Pengin Hemat? Coba Deh Mulai Stop Beli Makanan dan Minuman Ini

Mempraktekkan hidup hemat ternyata gak sulit-sulit amat kok. Pasalnya, kamu bisa mulai dari hal-hal yang sederhana. Salah satunya adalah dengan cara menyiasati jenis makanan dan minuman yang kamu beli.

Tahukah kamu bahwa ada makanan dan minuman yang kalau kamu stop beli bakal menghemat uang kamu? Ayo, coba lihat lagi daftar belanjaan kamu bulan ini. Bila jenis makanan dan minuman, baik dalam bentuk bahan atau olahan berikut ini masih ada, sebaiknya pertimbangkan untuk tidak lagi membelinya di bulan depan.

1. Buah potong

Ini nih yang sering kali bikin pengeluaran tanpa disadari jadi lebih besar. Harga buah yang belum dipotong dan buah potong berbeda signifikan lho.

Misalnya aja nih, pepaya satu buah Rp 10 ribu namun kalau kamu beli dalam bentuk udah dipotong sama juga Rp 10 ribu. Namun, jumlah buah potong tersebut jauh lebih sedikit daripada yang utuh.

Di beberapa supermarket biasanya disediakan jasa potong buah dan dikenakan charge buat jasa tersebut. Jadi, lebih baik beli yang masih utuh dan potong sendiri buah tersebut di rumah, ketimbang kamu beli yang udah dipotong-potong.

Meski demikian gak selamanya buah potong jadi lebih mahal, lho. Kalau kamu tinggal sendiri tentu kurang bijaksana buat menyimpan buah dalam jumlah banyak dalam waktu lama. Nah, buah potong yang biasanya di-packaging adalah alternatif terbaik.

2. Dada ayam tanpa tulang

Kamu yang sering belanja di supermarket pasti gak asing lagi sama dada ayam tanpa tulang. Daging ayam tanpa tulang tersebut biasanya dibanderol sekitar Rp 20 ribuan bahkan Rp 30 ribuan. Itu pun kamu cuma dapat dua potong dada ayam.

Padahal kalau kamu beli daging ayam biasa, kamu bisa dapat Rp 20 ribuan sampai Rp 30 ribuan juga per kilogram. Bahkan, kalau mau tambah bayar sedikit lagi, kamu bisa dapat ayam satu ekor.

Kamu bisa simpan di freezer biar bisa kamu masak buat beberapa hari deh. Lumayan kan menghemat pengeluaran buat masak.

3. Salad kemasan

Asal tahu aja, harga salad kemasan, khususnya yang ada di supermarket bisa mencapai Rp 40 ribuan. Isi salad kemasan tersebut biasanya selada dan lain sebagainya.

Kalau kamu beli secara terpisah dan bikin sendiri sebenarnya kamu bisa hemat banget. Sebab, harga selada hanya belasan ribu aja per kilogram. Kamu cukup beli beberapa gram aja sih, gak harus satu kilogram gitu. Terus, kamu racik sendiri deh dengan sayuran lain.

Gak cuma hemat, salad yang kamu racik sendiri pun jauh lebih terjamin. Sebab, kamu bisa pantau kebersihannya.

4. Junk-food

Makna junk-food lebih sering diidentikkan dengan restoran cepat saji. Emang praktis sih buat makan di restoran cepat saji seperti restoran ayam, burger, dan sebagainya. Akan tetapi, harganya pun ternyata lebih mahal.

Coba deh hitung. Kamu beli paket ayam goreng dan nasi minimal Rp 30 ribuan termasuk pajak. Kalau makan di warteg, kamu bisa bayar setengah harga. Udah gitu kamu bisa menikmati makan sayuran. Minumnya air putih atau teh tawar yang bisa kamu dapat gratis.

Asyik, kan?

Tapi, sebaiknya pilih warteg yang cukup bersih dan ramai dikunjungi. Dengan gitu, makanan yang disajikan biasanya segar karena dimasak dan habis di hari yang sama.

5. Air mineral botol

Ini nih minuman yang sering kali gak sadar bikin kantor kamu bolong. Sebab, namanya haus pasti gak terbendung kan. Udah gitu, kita butuh banyak minum air putih setiap hari.

Nah, kalau kamu gak rajin bawa botol minuman sendiri dan sering beraktivitas atau bekerja di luar ruangan, maka air mineral botol biasanya jadi pilihan.

Harga air mineral botol pun gak murah-murah amat kalau ditotalkan. Contoh, kamu beli air mineral botol 600 ml dengan harga Rp 4 ribu. Kamu beli dua kali sehari jadi Rp 8 ribu. Total sebulan kamu keluarkan dana Rp 240 ribu.

Padahal buat beli air galon kamu cukup butuh Rp 20 ribu aja. Dalam sebulan, paling kamu butuh dua galon air, jadi total Rp 40 ribu aja.

Kalau kamu rajin bawa botol minuman sendiri, niscaya kamu gak perlu hamburkan Rp 200 ribuan tersebut buat minum air putih aja.

Sekarang udah lihat kan bahwa perbedaan makanan dan minuman dalam bentuk tertentu ternyata jauh lebih mahal. Jadi, mulai bulan depan atau minggu depan, yuk kurangi pengeluaran yang sebenarnya bisa dihemat ini!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →