Solusi Mandiri Internet Banking Error [Update Penjelasan Bank Mandiri]

Mandiri internet banking error

Mandiri internet banking error adalah kendala yang terjadi ketika nasabah melakukan transaksi melalui layanan elektronik perbankan Mandiri. 

Internet banking Mandiri merupakan akses rekening bagi nasabah Bank Mandiri untuk bertransaksi perbankan secara online.

Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia gak cuma mempunyai produk perbankan. Mandiri berhasil dalam bisnis lain, termasuk asuransi.

Saat ini Bank Mandiri telah melayani produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga asuransi kendaraan melalui perusahaan Mandiri Inhealth dan AXA Mandiri.

Lalu, seperti apa persoalan Mandiri internet banking error dan bagaimana solusinya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ini 9 Mandiri internet banking error yang sering terjadi dan solusinya

Gangguan pada aplikasi Mandiri Online atau istilahnya Mandiri internet banking error sering dialami nasabah. Bahkan, banyak yang mengungkapkannya di media sosial.

Apa saja permasalahannya dan seperti apa solusinya? Berikut sembilan Mandiri internet banking error yang dialami nasabah.

1. Gagal transfer, tapi saldo terpotong

Salah satu Mandiri internet banking error yang sering diunggah nasabah melalui media sosial adalah gagal transfer, tapi saldo terpotong. Beberapa bank lain pun mengalami kondisi ini.

Sejumlah sumber menyatakan bahwa kondisi seperti ini terjadi ketika kamu bertransaksi (melakukan pembayaran) lewat internet banking pada pukul 22.00 WIB. Pada pukul tersebut, bank biasanya melakukan rekap transaksi nasabahnya.

Jika hal ini terjadi pada kamu – meskipun tidak bertransaksi pada jam 10 malam – hal yang perlu dilakukan adalah langsung melapor ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Solusi lainnya adalah menghubungi Mandiri Call di nomor 1400 atau melapor lewat surel ke [email protected]

2. Ganti ponsel langsung error

Ganti smartphone adalah hal wajar. Namun, ada kalanya ini bakal ngerepotin urusan internet banking lho!

Dari beberapa curhat di medsos, pengguna menyatakan bahwa ketika ganti smartphone, malah muncul Mandiri internet banking error. Meski gak semua mengalaminya, kamu bisa lho mengatasi hal tersebut.

Pertama, kamu uninstall aplikasi Mandiri Online dari ponsel lama kamu. Setelah itu, kamu unduh ulang di ponsel baru.

Penting kamu lakukan adalah nomor ponsel lama kamu yang udah didaftarkan di Mandiri Online terpasang ke ponsel baru, ya!

3. Nomor HP gak terverifikasi

Bagaimana jika nomor ponsel kamu justru gak terverifikasi? Otomatis layanan perbankan online Mandiri gak bisa kamu gunakan alias Mandiri internet banking error.

Biasanya kode keterangan error ini muncul karena nomor ponsel gak sesuai dengan nomor yang udah kamu daftarkan saat mendaftar Mandiri Online.

Solusinya gimana?

Kamu harus memastikan nomor ponsel kamu sesuai dengan nomor saat mendaftar. Jika kamu ganti nomor handphone, yang kamu harus lakukan adalah mendatangi kantor cabang Bank Mandiri.

Kemudian laporkan bahwa kamu telah mengganti nomor handphone. Jangan lupa bawa buku tabungan dan identitas diri agar petugas bisa segera mengurus pergantian nomor ponsel kamu.

4. Log out sendiri

Bukan cuma Mandiri internet banking error, log out sendiri sering juga terjadi pada internet banking bank lainnya. Kenapa ya?

Kondisi seperti ini bisa terjadi pada nasabah yang punya smartphone dengan dual SIM card. Jadi, ketika kamu salah memasukan SIM card, bisa aja Mandiri Online log out tanpa kamu sadari.

Kalau ini terjadi, kamu perlu cek di mana posisi SIM card. Setelah itu, cek juga jaringan internet kamu. Ada kemungkinan ini terjadi lantaran jaringan internet atau Wi-Fi terputus.

Jika masih bermasalah, hubungi Mandiri Call 1400 atau email [email protected]

5. Gangguan koneksi

Gangguan koneksi dan sistem dalam pemeliharaan menjadi persoalan Mandiri internet banking error lainnya. Terkait gangguan koneksi, itu memang bisa terjadi akibat jaring internet kamu gak stabil.

Namun, bisa juga karena nomor ponsel yang terdaftar gak aktif atau terpasang pada gawai yang sama. Sebab lainnya adalah peningkatan kapasitas cache pada Mandiri Online.

Kalo gangguan ini menimpa kamu, yang perlu dilakukan adalah memastikan nomor ponsel kamu yang terdaftar aktif dan terpasang di gawai yang sama.

Solusi lainnya adalah memastikan jaringan internet ponsel kamu stabil. Sebaiknya, jangan menggunakan jaringan Wi-Fi publik. 

Langkah lain adalah hapus cache pada pengaturan aplikasi Mandiri Online. Tunggu hingga 15 menit lalu restart ponsel kamu dan login lagi.

6. Beli pulsa gagal, tapi saldo berkurang

Gagal beli pulsa lewat internet banking banyak dialami nasabah lho, termasuk yang menyebabkan saldo berkurang tapi pulsa gak masuk.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, bisa jadi kendala itu disebabkan jaringan internet. Namun, kamu jangan khawatir.

Biasanya percobaan beli pulsa dan gagal hingga beberapa kali itu gak bakal memengaruhi saldo rekening kamu. Meski terpotong, nantinya bisa kembali dalam waktu 1 x 24 jam.

Jadi, sabar ya!

7. Password dinyatakan error atau disebut salah input

Pernah alami kejadian seperti ini? Kamu udah ketik password yang benar, tapi di layar ponsel menyebutkan bahwa password yang kamu masukan salah. Padahal, password ini udah kamu gunakan sebelumnya dan kamu gak ganti.

Bagaimana cara mengatasinya?

Pastikan kembali nomor yang terdaftar di Mandiri Online kamu aktif. Jika gak aktif, kamu perlu mengganti nomor HP tersebut ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Jangan lupa bawa buku rekening tabungan, identitas diri seperti KTP dan kartu ATM Mandiri kamu.

8. Top up e-Money berhasil tapi saldo e-Money gak bertambah

Uang elektronik alias e-Money emang memudahkan transaksi non tunai. Sayangnya, kadang ada kendala Mandiri internet banking error saat ingin top up atau menambah saldo.

Kerap terjadi dan dibahas warganet adalah saldo e-Money gak bertambah padahal transaksi dinyatakan berhasil.

Jika kamu mengalami hal seperti ini jangan panik. Ada kemungkinan saldo tidak langsung aktif. Jika smartphone kamu punya NFC, kamu bisa tempel e-Money kamu di ponsel untuk mengeceknya.

Bisa juga cek di mesin EDC Mandiri, ATM Mandiri, atau minimarket, seperti Alfamart dan Indomaret.

9. MPin Terblokir

MPin terblokir juga dialami beberapa nasabah. Biasanya Mandiri internet banking error ini disebabkan terblokirnya password Mandiri Online.

Kendala ini gak bisa kamu atasi sendiri. Kamu harus mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Bawa buku rekening tabungan, kartu ATM, dan identitas diri seperti KTP.

Setelah itu, laporkan kendala Mandiri internet banking error yang kamu alami pada internet banking Mandiri kamu. 

Setelah itu, petugas Bank Mandiri akan mengurusnya dan kamu diminta untuk membuat password baru.

Penjelasan Bank Mandiri terkait internet banking error

Cukup banyak ya kendala Mandiri internet banking error. Belum lama ini terjadi gangguan atau error di sistem mobile banking Mandiri Online, tepatnya pada 25 September 2020.

Dalam pernyataan resminya, Bank Mandiri mengatakan error tersebut disebabkan perawatan sistem Mandiri Online untuk meningkatkan kualitas layanan. Bank Mandiri juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Mengutip Bisnis.com, Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, nasabah tetap bisa bertransaksi lewat berbagai e-channel lain, seperti USSD *141*6#, SMS Banking, atau mandiri ATM.

Kondisi Mandiri internet banking error yang terjadi saat itu adalah aplikasi Mandiri Online tidak bisa dibuka dan pada layar muncul tulisan “Gangguan Koneksi, Periksa koneksi internet Anda dan silakan coba lagi.”

Menurutnya, proses tersebut akan segera selesai dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan tetap dapat melayani berbagai kebutuhan transaksional nasabah. 

Rully menambahkan, untuk bertransaksi, nasabah dapat memanfaatkan layanan electronic channel yang lain, seperti jaringan ATM atau SMS Banking.

Fitur Mandiri internet banking dan kekurangannya

Berikut ini sejumlah fitur Mandiri internet banking yang bisa dibilang banyak kekurangannya. Simak ulasannya berikut ini!

1. Pembayaran dan transfer Scan QR

Penggunaan scan QR atau QR code di Mandiri Online tergolong telat. QR code ini membantu nasabah melakukan transaksi lebih cepat dan mudah. Mirip dengan scan QR pada pembayaran OVO ataupun GoPay.

Sayangnya, QR code ini belum tentu aman 100 persen lho. Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya dikutip CNN Indonesia mengatakan, keamanan QR code perbankan rentan sabotase. Pengirim harus yakin bahwa QR code tersebut adalah milik penerima saldo.

Menurut dia, QR code lebih baik digunakan untuk pengiriman atau transfer dalam nominal kecil. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya kesalahan dan sabotase.

2. Fasilitas pinjaman secara online 

Pada Permata Mobile dan GoMobile CIMB, pengajuan pinjaman langsung bisa lewat aplikasi mobile banking. Namun, Bank Mandiri gak semua produk pinjaman difasilitasi layanan ini.

Sekadar informasi, dua bank swasta nasional tersebut memudahkan nasabah dalam mengajukan pinjaman dan pembiayaan online termasuk Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan kredit pinjaman lain.

3. Jaringan error termasuk ATM

Jaringan ATM error atau mengalami gangguan juga terjadi di Bank Mandiri, terutama mesin ATM yang terletak di minimarket, seperti Alfamart dan Indomaret.

Jika kamu menemui kendala seperti ini, laporkan ke Bank Mandiri. Kemungkinan ada masalah pada jaringan di pusat. 

Untuk menyiasatinya, kamu bisa tarik tunai di mesin EDC Mandiri di Indomaret atau Alfamart. Namun, kamu bakal diminta berbelanja dengan minimum tertentu.

4. Kendala penggunaan di luar negeri

Gak selalu terjadi, tapi ada kemungkinan di beberapa negara memang gak bisa bertransaksi dengan internet banking Mandiri.

Dalam sebuah surat pembaca di media elektronik, disebutkan bahwa internet banking Mandiri ini useless di luar negeri dan nasabah sangat kecewa.

Beberapa membandingkannya dengan GoMobile Niaga, Permata Mobile, dan BCA M-Banking. Namun, bisa jadi kegagalan transaksi internet banking di luar negeri akibat jaringan internet yang kurang stabil.

5. Laporan mutasi terbatas

Laporan mutasi memang bisa dalam jangka panjang jika kamu mendatangi kantor cabang. Namun, pada internet banking hanya 31 hari terakhir atau 1 bulan.

Tentunya ini menjadi kendala bagi para pebisnis yang sering bertransaksi online. Selain itu, tidak ada fitur unduh, yang telah tersedia di beberapa internet banking bank lain termasuk BCA.

6. Gak bisa screen capture

Mandiri Online “memproteksi diri” dengan tidak mengizinkan pengguna melakukan screen capture atau screenshot. Hal ini menjadi pertimbangan transaksi perbankan.

Lalu, bagaimana jika kamu butuh bukti transfer?

Ada tiga aplikasi yang bisa kamu manfaatkan yaitu:

  • screenshot Mandiri mobile menggunakan Du Recorder.
  • screenshot Mandiri mobile menggunakan fitur screen cast
  • screenshot mobile banking Mandiri menggunakan kamera.

Tanya Jawab seputar Mandiri internet banking

Mandiri Online adalah fasilitas internet banking dari Bank Mandiri yang memberikan kemudahan bertransaksi.

Proses update aplikasi Mandiri Online bisa berdampak buruk pada Mandiri Online kamu. Jadi, Mandiri Online error adalah gangguan yang dialami nasabah ketika bertransaksi secara online.

Sistem keamanan Mandiri Online menggunakan 2-Factor Authentication (2FA) dengan username dan password, beserta MPIN untuk bertransaksi.

Cara daftar Mandiri internet banking gampang, yaitu:

  • Memiliki buku tabungan Mandiri dengan membawa identitas diri, buku tabungan, dan kartu ATM.
  • Mengaktifkan fitur SMS Finansial dan memiliki MPin.

Setelah itu hubungi Mandiri Call 14000 atau kunjungi cabang terdekat untuk mengetahui status SMS Finansial.

Aktifkan SMS Finansial dan buat 6 digit MPIN di cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas, kartu debit, dan buku mandiri tabungan.

Mandiri Tabungan Now adalah salah satu produk tabungan yang memudahkan nasabah baru melakukan pembukaan rekening secara online kapan saja dan di mana saja.

Dengan Tabungan Now, kamu bisa bertransaksi secara online dan offline menggunakan beragam fitur dan channel Bank Mandiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →