Jenis-jenis Usaha yang Membutuhkan Manfaat Asuransi Kerugian

perkembangan startup indonesia

Berkat revolusi industri 4.0, setiap orang memiliki peluangnya masing-masing untuk mengembangkan ide bisnisnya sendiri tanpa perlu banyak tergantung dengan orang lain, tentunya dengan keuntungan yang menggiurkan. 

Hal inilah yang membuat banyak usaha-usaha mulai dari kecil sampai besar menjamur, mulai dari online shop sampai dengan toko fisik yang kerap kita temukan di sisi-sisi jalan protokol.

Usaha terus berjalan, untung rugi silih berganti berdatangan, terus hingga pegiat bisnis menentukan arah usaha mau di bawa ke mana, disudahkan atau dilanjutkan. Jika dilanjut, tentu akan ada berbagai risiko yang siap menghadang. 

Tentu akan banyak hal yang bisa terjadi dalam berbisnis. Hal baik akan dikonversi menjadi profit, tidak jarang juga kita akan temukan hal yang kurang baik dan akan jadi pembelajaran untuk ke depannya.

Tidak jarang, kita akan mengalami berbagai kerugian, baik yang bisa diprediksi maupun tidak bisa diprediksi. Nah, salah satu penanggulangannya adalah asuransi kerugian. Asuransi kerugian sendiri adalah asuransi yang memberikan sebuah jaminan atas kerugian finansial atas objek yang diasuransikan akibat kejadian-kejadian berbahaya.

Mari kita pelajari penerapan dan manfaat asuransi kerugian ini.

Jenis-Jenis Asuransi Kerugian

Produk FMCG

Ada beberapa jenis yang bisa kita diferensiasikan dari asuransi kerugian, berikut tiga di antaranya. 

1. Asuransi kebakaran

Asuransi kebakaran (fire insurance) adalah jenis asuransi kerugian yang memberikan manfaat jika terjadi kerugian-kerugian tertentu yang disebabkan oleh kebakaran. Objek yang diasuransikan berupa barang atau harta benda fisik, meliputi rumah tinggal, hotel, gedung, ruko, dan sejenisnya.

Jenis asuransi ini sangat berguna bagi kita sebagai pemilik usaha dalam mendapatkan proteksi atas aset-aset perusahaan, berupa toko, kantor, ruko, hingga bangunan besar untuk kantor dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Risiko yang termasuk dalam pertanggungan asuransi ini adalah kerusakan yang terjadi akibat kebakaran, petir, dan berbagai macam ledakan yang mengakibatkan api merusak aset.

2. Asuransi pengangkutan barang

Asuransi pengangkutan barang (Marine Cargo Insurance) adalah jenis asuransi kerugian yang manfaat ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang pada saat barang diangkut melalui transportasi laut. Pertanggungan ini berlaku untuk kedua pihak yang bekerjasama, baik pihak pemilik barang maupun pihak penyedia jasa angkutan.

Selain jalur laut, jalur darat dan udara juga bisa dilindungi dengan asuransi pengangkutan barang. Asuransi kerugian ini baru terasa manfaatnya jika barang yang tengah kita kirim mengalami berbagai kejadian tidak terduga, seperti tenggelam di laut, terkena kecelakaan di jalur darat, maupun kejadian-kejadian tidak diinginkan di udara.

3. Asuransi aneka

Asuransi aneka (Miscellaneous Insurance) merupakan jenis asuransi kerugian yang memberikan manfaat ketika hal-hal buruk di luar dua poin di atas terjadi, yaitu:

  • Asuransi kecelakaan diri.
  • Asuransi gempa bumi.
  • Asuransi perjalanan.
  • Asuransi pencurian.
  • Asuransi mesin dan peralatan.
  • Asuransi kendaraan bermotor.
  • Asuransi properti all risk.

Manfaat Asuransi Kerugian untuk Bisnis Kita

surat referensi kerja

Sebagai pemilik bisnis yang bijak, asuransi kerugian sangat penting untuk diandalkan sebagai jaminan finansial perusahaan di kala terjadi musibah. Jangan sampai perusahaan dibebankan dengan pengeluaran dadakan yang berjumlah besar karena harus menutupi kerugian akibat musibah tertentu. 

Jadi kenapa bisnis kita harus dilindungi dengan asuransi kerugian?

1. Mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko

Perlindungan dari risiko sangatlah diperlukan untuk para pengusaha. Manfaat asuransi kerugian yang satu ini akan lebih terasa ketika bisnismu tengah berada di kejadian-kejadian tidak terduga. Tidak ada yang tahu jika misalnya kantor terkena musibah kebakaran, bencana alam, atau bahkan pencurian aset-aset perusahaan. Seringnya, perlindungan risiko ini ditujukan dalam bidang properti.

2. Menggantikan kerugian

Risiko adalah hal familier yang akan sering dihadapi oleh setiap pengusaha, termasuk kita. Kerugian adalah hal yang tidak bisa dihindari, namun bisa diminimalkan sebaik mungkin.

Dengan adanya manfaat asuransi kerugian, pengeluaran finansial untuk membiayai perbaikan tidak akan membuat kita pusing tujuh keliling!

3. Lebih berani dalam mengambil langkah yang ekstrim

Bisnis adalah masalah keberanian. Maka dari itu, diperlukan nyali yang lebih tinggi lagi untuk mengambil tiap langkah dalam berbisnis. Salah langkah sedikit saja, ada dampak negatif yang siap menghampiri bisnis kita. Namun, kita tidak perlu lagi jika sudah terlindungi dengan asuransi. Langkah ekstrem bisa kita ambil dengan aman.

4. Bisa dijadikan sebagai tabungan juga

Selain fungsi asuransi kerugian sebagai penanggulangan hal-hal buruk, asuransi kerugian juga memberikan manfaat tidak langsung sebagai tabungan yang memang sudah disiapkan untuk hal-hal tidak terduga. Ketimbang uang tersebut digunakan untuk hal yang tidak perlu, namun dengan asuransi kerugian, uang kita akan lebih jelas alokasinya.

5. Jaminan pengiriman barang

Untuk kita yang berbisnis di sektor dagang yang memerlukan jasa pengiriman, jaminan pengiriman barang merupakan manfaat asuransi kerugian yang paling penting.

Karena bukan tidak mungkin akan terjadi hal-hal tidak menyenangkan di tengah perjalanan barang dari penjual menuju pembeli. Jadi, jangan ambil risiko untuk tidak menggunakan asuransi kerugian, ya!

Usaha Apa yang Membutuhkan Manfaat Asuransi Kerugian

mobil all risk

Manfaat asuransi kerugian akan sangat dibutuhkan bagi hampir seluruh jenis bisnis yang tersedia. Namun, ada beberapa jenis bisnis yang nyatanya paling cocok dengan manfaat perlindungan dari asuransi kerugian, khususnya untuk kita pengusaha yang masih merintis!

1. Usaha makanan dan minuman

Usaha makanan dan minuman yang dipasarkan di toko maupun secara online yang tidak memiliki toko fisik akan sangat mendapatkan manfaat dari asuransi kerugian ini. Proses kirim barang ataupun pengamanan aset toko makanan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis ini.

2. Properti

Bagian-bagian kecil dalam sebuah properti merupakan hal yang penting untuk dilindungi, khususnya dalam bisnis properti yang sangat memperhatikan detail. Jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan terhadap properti yang dimiliki, tentu manfaat asuransi kerugian akan sangat berdampak.

3. Convenient store

Untuk usaha yang sistemnya menjual berbagai macam barang, asuransi kerugian sangat dibutuhkan adanya. Jika terjadi kebakaran atau bencana yang menghanyutkan seluruh barang dagangan di toko kita, kerugian tidak akan terlalu besar, bukan?

4. Toko mode

Punya toko yang menjual baju dan pakaian? Jangan lupa untuk melindunginya dengan asuransi untuk aset-aset yang kita miliki! Sulit untuk mengevakuasi seluruh barang dagangan yang kita miliki jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan secara mendadak.

Dengan kita mengelola bisnis pun sudah dihadapkan dengan berbagai risiko, apakah usaha kita bisa bertahan hingga tahun depan atau bagaimana cara membayar upah pegawai? Jangan ditambahkan lagi dengan kecemasan dengan keselamatan aset-aset kita lagi. 

Lindungi aset dan produk dagangan kita dengan asuransi kerugian. Kini zamannya berbisnis dengan cerdas, yaitu belajar mengalokasi risiko secara cerdas sehingga meminimalkan risiko mengalami kerugian finansial sebaik mungkin.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →