7 Manfaat Asuransi Pendidikan dan Risikonya!

Tabungan pendidikan anak

Manfaat asuransi pendidikan adalah pertanggungan yang menanggung biaya pendidikan anak baik dari jenjang sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Masih banyak orang belum tahu bahwa asuransi pendidikan pada dasarnya merupakan bagian dari produk asuransi jiwa. 

Jenis-jenis asuransi pendidikan terbagi menjadi dua kategori, yaitu dwiguna (endowment) memberikan manfaat asuransi jiwa dan pengembalian premi. Ada juga asuransi pendidikan unit link yang memberikan manfaat asuransi jiwa dan nilai tunai investasi sekaligus. Nah, nilai tunai investasi itu kemudian bisa digunakan untuk dana pendidikan anak. Tapi biasanya premi unit link lebih mahal. 

Lantas, penting gak sih memiliki asuransi pendidikan? Tentu saja penting, berikut ini adalah alasannya. 

7 Manfaat Asuransi Pendidikan

Sudah bukan rahasia lagi kalau biaya pendidikan di Indonesia tidaklah murah. Karena itu, asuransi pendidikan sangatlah penting khususnya untuk kamu yang berencana atau sudah memiliki anak. 

Masih ragu? Simak tujuh manfaat asuransi pendidikan berikut ini:

1. Mendapatkan manfaat asuransi jiwa sekaligus

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi pendidikan pada dasarnya merupakan bagian dari asuransi jiwa. Artinya kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa dan dana pendidikan sekaligus. Misal, polis dari AXA Mandiri yaitu Mandiri Sejahtera Cerdas yang memberikan santunan meninggal dunia dan manfaat investasi untuk dana pendidikan anak dalam satu polis sekaligus. 

2. Memiliki pengaturan keuangan lebih baik

Ketika terproteksi oleh manfaat asuransi pendidikan, nasabah bisa fokus untuk mengatur pos keuangan lainnya. Misal fokus untuk nabung beli rumah, mengumpulkan dana pensiun, dan target hidup lainnya. Selain itu, tidak perlu khawatir juga misalnya kepala keluarga mengalami risiko meninggal dunia karena biaya pendidikan anak akan tetap terproteksi asuransi. 

3. Solusi atas inflasi biaya pendidikan

Dilansir oleh Kompas.com, rata-rata inflasi sektor pendidikan di Indonesia mencapai 15 persen setiap tahunnya. Itu berarti jika di tahun ini uang pangkal kuliah misal Rp19 juta, artinya tahun depan bisa mencapai sekitar Rp21,8 juta. Nah, ketika memiliki asuransi pendidikan nasabah tidak perlu khawatir akan tingginya inflasi setiap tahun karena ditanggung oleh pihak asuransi. 

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pendidikan menjadi penyumbang inflasi negara tertinggi – Data September 2017

4. Jaminan anak mendapatkan pendidikan layak 

Risiko finansial mungkin terjadi pada siapa saja. Sayangnya ketika terjadi risiko finansial, seringkali pendidikan anak yang harus menjadi korbannya. Kabar baiknya risiko tersebut tidak perlu terjadi jika kamu memiliki asuransi pendidikan. Sehingga anak kamu akan senantiasa terjamin mendapatkan pendidikan yang layak.

5. Menghindari risiko utang

Melanjuti poin sebelumnya, manfaat asuransi pendidikan adalah juga  membantu kamu terhindar dari utang. Ketika dihadapkan dengan keadaan darurat, misalnya saja di PHK dan uang pendidikan anak sudah jatuh tempo, terkadang gak ada jalan lain selain mengajukan pinjaman. Hal tersebut gak perlu kamu lakukan jika terproteksi oleh asuransi pendidikan. 

6. Terdapat manfaat investasi

Ketika memilih jenis polis asuransi pendidikan unit link, maka kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa dan nilai tunai investasi sekaligus. Artinya, manfaat asuransi jiwa akan diberikan jika tertanggung mengalami risiko meninggal dunia. Sementara nilai tunai investasinya ditujukan untuk biaya pendidikan anak. Sangat menguntungkan, bukan? 

7. Bisa menikmati masa pensiun dini

Beberapa dari kita harus merelakan untuk terus bekerja meski sudah memasuki usia lanjut guna memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Oleh karena itu, penting banget untuk memiliki asuransi pendidikan sedini mungkin atau bahkan saat baru merencanakan memiliki keturunan. Dengan begitu, nasabah bisa menikmati masa pensiun tanpa perlu khawatir dengan tagihan biaya pendidikan anak karena ditanggung asuransi. 

Untuk kamu yang tertarik pensiun muda bisa juga mengetahui besaran ideal dana pensiun yang dibutuhkan menggunakan kalkulator Lifepal! Kamu bisa isi di bawah ini atau bisa pelajari lebih lanjut di halaman kalkulator dana pensiun yang tersedia di Lifepal.co.id.

Risiko Asuransi Pendidikan

Dalam memilih asuransi pendidikan seringkali ada risiko yang terlewatkan. Misal, memilih polis dengan manfaat yang kurang sesuai dengan kisaran biaya pendidikan Indonesia saat ini. Karena itu, saat memutuskan untuk membeli asuransi pendidikan sebaiknya pelajari polis dengan baik. Lihat apakah uang pertanggungan yang diberikan sebanding dengan biaya pendidikan dan inflasi setiap tahunnya. Jadi, premi yang kamu bayarkan benar-benar dapat menjadi solusi atas pengeluaran biaya pendidikan anak hingga lulus nanti.

Pertanyaan Seputar Manfaat Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah proteksi yang memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya pendidikan anak serta santunan meninggal dunia sekaligus. Adapun manfaat investasi yang juga bisa kamu pilih untuk melengkapi manfaat asuransi yang dipilih.

Jika memilih asuransi pendidikan dwiguna maka dana pendidikan anak akan diberikan (sekaligus atau berkala tergantung perjanjian polis) jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia. Sementara asuransi pendidikan unit link maka santunan meninggal dunia diberikan jika nasabah meninggal dunia dan nilai tunai investasi (sekaligus atau berkala) diberikan untuk memenuhi biaya pendidikan anak.

  • Ajukan klaim kepada perusahaan asuransi sesegera mungkin sejak terjadinya kerugian
  • Pihak asuransi akan menunjuk surveyor untuk audit laporan klaim
  • Jika disetujui uang pertanggungan akan dikirimkan ke rekening nasabah

Itu tadi informasi seputar manfaat asuransi pendidikan. Perlu kamu ketahui saat ini ada begitu banyak pilihan polisnya. COntoh asuransi pendidikan yang banyak dicari orang saat ini adalah asuransi pendidikan Prudential, BRI, dan Mandiri. Untuk pilihan lengkapnya, kamu juga bisa membandingkan polis dari perusahaan asuransi lainnya di Lifepal!.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →