Christian Sugiono, Artis Anti-Mainstream yang Pelopori Startup

Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)

Kamu pasti tahu dong Christian Sugiono? Sempat dengar juga startup media online bernama Malesbanget, kan ya?

Bisa dibilang Christian Sugiono jadi salah satu artis yang mempelopori startup. Kemudian, dia pun jadi salah satu artis yang pertama kali terjun ke dunia startup. Salah satunya ya lewat portal online MalesBanget.

Padahal asal tahu aja, pria kelahiran 1981 tersebut sempat putus kuliah dan bahkan pernah bekerja sebagai tukang cuci piring.

Baca Juga: Jadi Artis Terkaya, Ini Perjalanan Karier Raffi Ahmad

Sempat jadi tukang cuci piring di negeri orang

Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)
Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)

Tian, demikian bintang berdarah Jerman tersebut sering disapa. Ia sempat berkuliah di Jerman. Dari tahun 2000 sampai 2006. Pria bertinggi badan 184 cm tersebut tinggal di kota Hamburg. Di sana dia berkuliah di Technische Universität Hamburg jurusan Teknologi Informasi.

Di sana, sembari kuliah, Christian Sugiono sempat menggeluti profesi tukang cuci piring. Gak cuma itu, di restoran tempat dia bekerja, dia juga mencoba profesi kasir dan juru masak.

Bisa dibilang, pengalamannya di Jerman menempa Christian Sugiono buat tak segan memulai usaha dari bawah di Indonesia. Skillnya di bidang teknologi, dikombinasikan dengan pengalaman kerja keras untuk bertahan hidup di Jerman membuatnya sukses menjalankan usaha.

Sebelum tinggal di Jerman, Tian menempuh pendidikan di Indonesia. Masa SMA dia habiskan di SMU Pangudi Luhur, Jakarta Selatan. Tian aktif di organisasi. Salah satu adalah jadi ketua OSIS sekolah tersebut dari tahun 1998 sampai 1999. Selain berorganisasi, Tian juga merupakan anggota band dan jago memainkan alat musik seperti drum, bass, gitar, dan piano.

Band yang ia bentuk bersama rekan-rekannya dan diberi nama Foto sempat menduduki peringkat chart program radio Prambors, Indie Lapan. Sayangnya, saat Tian melanjutkan pendidikan di Jerman, dia berhenti dari band tersebut.

Baca Juga: Ini Deretan Pesulap dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

Memiliki passion di bidang teknologi hingga bikin MalesBanget

Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)
Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)

Bisa dibilang, passion Christian Sugiono di bidang teknologi udah terlihat sejak dia berusia remaja. Terbukti, dia mengambil kuliah jurusan Teknologi Informasi.

Gak cuma ambil kuliah di bidang teknologi, Christian pun sangat serius menggeluti bidang tersebut. Salah satu langkah awal yang dia lakukan adalah membangun portal bernama MalesBanget bersama beberapa rekannya.

Portal yang sedari awal didesain dengan jokes-jokes buat pria dewasa tersebut memang sempat vakum sekitar tahun 2000-an. Kemudian, beberapa tahun belakangan ini kembali dihidupkan. Bahkan, portal tersebut berhasil lakukan ekspansi ke Youtube dengan hadirkan berbagai program acara.

Bakat Christian Sugiono di bidang teknologi pun terlihat dari berbagai aksi yang dia usung. Pria kelahiran ibukota Indonesia tersebut aktif berkampanye buat Wikipedia Indonesia. Kemudian, dia juga sering didapuk jadi pembicara buat kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Bahkan, Christian digandeng buat jadi brand ambassador buat merek teknologi ternama seperti Microsoft Indonesia dan Samsung Indonesia. Tian juga sempat tampil di iklan HP atau Hewlett Packard di tahun 2008.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca Juga: Baru 26 Tahun, Rapper Ini Sudah Hasilkan Ratusan Miliar dalam Setahun

Berkarier sebagai artis dan sukses bintangi belasan film dan sinetron

Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)
Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)

Sementara itu, karier Christian Sugiono di entertainment bisa dibilang cukup panjang. Dia sempat jadi anak band sembari bersekolah. Nah, ternyata selain jadi anak band, suami Titi Kamal tersebut juga udah muncul di majalah sejak tahun 1997 di mana dia masih duduk di bangku SMA.

Dari situ, Christian pun sempat melakoni profesi di bidang fesyen. Kemudian, saat dia kembali dari Jerman, Tian pun semakin serius terjun ke dunia entertaiment. Debut awal dia sebagai aktor ditandai lewat film berjudul Catatan Akhir Sekolah di tahun 2005. Kemudian, kesuksesan awal yang bikin namanya makin dikenal adalah saat bermain di film Jomblo bersama Ringgo Agus Rahman.

Tahun 2007, Tian pun sempat berakting buat film produksi Malaysia berjudul Tipu Kanan Tipu Kiri. Di sana dia beradu akting dengan Titi Kamal sebelum menikah. Film tersebut didistribusikan di negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Christian Sugiono pun kian melebarkan sayapnya di ranah hiburan dengan berakting di beberapa judul sinetron. Masyarakat awam pun semakin kenal nama Tian. Tian memulai karier di sinetron berjudul Pengantin Remaja di tahun 2006. Kemudian, di tahun-tahun selanjutnya dia bermain di sinetron Ratu, Kasih, Alisa, dan masih banyak lagi.

Popularitasnya di dunia film dan sinetron pun bikin pendiri MalesBanget tersebut laris-manis buat jadi bintang iklan dan video klip musik. Gak cuma promosi produk teknologi, iklan Tian yang mungkin paling diingat orang adalah saat membintangi produk pasta gigi. Kemudian, dia juga sempat jadi model video musik seperti lagu Ari Lasso berjudul Arti Cinta dan video musik Melly Goeslaw berjudul Gantung.

Bisa dibilang, Christian Sugiono minim sensasi di dunia hiburan. Malah, dia pintar memanfaatkan popularitasnya buat mengepakkan sayap ke bidang lain dan menambah pundi-pundi rupiahnya.

Kini bangun bisnis di berbagai sektor bersama sang istri

Inspirasi dari Christian Sugiono pendiri Malesbanget. (Instagram/@csugiono)

Kini, Christian Sugiono terbilang aktif berbisnis. Bahkan, dirinya lebih aktif di bisnis ketimbang kegiatan di dunia hiburan. Bersama sang istri, Tian menggeluti berbagai sektor usaha.

Di dunia startup, nama Christian Sugiono terbilang moncer. Sukses lewat portal MalesBanget meski sempat vakum, Tian juga membangun biro jodoh online bernama Setipe.

Di luar bidang teknologi, Tian bersama istri sukses di bisnis kuliner, kecantikan, dan properti. Terbukti beragam brand mereka dikenal oleh masyarakat umum. Contoh, Christian Sugiono dan istri membangun restoran bernama Warung Tekko. Kamu pasti tahu kan restoran masakan Indonesia yang memiliki menu khas iga tersebut?

Tian dan Titi Kamal juga membangun vila di Bali bernama Vila De Sugi yang disewakan Rp 2 juta per malam. Ada pula produk kue kekinian, salon, dan bisnis katering yang udah lama digeluti.

Gak heran deh kalau pasangan ini bisa punya rumah mewah dan beberapa kendaraan mewah. Sepak terjang karier Christian Sugiono dibantu pula oleh sang istri.

Dari perantau di negeri orang dan pernah bekerja jadi tukang cuci piring, siapa sangka Christian Sugiono kini dikenal masyarakat Indonesia. Kemudian, dia pun terjun di berbagai sektor bisnis. Perjalanan hidup Christian Sugiono di atas bisa jadi inspirasi buat kamu yang pengin sukses di berbagai bidang. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →