Tokcer Habis! Pakai Cara Ini Bikin Keuangan Pribadi Makin Maksimal Lho

Keuangan pribadi itu perlu banget dijaga kondisinya. Sebab kalau sampai memburuk, kamu bakal rugi nantinya. Emangnya kamu mau setiap bulan tekor melulu? Kalau hal tersebut sampai terjadi, itu pertanda dari gak beresnya keuangan kamu tuh.

Lalu, apa yang mesti dilakukan agar kondisi keuangan pribadi tetap prima? Gampang kok. Kamu bisa memulainya dengan memiliki rencana keuangan yang baik. Punya rencana keuangan yang baik bisa memberi efek positif buat kondisi keuangan.

Menyusun rencana keuangan yang baik dapat dilakukan dengan memanfaatkan formula 50/30/20. Formula ini kalau diterapkan dijamin bikin kondisi keuangan tetap oke lho.

Seperti yang pernah Moneysmart.id ulas sebelum-sebelumnya, formula ini mengarahkan kamu untuk alokasikan 50 persen gaji buat kebutuhan rutin bulanan, 30 persen buat kebutuhan pribadi atau bayar utang, serta 20 persen buat dana darurat, asuransi, dan investasi.

Selain dengan formula di atas, ada beberapa cara lain yang kudu kamu tahu nih. Pokoknya, pakai cara-cara ini bisa maksimalkan keuangan pribadi kamu deh. Apa aja caranya? Yuk, disimak seperti yang dikutip dari Forbes.

Baca juga: Atur Keuangan Pribadi dengan 5 Tips Simpel Ini Biar Dompet Tebal

1. Manfaatkan promo kartu kredit dan bayar tagihan tanpa kena bunga

Gunakan dan manfaatkan segala promo kartu kredit buat mengatur keuangan mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cukup banyak promo yang ditawarkan para penerbit kartu kredit. Memanfaatkannya bisa bantu kamu dalam maksimalkan keuangan pribadi.

Seperti yang mungkin udah kamu tahu, promo-promo yang ditawarkan kartu kredit itu bermacam-macam. Mulai dari diskon, cashback, rewards, hingga program cicilan bunga 0 persen.

Promo-promo yang tersedia bisa digunakan buat belanja, makan di restoran, pemesanan tiket, hingga pemesanan penginapan. Tinggal dipilih aja mana yang lagi kamu butuhkan.

Agar gak kebablasan, batasi transaksi kartu sebesar 30 persen dari gajimu. Jangan batasi menurut limit kartu. Hal ini bertujuan supaya keuangan kamu gak terbebani.

Terus biasakan setiap menerima billing statement, langsung bayar full tagihan walaupun belum jatuh tempo. Dengan begitu, kamu bisa bebas dari beban bunga kartu.

Baca juga: Jangan Remehkan Mengatur Keuangan Pribadi kalau Gak Mau Masa Depan Suram

2. Manfaatkan layanan digital banking bisa bikin saldo naik tanpa banyak embel-embel biaya

Manfaatkan layanan digital banking bisa bikin saldo naik tanpa banyak embel-embel biaya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perkembangan teknologi yang kian pesat melahirkan apa yang kini dikenal sebagai digital banking. Sejauh ini di Indonesia, baru dua bank yang secara serius menyediakan layanan digital banking, yaitu Bank DBS dengan Digibank dan BTPN dengan Jenius.

Beberapa manfaat dari digital banking inilah yang sebaiknya kamu ambil buat memaksimalkan keuangan kamu. Mulai dari tawaran bunga tabungan atau deposito yang tinggi hingga promo-promo transaksi.

Ini masih ditambah ketiadaan biaya-biaya yang selama ini dikenakan karena punya rekening bank. Gak ada yang namanya biaya administrasi hingga gak ada biaya transaksi. Enaknya lagi nih limit transfer lebih dari transfer di ATM lho.

Makanya mumpung ada layanan digital banking, segera deh manfaatkan. Kamu bisa maksimalkan dana darurat dengan menyimpannya di akun digital banking.

Kalau punya dana lebih, simpan aja di depositonya. Dijamin memanfaatkan layanan digital banking bikin keuangan pribadi makin sehat.

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

3. Dapatkan proteksi berharga murah dengan beli asuransi online

Dapatkan proteksi berharga murah dengan beli asuransi online, (Ilustrasi/Shutterstock).

Asuransi itu penting perannya buat memproteksi keuangan. Cukup membayar premi maka kamu udah terlindungi dan bisa menerima manfaat saat terjadi hal-hal yang berisiko merugikan keuangan kamu.

Apalagi sekarang ini mendapatkan asuransi itu gampang banget lho. Kamu bisa mendapatkannya secara online. Terus nih kadang-kadang ada promo menarik semisal pemberian diskon premi.

Lagian beli asuransi online itu lebih praktis dan efisien lho. Cukup buka situs agregator produk keuangan. Lalu pilih produk asuransi yang pengin diajukan. Kemudian isi form yang tersedia dan selesai. Mudah banget, kan?

Nah, itu tadi cara-cara yang efektif buat maksimalkan keuangan. Tinggal diterapkan aja dan rasakan manfaatnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)