10 Manfaat Asuransi Jiwa dan Kesalahan Umum Saat Membelinya

manfaat asuransi jiwa

Manfaat asuransi jiwa yang utama adalah untuk mengantisipasi risiko finansial akibat meninggal dunia. Gimana sih maksudnya?

Jadi, apabila seseorang yang bertanggung jawab membiayai keluarganya meninggal dunia tentu berdampak negatif. Mereka jadi kehilangan pemasukan untuk biaya hidup. Nah, di sinilah pentingnya asuransi jiwa.

Asuransi jiwa bakal berguna sebagai warisan kepada keluarga yang ditinggalkan. Tenang! Preminya gak mahal-mahal amat kok. Lifepal bahkan memberikan potongan premi hingga 25% untuk berbagai pilihan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Simak ulasan mengenai asuransi jiwa pada artikel berikut!

Manfaat Asuransi Jiwa bagi Masyarakat 

Berikut adalah 11 manfaat asuransi jiwa bagi nasabah dan masyarakat:

  • Memastikan kelangsungan hidup keluarga
  • Memberi perasaan aman
  • Melunasi utang yang belum terbayar
  • Persiapan pensiun
  • Memastikan target biaya pendidikan anak tercapai
  • Memastikan bisa merawat orangtua yang sudah pensiun
  • Mengganti penghasilan yang hilang
  • Asuransi tambahan bisa tanggung biaya perawatan medis
  • Menumbuhkan aset
  • Mengumpulkan dana warisan
  • Komponen dalam pengelolaan keuangan

1. Memastikan kelangsungan hidup keluarga

Seperti yang sudah kita bahas, asuransi jiwa penting untuk memastikan kelangsungan hidup keluarga. Artinya jika tulang punggung keluarga meninggal, mereka akan mendapatkan sejumlah uang untuk melanjutkan hidup selama beberapa waktu setelahnya.

2. Memberi rasa aman

Asuransi jiwa juga dapat memberikan nasabahnya rasa aman secara finansial karena menanggung risiko yang bisa terjadi kapan saja.

3. Melunasi utang yang belum terbayar

Jika kamu mengajukan utang dalam jumlah besar, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kamu wajib memiliki asuransi jiwa kredit. Produk itu bakal menjamin pelunasan utang kalau amit-amit terjadi musibah saat kredit belum lunas. Selain menguntungkan pihak peminjam, produk ini juga menghindari beban utang keluarga.

4. Persiapan pensiun

Manfaat asuransi jiwa asuransi dwiguna (endowment) dan unit link umumnya membantu kamu buat mengakumulasi dana untuk persiapan pensiun. Selain dapat perlindungan jiwa, kamu juga bisa memanfaatkan produk tersebut untuk menabung.

5. Memastikan target biaya pendidikan anak tercapai

Pendidikan adalah kebutuhan utama seorang anak yang wajib dipenuhi oleh orangtuanya. Namun, gak ada yang bisa memastikan bahwa orangtua bakal selalu ada untuk memenuhinya. Oleh karena itu, uang pertanggungan dari asuransi jiwa bisa kita gunakan untuk biaya pendidikan anak di masa depan. Atau jika ingin lebih fokus ke tujuan ini, ada juga produk asuransi pendidikan.

6. Memastikan bisa merawat orangtua yang sudah pensiun

Selain menanggung anak, beberapa dari kita juga punya tanggung jawab membiayai orangtua tercinta. Namun, bagaimana nasib mereka jika kita mengalami musibah? Nah, uang santunan dari asuransi jiwa bisa kamu pakai untuk membiayai hidup orangtua yang sudah pensiun.

7. Mengganti penghasilan yang hilang

Asuransi jiwa juga bisa untuk mengganti penghasilan yang hilang. Nasabah bisa berjaga-jaga jika dirinya mengalami musibah seperti cacat atau meninggal dunia, maka keluarga bakal mendapatkan penghasilan sementara.

8. Asuransi tambahan bisa tanggung biaya perawatan medis

Beberapa asuransi jiwa juga menawarkan manfaat asuransi tambahan, misalnya berupa pertanggungan biaya perawatan medis dan penyakit kritis. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk melengkapi perlindungan keluarga.

9. Menumbuhkan aset

Varian asuransi jiwa seperti produk unit link dapat juga berfungsi sebagai alat untuk menumbuhkan aset kekayaan nasabahnya. Pasalnya, unit link memang menawarkan fitur investasi dan pencairan dana jika gak ada klaim sampai masa asuransi habis. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan risiko unit link sebelum membelinya, ya!

10. Mengumpulkan dana warisan

Punya cita-cita meninggalkan warisan yang banyak untuk anak cucu? Produk asuransi jiwa whole life tepat untuk kamu. Pasalnya, selain menawarkan proteksi jiwa, produk ini juga bakal mencairkan premi nasabah jika gak ada klaim sampai akhir masa asuransi, lho!

11. Komponen penting dalam pengelolaan keuangan

Dalam pengelolaan keuangan, sebaiknya kita menyiapkan anggaran dana 5 persen dari penghasilan untuk manajemen risiko. Dana tersebut bisa kamu pakai untuk membayar premi asuransi jiwa, berjaga-jaga kalau ada kebutuhan mendadak dan besar. Maksud kebutuhan dalam hal ini adalah hilangnya penghasilan keluarga akibat kematian tulang punggung.

Dari sekian banyak manfaat di atas, kamu mesti tahu dulu jenis asuransi yang tepat buat kamu agar mendapatkan manfaat yang tepat buat kamu. Sebab, masing-masing jenis asuransi jiwa memiliki manfaat yang berbeda-beda. Yuk, ikutan kuis jenis asuransi jiwa terbaik berikut ini.

Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Jiwa

Kendati asuransi jiwa punya segudang manfaat, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan calon nasabah saat membeli asuransi jiwa. Sehingga, manfaat asuransi jiwa jadi berkurang. Apa saja sih?

1. Salah menghitung uang pertanggungan 

Uang pertanggungan (UP) adalah sejumlah dana yang bisa cair jika timbul risiko meninggal dunia. Nah, menghitung UP gak bisa sembarangan. Kalau terlalu besar, bakal memberatkan biaya premi. Sementara itu kalau terlalu sedikit, tentu gak bakal cukup untuk membiayai keluarga.

Supaya gak salah, coba deh gunakan kalkulator nilai hidup manusia dari Lifepal di bawah. Kalkulator ini berguna untuk menghitung berapa banyak dana yang dibutuhkan oleh keluarga apabila ditinggalkan oleh tulang punggung.

2. Membeli di waktu yang kurang tepat

Sebenarnya, manfaat asuransi jiwa benar-benar terasa ketika kamu memiliki tanggungan. Jika masih belum, prioritaskan membeli asuransi kesehatan terlebih dahulu buat antisipasi pengeluaran biaya kalau sakit, ya!

3. Fokus pada manfaat investasi alih-alih proteksi

Meskipun ada produk unit link yang menawarkan investasi, jangan samakan dengan portofolio investasi lainnya ya! Pasalnya, investasi dalam unit link gak maksimal karena bercampur dengan kebutuhan asuransi. Hasil investasi yang kamu dapatkan bakal masuk ke saldo unit link yang nantinya bakal terpotong untuk biaya-biaya asuransi. Makanya, kami lebih menyarankan buat membeli asuransi jiwa murni dan investasi secara terpisah saja supaya manfaatnya maksimal.

4. Salah mendaftarkan tertanggung

Banyak orang mendaftarkan anaknya sebagai tertanggung asuransi jiwa. Gak masalah kok, kalau memang sesuai dengan tujuan masing-masing. Namun perlu kamu perhatikan bahwa tertanggung adalah pihak yang terjamin dalam asuransi. Artinya, uang pertanggungan baru akan cair jika tertanggung meninggal dunia. Sehingga lazimnya orangtua lah yang terdaftar sebagai tertanggung.

5. Membeli asuransi tambahan yang gak perlu

Beberapa agen terkadang menawarkan asuransi tambahan yang sebenarnya gak perlu-perlu amat di dalam hidup kamu. Misalnya, asuransi penyakit kritis di saat kamu dan keluarga gak punya riwayat penyakit kritis. Tambahan proteksi ini tentu bakal memberatkan premi dan sebaiknya pikirkan kembali sebelum membelinya.

6. Gak membaca polis dengan teliti

Polis adalah dokumen yang berisi syarat dan ketentuan asuransi. Oleh sebab itu, setiap nasabah wajib buat memahaminya dengan teliti supaya gak ada salah paham di kemudian hari.

Sekarang sudah jelas kan mengenai manfaat asuransi jiwa? Jika ingin konsultasi asuransi secara gratis, jangan lupa untuk buka laman marketplace Lifepal.co.id.

Tanya Jawab terkait Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa penting bagi orang yang memiliki tanggungan keluarga.
Salah satu keuntungan asuransi jiwa adalah bisa menjaga keluarga dari risiko kehilangan penghasilan.
Bagi karyawan dengan penghasilan tetap buat menghidupi keluarga, uang pertanggungan asuransi jiwa bisa untuk berjaga-jaga kalau terjadi musibah sehingga penghasilan tersebut terhenti.
Manfaat asuransi jiwa syariah adalah untuk mendapatkan layanan asuransi tanpa riba dan halal, serta diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
Asuransi jiwa kredit bermanfaat untuk mengantisipasi risiko gak bisa melunasi utang akibat meninggal dunia atau cacat tetap. Jika risiko tersebut terjadi, asuransi akan mencairkan sejumlah uang pertanggungan yang bisa kamu gunakan untuk melunasi utang.
Manfaat asuransi jiwa bisa cair ketika terjadi klaim, yaitu jika tertanggung mengalami cacat tetap atau meninggal dunia.
Manfaat asuransi jiwa adalah uang pertanggungan yang cair ketika tertanggung meninggal dunia. Sementara itu manfaat askes adalah pertanggungan biaya perawatan medis jika tertanggung sakit.
Keuntungan asuransi jiwa berjangka / tradisional adalah manfaat proteksi jiwa yang lebih maksimal daripada produk asuransi dengan manfaat investasi (unit link).
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →