Management Trainee: Gaji hingga 10 Alasan Favorit Fresh Graduate

Management Trainee

Management trainee atau MT sering menjadi buah bibir di kalangan fresh graduate. Sebagian kalangan menganggap bahwa posisi tersebut menyediakan jenjang karier yang cemerlang serta gaji sangat cukup untuk bekal masa depan.

Boleh saja menganggap hal tersebut benar atau salah. Pasalnya nih perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan ini memiliki kebijakan, sistem dan peraturannya masing-masing.

Tujuannya sudah pasti mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten dan mampu bekerja secara efisien serta berkontribusi besar atas pertumbuhan perusahaan. Nah gak heran nih kalau posisi yang satu ini banyak dicari oleh para fresh graduate, kamu salah satunya?

Namun gak sedikit juga orang juga yang justru menghindari jabatan tersebut karena dianggap menggantung karier pegawai atau bahkan karena belum mengerti sepenuhnya mengenai posisi tersebut.

 

Nah kalau kamu salah satunya, langsung aja yuk kita simak ulasan lengkap mengenai posisi management trainee berikut ini:

 

Apa sih management trainee itu?

Memilih menjadi MT juga bisa lho kamu pilih
Jadi MT bisa kamu pilih sebagai jenjang karier bagi lulusan ilmu politik, (Shutterstock).

Management trainee adalah posisi yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk mencari pegawai muda terampil, optimal sesuai dengan keahlian dan kemampuan. Jadi dalam durasi sekitar 1 hingga 2 tahun, fresh graduate akan ditempatkan pada beberapa divisi.

Lalu setelah hasil evaluasi kerja keluar, maka akan terlihat di posisi mana seorang pegawai tersebut cocok untuk ditempatkan. Umumnya dalam durasi 1 sampai 2 tahun masa pembelajaran tersebut status seorang fresh graduate masih kontrak. Barulah akan jelas statusnya apabila sudah melalui masa tersebut, apakah dilanjutkan sebagai pegawai tetap atau justru tidak diperpanjang.

Meskipun masih berstatuskan sebagai pegawai kontrak, gak sedikit perusahaan yang berani membayar tinggi seorang MT lho! Alasannya karena para kandidat tersebut berpotensi menjadi pemimpin dalam durasi waktu yang relatif singkat kedepannya.

Hal Ini juga berhubungan langsung dengan jenjang karier yang tergolong baik dan lebih cepat dibandingkan kamu melamar kerja di posisi tertentu. Gimana, mulai tertarik?

 

10 alasan management trainee jadi favorit fresh graduate

Fresh Graduated coba posisi Management Trainee (Pexels).
Fresh Graduated coba posisi Management Trainee (Pexels).

Dengan penjelasan di atas, maka gak aneh jika para angkatan kerja yang baru lulus dari bangku perguruan tinggi banyak mengincar posisi tersebut. Berikut ini adalah 10 alasannya:

 

1.       Jenjang karier yang baik dan jelas

Alasan utama kenapa MT banyak dipilih oleh para lulusan muda adalah jenjang kariernya yang menjanjikan. Apabila kamu lulus dalam masa pembelajaran atau kontrak, kemungkinan besar sudah bisa mencapai level supervisor atau bahkan manajer.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

2.       Gaji yang relatif tinggi

Semakin tinggi tanggung jawab yang kamu miliki tentunya semakin tinggi pula yang bakal didapatkan oleh seorang karyawan. Kalau dalam masa pembelajaran saja upah kamu udah relatif banyak, gimana kalau udah jadi pegawai tetap?

 

3.       Dapat diikuti hampir semua jurusan pendidikan

Beberapa perusahaan membuka lowongan pekerjaan sebagai management trainee tanpa melihat latar belakang pendidikan yang dimiliki seorang angkatan kerja. Lulus atau gaknya seorang kandidat bisa dilihat dari skor psikotes serta wawancara yang bakal dihadapi jika lolos ke tahap selanjutnya.

 

4.       Bergengsi di mata masyarakat

Posisi MT bisa dibilang cukup bergengsi di mata masyarakat karena lowongan tersebut dibuka oleh beberapa perusahaan multinasional seperti Unilever, Danone hingga Coca-Cola.

 

5.       Tunjangan yang lumayan banyak

Bukan cuma gaji yang relatif tinggi, kamu juga mendapatkan tunjangan yang banyak seperti transportasi dan makan selama menjalani ikatan dinas.

 

6.       Bisa mencari lowongan pekerjaan lain lebih mudah

Segelintir orang mengeluhkan mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan lainnya karena berbagai faktor. Namun kalau kamu udah pernah mengikuti program management trainee bakal cenderung lebih mudah karena memiliki soft skill dan hard skill yang baik.

 

7.       Mengajarkan nilai kepemimpinan

Pada proses pembelajaran 1 hingga 2 tahun pertama, kamu gak hanya diajarkan tentang ilmu di bidang pekerjaan aja. Nantinya kamu juga akan diasah kemampuan leadershipnya karena menjadi calon pimpinan di masa depan.

 

8.       Memiliki banyak pengalaman

Alasan kedepalan kenapa fresh graduate memilih MT sebagai posisi favoritnya adalah memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang. Ini sangkutannya dengan proses pembelajaran yang bakal diikuti di beberapa divisi selama 1 sampai 2 tahun.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

9.       Jadi incaran headhunter

Punya keterkaitan dengan nomor 6, bukan hanya kamu saja yang mudah mencari pekerjaan, justru kebanyakan dicari oleh perusahaan lain melalui jasa headhunter. Biasanya para headhunter mencari seorang kandidat melalui media sosial Linkedin. Jadi pastikan kamu memiliki akunnya, ya!

 

10.   Bekerja sesuai dengan minat dan keahlian

Alasan terakhir kenapa banyak fresh graduate memilih posisi MT adalah pekerjaan yang dijalani nantinya bisa sesuai dengan minat dan keahlian. Minat tersebut bisa dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan setiap periode tertentu.

 

Daftar lowongan management trainee dari berbagai perusahaan

Agar tak terjebak lowongan kerja palsu, sebaiknya cari pekerjaan di situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia.
Agar tak terjebak lowongan kerja palsu, sebaiknya cari pekerjaan di situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia.

Saking menjamurnya posisi ini dalam beberapa dekade terakhir, banyak perusahaan besar di Tanah Air yang membuka lowongan ini.  Namun beberapa perusahaan ini melabeli posisi MT dengan nama program tertentu sesuai kebijakan korporasi, namun secara operasional sangat mirip. Berikut ini adalah daftar perusahaannya

 

No Nama perusahaan
1 PT. Bank Central Asia
2 PT. Bank Mandiri (Persero)
3 PT. Bank Negara Indonesia (Persero)
4 PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)
5 PT. Bank UOB Indonesia
6 PT. Unilever Indonesia Tbk
7 PT. Indofood CBP Sukses Makmur
8 PT. Danone Indonesia
9 PT. Nutrifood Indonesia
10 PT. Coca Cola Amatil Indonesia
11 PT. Trans Retail Indonesia
12 PT. Lion Super Indo
13 PT. LOTTE Shopping Indonesia
14 PT. Indomarco Prismatama
15 PT. Kawan Lama Sejahtera
16 PT. Richeese Kuliner Indonesia
17 PT. Mitra Adi Perkasa
18 PT. Fast Retailing Indonesia
19 PT. Rekso Nasional Food
20 PT. PT Federal International Finance (FIF Group)

 

Itulah 20 perusahaan di Indonesia yang membuka lowongan MT berdasarkan informasi dari situs lowongan pekerjaan. Kamu bisa mencoba memilihnya nih, kira-kira mana yang cocok sama passion serta keahlian.

 

Gaji management trainee

Gaji fresh graduate
Gaji fresh graduate

Sebetulnya gak ada angka pasti berapa gaji yang didapatkan oleh posisi MT. Namun jika bisa diberi rentang nominalnya berkisar di angka Rp 5 jutaan hingga Rp 15 jutaan. Gaji yang diterima juga tergantung dengan berbagai macam faktor seperti tingkat kesulitan proses rekrutmen, jobdesk yang dimiliki dan besar kecilnya suatu perusahaan.

Setelah lulus dari proses MT dan ditetapkan sebagai pegawai tetap, kemungkinan nominal gaji yang didapatkan bisa lebih dari itu. Belum lagi ditambah tunjangan bila ditugaskan ke luar kota.

Tugas pokok Management Trainee

Sales mobil (Shutterstock).
Sales mobil (Shutterstock).

 

Biasanya, gak ada tugas pokok MT yang sama persis dan spesifik antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya karena tergantung industri yang dijalani dan divisinya. Namun kalau bisa dijabarkan, terdapat 5 tugas pokok dari jabatan ini yakni:

 

  •         Menyelesaikan pelatihan selama 1 atau 2 tahun
  •         Menuntaskan tugas pokok yang udah ditentukan perusahaan
  •         Berkontribusi dalam perkembangan lini bisnis perusahaan
  •         Memberikan hasil laporan atau analisa kepada manajemen
  •         Meningkatkan penjualan produk atau jasa

 

Itulah 5 tugas pokok yang secara umum akan dikerjakan oleh seorang MT.

 

Kekurangan posisi Management Trainee

Kelebihan dan kekurangan berutang (Shutterstock).
Kelebihan dan kekurangan (Shutterstock).

 

Setiap pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masih-masing. Kalau tadi kita udah menyimak tentang kelebihannya, maka sekarang ada beberapa poin kekurangan yang harus kamu ketahui jika memilih posisi MT.

 

  •         Terikat ikatan dinas selama kontrak
  •         Terkena denda apabila resign sebelum masa kontrak habis
  •         Intensitas pekerjaan yang relatif padat
  •         Bersedia kerja di luar kota
  •         Beberapa perusahaan masih ada yang menjaminkan ijazah sebagai barang jaminan

 

Nah itulah ulasan lengkap mengenai management trainee yang wajib kamu ketahui. Kalau pengin mencoba jabatan tersebut semata-mata karena gaji yang tinggi sebaiknya dipikir lagi deh! Sebab yang namanya uang itu bisa dicari. Akan percuma jika punya gaji yang gede tapi pengelolaannya masih belum baik. (Editor: Mahardian Prawira)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →