Daftar Sumber Makanan Sehat Tanpa Cemas Kemahalan

Jenis Makanan Sehat untuk Anak

Ingin memiliki tubuh yang sehat dan prima, Anda dapat memulainya dengan mengubah kebiasaan makan. Mulailah makan makanan sehat yang dapat membuat tubuh tetap kuat dan bersemangat. 

Keuntungan lainnya, makan makanan sehat bisa membuat keuangan Anda sehat juga, lho. Hal ini karena makanan sehat cenderung membuat tubuh jauh lebih lama kenyang sehingga Anda tidak tergoda untuk banyak jajan cemilan.

Tips Makan Makanan Sehat Sesuai Bujet

Makanan Sehat Sesuai Bujet

Nyatanya tidak susah mendapatkan makanan sehat yang sesuai bujet. Anda dapat mencatat terlebih dahulu apa saja makanan sehat murah yang dijual di pasar tradisional dekat rumah. Namun jangan asal menulis daftar, ketahui juga kandungan dari makan tersebut agar meskipun murah, tubuh pun mendapat nutrisi yang cukup.

Misalnya, penting untuk membandingkan harga makanan yang ada di pasar. Misalnya, harga ayam per ekor Rp30 ribu bisa Anda ganti dengan membeli tempe satu papan Rp5.000 -Rp7.000.

Jenis-jenis Sumber Makanan Sehat

Jenis-jenis Sumber Makanan Sehat

Nah, untuk membantu Anda dalam memulai hidup sehat, mari cari tahu bagaimana cara mendapatkan makanan sehat yang sesuai bujet dan menu apa saja yang cocok untuk Anda makan.

Banyak sekali jenis makanan sehat murah yang dapat dipilih sebagai alternatif menu makan Anda. Menu-menu ini dapat dengan mudah dibeli di pasar tradisional dekat rumah. Mari ketahui apa saja menunya di bawah ini.

1. Kembang kol

Dibanding brokoli yang mahal, Anda dapat memilih kembang kol yang harganya lebih murah. Jika harga brokoli per kg Rp30 ribu, kembang kol bisa Anda dapatkan dengan harga Rp20 ribu per kg.

Kandungan yang ada pada kembang kol pun tidak kalah dengan brokoli. Satu bonggol kembang kol kaya akan kandungan serat yang  bisa membuat Anda kenyang lebih lama, lho.

2. Kacang polong

Ingin membeli daging, apa daya bujet tidak mencukupi. Anda tidak perlu khawatir apabila bujet Anda kurang untuk membeli daging, Anda dapat menggantinya dengan kacang polong yang kandungan proteinnya pun tidak kalah tinggi.

Jika harga daging sapi 0.5 kg sekitar Rp60 ribu, maka Anda bisa menggantinya dengan kacang polong seharga Rp20 ribu per 0.5 kg.

3. Ikan lele

Salmon memang identik dengan kelompok makanan yang bergizi tinggi, namun harganya yang mahal mungkin akan membuat Anda harus berpikir dua kali untuk membelinya. Khusus hal ini, Anda bisa menggantinya dengan ikan lele, lho.

Ikan lele nyatanya memiliki kandungan asam lemak seperti omega 3 dan omega 6 yang tidak kalah dengan salmon. Kalau harga salmon mencapai Rp180 ribu per kg, ikan lele cuma Rp20 ribu – Rp25 ribu per kg.

4. Tempe dan Tahu

Bujet buat beli ayam kurang, coba deh ganti dengan tempe dan tahu. Tempe dan tahu mengandung protein dan asam amino yang tidak kalah baik untuk tubuh.

Tempe dan tahu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari dibuat nugget, satai, bahkan burger, lho. Nah, untuk harga pun sangat murah, yaitu sekitar Rp5.000 – Rp10.000.

5. Jamur

Tidak hanya kacang-kacangan saja yang dapat Anda pakai sebagai pengganti daging, jamur pun dapat Anda pergunakan. Jamur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan mengandung nutrisi lainnya seperti kalsium dan karbohidrat.

Jika biasanya Anda membeli 0.5 kg daging sapi seharga Rp60 ribu, maka jamur bisa Anda dapatkan cukup dengan harga Rp20 ribu per 0.5 kg.

Kini Anda sudah paham pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Harganya pun tidak selamanya mahal. Selama ada niat, maka Anda bisa mendapatkan makanan sehat yang murah dan mudah. Jadi tunggu apa lagi, mari kita ikuti tips di atas dan bikin hidup jauh lebih sehat.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →