Mandiri E-Cash Ganti Nama LinkAja, Ini Layanan dan Fiturnya

linkaja mandiri

Mandiri e-cash adalah layanan dari Bank Mandiri yang mengedepankan gagasan penggunaan uang tunai dalam bentuk digital melalui perangkat elektronik, seperti ponsel dan komputer. Sejak 31 Maret 2019, Mandiri e-cash telah berganti nama menjadi LinkAja. 

Mandiri E-Cash

LinkAja merupakan produk financial technology (fintech) yang dibentuk oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Telkomsel, Pertamina, dan Asuransi Jiwasraya. Dengan porsi saham sebesar 25% dimiliki Telkomsel, BRI sebesar 20%, Bank Mandiri sebesar 20%, BNI sebesar 20%, Bank BTN sebesar 7%, Pertamina sebesar 7%, dan Asuransi Jiwasraya sebesar 1%.

Pembentukan LinkAja ditujukan memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat saat melakukan transaksi keuangan. Dengan begitu masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan transaksi keuangan apa pun. 

Produk LinkAja langsung dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara. LinkAja memberikan layanan seperti pembayaran listrik, PDAM, BPJS, dan internet. LinkAja juga bisa digunakan untuk transaksi di Pertamina, pembayaran moda transportasi, kirim uang hingga belanja online. 

Demi memperoleh layanan LinkAja, pengguna harus menjadi nasabah Bank Mandiri atau bank BUMN lainnya. Pengguna juga bisa datang langsung ke gerai minimarket maupun Grapari yang dimiliki oleh Telkomsel. 

Jenis-jenis Keanggotaan LinkAja

Jenis-jenis Keanggotaan LinkAja

Aplikasi Linkaja memiliki beberapa jenis akun pengguna, yakni layanan Basic Service dan Full Service. Berikut penjelasannya.

1. Basic Service

Buat kalian yang pemula menggunakan aplikasi LinkAja, maka masuk dalam Basic Service. Pada layanan ini, saldo maksimumnya sebesar Rp2 juta dan bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti belanja online, bayar di merchant, serta bayar dan beli hanya lewat ponsel.

2. Full Service 

Jika kalian menggunakan layanan LinkAja Full Service, maka saldo maksimum di aplikasi lebih besar, yakni mencapai Rp10 juta untuk keuntungan yang hampir sama, yaitu belanja online, bayar dan beli lewat ponsel, kirim uang, tarik saldo, hingga pembayaran di merchant yang sudah bekerjasama dengan LinkAja. 

Ketika ingin memperoleh layanan Full Service dari LinkAja, kalian cukup kunjungi GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli, seperti KTP, SIM atau Paspor. 

Cara Mendapatan dan Mengisi Saldo LinkAja

Cara Mendapatan dan Mengisi Saldo LinkAja

Demi memperoleh LinkAja, kalian hanya perlu menginstalasi aplikasinya lewat Play Store maupun App Store. Setelah itu, kalian harus melakukan registrasi dengan mendaftarkan nomor ponsel pribadi dan membuat personal identification number (PIN) rahasia di LinkAja. Kemudian, kalian bisa menggunakan aplikasi LinkAja dengan mengisi saldo terlebih dahulu.

Setelah memperoleh aplikasi LinkAja, kalian bisa melakukan isi saldo dengan empat cara.

Transfer bank

Untuk mengisi saldo di LinkAja, pengguna bisa melakukannya lewat bank dengan melalui sms banking, internet banking, maupun mobile banking. Bank yang kalian bisa gunakan adalah Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. 

Sebagai contoh, melalui ATM Bank Mandiri, pengguna bisa mengisi saldo dengan cara:

  • Memasukkan kartu ATM Mandiri dan ketikkan PIN untuk masuk ke halaman utama. 
  • Lalu pilih Menu Lain, lalu Uang Elektronik, dan memilih LinkAja. 

Pengguna akan diminta memasukkan nomor ponsel pribadi yang digunakan di LinkAja, dengan diikuti nominal top up dan sumber dana transaksi. Pada tahap terakhirnya, biasanya pengguna akan diminta konfirmasi PIN kembali. 

Jika kalian adalah nasabah bank BUMN atau Himbara, maka tidak akan dikenakan biaya administrasi pada saat mengisi saldo atau top up. 

GraPari Telkomsel

Pada saat mendatangi GraPari milik Telkomsel, kalian tidak perlu bingung untuk melakukan isi saldo atau top up LinkAja. Karena kalian hanya perlu menghampiri petugas dan menyebutkan nominal dana yang akan diisi.

Bukan hanya itu, beberapa GraPari Telkomsel juga menyediakan mesin KIOSK LinkAja. Lewat mesin itu, pengguna bisa dimudahkan untuk melakukan top up LinkAja.  Untuk top up LinkAja lewat KIOSK, pengguna bisa menggunakan metode stiker tap LinkAja (NFC), QR Code dan nomor ponsel (MSISDN). 

Setelah memilih metode dan bahasa yang digunakan, maka kalian harus pilih Setor Tunai, lalu masukkan nominal dan uangnya ke mesin. Kemudian, kalian harus mengonfirmasi pembayaran agar saldo itu masuk ke akun LinkAja yang kalian punya.

Toko ritel 

Isi saldo LinkAja lewat toko ritel juga bisa. Sudah ada beberapa mitra ritel yang bekerjasama dengan LinkAja, antara lain Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Family Mart, Circle K, Kantor Pos, Suzuya, Dan+Dan, Kantor Pos, dan Mitra LinkAja. 

Caranya, kalian hanya perlu membuka aplikasi LinkAja, kemudian pilih tombol QR Code. Ketika sudah, maka akan timbul opsi token, dan kalian harus memilih opsi tersebut. Kemudian, kalian harus ketikkan PIN yang diminta dan menunjukkan token yang telah muncul ke penjaga toko ritel

Mesin ATM

Kalian bisa gunakan semua ATM milik bank BUMN, yaitu Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Selain ATM bank BUMN, kalian bisa menggunakan ATM BCA, CIMB Niaga, dan ATM Bersama untuk melakukan top up saldo LinkAja. 

LinkAja Bersaing dengan Swasta

Fitur Umum yang Terdapat Pada BRI IB 

Mandiri e-cash atau LinkAja adalah aplikasi pembayaran berbasis QR Code milik negara yang diharapkan bisa menandingi dompet digital milik swasta, seperti Gopay, OVO, DANA, dan Paytren. Apalagi, pemerintah menganggap bisnis uang elektronik terus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. 

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), nilai transaksi uang elektronik mencapai Rp47,2 triliun di 2018 atau meningkat empat kali lipat dari posisi Rp12,35 triliun di 2017. Jumlah uang elektronik yang beredar juga mengalami peningkatan, dari 167,2 juta di Desember 2018 menjadi 173,82 juta di Januari 2019.

Walaupun sudah memperoleh izin resmi dari BI untuk beroperasi penuh sebagai sistem pembayaran uang elektronik, tapi LinkAja belum memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu dikarenakan masalah kepemilikan saham dan transaksionalnya. 

Jika kalian masih belum tertarik juga untuk menjadi pemilik akun Mandiri e-cash atau LinkAja, ketahuilah bahwa ada banyak kemudahan lain yang didapatkan, yaitu berbelanja online, mengirim uang, bayar listik, bayar PDAM, BPJS, internet, dan sebagainya. Menarik, bukan? 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →