Malah Bikin Rugi, Ini 4 Cara Hemat yang Gak Banget Buat Diterapin

Biasanya, orang yang menyadari bahwa dirinya boros dalam membelanjakan penghasilan, bakal punya niat untuk mulai berhemat. Kemudian, ketika mendapatkan tips gimana caranya berhemat, mereka pun akan mulai mempraktekkannya. Tapi, gak jarang cara hemat yang dipakai justru bikin tersiksa.

Namanya berhemat pasti kamu dihadapkan dengan batasan-batasan yang gak boleh dilanggar. Dengan tetap berada pada batasan-batasan tersebut, niscaya uang kamu bakal awet alias minim pengeluaran.

Cuma ada lho yang justru merasa nyesek karena cara hemat yang diterapkan. Kalau udah begitu sih, biasanya ada yang salah dalam memandang konsep hemat itu sendiri. Padahal, hemat itu gak semuanya mesti dibatasi seminim-minimnya.

Nah, kali ini MoneySmart mau bahas cara-cara hemat yang bikin kamu tersiksa. Jangan sampai deh cara-cara ini kamu terapkan dalam hidupmu. Bisa-bisa kamu yang rugi nanti.

1. Milih gak sarapan

cara hemat
Sarapan (ezvelo)

Biasanya ada nih yang gak sarapan bukan karena malas, melainkan pengin hemat. Asal tahu aja nih, cara hemat yang satu ini jelas merugikan. Soalnya, mengabaikan sarapan sama aj dengan cari penyakit. Emangnya kamu mau terkapar di rumah sakit gara-gara alasan hemat?

Kalau benar-benar sampai masuk rumah sakit, itu berarti cara hemat ini benar-benar gak menguntungkan buat kamu. Soalnya selama dirawat di rumah sakit, kamu justru mengeluarkan uang. Jumlahnya pun gak sedikit lho walaupun pengobatan ditanggung asuransi atau BPJS.

2. Mie instan jadi menu makan malam

cara hemat
Mi instan (justataste)

Ini sih mirip-mirip dengan cara nomor satu barusan. Kalau menerapkan cara ini sih ujung-ujungnya bisa masuk ke rumah sakit juga. Gimana gak? Soalnya tiap malam kamu makannya cuma mie instan.

Dihitung-hitung, makan mie instan emang hemat. Wong modalnya gak sampai Rp 5.000 kok. Tapi nih akibatnya ampun-ampun deh. Tiap hari makan mie instan, kamu bisa-bisa mengalami gangguan pencernaan. Malahan nih, kamu bisa berada di meja operasi karena usus buntumu bermasalah.

3. Handphone gak ganti meski ketinggalan zaman

cara hemat
HP jadul (businessinsider)

Hari gini masih pakai handphone jadul? Wah, dijamin kamu rugi banget deh. Teknologi kian canggih dan perkembangan informasi kian pesat, eh kamu justru gak bisa mengikuti. Cuma gara-gara kamu ogah upgrade handphone demi penghematan.

Setuju deh, kalau handphone selalu ada aja yang baru jadi mau diikutin beli gak ada habisnya. Boleh-boleh aja sih punya pandangan tersebut biar bisa hemat. Cuma coba dipikir-pikir deh, apakah cara hemat kayak gitu gak bakal bikin kamu rugi?

Simpelnya aja, kamu bakal ketinggalan banyak informasi karena buat mengakses internet lewat handphone kamu aja lamban. Sekarang ini, belajar aja bisa lewat handphone lho. Namun, mustahil rasanya belajar seandainya handphone kamu gak mumpuni.

4. Selalu pilih barang serba murah saat belanja

cara hemat
Belanja murah (culversquare)

Punya pertimbangan ini emang bagus. Soalnya ini cara hemat yang langsung dipikirkan banyak orang. Namun, lihat-lihat juga dong barang apa yang mau dibeli. Belanja cuma karena mementingkan harganya yang murah gak selamanya baik buat dirimu lho.

Bayangin aja nih. Ada dua barang, yang satu murah, yang satu mahal. Yang mahal kualitasnya bagus, sementara yang murah, kualitasnya ya gitu deh.

Karena tergoda harganya, kamu jadinya memilih barang dengan harga murah. Kamu gak sadar kalau barang murah itu rata-rata gak lama lho umurnya.

Dihitung-hitung, kamu dijamin rugi deh beli barang murah. Soalnya begitu rusak, kamu beli lagi. Rusak, beli lagi. Rusak, beli lagi. Ya gitu aja terus.

Kamu tentu udah sering dengar kalimat ini: “Ada harga, ada kualitas”. Mendingan beli barang sedikit lebih mahal, tapi awet, daripada beli barang murah, terus cepat ganti. Benar begitu, bukan?

Nah, itu tadi empat cara hemat yang sebaiknya kamu hindari walaupun bisa bikin uangmu utuh di akhir bulan. Bukannya apa-apa. Konsekuensi yang ditimbulkan dari cara-cara hemat tersebut malah menimbulkan kerugian, dan nilai kerugiannya kadang-kadang gak sedikit lho.

Semoga informasi di atas berguna buat kamu yang lagi jalani program penghematan!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →