya juga sama, yaitu dengan daging, tapi kofta lebih sering menggunakan daging kambing dan domba, ada juga sih yang pakai sapi.

Bedanya lagi, kofta mengunakan kuah kari, bukan kuah kaldu. Maklum saja mangikuti kultur di Timur Tengah.

8. Maraq

makanan buka puasa
Maraq makanan buka puasa (Shutterstock)

Ini bisa dibilang sama dengan sup kambing, karena dasarnya mengunakan daging kambing plus sup panas.

Bedanya dengan sup kambing, kuah maraq tidak menggunakan santan, dan lebih bening berwarna kekuningan. Kalau dilihat dari jauh sih terlihat seperti kuah soto, tapi ditambah daging kambing.

9. Sup daging

makanan buka puasa
Sup daging makanan buka puasa (Shutterstock)

Kalau kamu mencari menu buka puasa berkuah, masakan inilah yang paling tepat.

Sup daging yang dimasak dengan kaldu serta rempah-rempah dijamin bisa bikin perutmu merasa puas setelah seharian berpuasa. Rasa rempah-rempahnya yang kuat juga dijamin melegakan tenggorokanmu.  

10. Shakshuka

makanan buka puasa
Shakshuka makanan buka puasa (Shutterstock)

Shakshuka merupakan makanan yang populer di Tunisia, Libya, hingga Israel. Makanan ini terbuat dari campuran, telur, tomat, cabai, sayur-sayuran, dan daging yang dimasak berbarengan. Rasanya yang agak pedas bikin gairah makan meningkat.

Tapi sepertinya makanan ini kurang cocok kalau disantap untuk makanan buka puasa. Karena gak baik juga setelah seharian perut kosong, tiba-tiba langsung diisi makanan pedas.

Takjil ala Timur Tengah

Gak cuma makanan berat aja nih, di Timur Tengah juga banyak tersedia menu camilan yang pas untuk mengganjal perut. Cocok banget untuk jadi kudapan awal, bagi kamu yang gak bisa langsung makan berat pas buka puasa.

11. Roti canai

makanan buka puasa
Roti canai makanan buka puasa (Shutterstock)

Roti canai merupakan roti khas India. Bentuknya pipih, seperti adonan pizza tapi rasanya tawar. Cocok banget untuk dijadikan cemilan makanan buka puasa.

Roti ini lebih lezat dimakan pakai kuah kari atau susu murni. Bisa juga kalau mau berkreasi dengan rasa manis tinggal dioles selai cokelat atau kacang.

12. Kebab

makanan buka puasa
Kebab makanan buka puasa (Shutterstock)

Makanan khas Turki ini sudah sangat familiar dengan lidah orang-orang di Indonesia. Kebab terdiri dari olahan daging sapi, kambing, atau ayam yang kemudian dicampur dengan sayur-sayuran serta saus mayonais dan digulung menggunakan roti tortilla.

Setelah digulung, kebab kembali dipanaskan di atas panggangan. Meski terbilang porsi seperti camilan, kalau makan satu buah kebab juga lumayan kenyang kok!

13. Sambosa

makanan buka puasa
Sambosa makanan buka puasa (Shutterstock)

Sambosa sekilas mirip martabak telor, tapi bentuknya segitiga. Camilan ini memiliki bahan pokok yaitu daging ayam atau kambing yang dicincang dan kemudian dimasak dengan rempah-rempah, kemudian dimasukkan ke dalam kulit tepung dan digoreng.

14. Shawarma

makanan buka puasa
Shawarma makanan buka puasa (Shutterstock)

Shawarma hampir sama dengan kebab, tapi yang membedakan rotinya sedikit lebih tipis. Isiannya biasanya daging sapi atau daging kambing kemudian dicampur dengan bawang bombai, tomat, seledri dan lain-lain.

Kamu bisa menyantapnya dengan pelengkap saus tomat atau sambal. Cocok banget buat kamu yang gak bisa makan makanan buka puasa berporsi besar.

15. Luqaimat

makanan buka puasa
Luqaimat makanan buka puasa (Shutterstock)

Camilan satu ini sudah menjadi makanan khas Bulan Ramadan di Arab Saudi. Rasanya manis, seperti roti manis, tapi bentuknya bulat kecil.

Biasanya saat dihidangkan, kue ini akan dilumuri dengan madu dan ditabur wijen. Cocok banget sebagai pendamping makanan buka puasa.

16. Mutabbaq

makanan buka puasa
Mutabbaq makanan buka puasa (Shutterstock)

Kalau kalian melihat makanan ini bentuknya sama persis dengan martabak telur. Terdiri dari kulit yang terbuat dari tepung, kemudian diisi dengan adonan telur, daging, tomat, cabai, bawang bombai.

Mengetahui bahan dasarnya, kalian pasti sudah bisa menerka-nerka seperti apa rasanya.

17. Tabouleh

makanan buka puasa
Tabouleh makanan buka puasa (Shutterstock)

Tabouleh merupakan saladnya khas Timur Tengah. Salad sayur ini sangat cocok untuk para vegetarian, isinya sayuran, tapi juga ada daun mint dan daun parsley. Biasanya ditambahi dengan air lemon agar rasanya menjadi segar.

18. Manakeesh

makanan buka puasa
Manakeesh makanan buka puasa (Shutterstock)

Makanan buka puasa yang satu ini cocok banget buat dimakan ramai-ramai, sebagai pembuka sebelum ke menu utama. Manakeesh memiliki bentuk dan adonan yang sama seperti pizza, tapi versi mininya.

Topping-nya juga sama, ada daging, keju, cabai, dan tentunya dengan rempah-rempah lokal. Yang membedakan dengan pizza adalah makanan ini menggunakan minyak zaitun serta biji wijen.

19. Kushari

makanan buka puasa
Kushari makanan buka puasa (Shutterstock)

Kushari merupakan makanan dari Mesir. Terbuat dari nasi, makaroni, serta toping-toping lain yang dimasak secara bersamaan. Rempah-rempahnya juga begitu kuat sehingga bisa meningkatkan gairah makan.

20. Katayef

makanan buka puasa
Katayef makanan buka puasa (Shutterstock)

Katayef memiliki bentuk yang sama dengan pastel, tapi rasanya manis. Isiannya adalah kacang, gula, kurma, atau keju. Lebih mantap lagi disantap dengan baluran sirup madu. Cocok banget dijadikan sebagai pembuka makanan buka puasa.

Itulah 20 makanan khas dari negara-negara di Timur Tengah. Semoga bisa memberikan referensi buat kamu yang bingung mau beli atau bikin makanan buka puasa. Rempah-rempahnya yang kuat dijamin bikin kamu ketagihan! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →